Cara membuka deposito BPR Komunal
Coffee Money

Cara Membuka Deposito Aman Tanpa ke Bank

Di zaman sekarang, menabung saja tidak cukup. Butuh investasi untuk melipatgandakan cuan. 

Salah satu jenis investasi yang paling aman dan minim risiko yakni deposito. Apalagi cara membuka deposito sekarang lebih gampang. Tak perlu lagi datang ke bank.

Kita tinggal duduk manis di rumah, sambil memegang gawai murah. Asal ada koneksi internet, semua bisa selesai tanpa ribet.

cara membuka deposito aman

Syarat Umum Membuka Deposito

Deposito ini berbeda dengan menabung biasa. Kalau menabung biasa, kita bebas menambahkan hingga mencairkan dana kapan saja.

Namun deposito merupakan tabungan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu.

Deposito ini umumnya memiliki jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, 12 hingga 24 bulan. Namun ada juga yang 2 bulan dan seterusnya. Intinya, jangka waktu ini ditentukan pihak bank. Kita tidak memilih jangka waktu yang disediakan.

Uniknya, kita dapat memilih sistem otomatis alias automatic roll over (ARO). Sistem ini memungkinkan deposito yang kita titipkan ke bank akan diperpanjang otomatis.

Misal kita menaruh deposito selama 2 bulan. Nanti, deposito yang jatuh tempo pada 1 bulan akan otomatis diperpanjang hingga 2 bulan. Keuntungan dari bunganya juga akan diakumulasikan selama 2 bulan. Asyik banget kan?

Nah, syarat umum membuka deposito yakni

  • Mengisi formulir pembukaan rekening deposito
  • Menunjukkan bukti asli kartu identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), hingga paspor untuk pribadi atau perseorangan
  • Menyerahkan bukti identitas atau legalitas badan usaha / hukum untuk perusahaan
  • Melakukan setoran awal untuk pembukaan rekening deposito

Kerennya lagi, kita tidak perlu menyetorkan dana besar-besar secara langsung ke bank. Deposito yang kita titipkan ke bank perkreditan rakyat (BPR) hanya perlu setoran awal minimal Rp 1 juta. Oh ya, setoran ini tanpa perlu datang ke bank loh. Jadi bisa mengisi dari rumah secara daring. Bisa beres dalam hitungan menit.

Cara ini berbeda saat kita membuka deposito di bank umum. Setoran awalnya minimal harus Rp 10 juta. 

Ya kalo kalian punya uang mnimal Rp 10 juta dan langsung disetorkan secara daring sih ngga masalah. Asal bank tersebut sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Keuntungan Memiliki Deposito

Setiap hari, kebutuhan kita terus bertambah. Namun kadang, penghasilan tak ikut berubah. 

Harga-harga bisa naik lebih dari 10 persen. Namun gaji hanya naik 2 persen. 

Jika inflasi bisa mencapai 4 persen setahun. Tabungan yang biasa kita taruh di bank malah akan menyusut, kalah dengan inflasi. Apalagi ini belum memperhitungkan biaya administrasi bulanan di bank.

By the way, kenapa sih aku menyarankan kalian untuk membuka deposito dibandingkan investasi lain, seperti reksadana atau saham?

Jadi investasi deposito ini ibarat kita yang selemah-lemahnya iman. Tanpa perlu apa-apa lagi, uang kita dijamin aman. Plus bunga yang diberikan di atas nilai inflasi saat ini. Bank umum biasanya memberikan bunga deposito sekitar 3,5 persen setahun. Namun di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dapat mencapai 6 persen setahun.

Bunga deposito BPR Komunal

Kok kecil sekali? Ya dibandingkan imbal hasil (return) reksadana atau saham, deposito memang lebih kecil. Namun investasi deposito lebih pasti imbal hasilnya. Tidak bakal naik turun kayak roller coaster.

Berbeda dengan reksadana atau saham yang bisa berubah setiap hari. Kadang bisa naik 20 persen sehari. Besoknya bisa turun 50 persen sehari. Gimana jantung ngga berdetak kencang kalau ada investasi kayak gini?

Nah daripada pusing pikirin return yang naik turun, mending kita investasi yang aman-aman aja lah dulu. Apalagi deposito juga memiliki keuntungan, yakni:

  • Dapat dijadikan agunan atau jaminan kredit. Setelah menyerahkan dana untuk didepositokan, kita akan menerima bilyet atau surat berharga yang menunjukkan kita memiliki deposito berjangka atau sertifikat deposito. Bilyet ini lah yang bisa dijadikan agunan
  • Memperoleh bunga (imbal hasil/return) yang umumnya lebih tinggi dibandingkan tabungan
  • Dapat mengelola keuangan lebih terencana sesuai kebutuhan dan jangka waktu deposito. Misal kita akan menyekolahkan anak dalam 1 tahun ke depan. Uangnya bisa ditaruh di deposito. Nanti bisa dicairkan setelah 1 tahun kemudian
  • Dijamin oleh LPS. Jadi amit-amit nih kalau misalnya bank bankrut atau ada masalah apa pun, uang kita akan tetap aman dan dikembalikan. Syarat dan ketentuan berlaku ya. Hehe..Misal ya harus punya bilyet tadi. Uang yang dikembalikan maksimal Rp 2 miliar

Mengenal Deposito BPR Komunal

Biasanya, kita akan ke bank tertentu untuk menyetorkan uang. Entah untuk tabungan biasa atau deposito. 

Di Komunal, kita tidak perlu ribet datang ke salah satu cabang bank untuk bertanya cara membuka deposito sekaligus bunganya. 

Keuntungan deposito BPR komunal

Bahkan dengan hanya duduk manis di rumah, kita bisa memilih sekitar 60 bank perkreditan rakyat (BPR) di Komunal. Ya kita seperti membeli barang di e-commerce. Ada 60 toko dalam satu mal. Kita bisa membandingkan semuanya dalam satu mal itu, hanya dari gawai kita di rumah.

Kalau cocok, kita tinggal memilih salah satu BPR yang kita inginkan di Komunal. Registrasi, setor uang, terima bilyet, tunggu hingga jatuh tempo. Nantinya, uang hasil DepositoBPR Komunal yang sudah jatuh tempo akan ditransfer ke rekening pribadi kita. Semudah itu!

Mengenal Platform Komunal Deposito BPR

Tak kenal maka tak sayang. Siapa sih sebenarnya Komunal ini? Kenapa harus berinvestasi di Deposito BPR Komunal?

Platform komunal deposito BPR

Jadi PT Komunal Sejahtera Indonesia (Komunal) ini merupakan penyelenggara teknologi finansial peer-to-peer (P2P) lending yang sudah tercatat (berizin) dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan tersebut juga sudah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai perusahaan fintech. Jadi Komunal ini hadir untuk mengembangkan platform yang membantu mengoptimalkan kinerja BPR. Dan yang penting Komunal ini sudah masuk penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sekadar kalian tahu, hingga kini ada sekitar 1.492 unit BPR di Tanah Air, yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Nantinya, kita tidak perlu lagi harus ke Papua untuk menjadi nasabah BPR di sana. Atau sebaliknya, kita orang Papua tapi ingin menjadi nasabah BPR Aceh. Semuanya nanti bisa. 

Fungsi Komunal.id itu tadi menjembatani hal ini. Jadi Komunal ini semacam jembatan yang menyediakan teknologi ke BPR tersebut untuk bernaung di satu rumah bersama.

Eh, kenapa kita harus menjadi nasabah BPR melalui Komunal? Toh nabung di bank umum tidak masalah?

Jadi, BPR ini rata-rata berada di daerah. Mereka ini yang paling mengerti kondisi daerahnya. Misal kalian tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur. Bank itulah yang mengerti kondisi masyarakat sekitarnya.

Bukankah untuk menimbulkan cinta harus ada sayang. Biar timbul sayang, maka harus mengenal. Jadi, kenalilah bank daerahmu dulu biar mereka akan membantumu kalau ada kesulitan. Misal, mau ngutang untuk kredit motor, kredit pemilikan rumah (KPR), kredit tanpa agunan, dan lainnya.  

Cara Daftar Deposito BPR Aman

Biar tak semakin penasaran, langsung aja kita coba menjadi deposan deposito BPR aman. 

Deposito BPR Aman 100 persen

Untuk registrasinya, kita ngga perlu kok ke kantor cabang. Cukup membuka pranala (browser) dari web di ponsel kalian, dari mana saja dan kapan aja.

Selepas masuk website BPR Komunal, jangan lupa memasukkan kode promo BPR Komunal dan cashback: DP1261

Cukup stay di rumah, kalian bisa dapat cuan dari deposito BPR aman dengan mudah.

Kuy aku tunjukkan caranya menjadi deposan deposito BPR aman.

  • Buka website Komunal.id
  • Klik mulai deposito sekarang dan daftarkan diri kalian. Caranya, seperti memasukkan biodata seperti biasa. Jangan lupa siapkan kartu tanda penduduk KTP) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP) ya
  • Pilih produk deposito yang kalian inginkan dan lakukan pembayaran

Di antara sekitar 60 BPR di Komunal, aku memilih Bank Buana Dana Makmur.

Bank tersebut berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur. Kebetulan juga, aku tinggal di Kediri, Jawa Timur.  

Cara membuka deposito BPR Komunal

Oh ya, jangan lupa masukkan alamat domisili untuk pengiriman bilyet (surat berharga sebagai bukti kalian memiliki sebuah deposito dari bank). Bilyet ini akan dikirim sesuai alamat di KTP atau alamat domisili jika tidak berada di alamat sesuai KTP.

Sebelum pengiriman bilyet akan ada notifikasi dari pihak bank melalui WhatsApp atau panggilan telepon. Intinya, konfirmasi identitas diri sekaligus nama ibu kandung.

Saat mendaftar deposito BPR Komunal ini, proses registrasinya sangat gampang. Yang berbeda cuma urusan tanda tangan.

Biasanya kita perlu membubuhkan tanda tangan pada sebuah dokumen dan dikirimkan melalui pos ke alamat bank tersebut untuk verifikasi. Ada juga yang langsung panggilan video untuk verifikasinya.

Namun di sini, kita perlu mengunduh aplikasi Privy untuk verifikasi tanda tangan digital kita. Sebenarnya tidak perlu unduh Privy juga tidak masalah. Asal kita sudah registrasi di aplikasi tersebut lewat website-nya.

Seluruh proses registrasi ini hanya sekitar 30 menit. Jika urusan tanda tangan beres, nanti perlu verifikasi dokumen yang dikirimkan via browser tersebut.

Nanti ada notifikasi jika kita sudah berhasil menjadi deposan. Langkah selanjutnya, tinggal menyetor uang sebagai tanda resmi memiliki deposito.

Beres. Tinggal menunggu pengiriman bilyet ke rumah deh

Promo Deposito BPR Komunal

Eitttsss..hampir lupa. Khusus buat kalian yang menjadi deposan deposito BPR aman di Komunal dapat cashback saldo Dana sebesar Rp 100 ribu loh.

Cashback ini akan kita terima setelah deposito jatuh tempo dan masuk rekening pribadi kita sekaligus bunganya. Jadi cuannya dobel dong. Mantap.

Promo deposito BPR Komunal Desember 2021

Caranya gampang banget. Kalian tinggal menyetor minimal deposito senilai Rp 1 juta. Yang perlu diingat, masukkan kode promo RINTIKHADIAH

Program HUJANBRRRHADIAH ini cuma berlaku sejak 13 Desember hingga 31 Desember 2021 tuh. Masih ada waktu. Jadi siapkan mulai sekarang danamu.

Tak hanya itu, Komunal juga lagi bagi-bagi hadiah seru buat para sultan. Setiap pembukaan deposito BPR Komunal minimal Rp 5 juta akan mendapatkan hadiah menarik.

Promo ini berlaku hanya satu kali pembukaan deposito di Komunal DepositoBPR ya. Kode promonya HUJANBERHADIAH.

Promo deposito BPR Komunal

Caranya juga gampang. Cukup deposito minimal Rp 1 juta dengan tenor berapa pun dan minimal Rp 5 juta dengan minimal tenor 3 bulan.

Kapan lagi investasi mudah dengan dana murah. Apalagi bisa dapat hadiah.

Kita tinggal hidup tenang di rumah. Biarlah uang bekerja tanpa kita bersusah payah.

62 Komentar

  • Sabda Awal

    wah berarti Komunal ini semacam marketplace untuk deposito BPR ya mas.. ini menarik sih, dengan mendaftar di komunal aja kita bisa bikin deposito dengan banyak pilihan BPR-nya. Apalagi lagi ada program bonusnya, saya mau melipir ke situsnya deh, soalnya saya bisa dapat Mi Band 6 nih, whehe

  • Hani

    Deposito memang sih cukup aman menurutku, walaupun returnnya tidak seagresif saham ya. Tetapi engga deg-degan kayak saham deh. Btw, bunga di BPR lebih tinggi ya daripada bank sebelah. Mayan juga…Makasih infonya

  • Eka Murti

    Kalau disimpan di deposito aman deh, nggak dipakai buat belanja online pas banyak diskon seperti sekarang. Lagipula banknya aman terjamin plus kalau rajin bikin deposito di BPR lama-lama bisa punya rumah deh.

  • Fenni Bungsu

    Cara aman dan bikin tenang yak, gak perlu ke lokasi bisa mendaftar deposito dengan cepat. Kalau begini kan untuk investasi masa depan jadi memudahkan.

  • Arai Amelya

    Kebetulan aku juga pake Komunal nih kak. Asli takjub banget dengan banyaknya produk dan pilihan BPR yang ada yak. Naksir sama deposito yang bisa diproses mudah banget dan relatif cepat, tanpa keluar rumah.

  • Jihan

    Ehhh sama dong mas aku jg ikutan deposito inii. Asyikk akhirnya punya deposito berasa legaa nanti punya biaya darurat untuk a to z jadi ga khawatir lg

  • Lintang

    Sebenernya mudah banget membuka deposito BPR komunal ini. Aku juga udah nyob akarena terjamin aman. Dan penting banget kan investasi buat masa depan.

  • lendyagassi

    Dengan memiliki deposito di BPR ini sebenarnya memaksakan diri untuk menabung. Metode yang diterapkan bagus sekali dan jangka waktu pencairannya bisa kita sendiri yang menentukan.
    Sehingga bisa dirasakan hasilnya kalau jangkanya lebih lama.

  • Niken

    Widiw ternyata hingga saat ini sudah ada sekitar 1.492 unit BPR di Tanah Air ya kak. manteb juga sih sistem komunal BPR ini.

  • Susindra

    Menarik sekali. Apalagi lihat pilihan cashback-nya. Auto ngarep yang iphone hihihi.
    Tapi serius, ini sangat memudahkan. Kebetulan memang saya mau taruh uang deposito di BPR di kota kami tapi belum juga sempat ke sana.
    Pakai komunal.id aja kayaknya ya.

  • Akarui Cha

    Teknologi dengan berbagai kemajuannya memang bikin hidup kita jadi mudah ya. Termasuk nggak perlu repot mondar-mandir dari bank satu dan yang lainnya kalau mau bikin rekening deposito. Baru tahu nih saya tentang Komunal.

  • Hendra Suhendra

    Wah asyik banget sih bikin deposito cukup dari rumah aja. Nggak perlu repot keluar rumah. Apalagi rumah saya di desa, jadi cukup sulit nih nyari bank, soalnya yang ada cuma bank yang itu-itu aja. Boljug nih mas buka deposito di BPR Komunal….

  • Zulmi

    Wah saya baru tahu ada aplikasi ini kak. Walau di rumah saja tetap bisa investasi ya kak. Cocok bagi ibu rumah tangga kayak aku

  • Atiq

    wah, makin mudah ya, bisa dari genggaman aja hihi.. jadi lebih praktis dan aman juga.. ini belum ada aplikasinya tapi ya?

  • Jihan

    Mantap inii aku jugaa buka deposito di sinii mas hehe. Aman dan setoran awalnya itu lohh terjangkau. Sampai akhirnya bahagiaa banget karena kesampaian bisa deposito :p

  • Dizaz

    Deposito memang investasi dgn risiko rendah, tp modal yg dibutuhkan tetap lumayan. Deposito BPR Komunal ini bisa banget jadi pilihan krn terjangkau banget. Makasih infonya kak.

  • Mita

    Aku belum pernah coba deposito, tapi setelah baca ini jadi tertarik. Apalagi kita gak perlu sering2 cek angka. Cukup inget waktu tenor yg kita pilih aja. Apalagi sekarang buka deposito pun tanpa perlu ke bank.

  • Damar Aisyah

    Bener banget nih, buat kaum lemah iman memang butuh nyari aman melalui deposito. Biar gak keambil-ambil. Setoran awal juga gak gede2 banget, jadi bisalah tahan sebulan gak jalan-jalan. Kalau setor 5 juta malah bisa dapat hadiah dan tenornya mulai 3 bulan saja. Deposito BPR Komunal sungguh menarik untuk dicoba.

  • Rani Yulianty

    Pengen banget bisa deposito tapi setoran awal yg gede suka bikin mundur, kalo setorannya terjangkau makmak bisa nyisihin nih dari uang belanja, makasih infonya

  • Shyntako

    Deposito BPR Komunal ini terobosan banget menurutku pionir yang menggunakan aplikasi jadi memudahkan customer.

  • Arai Amelya

    Udah lamaa banget penasaran pengen deposito, tapi gada waktu dan mager abis mau ke bank. Eh, pas banget ini baca BPR Komunal, langsung daftar dong akuuu. Semoga dari awal deposit Rp1 juta bisa membengkak jadi Rp1 miliar yaaa hahahaa

  • lendyagassi

    Aah…jadi deposito ini investasi yang paling paling menyenangkan yaa..
    Gak perlu ngapa-ngapain, simpen uang dan biarkan BPR Komunal yang bekerja.
    Sesuai dengan waktu yang dijanjikan, maka uang yang diendapkan akan berbunga dan mendapatkan keuntungan.

  • ghina

    aku juga dulu pas kuliah udah mulai belajar deposito, emang ini paling aman juga menurutku untuk yg masih lemah iman tuk menabung tapi pengen menabung yaa.. komunal ini besar juga lho bunganya

  • Sari

    Dulu berminat nih dengan deposito tapi mundur teratur karena minimal 10juta dan minimal harus 5bulan, sekarang lebih mudah ya, hanya 1juta udah bisa deposito

  • Nabilla

    Menurut saya juga kalau mau buka apapun di bank, yg kudu dicek soal keamanannya. Yang kedua baru deh kita pelajari apa sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial kita

  • Jihan

    Yeyy alhamdulillah kemarin tuh aku juga buka deposito lewat komunal ini. Keren banget sekarang serba bisa online. billyet juga dikirim ke rumah

  • Dizaz

    Deposit BPR Komunal terjangkau sekali, mana banyak hadiah yang menunggu hingga akhir tahun ini ya. Mumpung masih banyak kesempatan nih, cus buka depositonya.

  • Kania

    Terimakasih infonya Kak. Dengan buka deposito kita gak bisa ambil uang sekehendak kita ya karena waktunya sudah ditentukan. Pas banget kalau kita punya planning pengeluaran tertentu, biar gak otak atik uangnya baiknya pilih deposito ya.

  • Heizyi

    Sebenarnya pengen banget punya deposito. Tapi masih bingung dengan risiko fna jangka waktunya

    Tapi setelah baca artikelnya kakak, jadi paham deh kalau punya deposito itu bisa membantu dalam mengelola keuangan

  • Akarui Cha

    Sekarang kalau mau buka akun deposito jadi makin dimudahkan sama teknologi ya. Nggak perlu lagi datang ke bank wilayahnya. Semua bisa dilakukan hanya melalui Komunal.

  • Fenni Bungsu

    Deposito bisa dikatakan tabungan buat masa pensiun ya kak, karena prospek kedepannya sebagai investasi itu bagus dan stabil. Jadi kalau mau menabung, sebaiknya deposito sih ya

  • Hamimeha

    Kami domisili surabaya dekat lah sama sidoarjo ya.

    Tapi menyimak ulasan ini keunggulannya bisa buka akun tanpa datang offline kok ya jadi memudahkan sekali.

    Apalago setoran awal cukup terjangkau. Ehm ini menambah wawasannku seputar literasi finansial..

    Kebetula bapak mertua baru saja buka deposito jadi ini bisa dijadika referensi

  • Mei Daema

    Saya juga punya deposito di Komunal Mas Didik, bunganya memang lumayan lebih tinggi ya, jadi semakin banyak menabung semakin banyak nanti suka bunganya. udah gitu bukanya ga perlu ke bank, cocok banget buat kaum rebahan atau esmud atau milenial yang super busy kayak saya kerjanya mobile

  • wiwid

    zaman digital telah memudahkan semuanya ya. Sudah lah mudah, murah lagi, plus aman. Bisa dibuat secara online. Habis gitu hujan hadiah lagi.

  • Shyntako

    Solusi yang menarik untuk saya yg malas sama keribetan administrasi dan antrian di bank, menarik jg buka deposito online gini

  • Arai Amelya

    Jagoan banget sih emang Komunal ini. Bikin orang yang mager kudu ke bank jadi punya solusi untuk produk investasi aman dan menjanjikan ini. Jadi langsung ikutan daftar deh

  • Muna Fitria Hidayat

    Untuk simpanan dana pendidikan biasanya juga menggunakan sistem deposito. Jadi bener-bener engga bisa diambil sampai saatnya anak daftar sekolah. Sekolah idaman sekarang biayanya ngeri, hihi..

  • umimami

    wahh mas didik, deposito di komunal ko ya enak men, dapat cash back dan bagi hasilnya, ini gak hanya jawa timur kan ya?

  • Sapti nurul hidayati

    Menarik ini. Jadi bisa deposito mulai dari 1 jutaan ya. Udah gitu nanti kalau jatuh tempo langsung transfer ke bank. Mau ah nyoba. Di Jogja sudah ada belum ya ini?

  • Hanifah

    Kemarin teman ada yang komen kalau obligasi invest yang nilainya lebih tinggi dibandingkan deposito. Akhirnya aku kenalkan ke Komunal BPR karena aku juga udah deposito ke salah satu bprnya. Dua bulan aja bunganya 3% lebih. Akhirnya pendapatnya terbantahkan. Emang return komunal ini tinggi dibanding lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *