yuk jualan online di lazada
Coffee Money

Yuk Jualan Online Bisnis Grosir

Yuk jualan online! Begitulah ajakan temanku yang sudah sukses bisnis grosir. Selama pandemi, dia banting stir dari karyawan sebuah perusahaan swasta menjadi full pengusaha.

Pandemi tiga tahun terakhir memang masih menyisakan duka. Tidak hanya kehilangan sanak saudara, tapi juga mata pencaharian dan beberapa lini usaha.

Ada usaha yang kian meroket. Namun ada juga usaha yang makin seret. Kita semua hanya bisa bersyukur. Tuhan masih memberikan kita kesempatan hidup dan berusaha lebih baik di masa pandemi ini. 

Bisnis Grosir di Lazada

Alasan Memilih Bisnis Grosir

Kalian yang berniat jualan online harus memperhitungkan bisnis grosir ini. Banyak pengusaha sudah membuktikan alasan memilih bisnis grosir lebih menguntungkan.

Memiliki usaha bisnis grosir tentu memiliki kelebihan. Barang yang dijajakan pun harus yang dibutuhkan pasar. 

Berikut alasan kalian harus memilih bisnis grosir sebagai peluang usaha di masa mendatang:

Tak Perlu Belanja Berulang

Kita jadi menghemat waktu berbelanja jika memilih bisnis grosir. Kita pun tak perlu berbelanja berulang kali.

Selain itu tak perlu menghabiskan banyak biaya, mulai dari biaya transportasi hingga ongkos kirim. Kita tinggal sekali pesan barang bisnis grosir untuk persediaan barang.

Otomatis barang bisnis grosir datang dalam jumlah banyak. Apalagi kalau distributor, agen atau perusahaannya langsung mengirim ke rumah atau toko yang kita kelola.

Bila memiliki toko online, kita tak perlu khawatir kekurangan stok. Pembeli pun dapat memesan dalam jumlah banyak sehingga sama-sama menguntungkan kedua pihak.

Bandingkan Harga

Keuntungan memiliki bisnis grosir tentu kita bisa bebas menentukan barang yang akan kita beli, sekaligus kita jual kembali. Kita juga dapat memilih produsen, agen, hingga distributor yang memiliki harga barang bisnis grosir lebih terjangkau.

Otomatis kita memiliki margin laba lebih banyak, jika memilih harga barang bisnis grosir dengan harga lebih murah. Pembeli pun tak akan marah-marah bila harga barang di toko kita lebih murah daripada toko sebelah.

Yuk Jualan Online di Lazada

Modal Lebih Sedikit

Keuntungan lain memiliki bisnis grosir adalah modal lebih sedikit. Dengan barang yang langsung kita beli dari produsen, agen atau distributor, harga barang pun lebih murah. Apalagi kalau kita bisa negosiasi terkait model pembayarannya.

Ada yang mengharuskan beli putus. Namun ada juga yang dapat menerima dengan sistem membayar barang yang terjual.

Semua bisa dikoordinasikan. Sehingga modal yang kita keluarkan untuk membeli barang bisnis grosir lebih sedikit dan bisa dikondisikan.

Tak Perlu Takut Kehabisan Stok

Pengusaha selalu khawatir jika kehabisan stok. Jika memilih bisnis grosir, tentu kekhawatiran itu tak akan terjadi.

Kebayang dong kalau pesanan sedang tinggi. Misalnya, kemarin yang lagi ramai masker hingga minyak goreng. Harga berapa pun akan diborong asal stok ada.

Peluang bisnis grosir inilah yang harus ditangkap pengusaha. Asal jangan nimbun stok ya.  

Jualan di Lazada Menguntungkan

Lakukan Ini Sebelum Yuk Jualan Online

Yuk Jualan Online memang gampang. Tapi harus pikir matang-matang sebelum berjalan.

Bagaimana Memulai Usaha Grosir?

Emang bener sih apa yang dikatakan almarhum Bob Sadino. Pengusaha nyentrik yang sukses dalam bidang pangan dan peternakan ini selalu bilang, bisnis yang paling bagus adalah bisnis yang dijalankan.

Saat bisnis sudah berjalan, tentu tantangan dan hambatan selalu ada di depan. Di sinilah butuh ketekunan, keuletan hingga pantang putus asa demi melanjutkan usaha yang kita kerjakan.

Kadang kita ribet banget mikirin barang apa ya yang bisa dijual. Apalagi di platform online. Karena kebanyakan mikir, akhirnya usaha yang kita rintis tidak jadi berjalan. Ya cuman jadi angan-angan.

Produk Bisnis Grosir

Banyak banget peluang usaha yang dijadikan bisnis grosir. Menjual produk dengan sistem bisnis grosir artinya menjual lebih dari satu jenis produk dan tersedia dalam berbagai warna atau varian.

Misal kita bisnis grosir sembako. Tentu kita memiliki stok beragam merek hingga varian beras, termasuk harganya. Dari beras saja, kita sudah pusing memikirkannya karena saking banyaknya.

Ide sederhana seperti ini yang harus ditangkap pengusaha. Apalagi mayoritas penduduk Indonesia makan beras, eh nasi maksudnya. Jika kita mampu memenuhi stok beras beragam varian hingga harga, bisnis kita akan berjalan langgeng sepanjang massa. 

Ide lainnya dari bisnis grosir antara lain produk perawatan dan kecantikan, perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, makanan minuman, gawai (gadget) dan aksesorisnya, perlengkapan hewan peliharaan, hingga produk pertanian.

Tinggal kita pilih kesukaan kita berbisnis apa. Tentu memilih salah satu dari ide di atas juga punya konsekuensi, baik positif maupun negatifnya. Intinya gas saja! Hehe..

Lihat Pasar

Emang sih kita bisa langsung gas bisnis grosir. Tapi ya jangan gegabah karena semua harus dipikir. Namun memikirkannya ya jangan kelamaan. Keburu ide itu ditangkap orang lain, untung pun melayang.

Cara paling gampang ya bisa melihat lingkungan sekitar. Kebanyakan mereka membutuhkan apa saat ke pasar. 

Cari barang yang tidak bisa dijumpai masyarakat saat di pasar. Atau bisa dijumpai namun memiliki varian terbatas. 

Dari survei kecil-kecilan ini, kita bisa menganalisis kebutuhan pasar. Sehingga peluang itulah yang harus kita jadikan peluang bisnis yang mendasar.

Program Yuk Jualan Online di Lazada

Manfaatkan Platform Online

Aku dulu pernah jualan jilbab dan mukena sambil masih kerja di perusahaan. Tahu sendiri pelanggan barang tersebut ya emak-emak dan remaja tanggung yang suka menawar.

Dulu aku berjualan di forum jual beli karena belum ada pasar daring (e-commerce) seperti sekarang. Semua pada ngomel karena mereka selalu menanyakan toko yang bisa disinggahi agar bisa tes barang.

Padahal memiliki sebuah toko untuk memajang barang itu butuh modal besar. Bahkan untuk menyewa kios pun, hati ini sudah gusar. 

Beruntunglah anak zaman sekarang. Untuk ngapa-ngapain pun jadi gampang. Bahkan jualan dan belanja online pun bisa hanya dari gawai di tangan. Cuan pun datang bahkan sambil kita rebahan.

Cara Jualan di Lazada

Untuk menekan biaya modal, kita bisa bisnis grosir secara daring (online). Salah satu platform jual beli yang bisa kita coba adalah Lazada.

Melalui platform yang mendukung UMKM Go Online, kita tidak akan kena biaya sepeserpun saat menjual barang. Jadi hidup kita akan tenang, tanpa perlu memikirkan sewa kios, bayar listrik hingga ngasih jatah preman. Oooppss!

Ya namanya jualan offline (luring) tentu pasti ada tantangan. Meski kadang bagi pembeli, itu menjadi sebuah kelegaan. 

Mereka bisa melihat langsung barang yang akan dibeli. Pembeli pun tak perlu takut karena barangnya asli. 

Beruntung Yuk Jualan Online di Lazada bisa menjawab semua keraguan. Apalagi bagi pebisnis muda yang belum berani ambil semua risiko di depan.

Masih Takut Jualan di Lazada?

Namanya memulai langkah baru pasti ada keraguan. Kita butuh kekuatan untuk melangkah demi sebuah kepastian.

Tenang! Lazada menyediakan program khusus untuk seller baru yang belum pernah atau berpengalaman jualan online, bahkan jualan di Lazada sekalipun. Agar kita makin mantap melangkah yuk jualan online, Lazada bakal ngasih kesempatan 90 hari belajar fitur-fitur di Lazada.

Kita akan belajar membaca grafik penjualan, memasarkan produk, hingga cara berjualan menggunakan fitur live streaming di Lazada.

Keuntungan bisnis grosir jualan di Lazada

Selain itu, kita juga bisa ikut kampanye seru yang sering Lazada adakan. Tentu hal ini akan jadi strategi promosi murah meriah untuk mengenalkan produk bisnis grosir kita ke semua kalangan.

Apalagi Lazada udah punya lebih dari 30 pusat penyimpanan di seluruh Asia Tenggara. Barang bisnis grosir tentu akan lebih cepat sampai ke pengguna.

Coba cek ini Yuk Jualan Online biar kalian percaya. Kalian bisa langsung daftar sebagai online seller Jualan di Lazada. 

Karena kesempatan ini jarang mungkin ada. Now or never biar cuan segera di tangan kita. 

Yuk Jualan Online di Laz

Biar usaha kita lekas naik keLaz.  

Anda mungkin juga suka...

20 Komentar

  1. menulis:

    Wah ini ide bisnis yang menarik
    Udah lama aku pengen nyoba jualan online tapi masih maju mundur cantik untuk memulai. Baca ini semangatku terpantik lagi. Mau coba di Lazada ah

  2. menulis:

    Bisnis bidang kuliner dan fashion sepertinya tidak akan mati ya selama manusia ada di dunia ini. Ditambah gabung di ecommerce yang bisa memuaskan penasaran kita wah makin pesat pasti tuh perkembangan usahanya. Aamiin…

  3. Aku pernah belanja grosir, hehehe ((bangga banget)) soalnya waktu itu ada keluarga datang dari Surabaya. Sehingga belanja grosir jadi lebih menghemat waktu dan biaya.

    Meski sudah siang, namun ikan dan sayuran masih terbilang segar.
    Di Lazada, semua ada yaa… Asik banget scrolling di LAZ.

  4. menulis:

    Kalau Mas Didik diomelin calon pembeli yang pengen langsung datang ke toko, aku diomelin temen lamaku. Dia tau aku jualan online. Pas ke kotaku dia pengen mampir istirahat di tokoku. Toko apa? Hihi…

    Sekarang dengan makin maraknya e-commerce seperti Lazada, berjualan online tanpa punya toko fisik jadi makin biasa :)

  5. menulis:

    makasih informasinya, saya ada toko di platform lain tapi belum coba di Lazada. Setelah baca artikel ini jadi ingin cuka toko juga di Lazada.

  6. Terima kasih infonya, Pak. Dulu saya pernah merugi jualan minyak balur. Kayaknya jualan gini memang untung-untungan juga

  7. Fenni Bungsu menulis:

    Bisnis grosir jumlah barang yang tersedia bisa banyak, sehingga bisa memenuhi jumlah permintaan kustomer. Apalagi harganya juga bisa miring lah ya

  8. Bisnis grosir emang tampak menguntungkan. Karena biasanya produk grosiran itu harganya lebih murah. Jadi, banyak orang yang lebih pilih produk grosiran.

  9. menulis:

    Ngga takut dong hehe, ntar jg mau bikin usaha online di Lazada ahh hahaha, temenku udah mulai gabung di sellernya Lazada nih, gamau kalah dongg dapat banyak pelanggan

  10. Wahyu Eko menulis:

    saya juga sekarang manfaatkan jualan online untuk barang yg jarang dipakai tapi masih layak pakai, jual di e-commerce peluang lakunya barang bekas pakai (second) terbilang cukup gede.

    Apalagi jika produk yg kita jual sangat bermanfaat

  11. menulis:

    Kalo punya modal besar aku pun pengin bgt deh coba jualan grosir. Biasanya yg grosiran ini jg banyak dimintai sama para pembeli krn produknya lengkap dan harganya lebih murah biasanya. Apalagi kalo lg ada demand tinggi, bisa untung bgt bisnis ini

  12. ada benernya sih apa kata bob sadino, bisnis yang bagus adalah bisnis yang berjalan, ya iyalah paakk, hehe. btw tertarik nih pengen bisnis grosir juga, tapi itu tetep masih mikir mau bisnis grosir apa gitu ya, nah bener nih ini bisnis yang gak bagus, masih mikir dan gak jalan-jalan, hehe

  13. Memulai bisnis grosir memang lebih hemat dan menguntungkan ya. Nah kalau mau buka usaha atau jualan online enaknya memang via e-commerce seperti Lazada karena mudah dan ada platform khususnya juga buat bantu para seller biar bisa meraih omzet

  14. menulis:

    Peluang jualan online makin terbuka lebar ya mas.
    Apalagi kalau join bareng marketplace terkemuka seperti Lazada ini

  15. menulis:

    UMKM sekarang enak ada fasilitas terutama di Lazada juga dapat tempat.. jadi tergiur buat jadi UMKM tapi ngga tau mau jual produk apa hehe..

  16. aku udah daftar nih kak, tinggal upload produk aja. hihi semoga rezeki ya bikin usaha walau masih kecil-kecilan

  17. Kalau mau memulai tuh memang terasanya berat yaa..
    Tapi kalau sudah jalan, bismillah.. bisa belanja murah dan praktis di LAZADA. Semua ada.

  18. Bisnis barang grosir memang menggoda banget ya, Mas.
    Meski keuntungannya tipis, tapi volume penjualannya tinggi.

  19. Sepakat kak. Peluang bisnis grosir itu tinggi lho. Karena otomatis bisa dapat harga yang lebih murah. Terus bisa nyetok banyak jadi penjualan juga banyak. Apalagi kalau bisa jualan online di Lazada, dobel deh untungnya

  20. Wahyuindah menulis:

    Jualan online yuk di lazada. Bisnis online sekarang makin dipermudah ya dengan bantuan dari platform belanja online. UMKM makin meningkat dong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *