Aplikasi perencanaan keuangan PINA
Home

Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaik Jadikanmu Bebas Finansial

Penasehat keuangan Robert T Kiyosaki bilang, jangan bekerja untuk uang. Tetapi buat uang bekerja untuk kita. 

Saat itu terjadi, inilah yang disebut kebebasan finansial (financial freedom). Suatu kondisi saat kita tak perlu menawar saat membeli barang mewah sekalipun di toko. Tak pusing memikirkan besok makan apa. Atau bingung anak-anak kita nanti mau sekolah di mana. Serta bagaimana hidup kita nanti di masa tua.

Artinya, kondisi keuangan kita sudah cukup untuk membiayai kebutuhan utama dan gaya hidup kita. 

Kuncinya satu, pendapatan harus lebih besar dari pengeluaran. Pendapatan tak perlu besar. Tapi penghasilan sekecil apapun jika dikelola dengan bijak maka bisa menikmati kebebasan finansial. 

Tips Perencanaan Keuangan Pribadi

Tanda Orang Bebas Finansial

Kebebasan finansial bisa terjadi dalam beberapa hal. Kita harus bisa mencapainya untuk mewujudkan impian bebas finansial.

Punya Passive Income

Tanda orang bebas finansial yakni memiliki pemasukan pasif (passive income). Pemasukan ini bisa diperoleh dari beragam produk investasi, baik berwujud seperti tanah, sawah, hingga properti. Atau tak berwujud seperti produk investasi (deposito, reksadana, saham).

Untuk memperoleh passive income, produk tersebut harus memiliki imbal hasil (return) yang berfungsi sebagai penghasilan tambahan. Inilah yang disebut selangkah lebih maju menuju kebebasan finansial. 

Sekarang banyak aplikasi investasi terpercaya untuk mewujudkan impian itu.

Siapkan Dana Darurat

Perencana keuangan Ligwina Hananto menyarankan sisihkan dana terlebih dulu untuk dana darurat. Gunakan aplikasi catatan keuangan pribadi untuk menyiapkan 12 kali penghasilan bulanan kita dalam satu rekening dana darurat.

Kalau freelancer gimana donk? Ya hitung saja rata-rata penghasilan bulanan kita. Usahakan sisihkan dan masuk rekening dana darurat dulu. Bisa ditaruh dalam rekening tabungan biasa atau masuk deposito.

Dana darurat ini sebagai persiapan saat sewaktu-waktu ada musibah. Misalnya ada bencana atau bahkan kita terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Dana darurat ini baru boleh dipakai ketika ada kondisi penting tersebut hingga kita bisa memperoleh pekerjaan kembali.

Saat saldo tabungan dan dana darurat cukup, pasti hidup kita akan lebih tenang. Tentu di sini perlu aplikasi budgeting yang bisa menunjang kebebasan finansial tersebut. 

Bebas dari Utang

Pasti impian banget tuh bisa terbebas dari utang. Baik utang bersifat produktif hingga konsumtif. 

Utang produktif biasanya untuk modal usaha atau membeli kredit pemilikan rumah (KPR) meski hal itu dianggap sebagai liabilitas. Utang konsumtif ya untuk berbelanja barang yang tidak penting. Sebatas memenuhi keinginan, bukan kebutuhan pokok.

Tanda Orang Bebas Finansial

Mampu Menahan Perilaku Konsumtif

Sudah menjadi kebiasaan orang untuk selalu berbelanja saat menerima gaji atau bonus. Kadang makan di kafe mewah, beli mobil mewah atau beli baju yang malah akhirnya nggak kepake.

Jadi ingat kasus warga sekampung di Tuban yang ramai-ramai membeli mobil mewah. Hal itu dilakukan setelah menerima uang ganti rugi lahan terdampak proyek pembangunan kilang minyak milik Pertamina.

Namun apa yang terjadi sekarang? Banyak yang tidak memiliki penghasilan tetap, hingga menjual ternak untuk kebutuhan harian. Miris!

Sisihkan Penghasilan

Salah satu orang terkaya di dunia Warren Buffett pernah mengatakan, kalian harus menabung saham dan investasi untuk menjadi kaya, bahkan untuk mencapai kebebasan finansial. 

Dia selalu mengingatkan agar menabung dulu sebelum berbelanja. Duh aku ketampar banget sih di sini. 

Biasanya aku malah belanja dulu. Sisanya baru ditabung atau masuk rekening investasi.

Auto debet tabungan atau investasi bisa menjadi pilihan tepat. Jadi uang itu tidak bisa diutak-atik. Amankan dana itu sebelum mengalokasikan dana lainnya.

Mau tahu cara bebas finansial? Yuk ketahui aplikasi perencanaan keuangan terbaik untuk mempercepat tujuan bebas finansialmu.

Pengalaman Memakai Aplikasi PINA

Jujur aku baru tahu ada aplikasi PINA. Aplikasi yang dibuat PT Trust Sekuritas ini seolah ngebongkar kebiasaan kita setiap hari, terutama uang masuk dan keluar.

Lantas seberapa banyak kekayaan kita sekarang, yang ditentukan dari apa yang sudah ditabung dan diinvestasikan.

Kerennya lagi, aplikasi PINA ini menjadi aplikasi perencana keuangan terbaik saat ini. Tentunya dengan hanya satu aplikasi PINA, kita bisa mengetahui kondisi finansial sekarang.

Seberapa boros kita setiap bulan. Dan bagaimana kebiasaan kita untuk merencanakan masa depan, terutama asuransi, investasi, rumah impian, kendaraan pribadi, menikah, pendidikan lebih tinggi dan segala impian kita di masa mendatang.

Cara Mendaftar Aplikasi PINA

Sebelum mengulik fitur-fitur aplikasi PINA, tak lengkap rasanya kalau kita tak mengenal dulu aplikasi untuk mengelola keuangan ini.

Yuk segera download dulu aplikasi PINA untuk iOS dan aplikasi PINA untuk Android

Untuk mendaftar, kita harus memasukkan nomor telepon. Jangan lupa mencentang bagian yang menunjukkan bukan wajib pajak Amerika Serikat (FATCA).

Nanti akan muncul empat angka One-time password (OTP) sebagai tanda verifikasi nomor ponsel.

Proses selanjutnya verifikasi diri dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Tenang kita tak perlu swafoto (selfie) pakai KTP kok. 

Cara Daftar Aplikasi Investasi Terpercaya PINA

Kita juga harus mengisi informasi tambahan untuk registrasi. Misalnya nama ibu kandung, pendidikan terakhir, sumber pendapatan, pendapatan per bulan, jenis pekerjaan, hingga tujuan buka akun.

Selain itu mengisi rekening pencairan dana. Terakhir membubuhkan tanda tangan. Uniknya, tanda tangan berupa e-sign. Jadi kita tinggal menorehkan tanda tangan secara digital.

Saat semua beres, aplikasi perencanaan keuangan PINA akan memproses pembuatan nomor investor, rekening dana nasabah (RDN), hingga pemberitahuan saat rekening investasi aktif.

Proses paling lama sekitar 24 jam. Pemberitahuan melalui surat elektronik (e-mail). Aku malah tidak ada notifikasi beres dalam 24 jam. Namun ternyata akunku malah sudah beres. Bisa langsung setor ke RDN lagi. Siap deh buat investasi.

Kenali Kondisi Keuangan Kita

Di halaman muka sebelum registrasi, kita akan langsung disodori pertanyaan dengan empat jawaban. Tak ada jawaban salah atau benar karena ini menunjukkan kondisi keuangan kita saat ini. 

Pertanyaannya sederhana, kamu ingin kulik aplikasi PINA mulai dari mana? Ada yang ingin mulai dari PINA Save, PINA Goal, investasi di saham dan reksadana atau ingin eksplor dulu. Nggak masalah. 

Hal ini semacam pintu masuk agar aplikasi perencanaan keuangan PINA dapat mengetahui kondisi keuanganmu. Serta bisa merekomendasikan hal yang terbaik buat kita. Tentunya ya demi mempercepat status kebebasan finansial kita dong!

Kategori Terpopuler di PINA

Biar memudahkan pemakaian, kita dapat memilih kategori aplikasi budgeting. Kategori ini memungkinkan kita untuk mengatur pos-pos pengeluarannya.

Misalnya, kategori makanan dan minuman, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan anak, tagihan listrik dan air, pendidikan, hiburan, dan pos-pos penting lainnya.

Hubungkan Akun Finansialmu

Bagian ini yang paling menarik. Kita dapat menghubungkan akun finansial yang kita miliki saat ini. Baik berupa rekening tabungan hingga dompet digital (e-wallet).

Saat menghubungkan akun, otomatis saldo dana kita akan terlihat dalam bagian kekayaan (NetWorth). 

Bahkan kita juga dapat menghubungkan dengan akun Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Saat terhubung, kita dapat mengetahui jumlah saldo terkini dari dana yang mengendap di sana.

Kita juga dapat menghubungkan dengan aset lain, seperti saham atau reksadana. Sayang kita harus mencatat manual di bagian ini. Contoh, kita memiliki 1 lot saham BCA yang kita beli di harga Rp 7.500. Maka aset kita sekitar Rp 750.000.

Kalau bisa langsung terhubung dengan sistem Single Investor Identification (SID) di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), bakal mantap lagi tuh. Semua aset kita akan kelihatan deh! Hehe..

Aplikasi budgeting PINA

Fitur-Fitur Aplikasi PINA

Aplikasi perencanaan keuangan PINA punya segudang fitur. Ini aku kasih contoh yang buat aku ternyata penting banget.

PINA Save

PINA Save yakni tools untuk melacak seluruh rekening. Ada beragam bank terkemuka yang bisa kita hubungkan ke aplikasi perencanaan keuangan terbaik ini. Jadi kita bisa memantau semua saldo di berbagai rekening bank hanya dalam satu aplikasi PINA. 

Kerennya lagi, fitur ini gratis kok. Kalian ntar bisa intip jumlah saldo hanya dengan satu sentuhan.

Di sini kita bisa melihat pemasukan sekaligus pengeluaran. Tentunya pengeluaran bisa kita atur terlebih dulu. Sehingga kita dapat mengetahui jumlah pengeluaran yang sudah kita anggarkan.

Ingat pepatah lama, jangan sampai besar pasak daripada tiang. Aplikasi budgeting PINA akan mengingatkan kita kalau sampai terjadi over spending tuh.

Kita bahkan juga bisa mengetahui segala transaksi, baik uang masuk dan keluar di rekening tabungan hingga e-wallet yang sudah kita hubungkan. Pokoknya segala kelakuan kita bakal terbongkar deh! Haha..

PINA Goal

PINA Goal yakni sebuah alat yang menunjukkan impian kita serta cara memenuhinya. Dalam aplikasi PINA ini tertera beragam goal finansial, seperti mempersiapkan dana darurat, investasi umum, membeli rumah, dana pensiun, pendidikan anak, dan lainnya.

Di sini kita bisa mengatur total biaya yang ingin dicapai. Serta waktu untuk mencapainya. 

Misal ingin mewujudkan aplikasi budgeting dana darurat Rp 10 juta. Dana tersebut harus terkumpul 24 bulan. 

Aplikasi perencanaan keuangan PINA akan menunjukkan seberapa profil risiko berinvestasi kita. Apakah tergolong konservatif, moderat atau agresif. 

Misal kita memilih konservatif. Maka tim aplikasi PINA akan merekomendasikan instrumen investasi reksadana pasar uang. 

Aplikasi investasi terpercaya PINA akan menyarankan kita menabung sebesar Rp 392.402 per bulan selama dua tahun. Padahal kalau hitungan normal, kita harus menabung Rp 416.666 per bulan.

Enaknya lagi, PINA akan sekaligus menyarankan produk instrumen investasinya berdasarkan kinerja perusahaan sekuritas hingga profil risiko kita.

Selanjutnya kita akan diarahkan untuk langsung investasi deh. Tinggal setor uang ke Rekening Dana Nasabah kita. Mau auto debet atau manual setor per bulan, itu pilihan. Yang penting kita sudah selangkah menuju kebebasan finansial.

Itulah enaknya fitur aplikasi perencanaan keuangan dengan fitur PINA Goal.

Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi PINA

PINA Goal Planner

Kita bisa membuat janji untuk konsultasi terkait produk investasi. Atau kita kesulitan untuk mengatur kondisi keuangan. 

Asyiknya lagi, fitur konsultasi dengan tim goal planner PINA tanpa biaya alias gratis. Aplikasi catatan keuangan pribadi PINA memberikan waktu 45 menit untuk konsultasi melalui web conference.

Kita juga bebas mencari tanggal yang pas untuk konsultasi. Jam yang tersedia untuk konsultasi yakni pukul 10.00, 10.30, 11.00, 19.00 dan 19.30 waktu setempat. 

Jangan lupa mengatur waktu wilayah ya. Soalnya beda-beda tergantung lokasi kita tinggal.

Informasi Investasi

Dalam aplikasi perencanaan keuangan PINA juga tersedia kelas belajar melalui platform daring. Misal pada 14 Juni ini akan ada webinar “Kapan Waktu yang Tepat untuk Nabung Pendidikan Anak”

Bagi yang kesulitan tentang top-up RDN atau tarik uang dari RDN, aplikasi budgeting PINA juga mewadahinya melalui bagian Tutorial. Caranya mudah diikuti dengan penjelasan padat dan ringkas.

Buat yang investasi saham, aplikasi investasi terpercaya PINA juga menyediakan grafik pergerakan harga saham secara realtime. Jadi kita nggak khawatir ketinggalan pergerakan harga saham di pasar.

Jangan Lewatkan PROMO

Siapa sih yang nggak mau promo? Hari gini gitu loh

Di halaman muka aplikasi catatan keuangan pribadi PINA tersedia beragam informasi. Jangan lupa untuk mencari bagian promo untuk mendapatkan diskon khusus selama penawaran tersedia.

Misal cashback 5 persen (maksimal Rp 10 juta) untuk yang rutin investasi di aplikasi investasi terpercaya PINA.

Promo berlaku untuk pembelian produk investasi PINA Goals apa saja dengan minimal investasi Rp 200.000 per bulan. Ingat dana tidak boleh diambil minimal setahun. 

Promo ini mulai berlaku 7 Juni 2022 hingga 31 Desember 2022. Masih ada waktu loh!

Ada juga promo buat nasabah aplikasi perencanaan keuangan PINA ini. Kita akan dapat dana tambahan Rp 250.000. Caranya cukup berinvestasi minimal Rp 1 juta melalui produk investasi PINA Goals, Saham atau Reksadana.

Cerita Unik Pakai PINA

Jujur sih. Kenapa aplikasi perencanaan keuangan PINA baru ada sekarang? Kenapa nggak dari dulu gitu. Soalnya fitur-fitur di dalamnya aku butuhkan banget dari dulu.

Mulai dari pengenalan kondisi keuangan pribadi, cara pengelolaan keuangan, cara investasi, hingga kelas belajar investasi hanya dalam satu aplikasi.

Aplikasi ini sempat aku tawarkan ke ibu. Orangtuaku ini tergolong orang yang kolot dalam pengelolaan keuangan.

Saat duit panen dari sawah masuk, dilarang masukkan ke bank. Dia selalu masukkan ke tabungan di pengajian meski tanpa ada bunga (bagi hasil).

Duit hasil panen emang lekas dibagi. Tapi selalu habis untuk kebutuhan sehari-hari. Makanya aku sempat kasih tahu ke ibu. “Kita nih nggak kaya-kaya dari dulu. Soalnya pengelolaan keuangannya buruk sekali.”

Ibuku terdiam. Aku sih kaget. Takutnya malah bikin sedih. Soalnya di masa sulit seperti ini, masalah ekonomi selalu bikin tragedi. Banyak keluarga berantakan karena masalah ekonomi. Teman-temanku juga cerai karena tak pandai dalam komunikasi dan terlilit masalah ekonomi lagi.

Untungnya setelah mengetahui aplikasi budgeting PINA, ibuku mulai sadar pentingnya mengatur keuangan. Selain itu mulai berminat investasi. 

Semoga nanti aplikasi perencanaan keuangan PINA menambahkan produk investasi emas. Ibuku ini masih kolot. Maunya beli emas mulu. Soalnya kalau investasi saham atau reksadana, tidak berbentuk. Takut uangnya dibawa kabur.

Ah ibuku ini emang kolot sih. Zaman udah maju. Investasinya masih itu-itu mulu. Hehehe..Jangan keluarkan aku dari Kartu Keluarga ya bu.

Manfaat Memakai Aplikasi PINA

Aplikasi perencanaan keuangan PINA memiliki banyak manfaat. Kita jadi mengerti kondisi keuangan terkini dan nanti, beragam produk investasi sesuai profil risiko pribadi, hingga kelas-kelas untuk memperbarui kualitas diri.

Fitur Invest untuk Investasi Saham/Reksadana

Kita bisa mengetahui cara memilih produk investasi saham atau reksadana dari profil risiko pribadi. Biasanya kita suka kebingungan saat harus membeli produk investasi. Mengingat jumlahnya ribuan, terutama produk reksadana.

Begitu juga tentang investasi saham. Salah membeli saham perusahaan tertentu, nilai kekayaan kita akan tergerus. Otomatis aset kita juga tergerus.

Hal inilah yang memperbarui total aset kita. Meski secara harta, masih ada dividen yang kita terima per tahunnya. Itu pun saat kita membeli saham perusahaan yang membagikan dividen ya.

NetWorth

Fitur ini menjadi keunikan di aplikasi perencanaan keuangan PINA. Kita bisa mengetahui jumlah aset yang kita miliki sekarang. Tentunya aset tak berwujud, seperti rekening tabungan, e-wallet, saldo Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan, hingga aset berupa saham dan reksadana.

Namun kita juga dapat menambahkan aset berwujud. Aplikasi catatan keuangan PINA punya kategori aset seperti uang, kendaraan, investasi properti, kripto, emas dan lainnya. 

Kategori lainnya ini seperti merek, hak cipta,paten, surat berharga dan masih banyak lagi lainnya.

Fitur Classroom

Untuk mencapai kebebasan finansial, kita juga harus terus menambah wawasan. Caranya dengan memanfaatkan fitur Classroom di aplikasi investasi terpercaya PINA.

Tempatnya di pojok kanan bawah sehingga kita dapat mencari informasi dengan mudah.

Di sini kita bisa membaca artikel terbaru tentang keuangan dan investasi. Serta gaya hidup yang berkaitan dengan uang dan pengembangan diri.

“Tidak ada kata berhenti untuk belajar. Asah kemampuan yang sudah kita miliki supaya lebih lebih ahli dalam bidang yang telah kita kuasai.”

Dengan memiliki skills baru, otomatis juga menambah pundi-pundi baru. Dengan menyisihkan untuk tabungan dan investasi, kebebasan finansial semoga lekas tercapai. Amin.

Pengalaman Setelah Pakai Aplikasi PINA

Aplikasi budgeting PINA menyadarkanku bahwa pengelolaan keuangan itu penting. Sejak dulu, bahkan hingga sekarang aku selalu mencatat manual baik untuk pengeluaran dan pemasukan.

Namun ternyata aku kurang konsisten menjalankan disiplin pengaturan keuangan. Berulang kali aku selalu besar pasak daripada tiang. 

Aplikasi Perencanaan Keuangan PINA

Kemudahan transaksi via e-banking bahkan fitur QRIS memudahkanku makin konsumtif belanja di e-commerce. Alhasil, duitku selalu habis demi memenuhi gaya hidupku yang makin gila pamer.

Melalui PINA, aku kini makin tersadar harus segera mengatur tujuan keuangan. Serta rutin menabung di PINA Goal setiap bulan minimal selama 1 tahun. 

Soalnya aku juga mau dapat cashback hingga Rp 10 juta dari aplikasi budgeting PINA. Semua bisa bebas atur uang dan investasi di aplikasi perencanaan keuangan terbaik PINA.

Anda mungkin juga suka...

27 Komentar

  1. Cantik banget aplikasi PINA sudah membantu menghitungkan uang untuk dihabiskan, ehhehe..bukan dink, untuk dialokasikan demi kebebasan finansial yang baik untuk masa depan.
    Terpukau sama fiturnya yang ngebantu banget dalam mengatur keuangan dan keren bisa sync ke semua dompet digital.

  2. Fenni Bungsu menulis:

    Walaupun jadi membongkar kebiasaan aneh kitanya yang belum rapi kelola keuangan, tapi berkat PINA bisa membiasakan kitanya biar lebih teratur lagi, terutama biar gak kebanyakan dana keluar juga

  3. Menahan diri dari sifat konsumtif, termasuk menahan diri untuk nggak berutang ini nih yang sebenarnya perlu banget dikuatkan di dalam diri biar si financial freedom lekas terwujud. Paling nggak, menjadi jalan biar kita punya pengelolaan keuangan yang cukup baik ya. Wah, senang ya, sekarang ada lagi nih aplikasi pencatatan keuangan yang bisa bikin kita mengoreksi diri sendiri, termasuk membantu budgeting setiap bulannya.

  4. menulis:

    Sesungguhnya orang yang paling kaya itu adalah orang yang ngga punya hutang. Tul ngga? Pokoknya penting banget mengatur gaya hidup biar pengeluaran ngga lebih besar dari pendapatan.
    Aku juga udah nyobain PINA ini mba buat financial goalsku. Cocok banget buat yang masih berantakan ngatur keuangan sih ya. Semakin nyoba fiturnya juga makin ketagihan buat bikin perencanaan keuangan lebih baik lagi.

  5. Ternyata aplikasi PINA ini supaer lengkap sekali dalam mengatur keuangan bahkan kita bisa mengetahui juga dana yang bisa diinvestasikan. Menarik sekali nih buat kita yang boros. Mau cobain download dan pake akh

  6. Setuju, Kak Didik. Aplikasi PINA telah membongkar kebiasaan keuangan kita, heheehee.. Aku pun jadi tertampar dan berasa diingetin tiap hari sama si PINA

  7. Aplikasi yang wajib punya buat freelancer nih. Jadi bisa atur budget, dapat info investasi sampai diajarin caranya yang tepat pula. Menarik.

  8. menulis:

    Wow pengen nih punya penghasilan pasif dan ngerasain kebebasan finansial. Kuncinya ternyata harus disiplin mengatur keuangan ya.
    Iya, nih. Biasanya berinvestasi atau nabung kalo uang bulanan sisa. Ya, hasilnya ga maksimal..aplikasi PINA ini ngebantu banget dong.

  9. menulis:

    10 juta?? Seriusan CB segede itu? Wah, bikin makin semangat nih buat budgeting pake aplikasi pencatatan dan budgeting keuangan ini apalagi transaksi pembayarannya juga banyak pilihannya ya mas

  10. YSalma menulis:

    Aplikasi PINA benar-benar bisa menjadi salah satu langkah perencanaan keuangan dalam mewujudkan target bebas finansial ya. Pengeluaran terarah dan tercatat, tabungan jalan, investasi lanjut. Mantap banget.

  11. menulis:

    PINA ini cukup terintegrasi antara menabung dengan investasi ya? Bisa sekaligus menabung dan investasi gitu maksudnya

  12. Ayu Natih Widhiarini menulis:

    Pendapatan tak perlu besar. Tapi penghasilan sekecil apapun jika dikelola dengan bijak maka bisa menikmati kebebasan finansial.

    Pas banget sama kutipan diatas. Kalau kita bisa bijak kelola keuangan sekecil apapun penghasilan pasti selalu ada celah untuk menabung. Nah, tabungan berjangka atau auto debt ini memang strategi yang jitu. Saya juga menerapkan tabungan auto debet ini mas. Benar-benar kelihatan hasilnya loh..

  13. menulis:

    Wah menarik banget aplikasi PINA ini ya mas
    Fitur-fiturnya memudahkan kita untuk bisa mengelola keuangan dengan baik

  14. Gina Nelwan menulis:

    Wah bagus juga yaaa aplikasi Pina ini, mau cobain donlot ah untuk bantu memanage keuanganku, biar gak khilaf2 tiap bulannya

  15. Wahyu Eko menulis:

    bener mas, sekecil apapun pemasukan jika dikelola dengan baik pasti bisa ngebantu untuk mencapai kebebasan finansial, jadi ketika dapat pemasukan gede kita bisa menunda kesenangan, tentunya dibantu dengan pencatatan keuangan. Syukurlah sekarang sudah ada aplikasi PINA fitur-fiturnya ngebantu banget sih ini, bisa sekalian nabung dan investasi pula.

  16. Saya juga senang sekali bisa kenalan dengan aplikasi ini. Fitur2nya sangat menarik dan paling penting sangat membantu dan memudahkan saya dalam urusan bugeting

  17. wah saya belum termasuk yang bebas finasial nih, harus banget mulai mengatur keuangan dan menahan godaan belanja gak penting terus pake palikasi PINA

  18. Mantab banget emang pakai PINA ini. Aku juga suka atur keuangan aku pakai PINA kak. Selain itu bisa inves juga.

  19. Aplikasi PINA ini bisa mempermudah  dalam mengelola uang pribadi sehari-hari. Sehingga, pemasukan dan pengeluaran bisa dilacak dengan baik.  Bahkan praktisnya bisa terhubung ke e-wallet yg dimiliki

  20. menulis:

    PINA ini keren banget yaa, ada kategorinya segala ya yang biasa kita gunakan, jadi gak perlu repot input manual lagi ya tinggal klak klik aja sesuai kebutuhan pencatatannya dong ya, asyik banget, sangat memudahkan ini.

  21. Nah, aku juga barus tersadar saat menggunakan aplikasi perencanaan keuangan ini, Kak. Berasa ditabok, nyoh pengeluaranmu bocor di sini nih. Akhirnya, bulan ini mulai bisa ngerem deh :D

  22. menulis:

    Aplikasinya keren, mau daftar ah buat dicoba. Lagi nyari aplikasi yg kaya gini nih

  23. menulis:

    seneng deh makin banyak aplikasi pengatur keuangan kaya PINA gini yang ngebantu banget ya buat bikin budget bualanan. apalagi buat keluarga baru cocok nih biar gak over budget hihi

  24. aku juga pakai PINA, kak. penting banget nih biar bisa ngerem pengeluaran biar gak besar pasak daripada tiang

  25. ini menarik juga ya.. app pncatatan keuangan pribadi tapi bisa buat invest juga. tujuannya mungkin biar engga ribet berpindah2 aplikasi dan agar lebih jelas budgetingnya ya

  26. menulis:

    Keren banget aplikasi budgeting PINA ini sampai menyediakan layanan konsultasi secara online. Cocok banget sih buat mengatur finansial dengan cara tepat. Karena, perencanaan keuangan itu harus tepat kalau salah langkah bisa-bisa jadi amburadul dong pengelolaan keuangannya.

  27. PINA ini memang keren banget, ya. Setelah bikin budgeting di PINA, saya jadi lebih waspada kalau membelanjakan duit, hahaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *