tips memilih asuransi haji
Coffee Money

6 Tips Memilih Asuransi Haji Terbaik

Setiap tahun jutaan jamaah haji sudah berkumpul di Mekkah dan Madinah untuk menunaikan ibadah haji. Agar menunaikan ibadah yang merupakan rukun Islam kelima ini makin tenang dan khusuk, alangkah lebih baik melengkapi perjalanan dengan asuransi haji. Berikut tips memilih asuransi haji terbaik yang perlu diperhatikan.

Risiko Saat Menunaikan Ibadah Haji

Kita sudah merencanakan tapi Tuhan lah yang berkehendak. Begitulah perasaan yang tepat untuk menggambarkan kondisi saat menunggu panggilan Ilahi untuk menunaikan ibadah haji.

Ada yang mempersiapkan biaya naik haji sejak dini. Tapi ada juga yang baru mempersiapkannya saat manula. Otomatis untuk dapat berangkat ke Tanah Suci, kita sudah tidak muda lagi.

Saat berangkat di usia renta, kondisi tubuh pun sangat berbeda. Dulu masih tahan berjalan kaki atau lari kecil lama-lama. Sekarang harus memakai kursi roda.

Alasan penting memakai asuransi haji

Apalagi kondisi cuaca di Mekkah dan Madinah yang sangat berbeda dengan Indonesia. Cuaca panas ekstrem memicu jamaah haji asal Nusantara cenderung mudah lelah dan tak berdaya.

Seperti diketahui, ada berbagai risiko yang bisa dialami saat menunaikan ibadah haji atau umrah. Ada jamaah yang mulai jatuh sakit hingga meninggal dunia saat melakukan perjalanan hingga menunaikan ibadah.
Kondisi ini tentu akan menimbulkan kekhawatiran. Baik bagi pengelola sekitar Ka’bah maupun keluarga yang masih menanti di rumah saja.

Baca juga:

  1. 6 Cara Menghindari Penipuan Asuransi
  2. Jangan Tertipu Asuransi Unit Link
  3. Asuransi Kesehatan Astra Life
  4. Asuransi Murah Klaim Mudah
  5. Pentingkah Investasi dan Asuransi?

Apa Itu Asuransi Haji?

Asuransi haji ini biasanya sudah menjadi satu rangkaian dalam biaya ibadah haji. Seperti tertuang dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 39/DSN-MUI/X/202 tentang Asuransi Haji, keberadaan jenis asuransi ini memang dirancang khusus untuk melindungi jamaah yang melakukan perjalanan ibadah haji ke Mekkah dan Madinah agar lebih khusuk.

Dengan asuransi ini, maka menjadi perlindungan finansial terhadap berbagai risiko yang mungkin timbul selama perjalanan haji, termasuk pemulangan jenazah jika terjadi kematian, biaya pengobatan jika terjadi kecelakaan atau sakit, serta perlindungan terhadap kerugian atau kerusakan pada barang-barang bawaan pribadi.

Namun, sebelum memiliki asuransi haji, maka pahami bahwa ketentuan dan cakupan asuransi ini dapat bervariasi antara perusahaan asuransi satu dengan yang lain. Karena itu, sebelum membeli asuransi haji, penting untuk memahami manfaat, ketentuan, dan pengecualian yang terkait polis asuransi tersebut.

Alasan Penting Memiliki Asuransi Haji

Jamaah haji atau umrah perlu memiliki asuransi haji atau umrah saat melakukan perjalanan ke Mekkah dan Madinah.  Pasalnya, ada beberapa alasan lain mengapa perlu memiliki asuransi haji.

Perlindungan Finansial

Asuransi haji memberikan perlindungan finansial terhadap risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan haji, seperti kematian, kecelakaan, atau sakit. 

Dengan asuransi haji, maka Anda tidak perlu khawatir tentang biaya pengobatan yang mahal atau biaya pemulangan jenazah jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Pikiran Jadi Lebih Damai

Memiliki asuransi haji memberi kepastian bahwa Anda dan keluarga akan dilindungi secara finansial jika terjadi kejadian tidak terduga. 

Dengan asuransi ini, membantu mengurangi stres serta memberi ketenangan pikiran, sehigga jamaah lebih fokus menjalankan ibadah haji.

Layanan Darurat

Asuransi haji sering kali mencakup layanan bantuan darurat 24 jam yang dapat membantu dalam situasi darurat seperti evakuasi medis, konsultasi medis jarak jauh, atau bantuan penggantian dokumen hilang.

Perlindungan Terhadap Kerugian Material

Asuransi ini dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai kerugian atau kerusakan yang dialami pada barang bawaan pribadi, seperti bagasi atau peralatan elektronik. 

Dengan begitu, memiliki asuransi ini dapat membantu jamaah mengatasi situasi yang tidak diinginkan seperti kehilangan atau kerusakan barang berharga saat melakukan perjalanan haji.

Manfaat asuransi haji

Manfaat Asuransi Haji

Asuransi haji dapat mencakup berbagai manfaat yang terdiri dari:

Biaya Pengobatan

Jika seorang jamaah haji jatuh sakit atau mengalami kecelakaan selama perjalanan ibadah, maka asuransi ini akan menanggung biaya pengobatan yang dibutuhkan.

Evakuasi Medis

Jika jamaah haji membutuhkan evakuasi medis darurat ke fasilitas kesehatan yang lebih baik, asuransi ini dapat membantu mengatur dan menanggung biaya tersebut.

Pemulangan Jenazah

Jika seorang jamaah haji meninggal dunia selama perjalanan haji, asuransi akan menanggung biaya pemulangan jenazah ke negara asal.

Kehilangan atau Kerusakan Barang Bawaan

Asuransi ini juga dapat memberikan perlindungan terhadap kehilangan atau kerusakan terhadap barang bawaan pribadi seperti bagasi, pakaian, atau peralatan lain.

Tips Memilih Asuransi Haji Terbaik

Meski telah menjadi satu komponen dalam biaya perjalanan haji, Anda bisa memiliki proteksi terpisah yang akan memberi manfaat terbaik. Karena itu, mari ketahui apa saja cakupan yang ditanggung asuransi haji. Berikut tips memilih asuransi haji terbaik yang bisa ditilik:

Cakupan yang Komprehensif

Pilih asuransi yang menawarkan cakupan luas, termasuk asuransi kesehatan, pemulangan jenazah, evakuasi medis, dan perlindungan terhadap kerugian material yang bisa dialami selama beribadah.

Pilih Asuransi yang Menawarkan Premi Wajar

Bandingkan premi dari beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan harga wajar. Pastikan Anda memahami manfaatnya sesuai dengan premi yang dibayarkan.

Perusahaan Asuransi Terpercaya

Pilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik dan telah terbukti memberi layanan baik dalam industri asuransi.

Baca dengan Seksama Ketentuan Polis 

Bacalah syarat dan ketentuan polis dengan seksama untuk memahami cakupan, pengecualian, dan batasan asuransi. Pastikan polis tersebut sesuai kebutuhan dan harapan Anda.

Cari Tahu Ulasan Asuransi dan Rekomendasi dari Pelanggan

Membaca ulasan dan rekomendasi dari pelanggan sebelumnya dapat memberi wawasan tentang kualitas dan pelayanan perusahaan asuransi yang dituju.

Konsultasi dengan Agen Asuransi

Jika dibutuhkan, Anda dapat mengkonsultasikan kepada agen asuransi yang berpengalaman untuk mendapat saran lebih rinci dan sesuai kebutuhan.

Sebab, setiap individu memiliki kebutuhan berbeda-beda. Jadi, pastikan memperhatikan tips memilih asuransi haji yang sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.  

Tips memilih asuransi haji terbaik

Sudahkah kalian mempersiapkan biaya naik haji/umrah untuk tahun mendatang? Berapa lama kalian mendapat nomor antrean? Serta berapakah premi yang harus dibayarkan oleh calon haji/umrah?

Berhubung naik haji butuh beberapa tahun untuk mendapatkan antrean, yuk mulai siapkan dana tabungan haji sekaligus memperhatikan tips memilih asuransi haji ini. Biar kita bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan khusyuk. Dan pulang dengan gelar haji mabrur. Amin.

28 Komentar

  • Nurul Mutiara R.A

    Beneran, asuransi untuk keberangkatan haji itu penting banget. Apalagi kalau yang berangkat haji udah sepuh, perlu dicover kalau terjadi sesuatu. Konsul sama agen asuransi terpercaya, itu yang penting sih

  • Bambang Irwanto

    Asuransi haji ini memang sangat perlu ya, Mas. Karena walau dalam rangka ibadah, namun berada di negeri orang dari berbagai negara, asing sikonnya, pastinya tidak menutup terjadi hal-hal yang diinginkan. Jadi kalau sudah ada asuransi haji, menjalankan ibadah lebih tenang dan aman.

  • Fenni Bungsu

    Perjalanan ibadah adalah momen sakral guna mendekatkan kitanya kepada Pencipta ya kak, sehingga biar makin nyaman dalam perjalanan dan selama beribadah memang lebih baik punya proteksi perlindungan.
    Jadinya bisa tenang dan fokus beribadah

  • Yonal Regen

    Pergi ibadah haji memang harus mateng banget dalam segala hal, termasuk dalam hal finansial. Tak hanya untuk akomodasi ongkos pulang pergi dan oleh-oleh saja, perihal asuransi haji pun penting juga untuk diperhatikan, agar pelaksanaan ibadah haji lebih tenang dalam prosesnya

  • April Hatni

    Bener banget, asuransi haji ini penting kita persiapkan ketika kita akan berencana untuk menunaikan ibadah haji. Karena memang tidak bisa diprediksi apa saja yang akan kita alami selama menunaikan ibadah haji ini. Kalau sudah ada alokasi untuk asuransi, pastinya makin tenang.

  • Sugianto

    Ternyata ada juga asuransi haji ya, Mas. Saya baru tahu nih kalau ada asuransi. Terima kasih juga tips nya, bisa nih diinfokan ke saudara yang mau haji, hiar bisa lebih tenang ibadahnya

  • Asli Arek Suroboyo

    Betul banget nih, selain mikirin gimana cara berhaji, perlu mikirin asuransi haji juga ya untuk antisipasi kalau dapat antrian lama dan berangkat pas usia sudah tidak muda lagi

  • Jihan

    Wahh asli aku kudet bangett sih wkkw ngga tau kalo haji pun ada asuransinyaa, masyaAllaah jadi lebih tenang yaa kalo gini berangkat haji fokus sama ibadahh ngga yang lain2

  • Palupi

    Kalau daftar haji ikut pemerintah gitu belum ada asuransinya ya? Aku pikir sudah termasuk.

  • Tukang Jalan Jajan

    kudu pinter memilih perusahaan asuransi yang tepat sekaligus memastikan produk asuransi yang dijual apakah tepat atau tidak dengan kebutuhan baru kemudian harus disesuaikan budget ya

  • Wahyuindah

    Tenang ya kalau ibadah haji sudah ada asuransinya. Ibadah jadi bisa fokus tanpa khawatir terjadi hal hal yang tak diinginkan.

  • Siti Mustiani

    Setelah baca artikel ini rasanya memang asuransi haji ini penting banget yaahhh, terutama untuk calon jamaah. Tentu tujuannya agar selama perjalanan maupun ibadah tetap nyaman dan aman.

  • lendyagassi

    MashaAllaa~
    Salah satu ibadah yang paling diimpikan yakni menjadi tamu Allah ke Baitullah. Semua persiapan kudu dilakukan dengan baik termasuk mempersiapkan Asuransi Haji yang manfaatnya untuk masa depan dengan segala kemungkinannya.

  • Shyntako

    Memang baiknya sih kita prepare dana utk asuransi haji juga ya saat berencana utk menunaikan ibadah haji biar tenang

  • Eka Fitriani larasati

    well noted banget ini untuk yang mau berangkat haji ya. karena yaaa kita tidak pernah tahu ada kejadian malang apa yang akan menimpa selama haji meski amit-amit ini terjadi ya. Tapi tetap sebagai backup planning, punya asuransi haji it’s a must. Btw, asuransi haji bisa digunakan juga untuk umrah kah?

  • Rahmah

    Semoga bisa berangkat dan enggak salah pilih asuransi
    Apalagi kalau urusan haji, sangat riskan jika tidak waspada soal asuransinya

  • Nurul Mutiara R.A

    Beberapa waktu lalu, saat kerabat ada yang mau naik haji, sempet pada diskusi juga perihal asuransi haji. Kalau agent travelnya udah kover semua, aman sih. Tinggal bayar dan mempersiapkan keberangkatan aja.

  • Hendra Suhendra

    Baru tau ada asuransi haji. Dengan membeli produk asuransi haji, proses perjalanan ibadah haji jadi lebih khusyu ya. Jangan sembarangan juga memilih asuransi, biar enggak bermasalah di kemudian hari. Very nice article Mas Didik

  • Fenni Bungsu

    Semangat beribadah umroh maupun di musim haji ini. Kalau dipikirkan memang perlu ya punya asuransi apalagi buat ke tanah suci, dan terpenting pilih yang memang sesuai dan tepat dengan kebutuhan

  • Ayu Natih Widhiarini

    Perlu sih ada asuransi Haji ini untuk proteksi perjalanan kita yaa.. Semoga semua teman2 yang mau Ibadah Haji dilancarkan dan dimudahkan dengan adanya asuransi Haji ini

  • Shinta

    Biar ibadah haji kita nyaman gada beban pikiran ada baiknya memang kita punya asuransi haji ya

  • Tukang Jalan Jajan

    dengan asuransi haji membuat jamaah bisa lebih tenang menjalankan ibadah haji. Kalau ada masalah sudah ada solusi. Apalagi berangkat jauh dari keluarga tentu butuh perlindungan lebih

  • Sugianto

    Perjalanan haji memang isinya kepasrahan mengharap rahmat Allah, namun kita tetap harus berikhtiar semaksimal mungkin selama menjalankan ibadah haji, yaitu dengan ikhtiar berupa asuransi haji

  • Siti Mustiani

    Yesss setuju sekalii dengan ulasan tentang pentingnya asuransi haji yang ditulis di artikel ini. Semoga tahun ini jamaah haji sudah punya dan ibadahnya lancar yaahhh Amiin.

  • Hastinpratiwi.com

    Meski banyak jemaah yang pengen banget meninggal di Tanah Suci, asuransi haji ini ternyata tetap penting, ya, untuk mengover biaya setelah kejadian dan meringankan beban keluarga.
    Ahh.. jadi mewek… semoga Allah mudahkan saya segera haji juga. Aamiin.

  • lendyagassi

    Ternyata ada berbagai macam yang bisa menjadi pilihan covering Asuransi Haji ya..
    Sungguh menenangkan sekali beribadah zaman sekarang. Doa yang terbaik untuk para calon jamaah haji dan yang sedang menunaikan ibadah haji, semoga mabrur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *