cara membangun rumah idaman
Tips Bisnis

3 Tips Membangun Rumah Idaman Sesuai Impian

Saat berumah tangga, membangun rumah menjadi impian setiap pasangan. Meski ada yang membeli rumah secara jadi, minimal pembangunan rumah tak dikerjakan asal. Syukur ada yang membangun rumah berdasarkan desain sendiri dan pengerjaan diawasi mandiri. Seluruh proses pengerjaan dikerjakan optimal sehingga semua fungsi rumah berjalan maksimal. Lantas bagaimana tips membangun rumah idaman sesuai impian?

Tips membangun rumah idaman

Prinsip Idaman Semua Hunian

Dalam proses pembangunan rumah, perencanaan yang matang dan persiapan yang cermat sangatlah penting. Hal ini diperlukan untuk memastikan proses pembangunan dari awal hingga akhir berjalan optimal. Penggunaan material dan tenaga kerja yang akan digunakan efisien, efektif, dan sesuai dengan anggaran serta jadwal yang telah ditetapkan.

Tentu saja banyak hal yang perlu dipersiapkan ketika Anda ingin membangun hunian, mengingat hunian akan menjadi tempat bagi Anda dan keluarga untuk beraktivitas. Apalagi tujuan kita membangun pasti untuk jangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk memahami beberapa aspek utama yang harus diperhatikan dalam proses ini.

Pada prinsipnya sebuah hunian harus selalu mengedepankan aspek keamanan, kenyamanan, dan keindahan. Ketiga faktor ini tak bisa diabaikan dan sekaligus menjadi indikator dari sebuah hunian yang berkualitas.

BACA JUGA:

  1. Cara Menjaga Kualitas Udara di Rumah
  2. Tips Membeli Rumah Meski Gaji Rendah
  3. Tips Murah Dekorasi Rumah
  4. Smart Lighting Bikin Betah Kerja Dari Rumah
  5. Healing Murah Tanpa Keluar Rumah

Oleh karena itu, memilih mitra konstruksi yang tepat juga menentukan hasil akhir pembangunan. Seperti yang disampaikan oleh Georgi Ferdwindra Putra, Co-founder dan CEO Gravel. Dengan perencanaan yang matang dan kerja sama tenaga konstruksi yang tepat, Anda dapat menciptakan hunian dengan memperhatikan tiga aspek ini tanpa terkecuali.

Tips Membangun Rumah Idaman Sesuai Impian

Agar pembangunan hunian berjalan optimal simak 3 tips membangun rumah idaman sesuai impian yang aman, nyaman, serta indah:

Tips membangun rumah idaman sesuai impian

Analisis Letak Ruangan & Zonasi Hunian

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk tips membangun rumah idaman sesuai impian adalah melakukan pemetaan denah ruangan dan struktur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam proses ini, penting untuk mempertimbangkan analisis zonasi yang mencakup evaluasi terhadap cuaca, arah sinar matahari, arah angin, dan faktor-faktor lain yang dapat berpengaruh pada kenyamanan di hunian Anda.

Sebagai contoh, dengan memiliki pemetaan denah yang matang, Anda dapat dengan jelas menentukan letak pintu, jendela, dan elemen-elemen penting lainnya. Peletakan jendela sebaiknya memperhatikan arah angin, sehingga ruangan menjadi lebih nyaman dan terasa lebih sejuk sesuai dengan kondisi cuaca yang ada. 

    Perencanaan Penggunaan Material Bangunan

    Langkah selanjutnya terkait tips membangun rumah idaman sesuai impian adalah melakukan diskusi mengenai pemilihan material bangunan.

    Gunakan material berkualitas karena biasanya semakin baik kualitas, semakin kuat daya tahannya.

    Bahan bangunan memiliki kisaran harga yang luas dan kualitas beragam. Pilihlah yang sebanding antara kualitas dan harganya.

    Melihat dari sisi ini, Anda pun perlu juga untuk memperhatikan mekanisme belanja bahan bangunan.

      Hal lain yang juga  penting dipertimbangkan adalah menghindari penggunaan bahan material yang mengandung zat-zat berbahaya, seperti cat rumah berbasis timbal. Ada bahan material tertentu yang komponennya berpotensi berpotensi merugikan bagi kesehatan manusia, seperti asbes.

      Meskipun memiliki sifat isolasi yang baik, penggunaan asbes harus dipertimbangkan dengan matang agar tidak menimbulkan risiko kesehatan bagi penghuni hunian.

      Cara membangun rumah idaman sesuai impian

      Perencanaan Jenis dan Jumlah Tukang 

      Yang juga menjadi faktor penentu dalam tips membangun rumah idaman sesuai impian, yaitu tenaga ahli yang profesional dan berpengalaman. Mulai dari arsitek, desain interior, kontraktor, sampai ke tukang bangunan.

      Mengapa pemilihan jasa tukang bangunan penting? Karena di sinilah eksekusi untuk mewujudkan visi bangunan ada di tangan tukang bangunan.

      Sebagian besar masalah serius dalam proyek pembangunan hunian seringkali disebabkan oleh eksekusi yang tidak tepat akibat kurangnya profesionalisme dari tukang bangunan yang terlibat. Jadi, penting untuk memilih tukang bangunan yang profesional, berpengalaman, bahkan lebih baik lagi jika memiliki sertifikasi konstruksi. 

      Jasa tukang bangunan Gravel

        Memang tidak semua orang memiliki pemahaman yang cukup tentang dunia konstruksi. Padahal, proses konstruksi seperti pembangunan hunian memerlukan dana yang signifikan.

        Oleh karena itu, Gravel hadir dengan layanan Gravel Borongan, yang dirancang untuk membantu Anda mewujudkan hunian impian tanpa perlu menghadapi kerumitan.

        Dengan layanan Gravel Borongan, proses perencanaan dan pembangunan hunian menjadi lebih sederhana dan mudah. Menurut Fredy Yanto, Co-founder dan CPO Gravel, tujuan kami dalam menyediakan layanan Gravel Borongan adalah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan jasa konstruksi namun kurang berpengalaman dalam dunia konstruksi.

        Gravel siap bantu tips membangun rumah idaman sesuai impian dari nol, mempertemukan pelanggan dengan mitra konstruksi terbaik, mulai dari arsitek, kontraktor, toko bangunan sampai tukangnya.

        Pelanggan juga tidak perlu berhadapan dengan kerumitan teknis dan administrasi proyek. Semua Gravel Borongan yang kelola.

        Untuk Anda yang membutuhkan jasa konstruksi yang aman dan terpercaya, layanan Gravel Borongan dapat diakses lewat aplikasi tukang bangunan Gravel, agar Anda bisa wujudkan tips membangun rumah idaman sesuai impian dengan tenang.

        12 Komentar

        • Okti Li

          Ini pemborong pembangunan rumah bisa masuk ke daerah pelosok macam tempat saya di Cianjur ini gak ya…
          Apa hanya di kota besar aja?
          Iya kalau melalui tukang yang terpercaya, pembangunan tidak akan mengecewakan ya

        • Hendra Suhendra

          Subhan Allah enaknya punya hunian idaman sendiri ya. Menurut saya sih kuncinya terletak di tukang ya. Meskipun material bagus dan mahal, tapi kalo pengerjaannya asal-asalan, ya hasilnya kurang optimal. Tapi kalo enggak mau ribet, bisa serahkan ke Gravel aja, tinggal terima beres. Mantap ulasannya

        • Dyah Kusuma

          jujurly saat bangun rumah kemarin saya diskusi ma arsitek dan tukang yang ahli, secara saya dan suami ga terlalu paham bangunan, jadinya memang enak kalau konsultasi dan dihandle tenaga ahli, rumah yang diimpikan pun terwujud sesuai dengan keinginan

        • Fenni Bungsu

          dalam pemetaan denah rumah, apalagi bagian ruangannya itu memang perlu perencanaan yang tepat ya kak,
          karena kalau udah salah atau ada yang kelewat, bakalan berabe buat mengubahnya.
          Ini perlunya sambil punya denahnya, sambil dibicarakan juga dengan kontaktornya ya biar makin klop

        • Eko Prasetyo

          Perencanaan penggunaan material bangunan wajib dihitung teliti kak, sedangkan tukang nya juga harus yang berpenglaman, tapi dilihat dari artikel diatas ada aplikasi untuk tukang ya. Ijin instal kak.

        • Akarui Cha

          Kebayang njelimetnya sih ketika memutuskan untuk menyiapkan hunian bagi keluarga itu. Banyak banget yang harus dipikirkan. Senang banget kalau urusan menyiapkan rumah tinggal yang nyaman bagi keluarga begini bisa dipermudah jika berkerjasama dengan Gravel.

        • Wahyuindah

          Bangun rumah pakai sistem borongan memang harus jeli ya. Tukangnya harus benar benar yang bisa kerja bener. Rekomended nih pakai Gravel yang udah terpercaya! Bangun rumah jadi gak worry lagi

        • Eka Fitriani larasati

          yang sering miss dari bangun rumah atau renovasi itu penggunaan bahan dan waktu yang molor karena kinerja tukang yang kurang. lebih baik memang menggunakan jasa konstruksi seperti gravel yang profesional. kita juga dikasih saran dan tips ya. noted nih kalau aku mau renov rumah sekarang menjadi rumah impian

        • lendyagassi

          Iyayaa..
          Kalau mau bikin rumah tuh bisa segera ada perkembangan yang terlihat dan mungkin secara biaya jadi jatuhnya lebih hemat kalau menggunakan tipe borongan. Dan bisa menjadi pilihan yang tepat ketika menemukan borongan terpercaya seperti di layanan Gravel Borongan.

          Pingin banget punya rumah ala orang Jawa yang loossss ruang tamu dan ruang keluarga menyatu. Jadi gak ada acara, bisa menggunakan partisi yang mudah di pindahkan, tapi ketika ada acara, bisa jadi tempat kumpul yang guyup.

        • Nurul Mutiara R.A

          Kalau ngomongin rumah impian, pengen banget bisa bangun di daerah pedesaan yang seger dan luas. Memang sih, kalau bangun rumah secara pribadi membutuhkan effort lebih dan perhitungan matang. Tapi bisa lebih worth it soal usia rumah. Apalagi sekarang ada Gravel borongan kayak gini ya

        Tinggalkan Balasan

        Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *