Cara jualan di Lazada mudah dengan ide bisnis online untuk anak muda
Tips Bisnis

15 Ide Bisnis Online Untuk Anak Muda dengan Cara Jualan di Lazada

Masa muda menjadi masa yang seru untuk coba-coba. Bukan hanya mencari pengalaman untuk senang-senang tapi bisa mulai mempersiapkan masa depan dengan ikut bisnis online. Banyak sekali ide bisnis online untuk anak muda dengan cara jualan di Lazada yang bisa digali. Siapa tahu cocok dan bisa menjadi ladang rezeki.

Jumlah Wirausahawan di Indonesia

Tau nggak sih kalau wirausaha dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara? Semakin banyak jumlah wirausahawan di negaranya akan semakin baik perekonomiannya.

Masalahnya, jumlah wirausahawan di Indonesia tuh masih tergolong kecil. Rasio wirausahawan terhadap jumlah negara di Indonesia hanya 3,47%. 

Jumlah ini bahkan lebih kecil dari Malaysia dan Thailand yang lebih dari 4,5%. Bahkan Singapura yang mencapai 8,76%. Di negara maju malah lebih dari 10-12%.

Jumlah wirausahawan di Indonesia

Pemerintah pun sudah meneken Peraturan Presiden Nomor 2/Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional. Dalam Perpres tersebut, pemerintah menargetkan jumlah wirausahawan mencapai 3,95% pada tahun 2024. Semoga bisa tercapai ya.

Masalahnya, Indonesia juga nggak cuman tertinggal dalam rasio wirausahawan ya. Indonesia juga tertinggal dalam kemampuan suatu negara dalam mencetak wirausahawan.

Dalam Global Entrepreneurship Index (GEI), Indonesia hanya menempati urutan ke-75 dari 137 negara. Bahkan skor GEI hanya 26 yang menandakan kemampuan Indonesia masih tertinggal dalam mencetak wirausahawan, bahkan di Asia Tenggara.

Namun posisi Indonesia lebih baik dari Vietnam, Filipina, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Selain itu, mereka sudah mengungguli Indonesia.

Baca juga:

  1. Yuk Jualan Online Bisnis Grosir
  2. Lazada Membantu UMKM Go Online
  3. Keuntungan Bisnis Affiliate di Media Sosial
  4. Tips Hemat Belanja Online via Ponsel

Ide Bisnis Online untuk Anak Muda

Ada pepatah bilang cara memulai bisnis online dengan mudah adalah langsung memulai bisnis yang sudah ada. Ada juga yang memulai dengan mengamati, meniru, dan memodifikasi bisnis online untuk pemula yang sudah banyak terlihat di dunia maya dan dunia nyata.

Ada banyak ide bisnis online untuk anak muda yang bisa dicoba mulai sekarang aja. Berikut beberapa ide bisnis online yang bisa dipertimbangkan:

Ide bisnis online untuk anak muda

Bisnis Online

Mulailah toko online, jasa desain grafis, atau menjadi influencer di media sosial.

Konsultan Media Sosial

Bantu bisnis kecil mengelola dan meningkatkan kehadiran mereka di media sosial. Kita bisa mengenalkan produk orang lain dulu. Jika sukses mengenalkan produk mereka ke toko online, ini bisa menjadi bisnis online tanpa modal yang bisa kita jadikan portofolio.

Bisnis Kuliner

Jual makanan atau minuman seperti makanan cepat saji, makanan sehat, atau minuman kreatif. Awalnya, kita bisa jual secara offline di acara keramaian, car free day, hingga acara hajatan tetangga yang mengundang banyak tamu. Lambat laun, kita bisa memulai cara bisnis online dengan mulai mengenalkan via media sosial.

Toko Kecil

Buka toko fisik atau online yang menjual barang-barang unik atau kreatif seperti barang seni, barang kerajinan, atau pakaian berdesain. Coba cek gudang di rumah atau kos kita. Pasti kita punya banyak printilan yang sudah nggak kepake. Nah, barang-barang bekas ini bisa kita permak atau bisa langsung kita jual. Tentu ini akan jadi bisnis online untuk pemula yang menyenangkan bukan?

Pelatihan Kebugaran

Jika kalian berminat dalam kebugaran, pertimbangkan menjadi instruktur yoga, pelatih pribadi, atau menjalankan kelas olahraga. Sekarang tuh banyak banget yang bikin kelas via Zoom, Google Meet, atau WhatsApp Video sehingga bisa lebih dekat dengan pelatih dan peserta meski peserta di tempat jauh. Kan ga semua orang mampu ke pusat kebugaran. Tentu ini cara bisnis online yang menjadi peluang kan?

Tutor atau Mentor

Bantu siswa atau orang dewasa dalam bidang tertentu, seperti pelajaran akademis, musik, atau keterampilan komputer. Emang sih enakan panggil tutor ke rumah biar ngajarin anak secara langsung. Namun bagi yang introvert, tutor atau mentor secara online menjadi kelas yang menyenangkan loh. Ini akan menjadi bisnis online tanpa modal kan? Ya tetap sih modalnya harus punya otak encer dan kuota internet. Hehe.

Bisnis Petualangan dan Petualangan Luar Ruangan

Jika gemar petualangan, kalian bisa membuka bisnis tur petualangan atau menyediakan peralatan untuk kegiatan luar ruangan. Ini yang sudah dilakukan temanku di sela kerjaannya sebagai buruh pabrik di Sidoarjo. Di akhir pekan, dia menjadi tour guide/yang merancang perjalanan ke Bromo. Tamunya bukan hanya dari Jawa Timur, bahkan hingga Jakarta dan luar Jawa. Penghasilannya dari tour guide ini malah lebih gede dibandingkan buruh di pabrik roti. 

Dia awalnya nggak menyangka bisa sesukses sekarang. Karena emang awalnya cuma iseng nganter teman dan rekan kantor ke destinasi wisata di Jawa Timur. Iseng juga promosi online, eh bisnis online yang dia kerjakan malah sukses.

Bisnis online untuk pemula bagi anak muda

Penulisan atau Blogging

Jika pandai menulis, pertimbangkan menjadi penulis lepas atau memulai blog di topik yang kalian minati. Jika sudah memiliki personal branding, mulai lah menjual produk, entah berupa e-book atau pelatihan yang bisa dijual online. Sungguh bisnis online untuk pemula yang bisa segera dikerjakan agar kita makin dikenal.

Bisnis Pakaian atau Aksesoris

Buka toko pakaian atau aksesoris, atau mulai merek pakaian sendiri. Bagi yang senang bersolek, dan tentu semua orang tentu butuh pakaian atau aksesoris sih. Kita bisa menjual secara dropship atau langsung beli kodian untuk stok. Dulu sempat marak bisnis thrifting tapi mulai dilarang sejak ada kasus. Hehe. Ya bisnis online yang nggak sehat mah harus dilarang kan?

Teknologi dan Perangkat Lunak

Kembangkan aplikasi atau perangkat lunak yang menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan pasar. Banyak banget sekarang developer yang berani menggaji gede pembuat program. Asalkan memberikan solusi ke banyak orang, program yang kita buat pasti disukai. Apalagi game online tuh.

Pemasaran Digital

Bantu bisnis lain dalam strategi pemasaran online, seperti SEO, periklanan PPC, atau manajemen kampanye sosial media. Apalagi sekarang lagi marak jelang pemilu. Ada yang sudah direkrut menjadi salah satu tim pemenangan capres-cawapres belum? 

Ide bisnis online untuk jenis ini tuh banyak banget. Mulai dari jualan printilan aksesoris bahan kampanye, baliho, hingga jasa buzzer

Pekerjaan Freelance

Tawarkan keterampilanmu sebagai pekerja lepas (freelancer) seperti desainer grafis, penulis, fotografer, atau pengembang web. 

Produk Ramah Lingkungan

Jual produk yang ramah lingkungan, seperti produk daur ulang, pertanian organik, atau barang-barang yang mendukung gaya hidup berkelanjutan.

Sekarang aku juga lagi konsen ke pertanian organik. Ide bisnis online untuk anak muda yang bisa dikerjakan yakni menjual tanah kompos. Apalagi di sekitar rumah tuh banyak banget kotoran hewan yang bisa diolah menjadi pupuk kompos. 

Bisnis Podcast atau YouTube

Jika memiliki minat atau pengetahuan khusus, pertimbangkan untuk memulai podcast atau saluran YouTube. Ini bisnis online untuk pemula yang semua anak kecil sekarang pengen coba. Pengen gajian adsense dari YouTube katanya.

Perencana Acara atau Wedding Planner

Bantu orang merencanakan acara khusus, seperti pernikahan atau pesta ulang tahun. Temanku nih emang enak banget cara ngomongnya alias pandai cuap-cuap. Nah cocok banget buat jadi MC hajatan atau acara kantoran. Apalagi pas pandemi kemarin. Laris deh dia jadi MC dadakan via online. Nggak menyangka jadi bisnis online tanpa modal meski modal cuap-cuap doang sih. Hehe.

Selalu penting untuk memilih ide bisnis yang sesuai dengan minat dan keterampilan. Selain itu, lakukan penelitian pasar dan rencanakan bisnis dengan baik sebelum memulai. 

Cara Jualan di Lazada

Untuk membantu bisnis online kalian lekas berjalan, bisa mencoba berjualan di platform eCommerce online. Ada program konsultasi sehingga bisnis online kita bisa berjalan tanpa khawatir seret lagi.

Cara memulai bisnis online dengan cara jualan di Lazada

Ada beragam keuntungan mengapa kita harus jualan online di Lazada. Cara ini akan membantu kita mewujudkan ide bisnis online untuk anak muda dengn cara jualan di Lazada sehingga rasio wirausaha terhadap jumlah penduduk nggak makin tertinggal di Asia Tenggara.

Jual Kapan & Di Mana Saja Dalam Genggaman

Inilah enaknya bisnis online. Semua bisa dikendalikan hanya dari rumah, bahkan cuman sambil rebahan dan koloran melalui cara jualan di Lazada. Semua bisa diatur hanya dari genggaman ponsel atau gawai yang terhubung internet dengan cara jualan di Lazada ya. Emang Lazada tempat berjualan online nomor 1 di Indonesia gaes.

Jangkau Jutaan Pelanggan

Namanya bisnis online. Pelanggannya pun akan berasal dari lintas wilayah bahkan bisa lintas negara dan benua. Apalagi Lazada juga beroperasi di negara besar di Asia Tenggara. Peluang dengan cara jualan di Lazada untuk bisa terjual ke lintas negara makin besar.

Dibantu Ahli Dalam 90 Hari

Cara jualan di Lazada ini emang gampang. Prosesnya pun mudah. Yang lebih enak lagi, kita akan mendapatkan layanan konsultasi dari ahli selama 90 hari. Layanan konsultasi ini meliputi cara memulai bisnis online, proses menentukan ide bisnis online untuk anak muda, cara bisnis online yang mudah dan cepat meraup laba, bisnis online tanpa modal yang lagi tren sekarang hingga proses memasukkan foto barang ke toko online yang telah disiapkan. Bahkan hingga proses promosi dan marketingnya.

Gratis Ongkos Kirim

Bukan hanya pelanggan yang suka gratis ongkos kirim. Penjual pun juga suka gratis ongkir. Karena peluang produk/jasa kita terlihat orang lain makin besar karena promo gratis ongkir. Kalian belanja online tentu suka yang gratis ongkir kan?

Komisi 0%

Biasanya platform yang sudah gede tentu mengenakan komisi/fee penjualan atas barang yang laku dijual di platformnya. Ya sah-sah saja sih karena sekarang tren bakar duit dari start-up e-commerce sudah abis. 

Sekarang eranya ngenain biaya layanan agar bisnis e-commerce tetap berjalan. Karyawan bisa tetap makan dan penjual bisa cuan serta menghidupi karyawannya.

Namun, enaknya cara jualan di Lazada ini, pihak Lazada tidak mengutip sepeserpun komisi/fee jualan. Semua keuntungan sepenuhnya untuk penjual. Namun terbatas untuk 60 hari ya. Hehe.

Cara jualan di Lazada dengan bisnis online

Nah, tunggu apalagi nih. Ayo action dengan bisnis online dan lekas cari tahu cara jualan di Lazada biar cuan segera mendatangimu.

Buat yang masih ragu, kalian bisa cek situs Yuk Jualan Online yang isinya artikel tentang update dan tips mengenai wawasan jualan online, bisnis online, serta strategi melakukan bisnis online.

Kira-kira kalian mau bisnis online apa nih gaes? Share ya.

34 Komentar

  • Nurul Mutiara R.A

    Anak-anak muda sekarang banyak yang kreatif. Aku kadang lihat postingan temen buat boneka-boneka lucu dari kain perca dan itu bagus. Kayaknya kalau dijual di Marketplace cukup menghasilkan sih

  • Hendra Suhendra

    Dari pandangan saya, Indonesia ini ketinggalan dalam banyak hal, termasuk jumlah wirausahawan juga. Mungkin karena jumlah penduduknya yang sangat banyak kali ya. Berbeda dengan Singapura yang jumlah penduduk lebih sedikit, jadi indeksnya cukup besar.

    Ngomongin soal ide bisnis, sebenarnya ide-ide kreatif untuk bisa menghasilkan uang , bisa dari mana aja. Asalkan pintar membaca peluang dan memanfaatkan peluang tersebut. Tinggal kitanya aja nih yang mau ngejalaninnya, mau atau enggak.

    Saya akui ke-15 opsi di atas oke-oke banget lah. Masih relevan dengan tren saat ini. Apalagi sekarang hampir semua dilakukan secara digital, termasuk bisnis online. Selain itu bisa juga nebeng jualan di e-commerce seperti Lazada ini. Keren deh. Peluang bisnis bisa terbuka lebar-lebar nih.

    Very nice sharing

  • Indra

    saat ini anak muda kudu dituntut berfikir kreatif dan inovatif dalam bisnis agar mampu bersaing, dan sepertinya jualan online di di marketplace seperti Lazada jadi favorit anak muda saat ini, dan tentunya tinggal seberapa kreatif dan inovatif kita menjalankan bisnis tersebut.

  • T. Retno

    Ternyata di Indonesia masih sedikit ya. Tapi optimis kok, bakal terus tumbuh. Apalagi sekarang banyak peluang dan jalan untuk menjadi pengusaha. Tentunya asal mau bener-bener berusaha dan mau memulai dari skala kecil.

  • Susi Yanti Nuraini

    Untuk menjadi mandiri financial saat ini tidak perlu menunggu usia tua atau produktif.
    Anak muda pun juga bisa melakukan usaha yang berpenghasilan. Ada banyak usaha yang bisa dicoba, salah satunya berjualan di Lazada yang memiliki banyak benefit untuk seller nya. Nah, yuk tunggu apalagi, jualan di Lazada yuk!

  • antung apriana

    banyak ya pilihan usaha online jaman sekarang. bahkan ada yang nggak perlu pakai modal alias kemampuan aja. tinggal kitanya nih yang pintar melihat peluang usaha online ini

  • Lintang

    Sekarang anak muda juga banyak yang mulai merintis bisnis online buat masa depan yah. Apalagi jualan online di Lazada juga sangat membantu buat yang mau mengembangkan bisnis. Mana dibantu ahli juga dalam 90 hari. Kita dapet layanan konsultasi juga kan? Buruan ah, emak2 kayanya juga wajib nyoba ini mah.

  • Lita

    Program konsultasi tuh yang nggak semua marketplace punya. Dan bagus sih agar seller merasa ‘rekat’ dengan berjualan di sana..

  • Fenni Bungsu

    Banyak ide ya kak untuk berbisnis secara online ini, tinggal bagaimana keberanian dalam diri untuk memulainya. Jangan kelamaan mikir juga sih tanpa aksi, karena dengan mantap persiapan apalagi bisa sambil belajar juga bisa kok

  • Eri Udiyawati

    Buat yang lagi bingung mau bisnis apa, bisa banget ya ide-ide di atas aplikasikan salah satunya.

    Selain itu, enggak ada salahnya untuk mengembangkan usaha, kita join dengan Lazada. Jualan di Lazada banyak untungnya dan pangsa pasarnya bisa meluas.

  • Luluk Sobari

    Berarti Indonesia masih butuh banyak pengusaha yang Pak Bambang? Masih kalah nih sama Thailan dan Malaysia. Pilihan bisnisnya juga udah banyak dan bisa mulai dari bisnis online. Kemudian tinggal sesuaikan dengan passion kita jenis bisnisnya.

  • Tami

    Salah satu masa yg tepat buat memulai bisnis adalah ketika kita masih muda. Energi masih banyak dan biasanya belum memiliki tanggung jawab keluarga. Tapi di sisi lain, keuangan biasanya belum stabil. Nah, jualan di Lazada bisa banget dijadikan pilihan karena modal yang dibutuhkan tidak banyak tp dengan beragam fasilitas yang membantu.

  • Kyndaerim

    Anak muda sih wajib baca nih. Banyak pilihan buat mereka memulai bisnis online, bahkan ada panduannya di situs Yuk Jualan Online dari Lazada.

  • Shinta

    jaman sekarang jamannya anak muda berkarya deh, kayanya ak liat sekarang tuh udh byk bgt loh anak muda yg fasih bgt sepak terjangnya di dunia bisnis, nah buat yg mau mulai, bisa coba pakai platform terpercaya kaya lazada gini

  • Wahyuindah

    Zaman sekarang memang paling pas bisnis online mengingat banyak yang menggunakan internet. Jualan online di lazada nih salah satunya.

  • atiqoh

    seneng sih, berkat majunya teknologi apalagi dunia online tuh, jadi mudah mencari rejeki :) asal mau aj, ada jalan kayanya buat mulai usaha ya

  • cicifera

    wah ini sih ide nya lengkap ya, malah jadi bingung sendiri banyak yang terlintas di kepala :)) makasih sarannya, tinggal memikirkan konsep dan berani untuk memulainya. semangat!

  • Sugianto

    Banyak sekali ide usaha atau jualan online yang bisa menjadi inspirasi saat memutuskan untuk memulai usaha. Kabar baiknya bisa juga bikin yoko online di Lazada dengan berbagai kemudahan dan keuntungan ya, Kak

  • lendyagassi

    Eh, seru juga yaa.. jadi tour guide.
    Aku jadi inget sahabatku waktu SMP. Dia lulusan ITB Teknik Perminyakan dan tadinya kerjaannya di Offshore yang bisa jadi waktu kerja ama istirahatnya bisa menyiksa ((gak normal)).
    Trus dia gak betah, meski gajinya bisa dirasain buat foya-foya. Dia lebih memilih jam kerja normal dan akhirnya ngide bikin usaha tour guide ini, yang memang hobinya juga tuh.. jalan-jalan.

    Berbekal pengalaman dia jalan kemanaaaa aja pas day-off selama kerja Offshore yang lalu, akhirnya beneran deh, dia berhasil bikin bisnisnya ini semakin dipercaya. Salut yaah.. dimulai dari hal sederhana tapi yang memang hobinya banget.

  • Gusti yeni

    Lazada itu ecommerce no 1 di Indonesia dan sayapun langganan belanja di Lazada. Kmrn dpt koper murah bagus, trekking pole, jaket dkk…

    Yess bisa banget selain jd pembeli juga jadi penjual di lazada

  • Fenni Bungsu

    Banyak ide-ide bisnis yang bisa dijadikan acuan buat memulai usaha.
    Kembangkan bisnis tersebut dengan skill dan bakat yang dimiliki. Sambil bisa juga sekalian belajar lewat baca-baca tips yang ada di webnya Yuk Jualan Online

  • Siska Dwyta

    Ternyata ada banyak sekali ide usaha buat anak muda ya. Jadi kalau mau mulai bisnis nggak perlu bingung lagi, tinggal pilih ide yang sesuai dengan minat atau passion biar enak jalaninya. Penting juga sebelum memulai usaha lakukan riset pasar dulu biar punya gambaran terkait usaha yang dijalani.

    Oh ya, enaknya mau usaha di zaman sekarang juga mudah dan praktis ya karena bisa manfaatin eCommerce seperti Lazada yang juga dukung anak muda untuk naik kelaz lewat bisnis atau jualan onlinenya.

  • lendyagassi

    Ada beberapa ponakan ((ya ampun, ponakan aku uda pada kerja donk yaa)) tuh jadi live streamer, ka Didik.
    Dan memang untuk skincare, live di beberapa e-commerce ini bisa jadi ladang bisnis, apalagi yang memiliki ilmu komunikasi yang bagus.
    Salut dengan anak muda sekarang yang bisa terus menggali ide segar untuk ciptakan konten seru.

  • Dyah Kusuma

    Berjualan di Lazada menguntungkan ya, banyak kemudahannya.
    Anak muda yang kreatif ini harus diberika fasilitas agar ide kreatif yang ada dapat disalurkan

  • Kang Sugianto

    Wah, ratio pengusaha di Indonwsia sangat kecil ya, Kak. Semoga dengan adanya Lazada yang memfasilitasi banyak orang bisa menambah ratio pengusaha dengan jualan online di Lazada.

  • Jihan

    Idenya udah dibantuin cari sama Kak Didik nih tinggal eksekusi dan gimana jalanninnya aja biar konsisten ya ngga? Karena kalo mau menghasilkan mah butuh konsistensi juga kan

  • Eka Fitriani larasati

    Anak muda generasi sekarang jauh lebih kreatif jika dibandingkan jaman saya muda dulu. Mereka beneran prefer bikin usaha sejak usia muda. Ada yang mulai sejak SMA bahkan. Tapi kebanyakan emang mulai dari masa kuliah, dan hebatnya bisa sukses apalagi kalo punya online shop di Lazada.

  • Eri Udiyawati

    Para pemula yang mau bisnis, bisa banget ya join di Lazada, tahap awal bisa dipantau terus selama 90 hari. Bikin pebisnis muda jadi mudah dalam memasarkan produknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *