Review buku find your why simon sinek
Coffee Money

Review Buku Find Your Why

Kalian sempat ngerasa nggak sih kok hidup begini-begini aja? Nggak ada kemajuan berarti pada diri sendiri. Sementara orang lain udah punya harta, materi, hingga jabatan tinggi. Review buku Find Your Why karya Simon Sinek bisa jadi bacaan buat menggali potensi diri agar tetap semangat menjalani hari.

Simon Sinek

Sinopsis Buku Find Your Why

Buku Find Your Why karya Simon Sinek adalah buku yang membahas tentang pentingnya menemukan tujuan hidup (why) bagi diri sendiri dan organisasi. Buku ini merupakan lanjutan dari buku Start with Why yang membahas tentang pentingnya memulai dengan mengapa.

Dalam buku ini tuh, Sinek berpendapat bahwa manusia akan lebih termotivasi dan bersemangat untuk bekerja dan berusaha jika mereka tahu tujuan hidup mereka. Tujuan hidup yang jelas akan memberikan arah dan makna bagi kehidupan seseorang.

Review buku Find Your Why Simon Sinek

Sinek juga membahas tentang pentingnya menemukan komunitas (how) yang mendukung tujuan hidup seseorang. Komunitas yang mendukung dapat memberikan dukungan emosional dan praktis bagi seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya.

Pentingnya Memiliki Tujuan Hidup

Buku ini dibagi menjadi empat bagian utama. Bagian 1: Mengapa tujuan hidup penting? Pada bagian ini, Sinek menjelaskan pentingnya menemukan tujuan hidup bagi diri sendiri dan organisasi. Sinek berpendapat bahwa tujuan hidup yang jelas akan memberikan arah dan makna bagi kehidupan seseorang.

Bagian 2: Bagaimana menemukan tujuan hidup? Pada bagian ini, Sinek memberikan beberapa tips untuk menemukan tujuan hidup. Sinek menyarankan untuk melakukan refleksi diri, berbicara dengan orang lain, dan mencoba berbagai hal baru.

Bagian 3: Bagaimana menjalani tujuan hidup? Pada bagian ini, Sinek membahas tentang pentingnya komunitas dalam mencapai tujuan hidup. Sinek berpendapat bahwa komunitas yang mendukung dapat memberikan dukungan emosional dan praktis bagi seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya. Misalnya, kita bergabung dalam komunitas sepakbola, menulis, menggambar, affiliate, memasak, dan lain-lain.

Bagian 4: Bagaimana menerapkan konsep “Why, How, What” dalam kehidupan sehari-hari.

Review Buku Find Your Why

Uang Sebagai Tujuan Hidup?

Uang adalah salah satu alasan utama mengapa manusia bekerja dan berusaha. Uang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan keinginan, seperti kebutuhan akan makanan, tempat tinggal, pakaian, pendidikan, dan kesehatan.

Namun, uang bukanlah satu-satunya alasan mengapa manusia mengejarnya. Beberapa orang mengejar uang karena mereka ingin mencapai tujuan hidup mereka, seperti membantu orang lain atau membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Bisa baca: Money Can Buy Happiness

Selain itu, beberapa orang mengejar uang karena mereka ingin memenuhi kebutuhan diri sendiri, seperti kebutuhan akan keamanan atau pengakuan.

Uang hanya bikin senang. ‘Freedom’ yang ‘dibeli’ dari uang lah yang bikin manusia bahagia. Saat itu manusia merasa lebih dekat dengan tujuan hidup.

Simon Sinek

Untuk Siapa Buku Find Your Why Ini?

Buku ini ditulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Sinek menggunakan berbagai contoh nyata dari kehidupan nyata untuk menjelaskan poin-poinnya.

Buku ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin menemukan tujuan hidup. Review buku Find Your Why ini juga dapat bermanfaat bagi organisasi yang ingin menciptakan budaya yang berfokus pada tujuan.

Berikut adalah beberapa kutipan menarik dari review buku Find Your Why karya Simon Sinek:

  • “Tujuan hidup adalah alasan utama mengapa seseorang bekerja dan berusaha. Jika seseorang tahu tujuan hidupnya, maka mereka akan lebih termotivasi untuk mencapainya.”
  • “Tujuan hidup yang jelas akan memberikan arah dan makna bagi kehidupan seseorang.”
  • “Komunitas yang mendukung dapat memberikan dukungan emosional dan praktis bagi seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya.”
  • When we know our why, we know what we need to do.” 
  • “If we don’t know our why, we can’t make choices that will lead us there.” 
  • “The best way to predict the future is to create it.” 

Kelebihan Buku Find Your Why

Review Buku Find Your Why memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  • Penulisnya adalah pembicara dan motivator yang terkenal, Simon Sinek. Sinek memiliki pengalaman yang luas dalam bidang komunikasi dan motivasi, sehingga bukunya dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pembaca.
  • Buku ini ditulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Sinek menggunakan berbagai contoh yang relevan untuk menjelaskan konsep-konsepnya, sehingga pembaca dapat memahaminya dengan lebih mudah.
  • Buku ini memberikan panduan praktis untuk menemukan tujuan hidup. Sinek memberikan berbagai pertanyaan dan latihan yang dapat membantu pembaca untuk menemukan tujuan hidupnya.
Uang sebagai tujuan hidup

Kekurangan Buku Find Your Why

Review Buku Find Your Why memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Beberapa konsep yang dibahas dalam buku ini sudah pernah dibahas oleh penulis lain. Namun, Sinek memberikan perspektif yang baru dan menarik tentang konsep-konsep tersebut.
  • Buku ini tidak memberikan jawaban yang pasti tentang tujuan hidup. Tujuan hidup adalah sesuatu yang personal dan unik bagi setiap orang. Buku ini hanya memberikan panduan untuk menemukan tujuan hidup, bukan jawaban yang pasti.

Secara keseluruhan, review buku Find Your Why adalah buku yang sangat bagus. Buku ini memberikan pandangan yang mendalam tentang pentingnya menemukan tujuan hidup dan komunitas.

Share yuk apakah kalian sudah memiliki tujuan hidup? Apa tujuan hidup kalian?

14 Komentar

  • Bambang Irwanto

    Saya dulu sering berpikiran seperti itu, Mas. Kok hidup gini-gini saja. Padahal sudah berusaha. Pengin kayak orang lain yang hidup enak hehehe.
    Tapi yang membuat saya tenang adalah, hidup itu sawang sinawang.
    Jadi betul sekali anjuran buku ini. Temukan tujuan hidup, jadi akan fokus dan semangat menuju ke arah sana.

  • Avizena Zen

    Nahh pas banget Kak. Daku lagi ngerasain hidup yg stuck dan gini2 aja. Jadi pengen baca buku Find Your Why biar menentukan ulang apa saja tujuan hidup.

    Oh yaa ini ada ebooknya kah? Lebih seneng baca ebook nih.

  • Sugianto

    Bab 1 sangat menarik sekali ini. Tentang tujuan hidup. Dalam hidup kita memang harus menentukan tujuan agar memiliki arah yang jelas ke depan.

    Buku yang sangat bagus ini

  • Tukang Jalan Jajan

    penting banget sih buat yang masih galau mencari tujuan hidup untuk membaca buku ini. Biar bisa jelass dan bisa menemukan arti hidup. Pasti bakal bahagia dan sejahtera kalau sudah menemukan jalan hidupnya

  • Fenni Bungsu

    Kenapa tidak ada jawaban pasti?
    Karena namanya tujuan hidup setiap orang pastinya berbeda dan unik. Itu juga kalau punya tujuan hidup, lah piye kalau nggak…lah jadi masalah new new hehe.

    Tapi asik juga sih ini buat dibaca karena dari kelebihan bukunya ada disampaikan bagaimana cara menemukan tujuan hidup, yang memungkinkan orang² bingung mencarinya

  • Okti Li

    Uang memang bukan segalanya. Tapi tanpa uang juga di jaman sekarang susah juga ya.
    Buku ini isinya daging semua ya… Nambah ilmu dan wawasan nih. Asyik juga saya ikut menyerap semua materinya

  • Eri Udiyawati

    Wah, buat saya ini merupakan buku bacaan yang cukup berat nih. Meskipun tujuan hidup tiap orang beda-beda, tapi dg buku ini bisa untuk mematangkan pola pikir dan tindakan apa yang harus kita lakukan untuk menemui tujuan hidup.

  • Leyla Hana

    Di usia seperti sekarang ini bisa dibilang kalau aku sudah menemukan tujuan hidupku. Tinggal mengisi waktu dengan hal-hal bermanfaat. Buku ini bagus untuk orang-orang muda yang masih mencari tujuan hidup ya.

  • Kyndaerim

    Menarik nih buku Find Your Why. Kita jadi bisa lebih paham buat rencanain tujuan hidup ke depannya. Sudut pandang Sinek juga pasti lebih menarik dari penulis sebelumnya.

  • Susi Yanti Nuraini

    Setuju nih, mengetahui tujuan dari apa yang ingin kita lakukan akan membuat diri kita semakin konsisten dengan apa yang dijalani.
    Berlaku untuk semua usia, termasuk anak-anak sekalipun.
    Semangat!

  • Retno

    Menarik sekali bukunya, untuk merefresh kembali tujuan kita hidup. Biasanya setelah membaca buku seperti ini bisa menambah semangat..

  • lendyagassi

    Suka banget sama pembahasan Buku Find Your Why.
    Karena sebagai pembaca, aku jadi tau sudut pandang reviewer melalui kelebihan dan kekurangan buku ini. Kalau untuk memperkaya insight mengenai hidup, rasanya perlu banget membaca buku ini yaa..
    Aku pun kadang sering oleng dan lemes. Mungkin kurang menemukan BIG WHY-nya ini..

    Nuhun ka..
    Siap minjem Buku Find Your Why-nya ka Didik, #eh..
    Hehhe.. mau ikutan baca di Gramdig maksudnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *