Pricebook Editorial Choice 2021
Tech Buzz

Pricebook Editorial Choice 2021 Rekomendasi Terbaik Penikmat Gadget

Pricebook Editorial Choice 2021 muncul kembali. Tahun ini memberikan pilihan gawai (gadget) terbaik di masing-masing kategorinya.

Belum tahu Pricebook Editorial Choice 2021 ini? Jadi ajang tersebut merekomendasikan gadget terbaik di masing-masing kategori. Penilaian dilakukan selama setahun terakhir. 

Bagi penggemar teknologi, pasti mengikuti perkembangan gadget terbaru setiap hari. Vendor pun berlomba merilis produk-produk baru ke pasar dengan varian harga dan spesifikasi gahar. Produk tersebut juga dikelompokkan berdasarkan harga sesuai target pasarnya.

Perkembangan Pasar Smartphone Global

Di masa pandemi setahun terakhir ini, pasar ponsel cerdas (smartphone) juga terdampak. Berdasarkan riset Counterpoint, pengiriman smartphone global hingga kuartal III-2021 turun 6 persen (yoy) dari 365,6 juta menjadi 342 juta unit. Nilai tersebut bahkan turun dibandingkan kuartal IV-2019 sebesar 401,1 juta unit.

Pada periode terakhir, Samsung masih menguasai pangsa pasar sebesar 20 persen, diikuti Apple (14 persen), Xiaomi (13 persen), Vivo dan OPPO masing-masing 10 persen, dan lainnya 33 persen.

Dalam pengiriman unitnya, Samsung juga masih memimpin dengan 69,3 juta unit, Apple 48 juta unit, Xiaomi 44,4 juta unit, Vivo 33,7 juta unit, OPPO 33,6 juta unit, dan lainnya 113 juta unit.

Selama kuartal III-2021 ini, vendor realme memimpin pasar dengan pengiriman tertingginya sebesar 16,2 juta unit. Padahal dalam periode itu, pengiriman komponen sedang dalam masa susahnya.

Meski dalam masa susah, pendapatan keseluruhan pasar smartphone global masih tumbuh 10 persen (yoy) dan 6 persen (qoq) mencapai US$ 103 miliar.

Perkembangan Pasar Smartphone Indonesia

Sama dengan pasar smartphone global, perkembangan pengiriman smartphone di Indonesia juga turun 6 persen. Namun Counterpoint tidak merilis secara rinci pengiriman smartphone berdasarkan jumlah unitnya.

Secara pangsa pasar (market share), OPPO memimpin pengiriman ponsel terbanyak di Indonesia sepanjang kuartal III-2021 sebesar 22 persen. Nilai market share itu naik 2 persen dari sebelumnya 20 persen. 

Vendor lainnya juga mengalami penurunan pangsa pasar. Yakni Vivo dari 23 persen menjadi 18 persen, Xiaomi dari 20 persen menjadi 18 persen, realme dari 13 persen menjadi 12 persen. Namun smartphone lainnya naik dari 9 persen menjadi 11 persen.

Di periode tersebut, Samsung mencatatkan kenaikan pangsa pasar tertinggi dari 16 persen menjadi 19 persen. Kemungkinan akibat penjualan Samsung Galaxy Fold3 5G dan Samsung Galaxy Z Flip3 5G.

Pricebook Editorial Choice 2021 Era Pandemi

Berbeda dengan Pricebook Editorial Choice 2020, Pricebook Editorial Choice 2021 lebih menekankan produk gadget dengan harga terjangkau. Soalnya, daya beli masyarakat menurun di tengah pandemi COVID-19.

Namun, kategori yang diberikan lebih bervariasi dibandingkan tahun lalu. Kategori tahun lalu hanya menyuguhkan smartphone, weareable, hingga laptop terbaik. Tahun ini, menambahkan merek (brand) terbaik dalam kategori Smart TV, Quality Brand, Internet of Things (IoT) Brand, Smart Home Solution, hingga Affordable Data Package.

Pricebook Editorial Choice 2021

Pricebook menjadi situs panduan sekaligus harga gadget terbaik di Indonesia. Kita bisa mendapatkan rekomendasi smartphone, laptop hingga produk elektronik terbaik.

Oh ya, selain memberikan rekomendasi gadget terbaik, kalian bisa mengikuti ulasan serta berita terbaru tentang teknologi di website Pricebook serta media sosial dan channel YouTube Pricebook.

Best Value Smartphone

Ada tiga kategori dalam Best Value Smartphone ini. Kategorinya dikelompokkan dalam rentang harga yakni 1 jutaan, 2 jutaan, 3 jutaan, dan high performance.

Best Value Smartphone 1 Jutaan

Pricebook Pricebook Editorial Choice 2021 memberikan rekomendasi Best Value Smartphone pada Xiaomi POCO X3. Pemilihan ponsel ini karena harganya di rentang 1 jutaan. 

Best Value Smartphone Poco

Meski terbilang murah, spesifikasi pemenang Best Value Smartphone ini ngga bisa dibilang murahan. Sebut saja prosesor Snapdragon 662, kapasitas RAM 4GB dan ROM 64GB. 

Resolusi layarnya sudah Full HD+. Biar tahan jatuh, layarnya sudah dilindungi Gorilla Glass. Biar ngga sering ngecas, baterainya sudah diberikan kapasitas 6.000 mAh. Mantap gila.

Best Value Smartphone 2 Jutaan

Di rentang harga 2 jutaan, Pricebook Editorial Choice 2021 memberikan rekomendasi Infinix Note 10 Pro NFC. Ponsel ini sudah dibekali layar berukuran 6,95 inci, hampir menyamai tablet mini.

Buat yang senang menonton hiburan di ponsel, Infinix Note 10 Pro NFC sudah disematkan refresh rate 90Hz. Buat nonton film hingga main game akan terasa lebih mulus.

Best Value Smartphone Pricebook

Fitur hiburan disematkan pula kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, kamera depth 2MP, dan kamera mono 2MP.

Untuk menopang performa, dapur pacu mengandalkan chipset Mediatek G95 yang dipadu kapasitas memori RAM 8GB dan ROM 128GB.

Buat memenuhi hasrat ngegame dan media sosial seharian, kapasitas baterai dibekali 5.000 mAh serta mendukun pengisian cepat 33W. Nilai tambahnya, fitur NFC untuk memudahkan pengecekan, pengisian, hingga pembayaran uang elektronik (e-money).

Best Value Smartphone 3 Jutaan

Buat kalian yang lagi gundah gulana mencari ponsel 3 jutaan, Xiaomi POCO X3 Pro bisa menjadi pilihan. Best value smartphone versi Pricebook ini sengaja dipilihkan karena fitur ponsel sekelas flagship namun dengan harga irit.

Layar berukuran 6,67 inci berlapis refresh rate 120Hz akan memuaskan hasratmu dalam mendapatkan hiburan bermutu. Untuk melihat video terbaik, ponsel ini sudah dibekali teknologi HDR10, standar kualitas video yang selalu disematkan pada platform sekelas Netflix dan sejenisnya.

Sektor multimedianya disokong kamera utama beresolusi 20MP. Kamera belakangnya terdiri atas 48MP, 8MP, dan dua jenis kamera 2MP.

Meski di harga midrange, kualitas dapur pacunya bisa diadu dengan ponsel flagship. POCO X3 Pro ini sudah disematkan prosesor Snapdragon 860. Pilihan kapasitasnya ada, yakni RAM 6GB dan ROM 128GB serta RAM 8GB dan ROM 256GB. 

Baterainya berkapasitas 5.160 mAh dengan fitur catu daya cepat (fast charging) 33W. 

Best Value Smartphone High Performance

Yang lagi hangat di pasaran, Xiaomi 11T. Ponsel sekelas flagship ini bisa kalian tebus di rentang 5 jutaan.

Kamera yang disematkan 108MP dengan kamera ultra-wide 8MP. Belum lagi yang suka foto makro dengan resolusi 5MP.

Fitur keren lainnya yakni teknologi 9-in-1 pixel binning serta dual native ISO. Yang belum ada di ponsel lain, fitur One-click AI Cinema. Sekali klik, kita akan mendapatkan pilihan fitur time freeze, freeze frame, magic zoom, parallel world, night-time lapse, telemacro video dan slow shutter. Lengkap banget ngga tuh?

Best Value Smartphone Xiaomi

Di sektor performa dibekali layar 6,67 inci beresolusi FHD+, refresh rate 120Hz dan kecerahan layar 1000 nits. Proteksi layar menyematkan Corning Gorilla Glass Victus.

Dapur pacunya menggunakan MediaTek Dimensity 1200-Ultra dengan ukuran 6nm. Kapasitas memori 8GB RAM dan ROM 256GB.

Buat mendukung fitur tersebut, ponsel ini dibekali baterai 5.000 mAh. Jangan takut keabisan baterai karena Xiaomi memberikan fitur fast charging yang bisa mengisi 100 persen hanya dalam 36 menit. Tentunya dengan bekal charger 67W. 

Best Value Wearable Device 

Biar kekinian dan tampak gaya, tak lengkap rasanya kalau belum memakai aksesori, seperti jam tangan pintar (smartwatch), gelang tangan pintar (smartband), serta speaker tanpa kabel (true wireless stereo/TWS).

Best Value Smartwatch

Best Value Smartwatch rekomendasi Pricebook tahun ini jatuh kepada realme Watch 2 Pro. Fitur best value wearable device ini memang banyak banget dibutuhkan, apalagi di masa pandemi seperti ini.

Best Value Wearable Device

Seperti fitur monitor oksigen darah dan detak jantung. Dua fitur ini sangat penting, terutama bagi penyintas COVID-19. Selain itu ada 90 mode olahraga yang bisa dicoba.

Sekali ngecas, jam tangan pintar ini akan bertahan hingga 14 hari. Ngga perlu bolak balik ngecharge kan

Best Value Smart Band

Rekomendasi Pricebook Editorial Choice 2021 kategori Best Value Smart Band jatuh kepada Mi Smart Band 6. Harga yang terjangkau tak membuat best value wearable device ini diberikan fitur ala kadarnya.

Best Value Smartband Xiaomi

Mi Smart Band 6 dibekali fitur sertifikasi tahan air hingga kedalaman 5 meter serta 30 mode olahraga yang bisa membantu kita mendapatkan panduan hidup sehat.

Best Value TWS

Best value wearable device kategori TWS jatuh kepada realme Buds Air 2. TWS ini punya fitur Bass Boost+ buat penyuka musik bernuansa groovy.

Biar ngga terganggu suara sekitar, fitur Active Noise Cancelling (ANC) bisa diaktifkan. Atau Dual Mic Noice Cancellation biar menelpon semakin jelas dan terang.

Best Value TWS Pricebook

Buat yang suka ngegame, tak perlu headset mewah lagi. TWS ini juga memiliki gaming mode. Kapasitas baterai diklaim mampu bertahan hingga 25 jam.

Best Value Laptop Rekomendasi Pricebook

Best Value Laptop rekomendasi Pricebook Editorial Choice 2021 yakni RedmiBook 15 besutan Xiaomi. Vendor asal China ini menggebrak pasar dengan merilis laptop premium dengan harga miring. Yup cuma 6 jutaan.

Kendati terbilang murah, fitur yang disertakan terbilang wah. Sebut saja prosesor Intel gen-11 Core i3 CPU. Teknologi prosesnya memakai 10nm dipadu 4,1 GHz GPU.

Bentangan layar berukuran 15,6 inci beresolusi Full HD yang bisa mendukung kenyamanan saat beraktivitas atau menonton hiburan. Uniknya, ada fitur peredupan layar, sehingga kita nyaman berlama-lama di depan laptop.

Kendati dibilang premium, portabilitasnya cukup diandalkan karena hanya memiliki berat 1,8 kg dan ketebalan 19,9 mm.

Jeroannya disematkan 8GB RAM dan memori 256GB yang mampu menampung aplikasi dan dokumen lebih leluasa.

Dari sisi ketahanan baterai dibekali charger 46Wh. Pengisian daya hingga 50 persen hanya membutuhkan 33 menit. Baterai dalam kondisi penuh mampu bertahan hingga 10 jam. Jadi ngga perlu repot-repot sering ngecas kan?

Best Value Laptop ini juga memiliki kamera HD 720p serta speaker stereo yang nyaman digunakan untuk rapat daring (online) dan presentasi di kelas.

Untuk kompatibilitas colokan disertakan port HDMI, USB 3.0, DC-in, LAN, USB 2.0, slot memory card, hingga jack headphone.

Layanan purna jualnya mengandalkan garansi 2 tahun perangkat keras dan baterai 1 tahun. Dalam paket pembelian telah disematkan Windows 10 Home dengan pembaruan OTA seumur hidup. Gratis juga upgrade ke Windows 11. Asyiknya.

Best Value Brand

Pricebook Editorial Choice 2021 memberikan tambahan satu kategori unik tahun ini, yaitu kategori Best Value Brand. Nah, Pricebook membagi lagi dalam lima kategori Best Value Brand yakni Best Value SmartTV Brand, Smart Home Solution, Affordable Data Package, Price to Quality Brand, dan Best IoT Brand.

Siapa saja pemenang di masing-masing kategori tersebut? Yuk disimak yuk.

Best Value SmartTV Brand

Pemenang Best Value SmartTV Brand tahun ini diraih TCL. Mungkin ada beberapa dari kalian yang belum tahu merek ini. Namun bagi pecinta teknologi, brand TCL sudah terkenal sekali.

Brand asal Huizhou, Guangdong, China ini telah memproduksi LCD sejak 2008. Lantas mulai memperluas pasar dengan memproduksi DTV, ATV, HDTV, FHD TV, Android TV, 4K UHD TV, hingga 8K QLED TV.

Best Value SmartTV Brand

Kerennya, TCL sudah menyematkan teknologi Trendsetting Quantum Dot dan Dolby Vision pada produk termutakhirnya. Atas teknologi tersebut, 8K QLED TV mereka memiliki warna, kecerahan, hingga kontras terbaik di kelasnya.

Dengan teknologi dan kualitas televisinya, brand TCL juga merangsek pasar dengan harga terjangkaunya. Inilah yang menyebabkan TCL meraih Best Value SmartTV Brand.

Affordable Data Package

Brand yang baru bergabung dengan Indosat Ooredoo ini mampu meraih predikat Best Affordable Data Package tahun ini dari Pricebook Editorial Choice 2021. Yup, merek Tri (PT Hutchison 3 Indonesia) ini memiliki beragam pilihan paket data terbaik dengan harga terjangkau.

Bahkan, Tri menyediakan paket data reguler hingga paket data gaming lebih beragam. Aku juga pernah memakai operator Tri untuk paket internetku.

Price to Quality Brand

Pilihan Pricebook Editorial Choice 2021 untuk kategori Price to Quality Brand jatuh kepada vendor realme. Aku setuju sih kalo lini usaha dari OPPO ini emang getol banget ngeluncurin produk tahun ini. 

Desain ponselnya juga keren-keren. Produk Internet of Things (IoT)-nya juga mantap. Mulai dari jam tangan pintar, TWS, hingga laptop pun punya.

Fitur yang disematkan pun sekelas flagship namun dengan harga terjangkau. Gimana ngga ketar-ketir vendor lain? 

Berdasarkan riset Canalys, vendor realme sudah menduduki peringkat 5 dalam Top Smartphone Vendor pada kuartal III-2021 dengan pangsa pasar 13 persen. 

Beda tipis dengan Canalys, perusahaan riset Counterpoint melaporkan pangsa pasar realme sekitar 12 persen. Bukan tidak mungkin, tahun depan akan merangsek ke tiga besar vendor terbesar di Indonesia.

Inilah yang menyebabkan Pricebook menobatkan realme sebagai Best Price to Quality Brand tahun ini.

Smart Home Solution

Pricebook menyematkan brand Bardi sebagai Best Smart Home Solution Brand tahun ini. Tidak salah, karena ternyata merek asal Indonesia ini memiliki produk-produk pintar rumah tangga, seperti Smart Bulb, IR Remote, Smart Wall Socket, hingga LED Strip. 

Kerennya lagi, produk tersebut sudah kompatibel dengan layanan perintah suara dari Alexa, Siri, hingga Google Assistant. Produk berkualitas dan harga terjangkau menjadi alasan Bardi merengkuh predikat tersebut.

Best IoT Brand

Samsung terpilih menjadi Best IoT Brand tahun ini karena memiliki ekosistem produk terlengkap hingga kini. Sebagai salah satu vendor raksasa ponsel dunia, Samsung memiliki lini produk mulai kamera, televisi, hingga perlengkapan rumah tangga yang mendung rumah pintar.

Pricebook Editorial Choice 2021 Best IoT Brand
Ragam produk Samsung yang aku miliki.

Untuk menghubungkan masing-masing perangkat tersebut, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi SmartThings. Agar tak pilih kasih, vendor asal Korea Selatan itu juga menyediakan akses SmartThing bagi pengguna ponsel kelas low end hingga high end. Jadi merangkul semua pemilik ponsel Samsung untuk menghubungkan dengan produk-produk lainnya.

Hingga saat ini aku baru memiliki ponsel, bluetooth speaker, jam tangan pintar dan TWS-nya. Yang lain semoga bisa menyusul ya.

Apakah gadget yang kalian pakai memenangkan salah satu dari rekomendasi Pricebook Editorial Choice 2021?

Anda mungkin juga suka...

62 Komentar

  1. Hendra Suhendra menulis:

    Nggak salah sih pilihan team dari Pricebook. Selalu memberikan kejutan dalam menyajikan jawara gadget setiap tahunnya. Smart home sih memang pantas jatuh ke BARDI…

  2. Dari Pricebook Editorial Choice 2021 ini para pemburu gadget bisa punya acuan buat belanja. Bagus, jadi memudahkan.

  3. menulis:

    Samsung dan Xiaomi masih di hati nih, tapi takjub juga dengan Poco, masih sebatas baca reviewnya aja, belum pernah pakai hpnya

  4. Sekarang jadi tahu, gadget mana yg bisa dijadikan acuan untuk dibeli. Kebetulan, emang lagi pengen ganti handphone.

  5. henpon xiaomi masih jadi juara ya kak.. sekarang juga dia makin banyak ngeluarin barang2 elektronik untuk mendukung rumah tangga.

  6. Fenni Bungsu menulis:

    Sukanya dari Pricebook itu ya seperti ini, kita jadi tahu mana aja yang best of the best nya, karena juga mengikuti minat pasar ya. Semoga di tahun 2022 makin variatif lagi

  7. Wah jadi pengen beli TWS biar jadi update dengan teknologi jaman now, merek Realme semakin terdepan nih mantap lah :)

  8. Shyntako menulis:

    wah ini dia nih buat yang mau cari gadget terbaik di tahun 2021 ya wajib ngintip pricebook editorial choice ini

  9. Wahh idaman banget ya pricebook editorial choise ini semuanya, bisa dong jadi pilihan pengganti buat hp aku nanti nih mas, tak kalah saing fiturnya jga keren dan harganya sangat terjangkau…

  10. wohooo, lengkap banget smart gadget nyaa nih Mas, dan semua merk Samsung ya.
    Pricebook editorial choice juga lengkap banget ya kategorinya, jadi gak pusing lagi nih kalau mau cari gadget, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kita ya :)

  11. menulis:

    Entah bangga apa gimana karena merk hapeku ada di sana wkwkwk. Cuman memang untuk orang yang ngga branded minded, merk China ini udah cukup lebih dari cukup malahan ya untuk nangkring sebagai pilihan pricebook, harganya worth it dengan speknya.

  12. emang yaa gadget tuh udh jadi kebutuhan dasar buat kerja, komunikasi dan aktivitas sehari-hari deh, semuanya aku butuh loh mulai dari smartphone, laptop, IOT macam bluetooth headset, smart watch, ahhh enak banget klo udh baca rekomendasi gadget terbaik sesuai budget dari pricebook editorial choice yaaa

  13. Iya, aku juga baru denger brand TCL untuk smart TV.
    Dan masih terkagum-kagum bahwa peminat ponsel pintar tertinggi masih pada Samsung dan Apple. Aku pikir sudah tergeser oleh maraknya ponsel high-perfomance flagship.

  14. sekarang ga perlu pusing nanya-nanya ke orang tentang rekomendasi gadget yaa, semua ragam gadget based on editorial choice dari Pricebook bisa jadi rekomendasi yang oke sebelum beli gadget, sesuai sama spek dan budget yang dipunya

  15. Baru tahu kalau Xiamoi mengeluarkan produk laptop juga, jadi best value juga nih, keren, samsung juga keren nih masih menguasai pasar

  16. menulis:

    Kehadiran pricebook editorial choice 2021 ini cocok banget buat orang-orang kayak saya kalau memilih gadget selalu bingung. Kalau sekarang mah tinggal baca aja rekomendasinya dan sesuaikan dengan budget kita.

  17. menulis:

    Dengan adanya Pricebook ini memudahkan sekali orang yang ingin mencari gadget sesuai budget ya kak.

    Apalagi rekomendasinya juga keren-keren banget.

  18. Terima kasih Mas untuk rekomendasinya.. dari sekian banyaknya list saya tertarik sekali dengan Smartwatch-nya, udah ngincer ini untuk dibeli tahun depan, semoga terealisasi

  19. Bagus nih Pricebook, tiap akhir tahun memberikan penilaian yang real terhadap produk elektronik.

    Jadi, kayak kita yang gak begitu paham, pas mau beli bisa cek dulu di sini. Mana yang ter the best menurut kategorinya.

  20. menulis:

    akhir tahun biasanya emang banyak yg cari gadget baru ya
    biar nggak salah pilih, baiknya lihat Pricebook Editorial Choice dulu

  21. Pricebook editorial choce ini emang layak ditunggu banget soh di akhir tahun, agar enggak salah pilih kalau mau upgrade gadget sesuai kebutuhan dan budget

  22. wah saya ngeceng Xiaomi POCO X3 nih buat second handphone, speknya bagus ya dengan harga satujutaan. xiaomi mulai naik ya

  23. Pricebook hadir dengan inovasi yang cerdas yaa Kak, karena dapat membantu orang-orang yang kesulitan memperoleh alat elektronik yang sesuai kebutuhan maupun kondisi keuangan mereka.

  24. Di rumah produk Samsung yang aku pake adalah TV, emang the best sih, aku beli sejak anak pertamaku mau masuk SD, sekarang anaknya udah SMP dan masih bagus dan ngikutin zaman…

  25. Pas banget nih. Ditengah pasar global teknologi yang terus maju, berkembang, inovatif lengkap dg fitur dan harga yang bisa diseauaikan maaing2 pembeli kok malah jadi semakin pusing ya memilih gadget yang sesuai kebutuhan. Salut sih. Berbagai merk pun terus berlomba memberikan yg terbaik yang bisa ters sejalan dg pasar n kebutuhan

  26. menulis:

    Gadget yang menang di Pricebook lagi banyak dibahas ya. Bagus sih emang buat info kalo lagi nyari nyari gadget yang beneran worth it.

  27. aku belum pernah pakai infinix, tapi sepertinya dia berlomba dgn smartphone lainnya ya. Menarik

  28. pas banget nih, ku lagi nyari laptop bagus harga terjangkau. bisa nih rekomendasi dari pricebook kumasukkan ke list.

    by the way, maaf kak mau tanya, kalau versi mobile emang fontnya gede-gede gini ya? agak pusing hehe.

  29. Pricebook ini memudahkan kita untuk mencari barang yang bagus dan pas di kantong.

    Btw, aku naksir banget sama Xiomi 11 T. Huhu, keren banget.

  30. Nur Asiyah menulis:

    Wih, keren-keren nih produk pricebook editorial choice 2021. Saya pribadi pengen POCO X3 harga tiga jutaan untuk rutinitas. Semoga bisa kebeli setidaknya bulan depan.

  31. Wah brand kesukaan aku jadi Best IoT di pricebook, sebelum beli produk aku mampir ke youtubenya pricebook deh buat lihat ulasan dan berita terkini soal gadget biar enggak nyesel pas udah beli.

  32. Lagi ngincer produk laptop nih. Baru tau ada produk laptop redmi. Ulasannya informatif

  33. Saya pemakai Samsung nih, udah tiga kali ganti gawai Samsung mulu. Nyaman dengan gawainya dan pelayanan Customer Servicenya kalau ada masalah di ponsel. Gak heran ya jadi best of the best.

  34. Nggak pernah salah sih pilihannya Pricebook, semuanya tepat dan terbaik. Kabar kece lainnya, mayan ramah di kantong ya… pas buat emak2 irit macamku hehe.

  35. Nggak ada nih mas satu pun gawai yang saya pakai masuk dalam pilihan pricebook 2021. Mengejutkan memang Poco bisa masuk di dua kategori, padahal di smartphone harga 1 jutaan dan 3 jutaan banyak juga merk lain nggak kalah kerennya.

  36. jadi ingat beberapa bulan lalu pas mau ganti hape galau memilih antara redmi note 9 atau poco M3. akhirnya aku pilih POCO karena desainnya yang catchy dan alhamdulillah memang hapenya oke banget

  37. vika menulis:

    Jadi keingat teman yang sejak awal beli produk eletronik pasti dicek pai detail dulu fitur-fiturnya. Kayaknya harus kasih tahu dia deh tentang Pricebook.

  38. Ngomongin gadget emang gak ada habisnya ya, banyak banget yang makin canggih dan bikin mupeng hihi. Liat list ini jadi punya rekomendasi buat beli gadget terbaik deh.

  39. Fenni Bungsu menulis:

    Berkat Pricebook juga daku dapat informasi terkini soal perkembangan smartphone, dan jadi acuan juga sih sebelum beli biar makin mantap

  40. Kece nih, jadi gampang buat milih2 hape, kebetulan emang mau nyari2 juga

  41. Sebagai pemakaian smartphone Samsung memang pantas kalau jadi bangga banget karena Samsung selalu dipercaya karena kualitas produk mereka yang nggak main-mian dna terpercaya.

  42. banyak banget brand-brand tahun ini keluari produk. Tahun 2022 bakal lebih seru lagi nih teknologinya.

  43. akhir tahun pricebook bikin editorial choice, ini keren ya. brand jadi dapet semacam penghargaan itu. aku sih sering pake pricebook untuk cek harga dan spek gadget incaran. bahkan dibandingkan dengan brand lain yang juga incaran aku.

  44. menulis:

    makasih kak sharingnya, memang saat ini smartphone jd kebutuhan yg pentig karena semua serba online baik sekolah maupun jd butuh referensi smartphone yang terjangkau namun tetap berkualitas dan bisa memenuhi kebutuhan

  45. menulis:

    Wah kayaknya yg hp POCO itu cocok buat anakku
    buat di sekolah online

  46. Aduh Pricebook ini kok pinter ya. Hape2 inceranku banyak disebutkan di sini. Tapi belum kebeli :(

  47. Nita juwithafina menulis:

    Laptop xiaomi sudah jadi incaran, sejak bersliweran di iklan2 medsom terus di rekomendasikan oleh teman2 juga, semoga udah bisa terbeli di 2021

  48. menulis:

    Samsung tu brand favoritku sejak lama. Lebih tepatnya, pertama kali aku punya android ya belinya ya brand Samsung. Tapi kalau sepupuku agak nggak seneng. Katanya memory penyimpanannya dikit. Hehehe

  49. Dengan adanya pricebook editorial cchoice award tentu akan memudahkan kita-kita untuk memilih dan menentukan gadget mana yang ingin dibeli. Hanya saja utk saya, jika urusan gadget sya lebih percaya pada samsung. Saat ini saya menggunakan samsung A50 generasi pertaama, setelah 3 tahun lebih pun kondisi gadgetnya masih sangat normal, hanya saja batre mulai agak oleng

  50. baru tau tentang pricebook ini, emang keren ya

    marketplace ini bisa jadi acuan buat kita yang ingin beli gadget terbaik, bisa jadi rekomendasi terbaik nih untuk saya dan yang lainnya

  51. Dirman menulis:

    Saya lagi kepingin banget punya redmibook 15 dari Xiaomi, dari informasi ini, saya jadi semakin mantap dengan lebih mengetahui specsnya, thank you mas Didik!

  52. Waahh, baru tau kalau samsung peringjat pertama, dan mengalahi Apple. Apalagi yang kita ketahui keduanya sama-sama terus bersaing.

    Brand yang lainnya juga gak mau kalah, tetap ciptain produk – produk terbaru

  53. berapa kalipun saya baca ulasan tentang Pricebook editorial choice 2021 ini, saya akan selalu salfok sama smartwatch-nya realme dan smart band-nya xiamoi, murce dan jadi pengen beli dehh

  54. Wahh, keren nih Pricebook bisa mempermudah kita dalam memilih gadget yg terbaik ya. Bahkan aku senang ada juga SmartThings yang bisa menghubungkan semua gadget yg kita miliki

  55. Pastinya ini sesuatu yang memang dipersembahkan bagi semua orang dengan eprsiapan yang matang. Waktunya penilaiannya juga dilakukan 1 tahun terakhir, jadi masih sangat upto date. Jadi bisa ikutan intik gawai berkualitas di sini nih.

  56. Pastinya ini sesuatu yang memang dipersembahkan bagi semua orang dengan eprsiapan yang matang. Waktunya penilaiannya juga dilakukan 1 tahun terakhir, jadi masih sangat upto date. Jadi bisa ikutan intip gawai berkualitas di sini nih.

  57. Pastinya ini sesuatu yang memang dipersembahkan bagi semua orang dengan eprsiapan yang matang. Waktunya penilaiannya juga dilakukan 1 tahun terakhir, jadi masih sangat upto date. Jadi bisa ikutan intip gawai berkualitas di sini berdasarkan hasil penilaian

  58. menulis:

    Keren-keren nih gadget pilihan pricebook, sangat memudahkan banget orang yang mau cari gadget dan bingung mau beli yang mana.

  59. Lasmicika menulis:

    Lagi pilih-pilih gadget, yang ini belum kebeli eh udah ada launching lagi yang onoh. Wkwkw… asyiknya pricebook ini rekomendasinya mantul semua. Jadi bisa milih n bandingin dulu sesuai kebutuhan n budget.

  60. Wah Samsung jadi the best IoT brand. Kerennya Pricebook, bisa jadi panduan bagi yang ingin dapat rekomendasi gadget ter-update.

    Makasih infonya, Kak

  61. Xiomi 11T ini speknya keren banget sih. Jadi pengen punya juga. Tapi kudu nabung dulu nih, harganya keren juga soalnya. Hahaa

    Adanya pricebook itu memudahkan kita untuk mencari barang yang kita cari sesuai spek dan budget juga, ya.

  62. Bagus kak ulasannya lengkap jadi tahu untuk melihat data – data lewat pricebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *