Susu etawarich Susu untuk pengeroposan tulang
Reportase

Susu untuk Pengeroposan Tulang Bagi Semua Usia

Pendiri Apple Steve Jobs pernah bilang, “Saat masuk ruang operasi, kamu baru sadar bahwa kesehatan itu betapa berharganya.” Kalimat itu baru aku sadari setelah tetanggaku masuk rumah sakit dan harus operasi karena patah tulang sekaligus pengapuran tulang. Dia dulu sempat menolak minum susu untuk pengeroposan tulang dan susu etawarich sejak muda. Akibatnya, ya sekarang tahu sendiri deh rasanya.

Masalahnya sepele, dia kepeleset waktu mau buang sampah dekat sungai di belakang rumahnya. Jalanan menuju sungai masih berupa tanah. Hujan yang mengguyur hampir setiap hari bikin jalanan menuju sungai malah tambah licin.

Saat itu masih pagi buta. Belum banyak orang lalu lalang ke sungai sehabis shubuh. Dia udah teriak minta tolong, tapi nggak ada yang menyahut. Udah mencoba merangkak sendiri, malah makin terpeleset lagi. Patah tulangnya makin menjadi. 

Tingkat Konsumsi Susu di Indonesia

Eh tau nggak. Kalau konsumsi susu nasional per kapita Indonesia tuh masih rendah banget. Berdasarkan Data Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang dihimpun Statista menunjukkan, rata-rata konsumsi susu tiap orang di Indonesia mencapai 4,61 kilogram (kg) per kapita per tahun pada 2011. Angka ini merupakan yang tertinggi selama sedekade terakhir.

Angkanya kemudian turun dua tahun berturut-turut, bahkan ambles hingga 3,59/kg/kapita/tahun pada 2013. Meski sempat naik lagi, namun konsumsi per kapita Indonesia belum menandingi capaian 2011. Data terakhir pada 2020, konsumsi susu orang Indonesia mencapai 4,03/kg/kapita/tahun. Miris banget kan?

Tingkat konsumsi susu di Indonesia

OECD bahkan menyampaikan, konsumsi susu tiap orang justru turun sedikit pada 2021, mencapai 3,92/kg/orang/tahun. Pada 2022-2023 ini diproyeksikan naik tipis, masing-masing sebesar 4,02 dan 4,13/kg/kapita/tahun. Proyeksi akhir OECD pada 2031, konsumsi susu di Indonesia hanya mencapai 5,01/kg/orang/tahun.

Berdasarkan Katadata, tingkat konsumsi susu orang Indonesia sebenarnya juga sangat rendah. Berdasarkan acuan Food and Agriculture Organization (FAO), konsumsi masuk kategori rendah jika kurang dari 30/kg/kapita/tahun.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per 2021, konsumsi susu nasional baru mencapai 16,27 kilogram per tahun. 

Padahal FAO tuh memberi batasan rendah untuk konsumsi susu sekitar 30 kg per orang per tahun. Sementara batasan sedangnya sekitar 31-150 kg per orang per tahun. Dan di atas itu sudah dianggap konsumsi tinggi.

Hayo, kapan kalian sendiri terakhir kali minum susu? Apa terakhir minum hanya saat balita? Atau saat masih dewasa juga minum susu tapi yang dikombinasikan ama gula dan boba. Haha.

Pertimbangan Memilih Susu untuk Pengeroposan Tulang

Ternyata memilih susu untuk pengeroposan tulang serta susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi ini tidak bisa asal. Kita harus melihat kandungan susu etawa yang ada dalam kemasannya.

Jangan-jangan ntar isinya malah gula semua. Khasiat susu tulang keropos dan susu untuk kesehatan malah nihil. Kan bahaya tuh. Malah bikin diabetes dong.

Makanya cek dulu sebelum membeli minuman kesehatan untuk tulang dan sendi. Jangan sampai salah beli karena kita yang akan rugi.

Kandungan Kalsium

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan dalam susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Susu untuk pengeroposan tulang dan masalah sendi tulang sebaiknya memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu minimal 1.000 mg per sajian.

Kandungan Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium oleh tubuh. Oleh karena itu, susu tulang keropos dan minuman kesehatan untuk tulang dan sendi sebaiknya juga mengandung vitamin D yang cukup, yaitu minimal 200 IU per sajian.

Kandungan Protein

Protein dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tulang dan sendi. Hal ini untuk mencegah pengapuran tulang. Demi susu untuk kesehatan ini susu juga harus mengandung protein yang cukup, yaitu minimal 8 gram per sajian.

Kandungan Nutrisi Lain

Selain kalsium, vitamin D, dan protein, susu nyeri sendi dan pengapuran tulang juga sebaiknya mengandung nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan sendi, seperti magnesium, zinc, dan kolagen.

Ketersediaan

Susu untuk pengeroposan tulang dan susu nyeri sendi sebaiknya mudah didapatkan di pasaran. Apalagi bagi yang doyan belanja online. Tinggal pencet, pilih, bayar, tunggu barang sampe rumah deh.

Review Susu etawarich

Sudah hampir 6 bulan ini, keluargaku mulai rajin minum susu, termasuk untuk mencegah pengeroposan tulang dan susu nyeri sendi.

Soalnya, aku nggak tau kapan penyakit pengeroposan tulang dan sendi tulang akan menghampiriku. Bisa jadi malah sebelum tua udah nggak mampu angkat-angkat karena pengeroposan tulang. Duh, amit-amit jangan ya.

Jadi aku tuh membeli susu etawarich melalui distributor resminya, etawarich official store yang ada di Tokopedia dan Shopee. Kenapa beli di distributor resmi? Supaya terhindar dari produk palsu/tiruan serta ilegal ya teman-teman.

Kalian tinggal pilih aja mana yang ngasih gratis ongkir atau kalau lagi ada promo diskon. Biasanya kan akhir tahun gini suka ada penawaran tuh. Cek aja ya.

Oh ya, sebelum review susu etawarich, aku mau ngasih tahu kalo susu kambing etawa ini terbuat dari susu kambing etawa yang rendah gula serta tanpa bahan pengawet. Nanti aku jelasin deh kandungan susu etawa ini lebih jelas di bawah ya.

Biasanya aku minum pagi hari sebelum beraktivitas. Cuaca di Kediri, Jawa Timur saat ini emang lagi dingin sih. Apalagi musim hujan yang bakal menambah cuaca makin dingin.

Biar tubuh hangat, aku minum susu kambing etawa ini sebelum sarapan. Sekalian bisa pemanasan bagi tubuh untuk segera mulai beraktivitas. 

Cara seduhnya, susu kambing etawa ini hanya perlu membuka kemasan dan menyeduh sesuai takaran. Dalam kemasan sudah berisi sachet susu etawarich. Seduh 1 sachet ke dalam 120 ml air hangat.

Cara minum susu etawarich

Aku sengaja nggak menambahkan gula karena rasanya sudah manis. Namun bagi yang merasa kurang manis, bisa ditambahkan gula sesuai selera atau pakai gula non-kalori. Asal jangan berlebih ya. Takut kemanisan kayak saya. Hehe.

Enaknya susu untuk pengeroposan tulang ini murni dibuat dari 98% susu kambing. Meski dari susu kambing murni, susu etawarich tidak bau prengus. Itu loh, bau yang melekat pada kambing yang berasal dari zat feromon, terutama kambing jantan. Bagi yang nggak suka kambing, bau prengus memang mengganggu pengalaman makan/minum susu/kambing. Apalagi jika salah mengolah daging kambingnya, prengus justru makin terasa.

Uniknya, susu etawarich tidak bau prengus karena telah mengalami proses pengeringan dan fortifikasi. Proses ini dengan menambahkan mikronutrien sesuai kebutuhan sehingga dapat mengurangi bahkan menghilangkan bau prengus tersebut. 

Kandungan Susu Etawa

Susu etawarich merupakan produk susu kambing berkualitas. Bahan yang dipakai dalam susu tersebut 100% produk organik. Selain itu aman dikonsumsi oleh segala usia. 

Dengan nutrisi yang tiga kali lebih baik serta kalsium yang tinggi, susu untuk pengeroposan tulang menjadi minuman kesehatan untuk tulang dan sendi yang terbaik. Berikut kandungan susu etawarich yang perlu kalian ketahui:

Susu Kambing Etawa

Susu etawa berasal dari susu kambing etawa. Kambing tersebut memiliki produksi susu yang kaya kandungan nutrisi. Seperti fosfor, kalsium, sodium, dan florin.

Khasiat susu kambing etawarich dengan kandungan susu etawa tersebut bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, menurunkan kolesterol, mencegah pengeroposan tulang dan masalah sendi, serta manfaat lainnya. Di sini aja, manfaat susu etawa etawarich sudah kelihatan. Hanya perlu gamat, daun sirsak, kayu manis, bee pollen, dan gula stevia sebagai tambahan.

Gamat

Gamat yang telah diekstrak memiliki kandungan tinggi protein, kolagen, glukosamin, dan kondroitin dapat digunakan sebagai suplemen tambahan. 

Ekstrak gamat digunakan untuk pertumbuhan tulang, sendi, dan otot. Selain itu, membantu mengatasi nyeri otot dan sendi, menstimulus regenerasi sel, membantu mempercepat penyembuhan luka, dan membantu agar kulit lebih kenyal dan halus.

Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung flavanoid yang mampu mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat kerja enzim xhantine oxidase. Jadi secara otomatis, susu etawarich ini bakal mengurangi asam urat berkat kalian yang sering mengonsumsi goreng-gorengan hingga kacang-kacangan.

Manfaat susu etawa etawarich

Kayu Manis

Kayu manis adalah tumbuhan dengan genus Cinnamomum dan famili Lauraceae. Kandungan kayu manis memiliki zat kumarin, kaneelaldehida, dan eugenol yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi.

Bermanfaat untuk peningkatan metabolisme, pengendalian kadar gula darah, pencegahan peradangan, serta memiliki sifat antioksidan yang kuat yang dapat membantu melawan radikal bebas.

Bee Pollen

Bee pollen mengandung flavaoid, quercetin, dan glutathione yang dapat menangkal efek radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), memelihara fungsi hati, dan menjaga kesehatan jantung. Keren banget nih tambahan kandungan susu etawa sehingga memberi manfaat susu kambing etawarich lebih bernutrisi.

Gula Stevia

Stevia (Stevia rebaudiana) merupakan bahan pemanis dengan kandungan nol kalori. Tanaman ini bisa digunakan sebagai pengganti gula. 

Tanaman ini merupakan bagian dari famili tanaman asteraceae yang berasal dari Arizona, new Mexico dan Texas. Jadi manfaat susu etawa etawarich ini aman banget dong buat penderita diabetes.

Manfaat Susu Etawa etawarich

Manfaat susu etawa etawarich ini sangat beragam. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan karena banyak nutrisi yang terkandung dalam susu etawarich.

Review susu etawarich

Karena kandungan nutrisinya, khasiat susu kambing etawarich dapat memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan jantung serta menjaga kesehatan sel tubuh.

Selain itu, karena kandungan prebiotic, flourin dan betakasein dapat membantu mengatasi permasalahan sistem pernapasan. Dan tentu saja karena kandungan nutrisinya, susu etawarich dapat mencegah pengeroposan tulang serta mencegah anemia.

Kesimpulan Susu etawarich

Setelah mengetahui khasiat susu kambing etawarich, susu untuk kesehatan tersebut dapat dikonsumsi oleh anak berusia dua tahun ke atas, bahkan sampai lansia. Tentu saja yang sering mengalami pengeroposan tulang kan lansia ya. Makanya jangan menunggu tua untuk minum susu tuh.

Karena baik dikonsumsi anak, susu etawa ini memang mampu meningkatkan kecerdasan anak, menjaga daya tahan tubuh, menjaga pertumbuhan tulang dan gigini, serta memelihara bakteri baik pada usus.

Bahkan meski berkandungan tinggi kalium, susu kambing etawa ini dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Dan bagi yang takut gemuk, susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi tersebut malah membantu menurunkan berat badan, jika diminum sesuai dosis yang dianjurkan ya karena ada kandungan kayu manis dalam susu etawarich.

Lalu bagaimana untuk ibu hamil dan menyusui? Tentu aman dong. Soalnya, minuman kesehatan untuk tulang dan sendi ini memiliki tambahan kayu manis, daun sirsak, dan gamat yang telah disesuaikan dosis kandungannya sehingga aman banget untuk ibu hamil dan menyusui.

Susu etawarich susu untuk pengeroposan tulang bagi anak muda

Ah jadi penasaran kan seberapa efektif susu etawarich ini dapat menyembuhkan beragam penyakit. Untuk hasil efektif, review susu etawarich ini dapat diketahui setelah rutin mengonsumsi maksimal 14 hari atau mengonsumsi dua kotak.

Namun, hasil bisa terlihat lebih cepat tergantung dari metabolisme tubuh masing-masing. Dan tenang aja, susu etawarich aman dikonsumsi dalam jangka panjang karena tidak memiliki efek samping.

Kurang apa lagi coba? Ayo hidup sehat dengan susu etawarich. Susu kambing untuk sendi dan tulang. Bisa kalian beli susu etawarich melalui distributor resminya, etawarich official store di Tokopedia dan Shopee ya, teman!

26 Komentar

  • Joko Yugiyanto

    bnyk banget ternyata manfaat dari susu etawa ya, pantes aja kalau harga juga lumayan daripada susu kebanyakan

  • Uniek Kaswarganti

    Apalagi buatku yang ga tertib minum susu nih, takutnya pengeroposan tulang cepat menghampiri. Takuuutt… Jadi pengin nyobain Etawarich, kandungan bermanfaatnya banyak banget, ada bee pollen juga.

  • Lia Lathifa

    Bukan sembarang susu kambing ini, ternyata ada tambahan bahan herbal bermanfaat lainnya seperti gamat, daun sirsak, kayu manis, bahkan bee pollen, benar-benar rich untuk menjaga kesehatan tubuh dan tulang kita ya

  • T. Retno

    Aduh, pengeroposan dan pengapuran tulang ini terdengar menyeramkan. Aku termasuk yang jarang minum susu karena nggak kuat dengan aroma dan rasanya. Tapi sekarang mau nyoba susu kambing etawarich, deh, Semoga cocok.

  • Fenni Bungsu

    Jaga kesehatan tubuh memang harus keseluruhan ya, termasuk juga sendi dan tulang.
    Maka mengonsumsi etawarich ini jadi solusi yang mantuls juga buat mendapatkan manfaatnya.
    Daku udah mencoba susu etawarich ini, rasanya tuh sedap karena ngepas rasa manisnya.

  • ica

    iya kak ibuku juga minum susu ini buat kakinya yang ada keluhan sakit, disaranin sama tetangga.. alhamdulillah membaik

  • Naqiyyah Syam

    Keluargaku juga sudah mulai nih rutin minum susu Apalagi aku dan suami berusia 40-an ke atas dan nyeri sendi mulai terasa. Setelah minum susu kambing secara rutin hasilnya pun memuaskan

  • Siti nurjanah

    Nikmat sehat baru terasa setelah sakit, itu sebabnya akan baik mencegah daripada mengobati. Langkah sederhana bisa melengkapi nutrisi dgn komsumsi susu kambing ya..
    Karna baik jg utk menjaga kesehatan tulang yg punya kandungan gizi dan kalsium yg mencukupi

  • Sabrina

    wah susunya sekarang lagi dicoba juga oleh ibu aku niy mba semoga cocok karena lagi mengalami nyeri di sendi dan tulang, semoga cocok dengan susu etawarich ini

  • Elva

    Makasih kak reomendasinya, beberapa hari ini jg rame di berandaku bahkan teman2ku jg byk yg review kl susu etawarich bagus buat kesehatan. Jadi pengen coba dan rasain manfaatnya

  • Muhammad Rifqi Saifudin

    Jadi penasaran deh sama susu etawarich ini, bakal seefektif apa sih susunya ini kalau buat ngatasin pengeroposan tulang. Aku masih 20an sih tapi udah ngerasa rada pegel-pegel, bahaya juga kan ya harus diantisipasi dari sekarang

  • Luluk Sobari

    Penasaran banget sama susu etawarich ini, soalnya gak bau prengus dan pakai gula stevia. Sehingga aman buat yang mengurangi yang manis-manis.

    Soalnya saya pernah minum susu etawa langsung sehabis diperah. Duh baunya beneran bikin pusing. Tapi kalau susu etawa etawarich wes gak ada baunya dong.

  • Fenni Bungsu

    Jauh-jauh deh ya dari pengeroposan tulang dengan gaya hidup sehat.
    Serta bisa nih merutinkan konsumsi etawarich ini biar terjaga sejak dini

  • Avizena

    Iyaa bener banget Kak. Apalagi usia 30+ perlu aware terhadap gizi sehingga tidak kena pengeroposan tulang. Penasaran nih ama susu Etawarich, kayaknya enak.

  • Akarui Cha

    Jangan-jangan nanti kandungan susunya malah gula semua. Bener sih, hal begini pula yang sering jadi pertimbangan dalam memilih susu untuk dikonsumsi. Apalagi kan niat minum susu itu untuk menjaga kesehatan termasuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Wah, mantap juga ya kandungan yang terdapat dalam susu Etawarich ini. Bisa banget jadi pilihan susu untuk dikonsumsi keluarga sehari-hari.

  • Dian

    Menjaga kesehatan tulang itu penting ya
    Untungnya ada susu etawarich yang memiliki kandungan penting dalam menjaga kesehatan tulang

  • Hendra Suhendra

    Ngomongin soal pengapuran tulang, jadi inget almarhumah ibu mertua yang terkena penyakit ini. Semasa hidupnya memang tidak suka minum susu. Padahal susu itu penting banget untuk kesehatan, terutama tulang dan sendi. Apalagi susu kambing etawa etawarich, manfaatnya jauh lebih banyak lagi. Saya juga sudah nyobain susu etawarich ini. Rasanya enak kok. Padahal saya nggak suka daging kambing. Tapi kalo susu kambing etawa malah doyan, hehehe

  • lendyagassi

    Iyaya, ka Didik..
    Kita tuh selain kudu hati-hati dalam beraktivitas, juga kudu rajin makan makanan yang sehat dan olahraga. Jadi kepikiran nambahin Susu Etawa etawarich setiap hari. Kalau diminum sama anak-anak usia remaja, bisa juga kan yaa..

  • Wahyuindah

    Ibuku kena pengeroposan tulang. Kayaknya memang butuh susu etawarich ini deh. Khasiatnya cocok untuk memperkuat tulang

  • KakaKiky

    Wah, keren banget ya, susu etawa etawarich ini punya banyak manfaat untuk kesehatan! Dari pencernaan, jantung, hingga menjaga kesehatan sel tubuh, semuanya tercover. Pasti enak banget minum susu yang nggak hanya lezat tapi juga bermanfaat seperti ini. Yuk, tetap jaga kesehatan dengan rajin minum susu etawarich!

  • Siska Dwyta

    Susu etawa ini punya banyak banget khasiat buat kesehatan ya terutama untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Tapi salah satu yang bikin orang nggak suka minum susu kambing karena bau prengusnya eh tapi untung sekarang sudah ada susu etawarich yang rasanya enak dan bahkan gak ada bau prengusnya sama sekali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *