Cara Menjadi Pro Player Mobile Legends
Tech Buzz

Beat The Best by blu Ajang Pro Player Mobile Legends Nomor Satu

Siapa yang bermimpi jadi pro player Mobile Legends? Ada kesempatan bagus buat para gamers nih. Aplikasi bank digital terbaik, blu by BCA Digital lagi bikin program Beat The Best by blu.

Untuk apa blu by BCA Digital bikin acara bergengsi ini? Ya tentu saja mewujudkan mimpi kalian menjadi calon atlet eSports kondang.

Yang paling seru, kalian yang ikut daftar program Beat The Best by blu akan menjalani rangkaian kegiatan. Seperti “Mythical Master, Master Class Coaching Clinic, hingga Master Class Mini Tournament.”

Penasaran bagaimana bisa jadi salah satu peserta di ajang Beat The Best by blu sekaligus review aplikasi blu ini?

Beat The Best by blu Jadikanmu Pro Player Mobile Legends

Potensi Pasar eSport di Indonesia

Eh tahu nggak sih? Jumlah penduduk Indonesia yang gemar sekali bermain olahraga elektronik (eSport) pada 2021 mencapai 52 juta orang. Artinya, jumlah tersebut sekitar 20,8 persen dari keseluruhan jika masyarakat Indonesia sekitar 250 juta orang. Gede juga yak.

Data tersebut berasal dari Agen Komunikasi di Asia Tenggara, Vero yang bekerja sama dengan Decision Lab. Mereka survei pada 470 orang Indonesia berusia 16-41 tahun. Kategori responden gamer, streamer, dan watcher.

Mayoritas pemain eSport tersebut berada di Jakarta, Surabaya hingga Medan. Kelompok usianya sekitar 26-37 tahun. Dari gender, pemain eSport di Indonesia masih didominasi 53 persen pria dan 47 persen perempuan.

Genre eSport yang paling diminati masyarakat Indonesia berjenis Multiple Online Battle Arena (MOBA). Alias main rame-rame dalam jaringan internet.

Dan tentu saja, Mobile Legends dan Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG) mendominasi permainan yang paling banyak dimainkan, ditonton, hingga dijadikan streaming.

Khusus Mobile Legends, jumlah pemain aktif bulanannya di Indonesia mencapai 34 juta orang. Jumlah itu sepertiga dari sebaran pemain Mobile Legends di seluruh dunia yang mencapai 90 juta orang pada Agustus 2021. Keren banget masyarakat Indonesia.

Jumlah pemain Mobile Legends global 2019

Data berbeda disajikan dari perwakilan Moonton, perusahaan pengembang sekaligus penerbit game MOBA Mobile Legends. Head of Marketing and Business Development eSport Moonton Indonesia Martin Manurung mengatakan, jumlah pemain aktif bulanan Mobile Legends di tingkat dunia sekitar 90 juta orang. Di asia Tenggara mengontribusikan sekitar 70 juta orang. Menariknya, sekitar 50 persen dari jumlah tersebut berasal dari Indonesia.

Secara gender, pria memainkan game Mobile Legends sekitar 80 persen. Sisanya perempuan. Dari wilayah, sekitar 52,65 persen berasal dari Pulau Jawa, sekitar 29,38 persen dari Pulau Sumatera. Sebaran lainnya di Kalimantan (7,41 persen), Sulawesi (6,29 persen), Bali (3,73 persen) dan Papua (0,54 persen). Basis wilayah dengan basis penggemar tinggi aktif bulanan di Jakarta, Banten, Yogyakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Dari usia, pemain Mobile Legends di Indonesia berusia 18-22 tahun (41 persen), kurang dari 18 tahun (24 persen), 23-30 tahun (23 persen), dan 31-40 tahun (12 persen). Semua data tersebut hingga Juli 2019.

Main Mobile Legends Hilangkan Stres

Sebagai pekerja kantoran sekaligus blogger, tentu saja ada waktu-waktu merasa jenuh menulis ampe merasa stres. Sebagai pengobatnya, selain nonton film, aku juga main Mobile Legends.

Namun saking ketagihannya bermain Mobile Legends, aku sempat kena damprat bos. Saat itu, kerjaan emang sudah selesai. Aku tinggal menunggu revisi dari petinggi perusahaan. Tahu sendiri kalo lagi main ML (Mobile Legends), seruangan meski cuma 4 orang aja berisiknya minta ampun. 

Berhubung biasanya lama approve dari bos, aku dan teman-teman selalu bermain di kantin kantor. Sebenarnya sih nggak jauh dari ruang utama kerjaan. Namun karena saking serunya bermain, aku pun tak mendengar teriakan bos yang kata teman-teman sih lantang.

Tiba-tiba saja bos menendang pintu kantin kantor sambil matanya melotot. Sontak kami pun kaget. 

Lu tuh ya. Kalo dipanggil ya nyaut. Bukan malah diam,” si bos nyeletuk keras.

Aku sih diam aja pas bos ngomel. Itu akan lebih meredakan suasana dibanding membantah. Akhirnya ya marahnya reda sendiri. Biasanya, abis deadline, si bos juga malah nimbrung ikutan main.

“Biasa! Si bos lagi nggak ada temen main tuh. Makanya ngomelin kita yang lagi mabar (main bareng),” celetuk salah satu temen kantorku.

Mobile Legends, MOBA, game, moonton, ponsel, grock, Castle Guard, Lunox, Cosmic Harmony, Kimmy, Bio Frontier, Bane, Warlord, Clint, Badminton Champion, hero mobile legends

Event Beat The Best Day by blu

Untuk mencari calon-calon atlet pro player Mobile Legends, blu by BCA Digital menggelar pencarian talenta eSport bertajuk Beat The Best by blu.

Head of Marketing Communication BCA Digital Duardi Prihandiko bilang, anak muda banyak memiliki potensi yang bisa digali. Begitu juga melalui Mobile Legends. Sebagai brand yang baik, blu by BCA Digital turut mendukung potensi anak muda tersebut seturut dengan potensi besar eSport di Tanah air.

Nantinya, acara ini nggak hanya menyajikan pertandingan-pertandingan seru layaknya turnamen Mobile Legends pada umumnya. Namun di sini akan menampilkan program-program yang akan menjadi bekal bagi peserta. Jadi ini semacam pencarian bakat bagi pejuang solo ranked.

“Kompetisi Mobile Legends banyak banget di luar sana. Tapi kami ingin empowering sekaligus enabler mereka untuk bisa bersaing lebih baik lagi dan mewujudkan impian mereka. Kami memberikan jalannya. Sebenarnya kalian, siapapun dan di mana pun bisa mengalahkan yang terbaik. Makanya nama ajang ini Beat The Best,” ujar Duardi saat konferensi pers virtual dari Jakarta, Sabtu (19/2).

konferensi pers Beat The Best by blu

Ajang Beat The Best by blu sengaja membidik permainan Mobile Legends karena memiliki jumlah pengguna aktif bulanan yang banyak di Indonesia. Aplikasi bank digital terbaik, blu by BCA Digital atau versi mudanya BCA, ingin memberdayakan anak muda agar lebih baik ke depan.

Apa saja program-program Beat The Best by blu? Yuk simak yuk!

Mythical Master

Di sini, kalian para pejuang solo ranked bakal bertanding memakai format liga, dengan mode Ranked Match di Mobile Legends. Kalian harus mengumpulkan poin atau bintang sebanyak-banyaknya dalam 14 hari.

Peserta akan terhubung melalui akun Discord untuk melaporkan hasil pertandingan setiap hari. Panitia juga akan merekap hasil pertandingan.

Nantinya akan ada leaderboard yang menyuguhkan poin atau bintang yang kita kumpulkan setiap hari. Leaderboard Mythical Master ini juga menentukan peserta yang akan mendapatkan poin leaderboard Best of the best Season 1.

Master Class

Berbeda dengan turnamen lain di Mobile Legends, di Beat The Best by blu ini kita akan mendapatkan bekal dari pemain bintang di Mobile Legends. Kita akan dapat bimbingan langsung untuk menjadi pro player loh. Asyik banget nggak tuh?

Kita bakal mendapatkan coaching clinic untuk menjadi pro player. Ssstttt, bocorannya akan ada empat pemain pro player yang akan menjadi coach sekaligus memberikan coaching clinic sesuai role yang akan diemban.

Aku kasih bocoran yak, yaitu Jonathan Liandi, Brandon Kent, Marsha, dan Eri. Kalian yang sudah kenal pro player, tentu mengenal mereka.

Main Event Best of The Best by blu

Kalau sudah di tahap ini, kita akan mendapatkan kontrak dari blu by BCA Digital. Wuihhhh selangkah lagi nih jadi pro player.

Eittss. Jangan seneng dulu. Di sini 20 pemain dengan poin atau bintang teratas akan dibagi menjadi empat tim secara acak.

Dalam main event ini akan ada empat match yang menggunakan sistem gugur dari dua match semifinal yang menggunakan best-of 1 dan final best-of 3. Pemenang dari pertandingan ini akan berhadapan langsung dengan tim UTTA.

UTTA ini merupakan virtual influencer blu dari segmen gamers. Tim UTTA  berisi empat veteran Mobile Legends, yang sudah aku sebut di atas. Ntar bakal aku ulas lebih lanjut deh siapa mereka.

Coach Beat The Best by blu

Seperti yang udah aku singgung di atas, akan ada empat coach yang akan memberikan coaching clinic sekaligus lawan main di akhir pertandingan sebelum menentukan juara.

Coach Beat The Best by blu ini tentu kalian sudah tahu kiprahnya di dunia eSport. Yuk kita kenalan satu-satu deh!

Jonathan Liandi

Jonathan Liandi atau yang akrab dipanggil Emperor Jo ini menjadikan bermain game sebagai gaya hidup. Bahkan tak sedikit pula yang menjadikan salah satu eSport ini sebagai profesi.

Emperor Jo merupakan mantan pro player Mobile Legends dari EVOS Esport, tim yang selalu menjuarai di turnamen Mobile Legends Tanah Air hingga regional.

Emperor Jonathan Liandi

Brandon Kent

Siapa menyangka cowok kelahiran Palembang, 26 November 1992 ini dulu hanya berprofesi sebagai tukang cuci piring dan memasak di Australia. Hal itu ia jalani karena harus membiayai kuliahnya yang semula hanya modal dari bisnis toko ponsel.

Akibat tak kuat bekerja 12 jam sehari, ia tak tahan kuliah sehingga balik ke rumah di Indonesia. Akibat kesukaannya menonton prank video dari luar negeri, ia pun membuat konten serupa di YouTube hingga punya 1 juta subscriber

Namun akibat produksi konten prank cukup mahal, dia mencoba peruntungan baru di YouTube dengan menjadi gamers. Berkat kegigihan bermain game, Brandon Sugianto Kentjana atau yang akrab disapa Brandon Kent atau BKent ini sukses sebagai seorang gamers.

Brandon Kent

Hingga 18 Februari 2022, channel YouTube Brandon Kent Everything punya 5,78 subscriber. Kontennya sedikit berbeda dengan gamers lain karena ia suka marah-marah dalam bermain games, khususnya Mobile Legends. Hebat, yak!

Marsha Ozawa

Nama Steven “Marsha” Kurniawan menjadi salah satu yang paling besar di kancah eSport Mobile Legends. Perjuangannya menjadi pro player pun tak mudah.

Sejak kecil, ia sudah seneng bermain game, seperti Point Blank dan Dota 2. Lantas gemar push rank Mobile Legends bersama teman-temannya.

Sembari mabar, ia menjaga counter elektronik milik keluarga. Bahkan di saat masih bekerja di toko counter, ia dipinang oleh RRQ, tim kedua terbaik eSport di Tanah Air.

Marsha Ozawa

Eriawan Reynaldi

Untuk terjun ke dunia eSport, tak melulu harus menjadi pro player. Salah satu streamer dari Geng Kapak Esports (GPX), Eriawan Reynaldi, malah sukses dari jalur streamer ternama Mobile Legends.

Mantan anak rental Playstation ini dulu sempat keranjingan main game online di warnet, seperti Playstation 2, yaitu Need for Speed: Most Wanted dan Mortal Kombat.

Beralih dari game PC hingga mobile, Eri mulai jatuh cinta dengan Mobile Legends. Malah hampir jadi pro player di team AURA jelang Mobile Premier League (MPL) Season 4. Sayang, dia tidak lolos saat itu.

Bukannya putus asa, Eri malah tetap bermain ML hingga kerap mabar dengan pemain papan atas. Sebut saja Listy Chan, Marsha, Donkey, hingga OURA.

Bahkan Eri malah berhenti menjadi karyawan salah satu perusahaan provider internet terkemuka di Indonesia demi mewujudkan impiannya sebagai seorang streamer Mobile Legends.

“Orang tua setuju (Eri berhenti jadi karyawan) setelah tahu (menjadi seorang streamer Mobile Legends) bisa dapat uang,” kata Eri.

Eriawan Reynaldi

Aplikasi Bank Digital Terbaik Dukung Hobi Anak Muda

Ikut terharu melihat perjuangan coach Beat The Best by blu kali ini. Mereka bekerja keras demi mencapai impiannya.

Nah, aplikasi bank digital terbaik, blu by BCA Digital selalu mendukung hobi anak muda demi mewujudkan impiannya.

Salah satu yang akan diwujudkan yaitu menjadi pro player Mobile Legends Tanah Air. Salah satu bank digital terbaik di Tanah Air ini akan mendukung penuh setiap perjalanan anak muda dalam mewujudkan impiannya menjadi pro player.

Karena jika menang, hadiah MPL itu bukan lagi lumayan, bahkan hingga double digit miliaran. Bocoran temen yang kini menjadi tim eSport, mereka mendapat gaji minimal Rp 7 juta hanya untuk bermain Mobile Legends.

Lha kalau hadiahnya miliaran, tinggal dibagi aja buat yang main satu tim. Belum lagi mereka juga punya channel streamer di YouTube team eSport atau masing-masing individu.

Nah biar duitnya nggak dibuat foya-foya, blu by BCA Digital selalu punya cara untuk mendekati anak muda. Hayoo siapa di sini yang belum punya rekening blu by BCA Digital?

Review aplikasi blu by BCA Digital memudahkan transaksi harian

Ayo segera bikin. Kalian bakal punya kesempatan mendapatkan bonus hingga Rp 250 ribu dengan mengajak teman membuka rekening blu.

Buat yang belum punya rekening blu, segera download aplikasi blu Apple atau aplikasi blu Android. Lalu cek review aplikasi blu ya di bawah.

Jangan lupa masukkan kode referralku: DIDIKF6J0 biar kita nanti sama-sama untung.

Manfaat Pengguna Baru Aplikasi blu by BCA Digital

Oh ya balik lagi ke blu by BCA Digital yang selalu mendukung tren anak muda zaman sekarang. Sebagai anak muda, kalian tentu doyan nongki, apalagi di gerai warung kopi terkini.

Salah satunya kalian bisa mendapatkan banyak promo loh pakai aplikasi bank digital terbaik, blu by BCA Digital. Promonya antara lain: 

  1. Cashback 100% untuk membeli kopi Jumpstart dengan membayar melalui QRIS di aplikasi blu
  2. Bonus pulsa 20% maksimal Rp 20 ribu dengan membeli pulsa Telkomsel minimal Rp 100 ribu. Atau bonus kuota 1GB dengan membeli paket data minimal Rp 50 ribu via aplikasi Telkomsel redi. Kalian juga dapat membuka rekening blu dari aplikasi Telkomsel redi ini ya.
  3. Diskon 10% maksimal Rp 20 ribu belanja di Blibli dengan minimal pembelanjaan Rp 100 ribu
  4. Cashback 50% maksimal Rp 5.000 dengan membeli minuman Hula Tea
  5. Cashback 50% di Kopi Konnichiwa x Tokyo Gorilla
  6. Cashback 50% pakai QRIS blu di Kopi dibawahtangga
  7. Serta diskon menarik lainnya

Review Aplikasi blu

Pertama kali mengenal blu by BCA Digital karena nonton bluMusical di akun YouTube blu by BCA Digital. Acara tersebut tepat digelar ada peringatan hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, tepatnya sih tahun lalu.

Keunikan tabungan online blu ini, kita tak perlu datang ke kantor cabang untuk membuka rekening. Bahkan kita nanti tak mendapatkan kartu ATM seperti bank konvensional lainnya.

Lalu bagaimana untuk mengambil uangnya? Ya gampang aja. Tinggal buka aplikasi, ambil tunai tanpa kartu di ATM BCA di mana saja.

Kalau mau menabung gimana? Ya gampang juga. Kita tinggal datang ke ATM BCA dan melakukan setor tunai di sana. Nanti ada pilihan untuk memasukkan ke rekening BCA atau blu by BCA Digital ini.

Jadi ngga ada istilahnya kalian tertinggal kartu ATM untuk ambil uang atau bahkan kartu tertelan di mesin ATM.

Lha nanti kalau untuk bayar-bayar di merchant gimana? Aduh kalian ini mau tau banget ya

aplikasi bank digital terbaik blu by bca digital dengan fitur pembayaran

Ya iyalah. Gini ya, aku kasih tahu. Di aplikasi blu by BCA Digital ada fitur pembayaran QRIS. Di situ nanti kalian bisa membayar dengan pindai stiker Quick Response (QR) di merchant. Tinggal buka aplikasi blu by BCA Digital, pencet Transaksi, Bayar Pakai QR, pindai (scan) deh. Masukkan jumlah transaksi, masukkan kode PIN, beres!

Mau bayar tagihan pun bisa. Ada fitur review aplikasi blu untuk membeli pulsa, paket data, tagihan pascabayar, internet/TV kabel, musik & video, voucher digital, hingga voucher game. Yang terakhir ini aku bahas nanti ya. Ada hubungannya sama gelaran Beat The Best by blu ini soalnya.

Ada juga kita bisa membuat 10 tabungan bluSaving dalam satu rekening aplikasi blu by BCA Digital. Misalnya untuk tabungan jajan, investasi, kuliah, traveling atau tabungan apa pun yang kalian suka sesuai rencana hidup. Kita juga bisa mengatur keuangan bareng teman via fitur bluGether, bisa split transaksi untuk bayar-bayar atau jadi bendahara untuk tabungan bersama.

Buat deposito juga bisa melalui fitur bluDeposit. Jumlah minimal penempatan dana Rp 1 juta dengan bunga hingga 4 persen per tahun.

Lebih serunya lagi, kita juga bisa top-up e-money, transfer, bayar via BCA Virtual Account hingga bluGift. Yang terakhir ini, kita bisa ngasih duit ke orang lain hanya dengan memasukkan nama dan nomor teleponnya.

Lalu kita bisa mengirimkan pranala (link) bluGift melalui WhatsApp. Penerima dapat mengklaim bluGift dari tautan yang kita berikan. Cara gampang untuk ngasih angpau nih! Hehe..Dan yang lebih penting lagi, bebas biaya bulanan untuk menikmati semua fitur tersebut!

Bonus Cashback Voucher Game bluGaming

Sebelum menjadi pro player, kalian harus rajin latihan. Buat mendukung perjalanan sebelum bertanding, lebih baik siapin duit buat beli paket data hingga voucher game di bluGaming.

Kalian bisa mendapatkan cashback 50% maksimal Rp 25 ribu dengan membeli voucher Mobile Legends atau Steam Wallet di aplikasi blu by BCA Digital. Cashback ini bisa kalian dapatkan tanpa minimal transaksi.

Begini cara mendapatkan promo voucher game dari bluGaming aplikasi blu by BCA Digital:

  • Pilih Transaksi dan pilih menu Bayar/Beli
  • Pada kategori Hiburan, Pilih Game Voucher dan kemudian Pilih Mobile Legends/Steam Wallet
  • Untuk Mobile Legends, Masukkan User ID dan Server ID
  • Pilih jenis voucher yang diinginkan
  • Kode Promo “BLUGAMING” akan langsung teraplikasikan di box bluRewards kamu
  • Lakukan konfirmasi pembayaran
  • Masukkan PIN transaksi blu
  • Jika PIN sesuai, maka transaksi berhasil

Sukses emang butuh perjuangan. Untuk menjadi seorang pro player Mobile Legends, harus sering-sering latihan. 

Ikut ajang Beat The Best by blu bisa menjadi langkah awal. Kalo sudah sukses, jangan lupa menabung di aplikasi bank digital terbaik blu by BCA Digital. 

Anda mungkin juga suka...

98 Komentar

  1. Otw share artikel tentang Beat the Best by Blu ini ke temen-temen yang main Mobile Legend biar mereka bisa ikutan.. keren abiss

  2. 3835info menulis:

    ulala keren nih ajang untuk pemula, moga makin sering agar atlet baru bermunculan hingga bisa jadi pro player, sukses terus buat pendukung acara.

  3. Gung Sofia menulis:

    Wah aplikasi kece nih, cocok banget buat gamers pemula

  4. YSalma menulis:

    Keren ya Blu yang mensupport gamers Mobile Legends yang potensial untuk menjadi atlet esport. Hobi yang bakal menjadi profesi menyenangkan.

  5. Wah seru nih blu support industri esports dengan acara beat the best by blu. Cocok buat yang mau jadi Pro Player Mobile Legends nih!

  6. Mantap nih programnya, bisa dapat coaching dr pro player ternama. Dari dulu main Mobile Legend masih aja amatiran.

  7. menulis:

    Seneng banget blu kesayangankuu ikut mendukung iklim esport di Indonesia hihi. Jadi pengen ikutan turnamen mobile legendnya nihh akuu. Siapa tahu beruntung dapat kontrak bareng UTTA xixixi

  8. Itu bosnya kira2 udah tau belum ada voucher keren mobile legends? Suruh bikin akun blu aja biar dapat diskon. Hihi..

  9. Benefitsnya banyaaak banget menjadi nasabah blu by BCA Digital.
    Dan memang uda waktunya nih..bagi anak muda untuk menunjukkan bakatnya di bidang gaming.
    Karena kini games online sudah menjadi olahraga yang menghasilkan dan di Indonesia sudah diakui juga.

    Mantull~

  10. Wohooo ini nih yang seru, pasti para gamers terutama Pro Player Mobile Legends sangat menantikan adanya event seperti ini

  11. Paling bener nih klu “Main Mobile Legends Hilangkan Stres”..
    Kadang pulang kerja sambil rebahan buka hape, main Mobile legends 1x, setelah itu aktivitas lagi…

    Tpi ada promo cashback di aplikasi blu lumayan ya sampai 20.000 bisa beli skin menarik.

  12. wah para gamers bersorak bahagia nih :) mantap banget ya program Beat the Best by blu, lengkap banget

  13. pasti dinanti banget yaa sama gamers tanah air, apalagi berpelung dapet kontrak eksklusif buat jadi pro player dan tim e-sport bareng blu

  14. blu emang tau banget yang anak muda mau. adanya beat the best ini bisa bikin atlet rumahan unjuk gigi nih biar makin pede.

  15. Tulisannya lengkap banget dan jadi makin paham dengan event Beat the Best by blu yang keren banget. Ini peluang ya buat generasi muda di Indonesia yang suka main game dan menjadikan game tidak hanya sekadar pengisi waktu luang, tapi bisa juga untuk berkarir secara profesional. Apalagi, peluang industri e-sport saat ini memang lagi naik daun

  16. menulis:

    wow mantab ya gaji pemain MPL, kalau emang ada bakat emang lebih baik diseriusin. Lewat Beat The Best by blu siapa tau bisa terwujud jadi proplayer

  17. Informasi Beat the Best by Blu ini wajib dibahas nih di tongkrongan ML sambil mabar

  18. Mantul banget dah! Moga-moga melalui program ini makin banyak bermunculan atlet-atlet eSports dan mampu bersaing di pentas dunia ya. Aamiin.

  19. Nur Asiyah menulis:

    Babang suami pasti antusias banget sama event ini. Dia sama teman-temannya hobi main game Mobile Legends. Tiap weekend malah mabar di rumah. Nanti aku kasih tahu dia biar di-share ke temannya juga. Biar sekalian mereka kepoin Blu, hehe.

  20. Aplikasi cakep dan sangat bernuansa gamer, jadi saat melakukan transaksi terasa sudah jadi pro player, mudah juga dalam registrasi

  21. Beat the Best by blu ini emang idaman banget ya buat para pejuang solo rank macem aku. Boleh dong berharap bisa ngalahin UTTA dan timnya, hahaha. Seneng banget deh blu, aplikasi bank digital kesayangan bikin event buat gamer ML

  22. Banyak juga ya pemain game online apalagi yang mengikuti turnamen esport. Dengan kata lain blu juga turut berpartisipasi dalam memfasilitasi para gamers ini ya.. keren banget si blu..

  23. Aku belum pernah main mobile legend sebenernya, tp sampe hapal istilah-istilahnya saking banyaknya yg main wkwk. Seru juga liatnya. Keren deh ada ajang buat pemula, ada harapan jadi pro player ;) semoga konsisten terus eventnnya

  24. Palupi menulis:

    Seru yaa ternyataa main mobile legend. Boleh dicoba nihhh.

  25. menulis:

    Keren banget ya blu ini. Bisa menangkap peluang potensi e-sport di Indonesia. Promonya dapat. Dukungannya juga oke banget.

  26. Para pemain mobile legend kudu merapat dan harus ikutan, siapa tahu jadi jawara sukses jadi atlet e-sports profesional!

  27. Shyntako menulis:

    wah blu emang ga tanggung-tanggung yaa mendukung esports di Indonesia, keren banget sih eventnya nih buat mengasah skill para talenta baru esports yaa khususnya moba

  28. Ingin menjadi pro di bidang gaming, memang kudu banyak latihan dan jam terbang yang tinggi. Menghadapi berbagai macam kemungkinan dan keadaan. Dan kini, ada Event Beat The Best Day by blu yang mendukung kegemaran anak muda zaman sekarang.

    Semangat dan terus maju, para gamers Indonesia!

  29. apa cuma aku yang ak ngerti game macam ini? hehee.. tapi keren ya sekarang ngegame aja bisa jadi prestasi lhoo.. jadi makin lancar kalau banyak yang ngedukung juga kaya blu gini hihi

  30. menulis:

    Jadi pingin ikutan jadi pro player deh biar dapat kontrak dari UTTA hehe, kan emak cupu gini siapa tahu bisa belajar dari temen2 pro player lain hehe.

  31. menulis:

    Aihhh nggak salah sih kalau jumlah pemain aktif Mobile Legends per bulanannya di Indonesia mencapai 34 juta orang. Setiap sudut kota, jalanan pasti kita lihat anak-anak hingga orang dewasa lagi mainkan game tersebut.

  32. saya harus beritahu suami nih terkait hal ini soalnya dia juga suka banget main game mobile legend. Namun harus instal aplikasi blu dulu

  33. Hehehe asik nihh main Mobile Legends, benar sih buat melepas penat yaa.. Kalau aku tim tukang liat aja, hehe soalnya gak pro main game ini tapi senang sih liat org lain main mobile legends

  34. menulis:

    Kak itu bukan khilaf kan ya isi di bluGaming? hehehe.. tapi beneran keren kok, cashbacknya itu 50%.. serasa beli diamond dapet diskonnya buanyaaak

  35. Nyk menulis:

    Beat The Best by blu jadi ajang bergengsi ya ya buat gamers muda untuk unjuk gigi. Semoga makin bnyk ajang kompetisi.

  36. Yuhuuu, jadi kapan kita mabar bareng nih. Aku akhirnya beli voucher ML pakai aplikasi blu. ternyata gampang banget lho. Pengen latihan terus, siapa tahu nanti bisa daftar Beat the Best session berikutnya

  37. Adanya dukungan dan kesempatan bermain dan berkompetisi dari bank lewat program keren Beat The Best by blu ini bukti bahwa bermain game itu bisa mendatangkan prestasi sekaligus materi.
    Semoga kesempatan baik ini ga disia-siakan oleh para gamer mobile legend!

  38. menulis:

    Pecinta game maskij dimudahkan dengan hadirnya blu ya mas Eko
    Nabung tapi juga bisa beli voucer game juga disini
    Kayaknya para pemain gamers ini udah belajar nge-game lama kali ya, pada jago jago semua. Dan prestasinya tentunya ga sedikit juga

    Aku sampe sekarang belum buka rekening blu, padahal penasaran hehehe

  39. Dirmanto.web.id menulis:

    Hahaha temennya, sa ae tuh mas. Tapi kalau akhirnya maen bareng, ya bener juga, sih! :))

    Secara gender, perempuan yang bermain game Mobile Legends mencapai 20%an saja sudah banyak loh menurut saya, kalau dilihat dari tipe gamenya).

    Blu, cerdas melihat potensi ini, bisa menjadi sarana dan peluang baik ini untuk para penggemar game di Indonesia, semoga semakin maju.

  40. Fenni Bungsu menulis:

    Pangsa pasar e-sport kita memang besar, makanya bagus ini mendapatkan dukungan keren ini, dengan begitu makin bersemangat lagi untuk gaming. Gaming yang bermanfaat ya

  41. Teman di kantor juga kalau jam kerja selesai suka mabar, mas. Ribut banget. Haha. Tapi keren ya sekarang game online bisa jadi profesi dan ada ajang internasionalnya

  42. Potensi pasar eSport di Indonesia emang cukup besar ya mas. Dengan adanya beat the best by blu, moga jadi langka awal lahirnya atlet e-sport Indonesia

  43. ini atlet yang suka ngumpet di rumah pun jadi punya wadah buat unjuk gigi. good job blu

  44. wah cocok deh buat anak2 daripada main game doang mending dialihkan jadi profesional langsung lewat beat the best by blu ini

  45. menulis:

    Sekarang jadi atlet e sport emang menjanjikan. Wah ternyata blu mendukung pula dengan adanya blu gaming yang memudahkan para atlet esport agar bisa bermain dan menjadi atlet esprot profesional

  46. menulis:

    Keren, sekarang main game pun masuk ke ranah esport dan ada kompetisinya juga.

    Sekarang berkarya bisa dengan apa aja ya, main game yang dulu dianggap negatif sekarang banyak hal positifnya.

  47. menulis:

    Memang ya game itu aktivitas menyenangkan bagi banyak orang. Bisa buat mengisi waktu luang bahkan profesi jadi atlit E-Sport. Terus di dukung deh sama blu by BCA dengan adanya beat the best. Kesempatan emas buat yang mau jadi atlit esport.

  48. menulis:

    blu ngerti banget sama keunggulan demografi saat ini dimana banyak player potensial yang sebenernya sangat potensial buat diangkat ke ranah profesional

  49. Kompetisi Mobile Legends sedang bertebaran di luar sana. Tapi yang empowering sekaligus enabler mereka untuk bisa bersaing lebih baik lagi dan mewujudkan impian pastinya BLU! Beat The Best!

  50. menulis:

    blu by BCA bener bener kekinian ya
    para gamers dipedulikan juga sampai ke eventnya
    dan tentunya keberadaan blu memudahkan para gamer ketika ingin bertransaksi secara mobile

  51. Keren ya blu bisa dukung hobi anak muda masa kini. Sampai dibkin pertandingan untuk dapat talenta terbaik para gamers mobile Legend. Aku ga nyangka dari segi persentase ga jauh beda ya laki-laki dan perempuan nya

  52. menulis:

    wah mantap. Jadi pengen ngerank lagi sama temen-temen lagi nih di mobile legend. Push sampe mythic

  53. semua pada kepengen nih jadi Atlet Esports Lewat Beat The Best by blu. Kudu daftar dan ikutan biar menang dan dapet coaching clinicnya dong

  54. Keren nih blu punya program supports esports buat para pejuang solo ranked Mobile Legends. Jangan lupa pakai bluGaming yahh.

  55. Fenni Bungsu menulis:

    Pangsa pasar besarnya main Mobile Legend ini usia produktif ya, dan ini berarti jadi peluang bagus buat meningkatkan diri menjadi pro player bareng Beat The Best by blu

  56. player mobile legends mesti ikut nih ajang Beat the Best by blu, pokoknya season selanjutnya kudu makin rame yang daftar biar makin seru apalagi kalau sampai tahap akhir berkesempatan jadi pro player esport

  57. Wah kalau ikut ajangnya blu ini, memang harus diniatkan serius ya untuk terjun di e-sport. Soalnya sampai ada coaching clinicnya segala.

  58. Gak selamanya nge-game itu negatif ya, ternyata bisa dijadikan sumber penghasilan juga. Asal tekun menjalani apapun bisa jadi lebih profesional.

  59. Keren Blu mendukung perkembangan e-sport Indonesia, jadi menjangkau milenial dan generasi z.

  60. YSalma menulis:

    Gamers yg punya akun Blu seperti memiliki komunitas yg bakal support bahget jd pro player Mobil Legends ya.

  61. Gaji para pemain esports juga bahkan bisa melebihi UMR ya

  62. vika menulis:

    Ternyata BCA sudah membidik pasar ini ya, keren sudah tahu bahwa kemampuan gamers Indonesia makin berkualitas. Jadi penasaran main e-sports nih.

  63. Dulu tuh suka heran sama penggemar games online.
    Ternyata setelah melihat anak zaman sekarang banyak yang sukses di games online dan juga menjadi salah satu olahraga resmi, maka semakin ikut mendukung anak-anak remaja untuk memanfaatkan waktunya menekuni hobi dan mengikuti Beat The Best by blu.

  64. Bukan cuma Beat the Best yang bikin para solo player bisa ketemu sama para profesional player, tapi ada ajang Best the Best yang bakalan dinanti banget nih sama para gamer. Keren nih blu by BCA Digital mendukung banget esport untuk anak muda.

  65. main game sepulang kerja itu memang bisa membantu menghilangkan stress yaa. apalagi kalau mabar pasti seru banget

  66. Wow ternyata pasar e-sport Indonesia udah gede juga ya. Seneng sekali tuk para gamers karena udah difasilitasi blu melalui kompetisi ini.

  67. Suka banget sama program yang jadi terobosan dari blu ini. Sejak launching sampai hari ini. Bahkan sekarang team blu juga bikin program yang support para anak muda untuk jadi gamers profesional. Keren banget!

  68. menulis:

    Bayangin nih kelasnya udah yang pada master2 semua..

  69. menulis:

    Kalau ntar ada session 2 pengennya ikutan juga siapa tahu bisa dapat kontrak dari UTTA hahaah nasib pejuang solo ranked

  70. Aku kemarin sempat nonton mini turnamentnya beat the best by blu. Seru banget. Gimana sih nonton permainan yang sering kita mainin. Pasti rasanya pingin main juga di turnamen. Hrhehe

  71. Bening menulis:

    fasilitas blu by BCA Digital emang mantap
    kalau gini, gak ada alasan gak bisa ikut mabar dong ya, hehe

  72. Aku tahunya, blu itu bank digital dari BCA yang pelayanannya 100% online

    Eh, sekarang malah ada ajang eSportnya. Lumayan nih bisa beli voucher ML tanpa minimal transaksi. Menggiurkan sekali penawarannya

  73. Aku sebagai pelanggan blu jadi ikut bangga deh dengan dukungan ini. Apalagi gamers lagi naik terus belakangan ini, kesempatan emas banget

  74. Mobile legend ini selain sudah mendunia sekarang dipermudah dan di dukung dalam hal apapun. Artikelnya disini lengkap banget

  75. Gioveny menulis:

    Hobi main game memang sebaiknya disalurkan ke hal-hal yang lebih positif ya supaya jadi atlet e sport yg membanggakan

  76. menulis:

    Ingat banget dulu itu kalau mau beli sebuah aplikasi atau bayar game harus pakai paypal dll, sekarang udah dipermudah dengan bank digital Indonesia kayak blu oleh BCA digital

  77. blu memang nyasar anak muda dan banyak event kekinian. Event beat the best ini sudah saya tahu sejak notifnya muncul terus di aplikasi, cuma ya karena saya bukan gamer, jadi memang belum niat untuk ikutan.

    Untuk fitur juga sudah makin berkembang, saya sudah pakai blu selama 6 bulan.

  78. menulis:

    Pernah suatu masa punya cita-cita jadi gamer pro, tapi waktu itu belum ada ekosistem e-sport kayak sekarang euy.

    Makin keren aja ya Blu ini konsisten bikin inovasi dan event.

  79. Keren nih Blu, mensupport para gamers. Dulu pemain game dinilai sebelah mata, sekarang gamer udah bisa jadi profesi yang cukup menjanjikan

  80. menulis:

    menarik banget si promonya, belum punya blu sih. Boleh nih buka rekening buat dapetin promo

  81. Nita Juwithafina menulis:

    Keren si Blu, tau aja yang lagi rame..dann dia datang menawaarkan kemudahan bagi para pemain :)

  82. menulis:

    Beat The Best by blu Ajang Pro Player Mobile Legends Nomor Satu ini emang harus diikuti oleh para gamers ya kak
    Kece abis pastinya

  83. Okti Li menulis:

    Senangnya kalau aplikasi blu sekarang sudah mulai bisa bayar bayar tagihan bulanan atau beli pulsa sekalian.
    Selain praktis, keuangan kita juga akan terpantau langsung oleh para guru dan panitia di sana.

  84. Lasmicika menulis:

    Keren banget ya blu ini, sudah banyak berkembang sejak awal saya mengenal dulu. Cocok dengan generasi muda masa kini.

  85. Ni event sayang banget ya kalau dilewatkan mereka yang suka main mobile legend. Mana ada sesi coaching clinic segala lagi.

  86. Fenni Bungsu menulis:

    Wah jadi kepingin ikutan, tapi yang main mobile Legend malah ponakan daku hehe.
    Pokoknya keren selalu buat Blu yang mendukung para gamers menjadi pro player

  87. yang kepengen dan punya mimpi jadi Pro Player Mobile Legends kudu ikutan ajangnya. ngga cuman sekedar dapet hadiah, ilmunya juga dapet banyak nih kalau menang

  88. menulis:

    Keren nih programnya BCA, semoga para gamers makin berkembang jd prestasi hehe biar gak diomelin emak kalo ngegame terus wkwk

  89. Dyah menulis:

    Asyik banget ya. Kabar gembira buay para gamer nih. Semoga dengan adanya ajang Beat The Best by blu ini, makin banyak gamer yang jadi atlet eSports profesional

  90. Keren nih programnya blu, bisa mewadahi para atlet e-sport. Main game ternyata bisa jadi sumber penghasilan juga ya. Apalagi kalo jago.

  91. Keren sih programnya. Karena bisa memfasilitasi atlet eSports supaya banyak yg kondang ya lewat Beat the Best by Blu BCA.

  92. menulis:

    Banyak juga ya pemain mobile legend di indonesia! Keren banget berasrti blu bisa memberikan fasilitas bagi para pemain ML ini..

  93. udah seramai itu aku belum cobain game mobile legend sampe sekarang huhu emang kurang minat ama gaming sih. tapi kalau blu aku udah pakai doong tentunyaa..

  94. Melatih gamers untuk berani ini lumayan susah yaa..
    Kalau mabar biasa, pasti semangat.

    Jadi mental-mental saat bertanding kudu dilatih melalui event Beat The Best by blu. Belajar banyak hal dari bermain games online.

  95. menulis:

    buat yang belum coba, mending coba deh. Bunganya kompetitif banget. Layak buat diinvest kalo ada uang dingin ya

  96. Nyk menulis:

    Sering lewat nih tentang Blu by BCA. Mupeng sama promo-promonya. Btw Blu juga bikin Beat the Best ya buat kompetisi para gamers. Top ihhh…

  97. Waaah bisa bisanya punya inovasi macam gini ya blu, sebagai pelanggan blu aku juga merasa bangga walau aku bukan gamer juga. Millenials banget soalnya.

  98. Wah, ternyata Sebanyak 20% perempuan yang juga suka main mobilr legend. Kalau dilatih dan belajar sungguh-sungguh, pasti bisa ngelawan tim Utta nih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *