Home

9 Perbedaan Membeli Asuransi Online dan Agen Asuransi

Banyak yang belum paham perbedaan membeli asuransi online dan agen asuransi. Ada yang lebih percaya via agen. Tapi ada juga yang lebih senang membeli asuransi online. Yuk ketahui perbedaannya biar nggak salah beli.

Konotasi Negatif Pemasar Asuransi

Asuransi merupakan kata yang tidak asing didengar. Sebagai proteksi terhadap berbagai risiko di kemudian hari, asuransi menjadi produk penting untuk dimiliki.  

Sayangnya, masih banyak konotasi negatif yang melekat dalam asuransi. Apalagi jika mendengar kata agen atau pemasar asuransi, banyak masyarakat antipati dan menghindarinya.

Sebagai pemula yang ingin memiliki produk asuransi, mungkin kesulitan memutuskan membeli asuransi di mana. Selain itu, Anda juga merasa takut menjadi korban penipuan asuransi. 

Berdasarkan kondisi tersebut, dibutuhkan literasi mumpuni mengenai cara membeli asuransi. Apakah melalui agen asuransi atau beli asuransi online

Sebenarnya, ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cara membeli asuransi tersebut. Agar mendapatkan produk perlindungan paling tepat, yuk ketahui perbedaan membeli asuransi online dan agen asuransi. 

Pilih asuransi online atau lewat agen

Perbedaan Membeli Asuransi Online dan Agen Asuransi 

Seperti dipaparkan sebelumnya, perbedaan membeli asuransi online dan agen asuransi, termasuk asuransi kesehatan yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Asuransi Online vs Agen

Asuransi online merupakan produk asuransi yang bisa diperoleh nasabah secara online. Dalam hal ini, baik asuransi dengan format konvensional yang dijual secara online, hingga polis asuransi format digital.

Menawarkan kemudahan dan kepraktisan, beli asuransi online dapat dilakukan kapan saja dan di mana pun tanpa perlu datang ke kantor perusahaan asuransi atau bertemu dengan agen. Nasabah juga dapat membandingkan produk asuransi dari berbagai perusahaan dan memilihnya sesuai kebutuhan serta kemampuan.

Tak kalah dengan asuransi online, membeli produk proteksi lewat agen asuransi memberi banyak manfaat. Mulai dari mendapatkan saran ahli, memperoleh dukungan dan bantuan selama proses pembelian, hingga kemudahan saat proses klaim. 

Selain membantu nasabah memilih produk asuransi terbaik, agen juga kerap menjelaskan fitur dan manfaat polis asuransi yang ditawarkan. Bahkan, pemasar asuransi yang bersertifikat perencana keuangan akan membantu mengatur keuangan nasabah, dalam hal ini untuk membayar premi asuransi.

Kekurangan Asuransi Online vs Agen

Meski menawarkan banyak kelebihan, membeli asuransi online tak luput dari kekurangan. Salah satunya, tidak memberikan bantuan pendampingan saat melakukan proses klaim asuransi seperti yang dilakukan agen.

Lain halnya dengan pemasar asuransi, umumnya mereka akan membantu nasabah saat melakukan proses klaim, hingga mengisi form klaim yang dibutuhkan. Saat membeli asuransi online, maka Anda harus siap mengurus proses tersebut sendiri.

Hanya saja, agen biasanya mewakili satu perusahaan asuransi saja. Dengan begitu, nasabah tidak bisa membandingkan asuransi yang ditawarkan dengan produk lainnya.

Membeli asuransi online atau lewat agen asuransi

Ketahui Hal Penting Saat Membeli Asuransi Online Vs Agen  

Setelah memahami perbedaan beli asuransi online dan lewat bantuan tenaga pemasar, berikut ini merupakan hal-hal penting yang dilakukan saat beli asuransi online dan lewat agen.

BACA JUGA:

  1. 6 Tips Memilih Asuransi Haji Terbaik
  2. 6 Cara Menghindari Penipuan Asuransi
  3. Jangan Tertipu Asuransi Unit Link
  4. Asuransi Murah Klaim Mudah
  5. Pentingkah Investasi dan Asuransi?

Beli Asuransi Online

1. Pilih website broker atau perusahaan tepercaya

Anda dapat membeli produk asuransi di website perusahaan dengan mendatangi situs mereka. Untuk itu, pastikan website yang dimiliki perusahaan yang dituju kredibel. 

Anda juga dapat membuka website broker asuransi tertentu seperti Lifepal untuk mendapatkan produk asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan. 

2. Terdaftar OJK 

Pastikan perusahaan asuransi online yang dipilih telah terdaftar OJK dan memiliki track record baik. Yaitu, terdaftar di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) atau memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS) untuk asuransi syariah.

3. Tentukan produk dan bandingkan

Untuk mendapat produk proteksi terbaik, Anda dapat membandingkan produk satu dengan lainnya di website asuransi online. Selain memilih sesuai kebutuhan, Anda juga bisa mempertimbangkan premi sesuai kemampuan.

4. Perhatikan detail manfaat dan pertanggungan

Pastikan Anda memahami manfaat dan pertanggungan asuransi online secara detail. Caranya, baca seksama setiap deskripsi produk di website broker atau perusahaan, termasuk bila ada lampiran syarat dan ketentuan. 

5. Aktif bertanya pada penyedia asuransi

Saat tertarik membeli asuransi online, pahami betul produk yang dituju dengan aktif bertanya pada customer service atau agen broker asuransi. 

Perbedaan membeli asuransi online dan agen asuransi

Lewat Agen Asuransi

1. Pahami tanggung jawab agen

Pemasar asuransi menjembatani nasabah dan perusahaan asuransi. Lewat bantuan agen, Anda dapat memiliki produk proteksi sesuai kebutuhan hingga dibantu proses klaim. 

2. Terbuka mengenai kemampuan finansial Anda

Agar mendapatkan produk proteksi sesuai kebutuhan, maka terbukalah mengenai kondisi finansoal Anda dengan agen. Anda dapat meminta rekomendasi produk dengan premi sesuai kemampuan keuangan.

3. Terbuka tentang kondisi kesehatan Anda

Terbukalah mengenai kondisi medis saat ini kepada pemasar asuransi untuk memudahkan proses klaim.

4. Anda dapat lebih kritis pada produk yang ditawarkan

Minta penjelasan detail tentang manfaat pertanggungan yang diberikan produk asuransi, berapa lama jangka waktu perlindungan, hingga proses klaim.

Anda mungkin juga suka...

24 Komentar

  1. Yuni BS menulis:

    Iya sih ya. Menurutku pribadi memang akan lebih mudah kalau beli produk asuransi tuh lewat agen. Jadi, saat kita mengalami suatu kendala, ada seorang yang membantu untuk membereskan kendala itu. Sehingga, mengurangi tingkat kekhawatiran kita akan sesuatu.

    Asuransi online sih bukannya nggak ada ya. Cuma kita harus mencari tahu sendiri. Browsing sendiri. Belum kalau kita adalah orangnya yang mudah panik. Sudahlah. Makin panik yang ada.

  2. dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing ya, jadi tinggal disesuaikan sama kebutuhan aja. btw kalau yang nawarin asuransi lewat telepon dari bank itu berarti termasuknya agen ya mas?

  3. menulis:

    banyak juga ya ternyata jenis asuransi itu dna saya baru tahu perbedaan antara asuransi onine dan agen asuransi. Semuanya ada plus minus tinggal kita pintar-pintar memilih dan membeli sesuai dengan kebutuhan

  4. saya masih memilih beli asuransi lewat agen, bisa lebih puas tanya, secara nantinya banyak banget yang mau didiskusikan

  5. menulis:

    Pengalamanku sih, agen asuransinya baik banget pas memprospek. Setelah deal, bikin polis, ya gitu deh. Dicuekin. Setelah akhirnya aku tutup polis, makin cuek. Hehe… Semoga yang lain nggak begitu, ya.

  6. Membeli asuransi baik lewat online maupun agen pastinya memiliki kelebihan masing-masing ya, Mas. Tapi persamaanya, saat akan membeli asuransi, tetap cek dan ricek, cari seluk beluk aplikasinya apa sudah terdaftar OJK atau agen asuransi yang sudah terpercaya. Selain itu membandingkan dulu, sampai akhirnya dapat asuransi yang pas.

  7. YSalma menulis:

    Beli asuransi online lebih praktis, tinggal pilih tempat membeli asuransi yang terpercaya seperti di Lifepal, apalagi asuransi itu untuk jangka panjang.

  8. menulis:

    Milih asuransi itu memang harus teliti sih ya. Bukan asal tunjuk, yg terpenting sih terdaftar di OJK jadi anti-bodong-club.

  9. Asuransi online sekarang ada banyak pilihan ya. Memang harus pintar-pintar memilihnya. Makasih tipsnya ya. Siapa tau berguna juga nantinya.

  10. Ada plus minusnya juga ya kalau mau daftar asuransi lewat online atau pakai agen. Kalau dari sisi perusahaan sendiri kayaknya sistem online ini bisa mengurangi biaya bonus gitu yaa karena nggak pakai agen

  11. Sampai hari ini kalo urusan asuransi, sepertinya lebih nyaman via agen asuransi yang dikenal dan emang udah dipercaya gitu. Tapi di satu sisi beli online pun layak dicoba karena lebih praktis

  12. menulis:

    Aku beli asuransi kemarin juga lewat online, ngga lewat agen, dan menurutku penjelasannya udah cukup jelass sih karena itu bacaannya aja ada berlembar2 hahah jadi apa yang kutanyain sbnernya udah ada semuaaa di panduannya.

  13. menulis:

    Ibarat berinvestasi, membeli asuransi juga perlu kejelasan dan transparansi ya. Supaya kelak ada atau tidak hal yang tidak diinginkan terjadi, bisa dengan mudah mengurus semuanya

  14. Sepertinya untuk orang yang sibuk atau gak sempat keluar-keluar rumah, cocoknya asuransi online yaa lebih praktis dan mudah buatnya. Tapi di agen juga enak bisa nanya-nanya sepuasnya.

  15. fenni bungsu menulis:

    bisa memungkinkan kita itu kurang paham ya atau malahan menganggap sama antara asuransi online dengan agen, padahal banyak perbedaannya.
    Dengan listikel ini bisa jadi pengetahuan lebih mendalam mengenai asuransi sebelum memutuskan ingin membeli produknya yang mana

  16. Ternyata ada bedanya ya kalau beli online sama lewat agen asuransi. Saya kira ya sama aja. Okayy bisa jadi referensi nih

  17. menulis:

    makin mudah ya sekarang bisa via online, tapi ya pasti ada kurang dan lebihnya ya.. yang penting kita paham sama perjanjiannya

  18. Iya sih ya, kalau dibeli secara mandiri kan jadinya nggak dapat layanan pendampingan dari sosok pemasar asuransi. Hmm … walau kelebihannya banyak, tetap butuh kejelian personal sih ya.

  19. Kalau saya pribadi lebih mantep beli asuransi langsung di agent yang terpercaya, bisa di ajak.diskusi ketika mengalami kejadian atau sesuatu hal.

  20. Wahyuindah menulis:

    Jadi tahu nih bedanya asuransi online dan agen. Thanks mbak. Kirain sama aja loh

  21. menulis:

    Jujurly aku lebih suka beli asuranai online karena bisa membandingkan dan lebih praktis, etapi ya susah pas klaim sih. Kalau sama agen, pernah ketemu agen yang tidak amanah dan pernah ketemu agen yang menjelaskannya tidak komplit sih…

  22. kalau lewat agen asuransi sih menurut saya kudu yang udah kenal dulu yaa jadi enjoy kalo mau nanya2 detail dan ngga takut ditipu hal2 lain

  23. kalau saya mungkin perfer ke agen asuransi aja better than yang online, terlebih kalau baru pertama kali mengajukan asuransi

  24. menulis:

    Wah iya juga ya Kak kalau lewat agen asuransi jadi kitanya nggak ribet loh mau main asuransinya. Kalau beli online sendiri kan urus segalanya sendiri ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *