pebalap motogp francesco bagnaia
Sports Freak

Francesco Bagnaia Rebut Posisi Pole Di MotoGP Amerika

Berdasarkan hasil kualifikasi MotoGP hari ini Francesco Bagnaia berhasil merebut pole position pada gelaran MotoGP Amerika 2021. Pencapaian yang diperoleh Bagnaia ini mengakhiri segala usaha dari Marc Marquez yang harus puas hanya mmendapatkan posisi ketiga.

Dalam sesi kualifikasi yang dilakukan di Circuit of the America atau COTA hari minggu yang lalu diketahui Francesco Bagnaia memperoleh cacatan waktu tercepat selama 2 menit 2,78 detik agar bisa mendapat gelaran pole position tersebut. Francesco Bagnaia unggul sekitar 0,348 detik dari pesaingnya yakni Fabio Quartararo yang harus puas menempati posisi kedua.

Sedangkan Marc Marquez yang digadang–gadang akan berlaju kencang tanpa hambatan di Sirkuit COTA nyatanya harus puas di posisi ketiga dalam babak kualifikasi penentuan starting poin. Pada babak kualifikasi ini, Marc Marques memang memiliki selisih waktu yang cukup jauh yaitu sekitar 30 detik. Dalam dunia MotoGP, jumlah waktu tersebut merupakan jumlah waktu yang cukup banyak.

Selanjutnya pada barisan kedua dipimpin Jorge Martin yang berada tepat di depan Takaaki Nakagami dan Johaan Zarco. Sedangkan pada posisi grid ketujuh diisi oleh Alex Rins yang berpacu dengan rekan satu timnya Joan Mir, Luca Marini dan juga Jack Miller dan disusul oleh Brad Binder dan Pol Espargaro yang melengkapi posisi 12 besar.

Lanjut di posisi ketiga belas dalam babak kualifikasi diisi oleh Franco Morbidelli dan di posisi empat belas diisi oleh Andrea Dovizioso. Sementara sang legenda The Doctor tidak mampu memperbaiki catatan waktunya dan harus menerima posisi start di posisi ke 20. Selain itu, Rossi juga sempat mengalami kecelakaan di tikungan saat babak kualifikasi Q1 yang mana hal tersebut mempengaruhi catatan waktunya.

Setelah hasil dari babak kualifikasi Q2 keluar, posisi start akan segera diketahui. Nantinya semakin baik catatan waktu yang diperoleh maka akan semakin baik pula perolehan posisi start yang didapatkan. Perolehan posisi start ini menjadi sangat penting karena ini merupakan awal mula kapan pembalap bisa melaju.

Gelaran kualifikasi MotoGP Amerika pun telah digelar dan seperti diketahui bahwa hasil akhir pertandingan di menangkan oleh Marc Marquez. Walaupun sebelumnya ia hanya mendapatkan posisi start d urutan ketiga tetapi ia mampu membuktikan keseriusannya di dunia MotoGP.

Hal itu dibuktikan dengan cara balapan Marc Marquez. Pada tikungan pertama saja, ia sudah berhasil menyalip dua pembalap di posisi yang lebih awal darinya yakni Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia. Setelah berhasil menyusul, Marc Marquez tetap melajukan kendaraannya dengan cepat dan stabil.

Marc Marquez memimpin jauh di depan meninggalkan lawan–lawannya. Bahkan para pembalap lain hanya memiliki kemungkinan yang kecil untuk bisa menyusul Marc karena posisinya di depan sendirian. Akhirnya Marc Marquez pun berhasil menyelesaikan semua lap dan menduduki peringkat kesatu pada kualifikasi MotoGP Amerika.

Tetapi prestasi yang diraihnya ini masih membutuhkan perjuangan panjang. Walaupun pada kualifikasi ini ia berhasil menjadi juara, namun perolehan total poin yang mempengaruhi peringkat Marc Marquez dalam klasemen masih kalah jauh dengan total perolehan poin Fabio Quartararo yang menempati posisi pertama.

Jika melihat dari total perolehan poin klasemen sementara MotoGP, tetap Fabio Quartararo yang memiliki peluang paling besar untuk menjadi juara dunia MotoGP dengan perolehan poin yang melesat tinggi.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *