Kursus Data Science Hacktiv8
Tech Buzz

Kursus Data Science di Bootcamp Hacktiv8

Aku berdecak kagum setelah mengikuti kursus data science di Bootcamp Hacktiv8. Bagaimana tidak, aku yang tak begitu suka dengan angka-angka, malah kini tergila-gila.

Jadi, seminggu lalu banyak berseliweran informasi sekolah coding dan belajar programming untuk pemula. Mereka yang kursus rata-rata dari pria paruh baya atau ibu rumah tangga. Tapi ada juga anak-anak sekolah dasar yang lagi semangat belajar.

Mereka pun tak memiliki latar belakang disiplin ilmu informasi dan teknologi. Niatnya hanya belajar demi merengkuh masa depan yang gemilang. Itu saja.

Kuasai Informasi Kuasai Dunia 

Ada adagium bilang, “Siapa yang menguasai informasi, dia lah yang menguasai dunia. Begitu lah yang dilakukan mayoritas penduduk negara maju yang lebih mahir menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.”

Jadi tak heran mereka banyak observasi dan inovasi. Rata-rata hasil observasinya berguna untuk memudahkan kehidupan sehari-hari.

Salah satu ilmu yang menurutku wajib dikuasai saat ini yaitu data science. Suatu disiplin ilmu yang khusus mempelajari data, khususnya data kuantitatif (data numerik), baik terstruktur maupun tidak terstruktur.

bootcamp hacktiv8 sekolah coding

Ilmu data (data science) ternyata kombinasi dari ilmu science dan ilmu sosial. Di sini kita belajar dari beragam ilmu. Seperti matematika, statistika, ilmu komputer, sistem informasi, manajemen, ilmu informasi, termasuk ilmu komunikasi, ilmu perpustakaan, kearsipan, dan dokumentasi ekonomi. Tak terkecuali ilmu bisnis.

Pusing? Ngga juga. Setelah dijalani, kalian malah akan ketagihan karena ternyata mengasyikkan. 

Mungkin begitulah pandangan masyarakat negara maju yang lebih suka utak-atik data. Dari data tersebut menghasilkan informasi yang bisa dijual atau diolah untuk mendapatkan cuan. 

Dengan cuan itu, pendapatan masyarakat akan meningkat. Efeknya, pendapatan per kapita negara juga lebih tinggi. Itulah salah satu syarat menjadi negara maju dengan nilai ekonomi negara terdongkrak dan jumlah kemiskinan teratasi. 

Belajar Programming Untuk Pemula

Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) memerkirakan, sekitar 85 juta pekerjaan yang dikerjakan manusia akan tergeser mesin pada tahun 2025. Dari jumlah tersebut, sekitar 50 persen pekerja membutuhkan pelatihan skill seiring lonjakan teknologi.

top 10 skills of 2025 WEF

Nah, beberapa skill yang harus dikuasai dan paling dibutuhkan pada 2025 yakni, punya pemikiran analitis dan inovasi, punya pemikiran kritis dan analisis serta mahir teknologi, pemantauan dan kontrol. Serta menguasai teknologi dan pemrograman.  

Aku sengaja ikut kursus data science karena ingin ilmu baru demi menambah skill. Di masa pandemi ini, makin sulit mendapatkan pekerjaan. 

Untuk bisa bersaing dengan lulusan zaman sekarang, kita mau ngga mau harus upgrade skill, biar kita ngga makin tergilas oleh anak-anak baru, kalau mau bertahan.

Salah satu yang aku ambil yakni belajar programming untuk pemula. Profesi programmer dalam beberapa tahun terakhir memang sedang digandrungi di dunia kerja. Hal ini didorong oleh perkembangan pesat perusahaan berbasis teknologi seperti perusahaan rintisan (startup) dan perusahaan dagang daring (e-commerce).

Salah satu decacorn Indonesia, Gojek bahkan sampai mendirikan kantor khusus data science di Singapura. Mereka bikin untuk bisa menarik makin banyak data scientist di dalam dan luar Asia Tenggara. 

Selain itu, penghasilan para programmer juga tinggi. Sehingga banyak orang berbondong-bondong menjadi programmer

Lebih enaknya lagi, untuk belajar programmer, tak perlu lagi kuliah mahal-mahal. Banyak kursus daring dengan materi komplit, harga terjangkau, dan instruktur yang profesional.

Hacktiv8 coding bootcamp terbaik

Alasan Belajar Data Science

Media bisnis terbitan Harvard University, Harvard Business Review menyebut, Data Scientist sebagai Profesi Terseksi Abad 21. 

Situs pencari kerja terbesar di Amerika Serikat Glassdoor juga sepakat dengan hal tersebut. Mereka menyebutkan, Data Scientist adalah pekerjaan terbaik saat ini. 

Glassdoor menggunakan tiga kriteria dalam penilaian profesi terbaik, yaitu jumlah lowongan, rata-rata gaji, dan kesempatan karier. 

Tren ini juga terjadi di Indonesia. Dilansir dari Tech in Asia Jobs, pada Desember 2018 terdapat 209 lowongan pekerjaan di bidang data science termasuk analytics di Indonesia. 

Di situs Kalibrr, pada Desember 2018 dengan kata kunci data analyst terdapat 2.471 lowongan. Dengan kata kunci data scientist terdapat 1.535 lowongan di Indonesia dan Singapura. Hal ini menunjukkan permintaan yang tinggi dari berbagai perusahaan dan organisasi terhadap talenta yang berkecimpung di bidang data science.

gaji data scientist versi glassdoor

Bagaimana dengan penghasilan di bidang data science? Penghasilan data scientist di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, India, dan Singapura memiliki rata-rata penghasilan yang melebihi engineers dan technicians dengan level pengalaman kerja yang sama. Perbedaan ini akan lebih tampak ketika dibandingkan dengan median penghasilan profesi lain di bidang teknologi informasi dan informatika.

Dari data yang dikumpulkan Paul Petrone, Senior Editor di LinkedIn Learning, kini median gaji seorang data scientist lebih tinggi dibandingkan dengan profesi lain di bidang IT (Information Technology), seperti programmer, pengembang aplikasi mobile, dan teknisi jaringan komputer.

Kesempatan Karier Data Science

Kesempatan berkarier di bidang data science terbuka amat luas bagi mereka yang memang suka menganalisis dan mengolah data. Lebih dahsyatnya para lulusan kursus data science bisa masuk ke berbagai posisi pekerjaan berkaitan dengan analisis data, seperti:

  • Metrics and Analytics Specialist
  • Data Analyst
  • Data Engineer
  • Big Data Specialist
  • Data Analytics Programmer
  • Marketing Data Expert
  • dan sebagainya
sekolah coding review hacktiv8

Dengan mempelajari data science, kita akan diajak mempersiapkan diri terhadap tren teknologi di masa depan. Karena data science menuntut kita mau tidak mau memiliki:

  • Keterampilan problem-solving
  • Melihat analisis data di manapun berada
  • Berbagai pengetahuan dan kemampuan di beberapa bidang lainnya

Bootcamp Hacktiv8 Kursus Data Science

Di masa pandemi ini, banyak kursus yang menawarkan beragam pelatihan. Tak terkecuali untuk kursus data science ini.

Namun kita ngga bisa asal sembarangan memilih sekolah coding. Ntar malah kecewa tak diterima kerja karena materi tak berstandar internasional.

sekolah coding bootcamp terbaik

Bootcamp Hacktiv8 menjadi coding bootcamp terbaik karena sekolah ini mendidik calon programmer atau biasa disebut coding bootcamp.

Kerennya, Hacktiv8 ini ternyata coding bootcamp terbaik pertama di Indonesia yang memberikan pelatihan programming secara intensif. Mereka punya program mengubah seorang pemula menjadi programmer andal yang siap kerja hanya dalam 12 minggu atau 3 bulan.

Urusan kredibilitas, Hacktiv8 bisa diandalkan. Mereka masuk daftar bootcamp yang tergabung Council On Integrity in Results Reporting (CIRR). CIRR ini standar yang dikembangkan lembaga independen untuk audit lulusan atau output dari banyak coding bootcamp terbaik di tingkat global.

Yang mengagumkan lagi, Hacktiv8 menjadi coding bootcamp pertama dan satu-satunya di Asia yang tergabung dalam CIRR.

Review Hacktiv8

Sepekan lalu, aku kursus data science secara daring. Untuk percobaan, aku mengambil kelas selama tiga hari. 

Bayangkan saja, kelas yang seharusnya digelar tiga bulan, dimampatkan selama tiga hari penuh. Yuk, aku bocorin Bootcamp Hacktiv8 di Review Hacktiv8 kali ini.

Kelas dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Istirahat biasanya dilakukan pada pukul 12.00 – 13.30 WIB. 

Kursus berupa materi, latihan langsung, ujian, hingga upgrade skill kelas empathy serta career session.

Bootcamp Hacktiv8 Review Hacktiv8

Di hari pertama, kita diajak berkenalan dengan data science serta belajar pemrograman Python. Eitss..ini bukan ular ganas itu ya. Bahasa pemrograman Python ini dibuat Guido van Rossum dan dikenalkan sejak 1991.

Python ini dianggap bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Bahasa ini hampir dipakai di segala bidang, seperti game, sistem berbasis web, dan bahkan dapat membuat mesin pencarian sendiri.

Kita juga jadi tahu Pandas, belajar pemrograman Python untuk manipulasi dan analisis data. 

Di hari kedua, kita mulai agak pusing-pusing nih saat belajar live code. Setelah satu jam pelajaran, baru kita akan enjoy karena ternyata memang mengasyikkan. 

kursus full stack developer

Begitu juga saat belajar data visualization. Kalian yang berkutat dengan data, tentu tak asing dengan grafik-grafik untuk memangkas rangkaian informasi yang panjang. Dengan data, kita jadi mudah memahami informasi tanpa perlu penjelasan panjang. 

Aku juga belajar Streamlit, sebuah framework berbasis Python untuk analisis data dan machine learning.

Yang bikin aku bengong sih pas hari ketiga Review Hacktiv8. Kita langsung diajak praktek nge-Labs alias coding

Belum lagi kelas seru Engineering Empathy soal growth mindset serta Career Session. Ah tiga hari rasanya sangat kurang sekali.

review hacktiv8 career class

Dari tiga hari Bootcamp Hacktiv8, aku belajar banyak tentang kursus full stack developer hingga belajar pemrograman Python. Seorang full stack developer adalah seorang ahli teknologi yang harus mampu memperbaiki front-end maupun back-end dari sebuah aplikasi. 

Namun, seorang full stack developer memang tidak perlu menguasai segala jenis teknologi. Tetapi setidaknya mampu memenuhi keinginan klien dan mengembangkan aplikasi sesuai permintaan.

Saat kursus full stack developer ini, aku jadi mengerti untuk menjadi data scientist, perlu belajar banyak macam ilmu. 

Di Hacktiv8 membekaliku kursus full stack developer pertama di Indonesia yang fokus praktek coding dan pengerjaan proyek milestone. Meski usia tak lagi muda, kita harus tetap semangat menimba ilmu, apalagi belajar programming untuk pemula ini. Aku jadi tambah percaya diri lagi untuk bersaing dengan anak zaman masa kini.

Tekan Hoax Dengan Data Science

Akhir-akhir ini marak banget informasi palsu (hoax) di masyarakat. Soalnya banyak data disalahartikan atau masyarakat yang emang tidak bisa membaca atau mencari sebuah data dengan benar.

Atau omongan petinggi perusahaan dan pejabat diplintir sehingga dapat menimbulkan kerusuhan. Padahal kalau kita mengacu data, semua hal tersebut tidak akan berantakan.

Misal tentang data penderita COVID-19 di Indonesia. Data penyintas tersebut bisa dilihat secara gampang melalui website yang disediakan satgas COVID-19. Namun masyarakat justru lebih memilih membaca berita yang belum jelas akurasinya.

Dengan data science, grafik tentang penderita COVID-19 bisa diolah dan dibaca dengan gampang. Bahkan oleh orang awam sekalipun.

Belajar Programming Untuk Pemula

Saat kursus data science di Bootcamp Hacktiv8, aku baru tahu data sebanyak itu bisa diolah menjadi data atau grafik ringan, hanya melalui Google Colab. Sebuah platform milik Google untuk menganalisis data dan menyajikannya dalam bentuk grafik. 

Yang mencengangkan, kita diajak praktik langsung mengolah data musik dari Spotify. Kita bisa menganalisis jenis musik yang disukai masyarakat, level kegalauan sebuah musik hingga lagu apa saja yang sering diputar pendengar. Semuanya bisa disajikan gampang dengan data science

belajar pemrograman python hacktiv8

Data Science Pekerjaan Masa Depan

Data terkini, sekitar 12 persen pimpinan perusahaan tidak mengerti cara menganalisis big data. Sekitar 10 persen perusahaan kekurangan data scientist. Dan sekitar 86 persen perusahaan mencari data scientist yang tepat.

Segala sesuatu kini bergantung dengan data. Baik pemerintah, perusahaan multinasional hingga usaha kecil dan menengah. Banyak perusahaan dan organisasi bahkan menginvestasikan dana yang besar untuk merekrut orang-orang terbaik yang bisa memformulasikan strategi bisnis yang lebih baik dari data yang dikumpulkan selama bertahun-tahun.

Kursus Data Science Hacktiv8

Menguasai keterampilan analisis data akan menjamin kita bisa memiliki karier global dengan jalur cepat. Bayangkan kita di tengah-tengah tren ini dan menjadi orang pertama yang dicari perusahaan. 

The world is in your hand now. Wanna grab the world with your skills now?

Anda mungkin juga suka...

58 Komentar

  1. Buat yang berminat dan tertarik dengan coding dan belajar programming kudu banget buat ikutan. Apalagi kemampuan ini sangat susah dan dicari banyak pengguna. Otomatis penghasilan yang didapat juga besar. Pas nih nambah skill di saat pandemi

  2. skill data science ini memang salah satu yang bakal ngetren dalam beberapa tahun ke depan. gak heran banyak yang kepengin belajar juga ya kak.. dan baiknya kalau belajar langsung dari ahlinya aja.

  3. menulis:

    Auto puuyeeeengg baca code-codenyaa kak wkwkwk. Tapi kelasnya asyik yahh, kalau passionnya kesitu pasti auto jadi programmer keren dah disitu, apalagi fulltime banget waktunyaa.

  4. YSalma menulis:

    Belajar bahasa pemograman jadi sangat menyenangkan, tidak lagi ‘menyeramkan’ dan bikin mumet kepala kalo belajarnya di kelas coding Hacktiv8 ya kak.

  5. Belajar koding itu susah tapi kadang menyenangkan. Yang bikin senang itu kalau kita berhasil memecahkan kode tertentu.
    Memang kalau mau belajar koding gak cukup tiga hari ya…

  6. Wah,ternyata profesi programmer dan data science ternyata amat sangat menggiurkan ya penghasilannya. Tapi usaha untuk bisa paham dan mahir memang butuh effort yang lebih.

    Kemarin aku cuma mengikutkan adikku buat ikutan trial kursus coding untuk anak saja.

    Dia udah happy banget bisa buat game sederhana.

  7. Seru banget, ya, mas! Program ini juga ramah untuk pemula, ya? Jadi pengen ikutan, deh, tapi harus full komitmen sih biar paham dan menguasai materi

  8. Mantap… Saya sdh lama pengen belajar programmer, tetapi sepertinya belum menemukan ruang dan waktu yang pas untuk melakukannya, karena sepertinya membutuhkan waktu dan hrs telaten menjalankannya

  9. Fenni Bungsu menulis:

    Daku juga mikirnya sih gitu, mungkin di awal kelihatannya bakal ribet nih Data Science, tapi kalau dijalani apalagi tahu selahnya malah jadi bikin nagih dan langsung dipraktekkan.

  10. saya juga ikutan data science, wah seru banget kelasnya, jadi banyak tahu soal pemrograman Python dan tools pendukung lainnya

  11. menulis:

    Wih keren nih kak, belajar koding keliatannya bikin pusing ya tapi kalao udh penasaran jadi nagih hehe mantap jadi pengen ikutan deh :)

  12. Keren sekali.
    Dengan belajar di Bootcamp Hacktiv8 Kursus Data Science, kita bisa memahami banyak hal kompleks yang terjadi di sekitar kita yaa..
    Soalnya belajarnya dari mulai matematika, statistika, ilmu komputer, sistem informasi, manajemen, ilmu informasi, termasuk ilmu komunikasi, ilmu perpustakaan, kearsipan, dan dokumentasi ekonomi, dan ilmu bisnis.

    Rasanya mendengar penjelasan kak Didik saja sudah merinding.
    Mengingat saya paling lemah di angka dan logika.

  13. Nita Juwithafina menulis:

    Mainan data itu memang menarik si, seolah makin berantakan itu makin asik untuk menormalisasikannya. Belajar data science di tempat ternama begini sudah pasti akan berguna untuk kelanjutan karir :)

  14. Bener banget, dan sekarang ini data science udah semacan jurusan favorite untuk dedek dedek lulusan sekolah mencari jurusan kuliah. Keren sekali bisa upskill ke area data science. Semangat teruss

  15. urusan IT, coding, programming, data science emang jadi peluang kerja yang menjanjikan banget ya mas di masa depan, klo bisa scale up skill bidang ini di hacktiv8 mayan banget niiii

  16. mantab sekali kursusnya, menarik untuk teman-teman yang ingin serius berkarir di bidang ini

  17. menulis:

    Seru banget ya bisa berkesempatan buat belajar coding di Hacktiv8. Semoga nanti aku juga bisa belajar di Hackktiv8 nih. Karena jujur kalau bisa coding itu enak lho buat terjun ke dunia kerja jadinya udah punya skill.

  18. Gina menulis:

    Ini yang kek gini yg anak saya suka, tapi umurnya masih 9 tahun., bisa gak sih ikut? Keren sih bootcampnya

  19. seru banget memang mas kelasnya niy, bikin pusing dan pening kepala ya, tapi seru dan jadi banyak ilmu soal bahasa pemograman dan tools pendukungnya

  20. Fenni Bungsu menulis:

    Belajar data science banyak manfaatnya ya. Kalau ada kesempatan mau juga daku belajar bahasa pemrograman, meski mungkin awalnya bakal bingung karena butuh penyesuaian hehe

  21. menulis:

    seru banget nih, semoga bisa berkesempatan jugga buat belajar coding di Hacktiv8. Jadi penasaran nih hihi.. sukses kak

  22. Mempelajari data science dan segala informasi di dunia digitalisasi ini memang penting karena disitulah akarnya. Recommended sih kursus data science begini

  23. wah jadi penasaran nih sama pekerjaan data science ini nih soalnya kayaknya bisa dikerjakan secara freelance ya. berarti untuk bisa jadi data science ini kita harus belajar coding dulu yaa

  24. menulis:

    Di jaman serba canggih kemampuan yang banyak dibutuhkan beda dengan jaman cita-cita orang tua kita ya. Diperlukan pemikiran analitis, inovasi, pemikiran kritis analisis, mahir teknologi, pemantauan dan kontrol. Serta menguasai teknologi dan pemrograman memang banyak dibutuhkan orang dengan skill tersebut saat ini dan kedepannya

  25. Keren nih tentang data science ya, duh mupeng deh pingin ikut bootcamp Hacktiv8 recommended banget mendukung kerja sebagai blogger juga ya Mas, noted.

  26. Kayaknya seru ya belajar data science. Sempat tertarik buat belajar, tp kok denger namanya aja udah langsung mikir mumet klo berhubungan sama angka, soalnya lemah di matematika. Eh, ternyata ada sosialnya juga ya, ga melulu tentang angka. Hmm… jd makin penasaran ttg data science.

  27. Pesatnya perkembangan teknologi mengharusakn kita untuk memahaminya lebih dalam ya, Mas. Jangan sampai beberapa tahun kedepan kita kehilangan pekerjaan karena digantikan oleh robot. Tempat kursus untuk belajar ilmu data science ini bisa di Hacktiv88 ya, Mas.

  28. menulis:

    iklan kelas ini sering nongol di sosmedku mas Didik, penasaran sebenernya, tapi aku ragu bisa nyantol apa enggak ya
    aku ngobrak ngabrik coding blog sendiri makan waktu lama, dan belajarnya juga otodidak
    kalau udah lancar kemampuan coding, aku rasa kerja jadi programmer makin gampang ya, mau bikin template blog sendiri misalnya, juga mudah

  29. menulis:

    Jadi penasaran gimana mengolah data musik dari spotify..boleh dong kak di share sekilas aja hehee..pengen tahu bentuknya :D

  30. Bener-bener keberuntungan yang hakiki bisa ikutan bootcamp hacktiv8. Dari pagi hingga sore dijelaskan tentang ilmu dan pengetahuan yang sangat berguna.

    Jadi pengen belajar coding nih, buat ngajarin anak. Hahahaha

  31. Kalau dalam versi pelajaran di sekolah dasar, coding itu seperti apa sih? apa seperti matematika, bahasa atau mungkin sains. saya belum pernah belajar coding jadi penasaran dan ingin tahu

  32. Deposito emang pilihan investasi yang tepat untuk tingkat resiko rendah. Solutif banget buat tabungan biar enggak ke otak-atik. Dan deposito BPR ini menurut aku tuh ngebantu banget buat orang yang pengen punya investasi deposito tapi budget pas-pasan dan enggak mau ribet.

  33. Belajar coding dan programing itu memang kayaknya sulit tapi setelah masuk kedalamnya? Wah, bikin nagih dan enggak mau berhenti. Aku jadi pengen ikut kursus dan belajar coding lagi..

  34. Damar Aisyah menulis:

    Woho, ngeri, ternyata ikutan Bootcamp Hacktiv8 juga nih. Gimana-gimana kelas Data Science? Kebayang pasti seru banget pas praktik mengolah data dari Spotify. Profesi di bidang digital seperti programmer, Data Analyst dan Big data Scientist emang masih dibutuhkan banget di jaman teknologi seperti sekarang. Enggak heran kalau permintaannya terus melonjak dengan tawaran gaji yang sangat menggiurkan. Ini peluang bagus bagi Gen Z yang emang udah gandrung banget sama segala hal yg berbau teknologi dan dunia digital.

  35. Selangkah lebih maju dalam menghadapi bahasa dunia dengan mempelajari Data Science di Bootcamp Hacktiv8. Cara belajar yang menyenangkan dan materi yang ingin dikuasai sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja mengenai pengolahan analisis data.

  36. Sepakat, data science ini bakal jadi next big thing sih. Belajar saat ini bakal ngebantu banget. Duh ak jadi naksir pengen tahu banyak info Hacktiv8

  37. menulis:

    Aku juga pernah baca nih, siapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia. Hihihi.
    Belajar coding di Hacktiv8 nampaknya sangat menarik dan bermanfaat untuk makin mengembangkan ilmu kita.

  38. Wah, belajarnya Python ya? Mantap nih, soalnya aku ada baca kalau Python ini bisa berguna untuk banyak aplikasi, platform dan tools macam-macam. Jadi pengen ikutan belajar data science

  39. Gina menulis:

    keren nih, sampai speechless mau komen apa. Intinya kursusnya, udh ala jaman now. Karena udah menyangkut data-data. Btw bisa nyambung ga si ke Metaverse?

  40. Fenni Bungsu menulis:

    Kalau dilihat perkembangan teknologi, sepertinya memang bakal terus berkembang dan berkelanjutan. Makanya bagus juga belajar pemrograman ini, karena punya prospek cerah kedepannya

  41. Saya agak keder kalau baca tulisan codong, hihihii.. Makanya pas mau ikut masih maju mundur. Akhirnya, ya udah, mundur beneran.
    Yang pasti, setelah saya amati, data scientist itu luas ya, Mas, gak cuma tentang coding aja. Wajar kalau saat ini menganalisis data bisa dibayar mahal karena memang butuh ketelitian.

  42. Nah, kemarin aku sempat mendapatkan info mengenai hacktiv8 ini. Tapi lebih ke hacktivkidz. Makanya, aku mengajak adikku untuk ikut kursusnya.

  43. Kayanya seru banget ikut kursus data science hacktiv8 ini, apalagi untuk orang-orang yang passionnnya ngulik komputer. Yang lebih menjanjikan, banyak banget kesempatan bidang pekerjaan yang berhubungan dengan data science ini, ya

  44. Keren banget ya kalau bisa belajar coding. Saya tertarik ikutan. Harganya berapa ya Kak kalau yang 3 bulan itu?

  45. Asyik ya belajar di Hacktiv8, apalagi peluang kerja di masa depan memang berkaitan erat dengan data science dan juga coding, cocok nih buat anak-anak milenial yang memang sejak kecil sudah akrab dengan berbagai teknologi digital. Aku mau rekomendasi kursus ini buat anakku, soalnya memiliki keahlian ini adalah investasi.

  46. menulis:

    Aku jg ikutan ini kak Didik kemarin trial classnya, wow, masih membekas dong sampai sekarang. Berkesan bangett. Mendadak pengen jadi kayak Nam Do San wkwk, programmer bikin ngiler

  47. peluang kerja di bidang IT makin banyak dan terbuka lebar ya dengan adanya bootcamp seperti ini. orang awam atau tanpa bekgron IT juga bisa belajar dan jadi punya skill dibidang ini. termasuk profesi dengan basic ilmu data science ini loh, mantap

  48. menulis:

    Ahhh seru banget ya bisa berkesempatan buat belajar coding di Hacktiv8.
    Semoga nanti aku juga bisa belajar di Hackktiv8
    Buat blogger sangat mendukung KLO bisa coding

  49. Pengen ikut belajar coding juga di Hacktiv8. Tapi jadwalnya padat banget ya Kak, seharian penuh.
    Tapi kalau belajar coding itu menurutku waktu cepet bgt berlalu, ah jadi kangen belajar coding. Semoga next ada kesempatan buat belajar bareng Hacktiv8

  50. asyik, ya. tapi kalau aku kayaknya enggak sanggup otaknya hahaha.

  51. Seru dan banyak manfaat nya ya kak belajar di Hacktiv8. Apalagi dimentorin orang yg sudah profesional. Pas baca review data science, jadi pengen memahaminya dan ikut kelas bareng sama teman2.

  52. bidang teknologi informasi ini memang menjadi salah satu ladang yang cukup menjanjikan di era digital ini ya mas. keren sih ketika hacktiv8 jadi coding bootcamp pertama dan satu-satunya di Asia

  53. Setuju sekali dengan “Siapa yang berilmu, pasti menguasai dunia.”
    Apalagi memiliki ilmu yang masih sangat jarang yakni Data Science. Dan kini ilmu tersebut bisa dipelajari di Bootcamp Hacktiv8.

  54. Adriana Dian menulis:

    Wah kemarin saya juga dampingin anak kursus coding Hacktivkidz. Abis baca ini jadi kepikiran pengen nyobain kursus coding juga niiih.. hihi

  55. Jenis pekerjaan millenial banget ya kak. Rumit rumit tapi sedap.

    Apalagi selama pandemi kan perkembangan teknologi dan media sosial semakin pesat

  56. Lasmicika menulis:

    Kalau saya yang ikut belajar gimana ya, nggak punya dasar sama sekali tentang pemrograman. Pusing sepertinya hehe…. Tapi kalau belum pernah coba nggak mungkin tahu kan ya. Belum apa-apa sering dibayangkan susah duluan, giliran terjun ternyata seru, dan bisa jadi malah jatuh cinta.

    Memang, ilmu dan skill nggak mungkin sia-sia kok, selama bisa menyelesaikan permasalahan hidup, skill apapun wajib dipelajari. Bisa jadi bekal berkarir pula.

  57. menulis:

    Aku dengar coding kok udah gemetar duluan ya? Langsung kriyep bayangin angka2 dan bahasa program. ‍♀️

  58. Rika Widiastuti Altair menulis:

    Belajar coding lagi hits banget memang ya. Dan aku tetep jadi tim yang tambah mumet kalau dihadeoin sama code-codenyaa. Tapi kalau belajar dan kelasnya asyik, mungkin jadi lebih seru ya kak. Apalagi yg emng passionnya kesitu pasti bisa jadi programmer super keren deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.