Blackmores Peduli Daur Ulang
Reportase

Daur Ulang Botol Kaca Untuk Kelestarian Lingkungan

Siapa di sini yang suka belanja produk berbahan botol plastik? Kalo tidak segera didaur ulang, botol plastik bakal merusak ekosistem lingkungan loh. Yuk cari tahu daur ulang botol kaca untuk kelestarian lingkungan.

sampah plastik di laut

Jumlah Sampah Botol di Indonesia 

Daur ulang botol kaca atau botol plastik harus segera dilakukan demi menekan sampah yang bertumpukan. Soalnya, sampah botol kaca atau botol plastik tidak bisa terurai oleh bakteri. 

Sampah botol kaca akan selamanya tetap menjadi botol kaca. Untuk plastik, perlu ratusan hingga ribuan tahun agar bisa terurai. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia sekitar 64 juta ton per tahun. Sebanyak 3,2 juta ton di antaranya merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. 

Data terkini hingga November 2021, limbah plastik di Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun.

Data National Plastic Action Partnership (NPAP), sekitar 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia tak diolah dengan baik. Sekitar 48 persen di antaranya malah dibuah ke alam terbuka. Sekitar 9 persen di antaranya berakhir di laut. 

Yang lebih keselnya lagi, Indonesia menjadi salah satu penyumbang pembuangan sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia. Estimasinya sekitar 0,48-1,29 juta metrik ton per tahun.

Untuk botol kaca, hingga kini belum ada data pasti. Namun dipastikan jumlahnya terus bertambah karena lonjakan produk minuman praktis atau siap saji atau produk apa pun yang menggunakan botol kaca dalam kemasannya.

Dalam buku Glass Recycle karya Antonio Giovanno, kaca adalah komponen besar rumah tangga dan limbah industri karena bersifat berat dan padat.

Anehnya, sampah botol kaca pasti hampir tiap kali kita jumpai. Entah di sungai, jalan, tempat pembuangan sampah, hingga pantai. 

Mirisnya, masih sangat sedikit instansi atau perajin yang tertarik mengolah botol kaca. Akibat tak terurai mikroorganisme, botol kaca atau botol plastik menumpuk dan akhirnya mencemari lingkungan. 

Minimalkan Sampah Botol Kaca

Salah satu cara untuk meminimalkan sampah botol kaca dengan menggunakan kembali material tersebut menjadi produk berbeda. Cara ini lumrah disebut dengan daur ulang.

Dengan daur ulang, penumpukan sampah botol kaca atau botol plastik bisa ditekan. Penggunaan bahan baku yang baru, baik kaca maupun plastik bisa berkurang. 

Soalnya, daur ulang plastik dapat mengurangi produksi plastik perawan. Sehingga penggunaan minyak bumi untuk produksinya juga berkurang.

Sampah Plastik Di Pantai

Untuk kalian tahu, kaca yang dihasilkan dari kaca daur ulang mengurangi polusi udara sebesar 20 persen dan polusi terhadap air sebesar 50 persen. 

Sama dengan penghematan energi, polusi udara dan air dapat dikurangi, terutama pada produksi botol kaca atau botol plastik. Dengan daur ulang, tidak perlu lagi ada kegiatan produksi dari nol kemasan botol kaca atau botol plastik tersebut. 

Program Blackmores Peduli

Akibat jutaan metrik ton sampah plastik yang dibuang ke alam hingga laut tersebut, Blackmores ikut tergerak. 

Produsen vitamin dan suplemen yang bahan utamanya berasal dari lautan seperti minyak ikan ini ingin membantu mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Salah satu upayanya, mengurangi jumlah sampah botol plastik hingga botol kaca.

Lantas mendaur ulang botol plastik bekas minyak ikan yang berasal dari merek apapun. Cara ini dilakukan agar tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut.

Kita diajak menjadi agen perubahan (agent of change) untuk komitmen terhadap lingkungan. Caranya sih sangat sederhana. Namun harapannya, kita bersama-sama dapat mengurangi jumlah sampah plastik dan botol kaca, khususnya di lautan serta ikut melestarikan alam.

Aksi Nyata Blackmores 

Ngga perlu koar-koar sampai berbusa, sekarang yang kita butuhkan tuh aksi nyata. Misalnya, Blackmores dengan produk unggulan Blackmores Odourless Fish Oil menggelar kampanye Blackmores Peduli.

Mereka mengajak konsumen menukarkan botol plastik bekas minyak ikan yang terbuat dari material plastik.

Asyiknya lagi, Aksi Nyata Blackmores bekerja sama dengan peritel kesehatan dan kecantikan Guardian. Kalian yang dekat dengan outlet Guardian bisa mengumpulkan botol plastik bekas minyak ikan tersebut.

Daur Ulang Botol Kaca

Blackmores juga bekerja sama dengan organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik eRecycle untuk proses mendaur ulangnya.

Blackmores Peduli berlangsung sejak 25 November 2021 hingga 5 Januari 2021. So, masih ada waktu loh.

Jadi buat kalian yang berdomisili di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi dapat segera ikut program ini. Penukaran botol plastik vitamin ini juga dapat kalian lakukan di 30 cabang Guardian yang tersebar di Jadetabek.

Blackmores Odourless Fish Oil

Buat kalian yang lagi cari vitamin, Blackmores Odourless Fish Oil cocok banget buat kalian. Berukuran 1000 mg, vitamin ini suplemen berasal dari minyak ikan yang tidak berbau. 

Sumber alami OMEGA-3 dari ikan laut dalam dapat membantu menjaga kesehatan. Komposisinya juga aman dikonsumsi. Yakni minyak ikan (alami) 1 gram (1000 mg) yang mengandung Trigliserida OMEGA-3 laut 300 mg berupa Asam Eicosapentanoat (EPA) 180 mg dan Asam Docosahexanoat (DHA) 120 mg.

best source fish oil

Cara konsumsinya pun gampang banget kok. Untuk dewasa, cukup dikonsumsi dua kapsul sehari setelah makan atau dapat digunakan sesuai petunjuk dokter. 

Untuk anak berusia 2-12 tahun dapat mengonsumsi satu kapsul sehari. Kapsul ini dapat dicampurkan ke susu, sereal atau jus buah atau sesuai petunjuk dokter. 

Bagi yang ingin mengurangi peradangan dan pembengkakan sendi dapat mengonsumsi empat kapsul dalam tiga kali sehari. Terutama dikonsumsi setelah makan atau sesuai petunjuk dokter. 

Ingat ya, vitamin ini tidak ditujukan bagi yang alergi seafood. Jika mengonsumsi lebih dari sama dengan 10 kapsul per hari (lebih dari sama dengan lima kapsul per hari untuk Omega Daily) bersamaan dengan obat pengencer darah dapat meningkatkan risiko pendarahan. Jangan lupa juga, hentikan konsumsi fish oil seminggu sebelum operasi.

Penukaran Botol Plastik Vitamin

Aku sudah punya botol dan tinggal di sekitar Jadetabek. Lantas bagaimana cara menukarnya?

Kalau kalian yang punya botol plastik bekas minyak ikan merek apapun dapat mengumpulkan dan membawanya ke Blackmores Pop Up Store. Lokasinya bisa kalian temukan di outlet Guardian dan eRecycle di lokasi-lokasi yang telah ditentukan.

Asyiknya, kita yang ikut partisipasi selalu melakukan lebih ini berhak mendapatkan apresiasi dari Blackmores.

Setiap membawa dan memasukkan botol plastik pada drop box yang tersedia, kita akan mendapatkan voucher dari Blackmores sebesar Rp 50 ribu.

Yuk ikutan yuk. Apalagi, produsen best source fish oil ini juga punya komitmen terhadap lingkungan. Dalam satu hingga dua tahun ke depan akan mengalihkan kemasan botol plastik menjadi botol kaca seluruhnya. 

Cara ini dilakukan karena 98 persen botol yang terbuat dari material kaca dapat mengurangi sampah plastik. Kalau kayak gini, lingkungan kita jadi asyik, kan?

Anda mungkin juga suka...

49 Komentar

  1. Damar Aisyah menulis:

    Weekend ini kayaknya aku harus jalan-jalan keluar biar ketemu drop box Blackmores. Habis jumlah botol bekas Blackmores sudah numpuk sejak awal pandemi, ditambah pasca terinfeksi covid kemarin. Sampai sekarang juga masih rutin konsumsi jadi wadahnya terus bertambah. Lumayan banget nih kalau ditukar voucher. Ditambah lagi, sampah jadi gak numpuk dan ikut berkontribusi untuk kelestarisn lingkungan.

  2. Gina menulis:

    Mau banget sih klo rutin mengkonsumsi Black Mores, karena manfaatnya terasa banget, badan jd fit dan enteng banget utk beraktivitas.

  3. Sampah plastik ini memang mengerikan ya. Di satu sisi kita butuh plastik, di sisi lain banyak dampak buruknya bagi lingkungan. Bagus banget Blackmores bikin gerakan mendaur ulang botol plastik begini.

  4. Fish oil ini aman tidak ya dikonsumsi orang punya riwayat maag? Dulu soalnya pernah nyobain yang merk lain, bikin maag parah.

    Bagus programnya jadi membantu agar tidak mencemari lingkungan terutama botol kaca ini berbahaya. Nggak boleh langsung dibuang karena kalo pecah berbahaya bisa melukai orang lain.

  5. Fish oil ini aman tidak ya dikonsumsi orang punya riwayat maag? Dulu soalnya pernah nyobain yang merk lain, bikin maag parah.

    Bagus programnya jadi membantu agar tidak mencemari lingkungan terutama botol kaca ini berbahaya. Nggak boleh langsung dibuang karena kalo pecah berbahaya bisa melukai orang

  6. Fenni Bungsu menulis:

    Hayuuk banget dong ikutan, kontribusi. Jaga kesehatan tubuh sekaligus juga jaga pelestarian lingkungan

  7. Ibuku tuh kudu banget stok Blackmores fish oil. Karena konsumsi rutin, bikin badan fit. Blackmores memberikan contoh sebagai produsen yang baik dan bertanggung jawab yaa.. Keren banget.
    Paling tidak dimulai dari satu produk, semoga semakin banyak produsen yang memberikan layanan daur ulang produknya seperti ini.

  8. Shyntako menulis:

    wah bagus sekali nih campaignnya blackmores, jadi bikin konsumen aware sama lingkungan hidup dan bisa berbuat nyata ya dengan membuang botol blackmores untuk di daur ulang

  9. menulis:

    Keren bangett ehh blackmores inii. salah satu perusahaan yg udah mendukung program SDGs itu pasti punya nilai plus di mata saya hehehe.

  10. minyak ikan emang kaya manfaat buat kesehatan ya mba, dan kampanye daur ulang botol ini bisa mendorong aktivitas pelestarian lingkungan juga mas, apalagi klo ikut menukar botol bisa dapetin voucher belanja blackmores lagi

  11. Blackmores ini emang udah canggih banget ya kak, aku juga pernah pake produk untuk hamil dan menyusui Alhamdulillah, dan sekarang idenya brilian banget edmi menjaga kesehatan lingkungan.

  12. menulis:

    Iya, sampah plastik di indonesia ini parah banget
    Makanya apa yg dilakukan oleh Blackmores ini kece banget
    Membantu menangani sampah plastik

  13. Sampah plastic di Indonesia memang yang paling banyak di dunia. Terlebih dengan pengelolaan yang kurang baik, sehingga sampah plastik berakhir di laut. Selain masyarakat, pemilik produk yang menggunakan kemasan plastic juga harus ikut andil dalam pengelolaannya. Seperti blackmores ini. Di mana botol plastik bekasnya produknya dikumpulkan kembali. Bahkan bisa dapat vocher yang lumayan besar ya, Mas, 50K. Semoga produsen lain bisa mengikuti jejak Blackmores untuk lingkungan yang lebih baik.

  14. Nita juwithafina menulis:

    Salut si sama blackmores, selain memikirkan kesehatan juga memikirkan next prosesnya, termasuk ‘sampah’ botol yang tidak lagi menjadi sampah

  15. Wah aku masih ada nih botol kaca blackmores bekas vitamin hamil dan menyusui kemarin.. bisa ya aku recycle ke sini? Terima kasih infonya, kak!

  16. menulis:

    saya baru tahu ada produk Blackmores ini mbak. Salut dengan perusahaan yang peduli dengan lingkungan ini.

  17. menulis:

    Mayan juga ya om dapat 50ribu/botol. Hehe. Btw, ini bagus banget programnya. Aku suka deh sama produk produk yang peduli lingkungan

  18. Salut banget sama brand yang masih peduli dan sadar akan kepentingan lingkungan. Dengan begitu sampah di laut kan berkurang

  19. mantap bener Blackmores peduli lingkungan ini. tapi yang ditukar ini botol plastik aja ya, Kak? Yang botol kaca ndak ya?

  20. YSalma menulis:

    Program Blackmores pada lingkungan patut didukung, kapsulnya bikin badan fit oleh kandungan minyak ikannya dan lingkungan juga bersih dari limbah botol.

  21. blackmores ini salah satu vitamin yang aku konsumsi juga. sebenarnya kalau lebih baik dibanding daur ulang mereka juga bisa membuat stand untuk refill vitamin kali ya pakai botol yang udah pernah kita beli?

  22. sering deh denger manfaat minyak ikan blackmores, dan pengen cobain juga, ternyata blackmores pun punya perhatian sama isu lingkungan sampe bikin kampanye tukar botol plastik yaa, semoga diikuti sama brand brand lainnya juga

  23. Shyntako menulis:

    Suka banget sama program Blackmores yang bikin konsumen setianya ikut peduli lingkungan dengan mendaur ulang botol bekasnya

  24. Program yang bagus dari Blackmores nih. Tak hanya mencari keuntungan tapi juga berupaya menjaga kelestarian lingkungan. Tak tanggung-tanggung ya kasih tukar vochernya 50 ribu wow!

  25. Fenni Bungsu menulis:

    Kepedulian Blackmores ini jadi hal yang menginspirasi agar kita sama-sama mengingat lingkungan dan kesehatan

  26. menulis:

    Urusan daur ulang ini memang jadi perkara gampang2 sulit. Karena efeknya langsung ke lingkungan. Untung banget ada program dari Blackmoores yang peduli akan hal ini. Salut sih.

  27. Luar biasa banget sih ya ini Blackmores. Karena nggak semua perusahaan pengguna wadah plastik bisa melakukannya, semoga menginspirasi banyak pelaku bisnis yak

  28. Aku sekarang udah mulai mengurangi botol plastik dan kresek sih kak. Keren nih programnya blackmores. Semoga makin banyak masyarakat yg sadar pentingnya peduli pada lingkungan

  29. ini move yang keren banget dari blackmores. karena memang ada sejumlah vitamin yang pakai botol kaca ya.. btw kalau aja blackmores juga nerima botol dari varian vitamin blackmores yang lain tentu bakal makin banyak yang ikutan ya

  30. Miris begitu tau kalau Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Sedih karena dampaknya bisa merusak lingkungan. Salut dengan Blackmores yang peduli dengan lingkungan

  31. menulis:

    Programnya bagus bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya lingkungan yg bersih dan sehat. Saya jg konsumen blackmores dan baru dengar program ini

  32. Keren banget idenya, emang susah banget ngatasih masalah lingkungan terutama sampah ini. Ide sesimpel ini bermanfaat banget buat lingkungan, harus bisa diikutin banyak perusahaan lain nih.

  33. menulis:

    senang sih liat makin banyak brand-brand besar yang sudah mulai aware dengan masalah lingkungan terutama sampah plastik ya.. memang butuh kerjasama dari semua pihak biar bisa sukses minimalkan sampah

  34. Data mengenai daur ulang glass recycle ini belum pasti yaa..
    Padahal bahan kaca ini sangat berbahaya juga yaa…kalau dibuang di tempat yang tidak tepat, karena selain mudah pecah juga treatmentnya setelah hancur kalau gak masuk ke lokalisasi daur ulang kaca.

    Salut dengan produsen produk Blackmores Odourless Fish Oil.

  35. menulis:

    Oalah cm daerah jabodetabek ya.. smeoga banyak brand yg peduli dg lingkungan sprti ini

  36. menulis:

    Miris banget ya, dimana-mana sampah botol kaca pasti hampir tiap kali kita jumpai. Entah di sungai, jalan, tempat pembuangan sampah, hingga pantai.

  37. Damar Aisyah menulis:

    Yaa, ternyata hari ini hari terakhir ya, saya gak detil baca infonya. Padahal udah niat Sabtu ini mau tukar boto Blackmores di rumah karena emang udah numpuk selama pandemi ini.

  38. Miris banget, ya. Kita sebagai penyumbang sampah botol plastik tertinggi di dunia, yang berakhir di lautan.

    Perlu aksi nyata untuk mendaur ulang botol plastik maupun kaca.

    Hal yang dilakukan Blackmores ini beneran bisa membantu mengurangi sampah botol.

  39. alhamdulillah banyak brand yang memang kemasan produk mereka menggunakan botol plastik atau kaca akhirnya ada campaign sejenis ini juga. Aku pasti turut serta donk kalo pas beli blackmores. Semoga bumi kita makin terjaga dan makin sehat yaa

  40. menulis:

    Salut dengan aksi nyata dan kepedulian dari Blackmores ini. Semoga Langkah ini diikuti perusahaan lain ya sehingga permasalahan sampah botol bisa mulai terurai

  41. menulis:

    Keren lhoo Blackmores inii programnya. Sukaa banget <3 Salah satu program yang mendukung SDGs dan ngga semua perusahaan mampu begini, patut diacungi jempollll blackmores

  42. menulis:

    Waah mayan banget ya kalau satu buah botol bisa ditukar voucher 50 ribu. Selain sayang lingkungan juga hemat ya. Mayan nih buat emak emak.

  43. seserius itu ya blackmores jalanin campaignnya, turut menggandeng organisasi daur ulang erecycle loh, semoga bisa jadi opsi2 solusi persoalan lingkungan

  44. Kalau untuk memanfaatkan botol plastik, aku sih udah nemu. Bisa didaur ulang. Tapi kalau sampah kaca terutama botol kaca, mau didaur ulang apa aku yang bingung. Dan jujur, sampah botol kaca ini banyak banget di sekitar aku.

  45. menulis:

    Iya ya kalau dipikir Botol Kaca juga sampah meresahkan. Begitu juga dengan plastik meskipun sekarang banyak metode daur ulang.
    Semoga makin banyak yamg menyadari…

  46. Reskia menulis:

    Kalo ginikan enak, bersemangat hahaa. Nukarin plastik dapat voucher. Banyak-banyakin coba ya aksi kayak gitu, bersih lingkungan~

  47. Nita Juwithafina menulis:

    Salut sama blackmores memikirkan limbahnya juga, semoga bisa ditiru oleh brand lainnya yaa….botol2 banyak banget ditumpukan sampah deket rmh

  48. Berbicara daur ulang botol kaca, sebenarnya dia aman atau enggak ya kalau kita pakai kembali, reuse. Secara dia lebih kokoh ketimbang botol plastik

  49. Penggunaan botol kaca dan plastik memang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini. Saya pun untuk produk tertentu, lebih suka beli yang kemasan kaca. Misalnya sambal, selai, atau sirup.
    Dan sangat bagus programnya ini. Dengan mendaur ulang, memang cara jitu dan ampuh untuk tetap melestarikan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.