USB Hub dari Verbatim
Gadget Nugget

USB Hub 8 Port dan USB Type C Terbaik

Seneng banget akhirnya aku punya USB Hub. Alat ini bantu banget buat aku yang suka transfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. 

Soalnya, di zaman sekarang ini tuh ngga lepas dari perangkat teknologi. Mau itu ponsel pintar (smartphone), laptop, personal computer (PC), hingga desktop.

Lalu, apa enaknya punya USB Hub ini? Nah, kalian wajib baca hingga tuntas yak.

Praktis Dengan USB Hub

USB Hub ini begitu praktis digunakan. Untuk memakainya, tak perlu power adapter atau adaptor daya. Jadi bisa langsung digunakan untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Kenapa praktis? Cara pakainya juga gampang banget. Langsung plug and play alias colok tanpa aneh-aneh lagi. Tidak perlu instalasi driver apa pun. Enak banget kan?

Buat kalian yang ngga mau repot bawa colokan terpisah-pisah, USB Hub tentu membantu banget. Apalagi kalian yang menginginkan kemudahan saat membawa perangkat teknologi

Kegunaan USB Hub

Perangkat teknologi kini makin beragam. Untuk memaksimalkan fungsinya, biasanya membutuhkan banyak perangkat dalam satu waktu.

Misalnya, kita membutuhkan komputer yang harus terhubung dengan hard disk drive (HDD) eksternal, solid state drive (SSD), flashdisk, mouse (tetikus), keyboard (papan ketik), dan perangkat lainnya.

Masalahnya, jumlah port USB di komputer maupun laptop sangat terbatas. Tanpa USB Hub, kita tidak bisa menghubungkan beragam perangkat tadi dalam waktu bersamaan.

Pengertian USB Hub

USB Hub adalah sebuah alat tambahan untuk menghubungkan USB ke perangkat tertentu. Dengan alat ini, kita bisa memaksimalkan perangkat lain yang ingin dihubungkan. Misalnya, HDD, SSD, mouse, keyboard, atau perangkat lain untuk dihubungkan ke laptop atau komputer yang kita pakai.

USB Hub biasanya memiliki beberapa port. Ada yang memiliki 3 port, 4 port, hingga 10 port. Bahkan kini ada yang dilengkapi card reader atau beberapa port lain dengan fungsi berbeda.

Kali ini, aku akan mengulas dua perangkat yang baru kubeli di situs jual beli daring (e-commerce). Apa saja? Yuk kepoin.

USB Hub 8 Port

USB Hub 8 Port ini sesuai judulnya tentu punya 8 colokan yang punya kegunaannya masing-masing. Dengan 8 port ini, kalian tidak perlu terpisah-pisah perangkat dalam mentransfer data.

Misal kita ingin mentransfer data foto atau video dari ponsel ke laptop atau sebaliknya. Tentu perlu port untuk menghubungkannya. 

Biasanya ponsel sekarang punya port USB Type C terbaik yang harus dihubungkan ke port USB Hub Laptop.

Masalahnya, kalau colokan di laptop penuh untuk transfer data lainnya, kita bisa memakai alat ini dan menghubungkan sesuai colokan yang tersedia. Soalnya, USB Hub 8 Port ini punya 8 colokan berbeda yang dapat digunakan sesuai fungsinya. Apa saja?

8 Colokan Dalam Satu Perangkat

USB Hub 8 Port ini punya 8 colokan berbeda sesuai fungsinya, yaitu:

  • HDMI
  • USB3.0
  • USB3.0
  • SD Card
  • PD Port
  • LAN Port
  • VGA Port
  • AUX Port

Colokan utama USB Hub 8 Port ini berupa USB Type C terbaik yang bisa disambungkan ke perangkat ponsel atau laptop yang punya USB Type C juga. 

Dengan banyak colokan ini, tentu memudahkan kita yang suka lupa membawa USB port sesuai fungsinya. Ini seolah-olah kita punya 8 alat dalam satu perangkat. Praktis banget ngga tuh?

Pemakai USB Hub 8 Port

Dengan 8 colokan ini, tentu kita bisa leluasa mentransfer data melalui port apa saja sesuai gadget (gawai) yang kita punya.

Misal kita akan memutar video di ponsel ke televisi. Kebetulan televisi tersebut punya HDMI port. Jadi langsung bisa kita sambungkan ke sana melalui alat ini. Kemampuan transfer data video atau fotonya hingga resolusi 4K loh.

Begitu juga dengan VGA Port yang sanggup mentransfer data hingga beresolusi 2K. Sadis. Port ini menghubungkan VGA card dengan monitor. Kini, fungsi tersebut makin berkembang dengan kehadiran sinyal digital, seperti High Definition Multimedia Interface (HDMI) dan Digital Visual Interface (DVI).

Oh ya, USB Hub 8 Port ini punya colokan AUX (auxiliary) berupa soket audio berukuran 3,5 mm. Colokan ini menghubungkan beragam perangkat untuk pengiriman sinyal audio. 

Colokan ini berfungsi misalnya untuk menghubungkan ponsel ke radio mobil. Apalagi audio di mobil kita belum memiliki fitur bluetooth. Jadi bisa langsung dihubungkan melalui perantara USB Hub 8 port ini.

Selain itu, di alat ini juga memiliki colokan PD dengan kemampuan transfer daya hingga 60 watt. Apa tuh ya? Jadi itu Power Delivery port yang biasanya digunakan untuk transfer daya. Soalnya, beberapa powerbank zaman sekarang sudah menganut colokan tersebut.

Jangan sampai ntar kalian kebingungan kalau pas tidak membawa kabel dengan port PD bawaannya. Pas ngecas ponsel, cuma membawa kabel biasa. Ya susah donk untuk tambah dayanya.

Nah, yang lumrah biasa kita temukan yakni USB3.0 port dan SD card reader. Alat ini juga punya loh.

Bahkan USB3.0 port tersebut punya kemampuan transfer data hingga 5 Gbps. Jadi cepet buat transfer datanya kan?

Begitu juga SD Card port yang bisa transfer data hingga 48 Mbps. Alat ini berfungsi kalau kalian suka transfer data dari SD card di kamera SLR atau DSLR ke ponsel atau laptop. Buat yang sering traveling tentu butuh banget alat ini. Bikin hidup lebih efektif, efisien, dan produktif.

Desain USB Hub 8 Port

Aku suka banget bentuk USB 8 Port terbaik ini. Ukuran dimensinya hanya 117 x 61 x 16 mm. Mungil dan pas di tangan. Bahkan lebih kecil dari ponsel kita. 

Berat alat yang memakai bahan aluminium ini hanya 114 gram. Jadi sangat ringan buat dibawa ke mana-mana. Bahkan tidak terasa saat dimasukkan ke saku celana. 

Warna yang aku beli di e-commerce Shopee ini berupa warna silver. Aku suka warna ini karena terkesan futuristik dan maskulin. 

Buat cowok tentu saja menyukainya meski perangkat USB Hub 8 Port dengan warna silver tentu bisa dipakai oleh perempuan pada umumnya. Kan yang penting fungsinya, bukan warnanya.

Bentuknya yang sedikit membulat di kedua sisi memudahkan kita dalam memegang. Seolah pegangan terasa ergonomis di tangan. 

Tekstur USB Hub 8 Port ini agak kesat. Jadi tidak bikin licin saat kita pegang. Apalagi alat tersebut terbuat dari aluminium yang tidak akan memberikan bekas telapak tangan kita di permukaannya.

USB Hub 8 Port dari Verbatim

Semua keunggulan USB Hub 8 Port di atas dapat kalian temukan di produk 8-in-1 Type-C Hub dari Verbatim. Apalagi bergaransi hingga setahun tuh.

Tau sendiri kalau Verbatim itu sudah berdiri sejak tahun 1969. Mereka terkenal sebagai perusahaan untuk produk media penyimpanan. Mulai dari USB Drives, Memory Card, Harddisk Drive (HDD), Solid State Drive (SSD) hingga aksesoris lainnya.

Tentu kalian masih ingat produk compact disc (CD) dari Verbatim. Saat kalian membeli CD, tentu toko menyarankan memakai produk dari merek ini. 

Ketahuan banget nih umurnya kalau masih ngomong soal CD. Hahaha..Ya bagaimana lagi. Soalnya di masa era 2000-an harus menyimpan data di CD, baik foto, video, hingga naskah skripsi. 

Di era 2008-an saat tinggal di Jakarta juga suka beli film bajakan yang ditaruh di CD Verbatim ini. Soalnya flashdisk di zaman itu masih mahal. Apalagi harddisk

Jadi Verbatim itu perangkatnya sudah jelas berkualitas. Meski aku membeli produk ini seharga Rp 950 ribu, aku merasa sangat puas.

4-in-1 Type C Adaptor USB Hub

Nah buat yang mau transfer data dari adaptor keluaran USB3.0, kalian pasti butuh alat ini. USB Type C terbaik ini memiliki 4 colokan USB3.0 yang bisa digunakan secara bersamaan.

Misal kita mau transfer data dari 4 harddisk langsung ke komputer. Apalagi colokan di komputer juga mengadopsi USB3.0, 4-in-1 Type C Adaptor USB Hub dari Verbatim ini pas banget.

Buat laptop yang sudah mengadopsi colokan USB Type C, perangkat itu juga sudah menyertakan port Type C dalam paket pembelian. Jadi bisa langsung disambungkan antara adaptor USB3.0 ke USB Type C. Ini bakalan jadi USB Hub terbaik dari Verbatim sih.

Spesifikasi 4-in-1 Type C Adaptor USB Hub

USB Hub yang bagus ini merupakan keluaran terbaru dari Verbatim. Bahkan spesifikasinya di atas USB3.0 yang banyak beredar di pasar.

Berikut spesifikasi lengkap dari 4-in-1 Type C Adaptor USB Hub:

  • USB-A 3.1 Gen 1 
  • Mampu transfer data hingga 5Gbps
  • Dimensi: 106,9 x 19,6 x 7,5 mm
  • Panjang kabel 188 mm
  • Ukuran Type C Adaptor: 31,3 x 14,6 x 7,3 mm
  • Berat hanya 26 gram
  • Berat Type C Adaptor 5 gram
  • Material: Aluminium+ABS
  • Garansi 1 tahun

Pengalaman Pakai 4-in-1 Type C Adaptor USB Hub

Sebagai penggemar film, aku selalu memanfaatkan paketan internet yang murah. Kalau ada duit lebih, ya bisa nongkrong di kafe, sekalian download film. Itu pun kalau lagi suntuk banget di rumah.

Masalahnya, jaringan internet di kafe kebanyakan malah lebih lemot dari paket internetku. Jadi aku lebih memanfaatkan paketan dataku untuk download film sepuasnya.

Biasanya, di kafe suka ada penguat sinyal. Jadi jaringan internetku lebih ngebut dari rumahku yang masih banyak pohon rindang atau bangunan tinggi.

Nah, hasil unduhan film tersebut biasa aku simpan di harddisk laptop. Biar ngga memenuhi kapasitas internal HDD atau SSD laptop, aku pindahkan ke eksternal HDD.

Sampai saat ini aku punya 3 HDD untuk koleksi film dan menyimpan data penting kerjaan.

Untuk memindahkan data dari laptop ke HDD eksternal, aku perlu USB Hub laptop yang bagus. Kebetulan aku baru beli dari Shopee. Harga produk 4-in-1 Type C Adaptor USB Hub ini sekitar Rp 240 ribu yang aku beli pertengahan November 2021. Cek saja langsung e-commerce-nya ya. Siapa tahu ada update harga. 

Saat mentransfer data film berukuran 650MB, file tersebut berhasil pindah ke HDD eksternal sekitar 30 detik. Aku puas dengan kecepatan transfer datanya.

Kesan Pakai 4-in-1 Type C Adaptor USB Hub

USB Hub terbaik ini perlu dimiliki siapa pun yang tidak ingin kerepotan dalam transfer data. Bagiku, data itu sumber cuan.

Jadi memindahkan atau menyimpan data itu menjadi penting bagiku. Siapa tahu, data yang aku simpan ini akan mendukung pekerjaanku dan menjadikan cuan di masa mendatang.

Sebagai kreator konten, data yang kita ambil dari sebuah acara menjadi penting. Data tersebut diolah untuk menjadi konten. Dari konten ini lah bisa diubah menjadi cuan melalui proses kreatif panjang.

Dengan desain yang mungil ini, kita tak merasa kerepotan untuk membawa ke mana pun terkait urusan kerjaan. Bisa masuk saku atau kita taruh dalam wadah khusus USB Adaptor, berikut dengan charger laptop dan ponsel. Pokoknya yang berhubungan dengan peralatan perang seorang konten kreator lah.

Kalau kebetulan harus mengunggah foto atau video dari HDD ke ponsel, perangkat 4-in-1 Type C Adaptor USB Hub ini juga menyertakan port USB Type C. 

Jadi memudahkan sekali saat kita harus segera mengunggahnya ke media sosial, baik ke Twitter, Facebook, Instagram, hingga YouTube dan TikTok yang lagi tren saat ini.

Bila kita harus memindahkan file dari ponsel ke HDD, USB Type C terbaik ini juga menjadi andalan.

Maklum, ponselku hanya berkapasitas 128GB. Saat memotret atau memvideokan sebuah acara, pasti memori internalku langsung penuh.

Sengaja aku tidak memakai memori tambahan di ponsel agar tidak lemot saat mengakses file. Jadi lebih baik memindahkan data ponsel ke laptop atau HDD eksternal.

Kalau pun harus mengunggahnya lagi ke ponsel, ya tinggal kita colokkan saja ke HDD lagi. Apalagi ada 4 colokan yang bisa kita manfaatkan bersama.

Beres. Hidup sudah ribet. Jadi jangan bikin hidup makin ribet lagi.

Kalau ada yang bisa memudahkan seperti ini, ya harus dimanfaatkan lagi.

Urusan USB Hub 8 Port dan USB Hub terbaik 4-in-1, ya pasti Verbatim cuy

Anda mungkin juga suka...

18 Komentar

  1. Wow.. ini keren sekali, Mas. Memang pas sekali untuk diajak ngebolang. bayangin saja 8 in 1. Tidak ada drama kehabisan daya lagi selama di jalan. Langsung kepincut nih. Dari tampilannya saja sudah menggoda hati hehehe.

  2. menulis:

    wah bisa sampai 8 port ya mas
    iya, klo Verbatim mah uda terpercaya kualitasnya mas
    Harga menentukan kualitas lah
    Aku jadi pengen punya usb hub 8 port ini deh

  3. menulis:

    Ternyata bisa transfer data dari SD card juga ya. Mantap banget nih. Bentuknya juga pakem tampak premium gitu. Jadi tertarik ingin beli.

  4. menulis:

    Bener. Saya dulu masih merasakan pakai compact disc sama dvd mau yg bisa diremove apa ngga heheh

  5. aku juga suka mutar video hp ke tv mas. soalnya lebih puas liat layarnya. Hehehe… tetapi kadang alatnya suka error. Sepertinya aku butuh usb hub 8 port ini deh.

  6. Fenni Bungsu menulis:

    Praktisnya ini, ada 8 port, jadi bisa buat menghubungkan secara langsung ya. Apalagi merek Verbatim ini sudah terkenal dengan kualitasnya, jadi makin mantap

  7. wahh toss samaan nih aku pun pake USB hub 8 port verbatim itu, ya karena emang kan fungsinya masing2 yaa, apalagi aku pake laptop type C jadi emang harus mandiri punya hub port sendiri buat segala macam kebutuhan pemindahan data atau pun mirroring device

  8. Mantap ya… ada 8 port nya.
    Aku dari kemarin cari-cari USB port begini untuk disambungin ke Mac. Alhamdulillah, dapat pencerahan dari blog kak Didik. Jadi mantap memilih USB Hub 8 Port Verbatim.

  9. USB hub 8 port…Ini sih bisa banget kalau dipake sama para staff kebun kelapa sawit. Biar lebih praktis pas mereka rapat kemajuan kebun bulanan. Secara pasti butuh menyambungkan laptop ke monitor kan….

  10. Ya ampun pengen, eh pas lihat harganya lumayan juga, tapi emang worth to buy sih ya mbak. Nabung ah biar kebeli juga

  11. menulis:

    Kalo verbatim ni insyaAllah awet banget ya mas. Inget banget aku jg punya kabelnya dia yg fastcharging udah sampe kelipet2 tetep awet dan berfungsi maksimal hihi

  12. menulis:

    Keren juga ya USB port dari Verbatim ini ada 8 colokan pula. Jadi untuk urusan transfer data jadi lebih mudah dan efisien. Penting banget ya blogger punya ini nih. Apalagi untuk urusan transfet data foto dan video. Mas Didik senasib sama aku wkwkwk aku pun internal memori di hp mesti bgt cepet penuhnya XD

  13. Harganya lumayan yaa tapi kalo kualitasnya oke sih ga masalah. Daripada beli murah eh cepet rusak. Jadi tertarik nih dgn Verbatim

  14. menulis:

    Praktis ya, kalau pergi kemana2 urusan kerjaan atau liburan trus butuh transfer file ke berbagai perangkat ga perlu bawa berbagai kabel karena ada alat 8 in 1 ini

  15. wah, lengkap banget ya kak. satu portal menuju berbagai macam akses urusan transfer mentransfer data. kalau untuk pindahin data dari HDD bisa juga gak kak? aku ada 3 Hardisk seagate yang smeua datanya pengen dipindahin di satu hardisk aja

  16. menulis:

    Ini beneran praktis loh, cukup 1 alat saja udah bisa semua. Wajib punya nih, tapi lihat harganya ternyata lumayan juga..hahah

  17. Sama nih mas, saya juga suka simpan video film di hp lalu nanti transfer ke laptop biar lebih puas nontonnya dan USB Hub yg bagus perlu banget buat transfer data lebih cepat.

  18. Adaptor USB Hub dan USB Hub 8 port Verbatim ini bikin mupeng, bakal praktis pas kerja dan butuh transfer data yang tersimpan di HDD untuk dipindahin ke laptop. Cocok ya buat para pekerja digital, apalagi yang sering mobile. Ada garansinya tidak ya, Mas, produknya tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *