stres di depan laptop
Tea Tips

5 Cara Mengembalikan File Yang Sudah Terhapus Di Laptop

Selama menggunakan laptop, pastinya Anda pernah secara tidak sengaja menghapus file berupa dokumen, foto, atau file apa pun yang ada di dalam laptop. Tentunya hal seperti ini bisa membuat Anda panik. Apalagi jika file-file yang Anda hapus merupakan file yang cukup penting.

Namun hal–hal seperti itu saat ini tidak perlu dikhawatirkan lagi. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang sudah dihapus ataupun tidak sengaja terhapus dari laptop Anda. Kira–kira cara apa saja yang bisa kita lakukan? Yuk kita simak 5 cara mengembalikan file yang terhapus di laptop sebagai berikut.

Mengembalikan File melalui Recycle Bin

Hal pertama yang visa Anda lakukan saat tidak sengaja menghapus file di laptop yaitu membuka Recycle Bin di desktop laptop. Biasanya file yang baru dihapus akan berada di dalam Recycle Bin. Tetapi jika Anda tidak dapat menemukan Recycle Bin di desktop laptop maka Anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini:

Klik tombol start lalu pilih settings kemudian dalam menu settings pilih Personalization lalu Themes. Cari menu Desktop di icon settings kemudian checklist Recycle Bin dan klik OK. Setelah itu Anda bisa memilih file yang ingin Anda kembalikan dengan cara klik kanan dan pilih Restore.

Mengembalikan File lewat File History

Mengembalikan file dengan cara membuka file history ini hanya bisa digunakan di laptop yang menggunakan Windows 10. Tetapi sebelum Anda bisa mengembalikan file melalui file history ini, Anda juga sebelumnya harus rajin mem-backup isi file dari laptop Anda. Berikut langkah – langkah yang harus Anda lakukan:

Buka settings kemudian pilih Update & Security kemudian pilih menu Backup lalu Add a drive. Setelah klik add a drive maka akan muncul drive yang digunakan sebagai penyimpanan. Kemudian simpan file backup tersebut ke ruang penyimpanan lain. Selanjutnya Anda bisa memilih menu Automatically Backup my files jika ingin mem-backup file secara berkala. Untuk mengembalikan file, Anda tinggal klik restore.

Mengembalikan File Menggunakan Command Prompt

Cara lain yang bisa Anda lakukan jika ingin mengembalikan file di laptop tetapi sudah tidak bisa ditemukan di dalam Recycle Bin yaitu dengan mengakses Command Prompt. Langkah–langkah mengembalikan file dengan Command Prompt yakni sebagai berikut:

Ketik pada Search Bar “cmd” kemudian klik kanan dan pilih Run as Administrator. Selanjutnya ketik chkdsk nama file yang terhapus. Kemudian ketik ATTRIB – H -R -S /S /D nama file yang dihapus. Kemudian tunggu sampai file yang Anda ingin kembalikan selesal di-restore.

Mengembalikan File Menggunakan Recuva

Jika software yang ada di dalam laptop Anda masih belum bisa mengembalikan file laptop yang sudah terhapus maka Anda bisa menggunakan software file recovery tambahan seperti Recuva. Anda bisa mengunduh software ini secara gratis. Berikut ini langkah–langkah penggunaan Recuva:

Pilih tempat penyimpanan tempat file yang sebelumnya terhapus. Lantas pilih tempat penyimpanan baru untuk menyimpan file yang akan di-restore. Kemudian klik menu Scan untuk memindai file yang terhapus. Tunggu sampai proses pemindaian selesai. Setelah muncul file yang dicari, klik tombol recover.

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. Andrie K. menulis:

    Aku pernah pake recuva buat balikin foto dan video yang gak sengaja kehapus didalam foldsr, syukurnya bisa balik tapi gak semuanya dan kualitas foto serta videonya itu jadi menurun. Awalnya dimana HD banget gitu, jadi kek pecah-pecah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *