Manfaat Minum Air Hangat
Tea Tips

Mitos dan Fakta yang Wajib Anda Tahu dari Manfaat Minum Air Hangat

Bagi beberapa orang mereka percaya bahwa air hangat ini memiliki manfaat yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan air putih. Hal tersebut tentunya ada yang benar dan ada juga yang tidak. Pada kesempatan kali ini, mari kita bahas beberapa mitos dan juga fakta mengenai manfaat minum air hangat supaya Anda tidak salah lagi.

Mitos Manfaat Minum Air Hangat

Membersihkan saluran pencernaan

Ada sebuah cara untuk mendetoks tubuh yang cukup terkenal di masyarakat. Cara tersebut yaitu dengan minum air hangat yang sudah dicampurkan dengan garam yang tidak mengandung yodium. Jika meminum air tersebut katanya memiliki efek laksatif yang bisa membuat Anda buang air besar (BAB) dalam satu jam atau lebih.

Cara tersebutlah yang dipercaya bisa membersihkan usus besar, membuang racun, dan lain-lain. Padahal kenyataannya, hal tersebut masih belum pasti, karena belum terdapat bukti ilmiah yang menjelaskan hal tersebut.

Membakar lebih banyak kalori

Ada juga orang yang bilang jika kita sering mengonsumsi air hangat bisa membantu untuk membakar lebih banyak kalori jika dibandingkan dengan air dingin. Padahal kebenarannya adalah sebaliknya karena air dingin ini ternyata bisa lebih efektif dalam membakar lemak. Kenapa bisa dikatakan begitu? Karena suhu tubuh akan meningkat supaya air yang masuk jadi hangat. Tapi dalam mengurangi berat badan, manfaatnya ini tidak terlalu signifikan karena jumlah kalori yang dibakar benar-benar sedikit.

Fakta Manfaat Minum Air Hangat

Meredakan gejala flu

Bagi Anda yang merasa pilek, sakit tenggorokan, dan batuk, ternyata bisa diredakan dengan meminum air hangat. Saat minum air hangat, tenggorokan Anda bisa terhindar dari iritasi. Selin itu, uap hangat yang dimilikinya juga bisa membantu lendir yang menyumbat saluran pernapasan jadi encer. Supaya lebih efektif, Anda bisa menambahkan madu, jahe, atau lemon ke dalam air hangat tersebut.

Meredakan nyeri akibat menstruasi

Minum Air hangat ini juga ternyata bisa membantu Anda untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi. Minumlah air hangat secukupnya supaya tubuh Anda bisa menahan air yang ada di dalam dan membuat tubuh Anda tidak akan kembung karena nyeri menstruasi.

Dengan minum air hangat juga bisa membantu tubuh Anda untuk merelaksasikan otot yang kram. Selain itu, air hangat juga bisa membantu untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh Anda.

Meredakan sakit dan nyeri pada radang sendi

Fakta selanjutnya adalah bisa meredakan sakit pada sendi. Hal ini terjadi karena sistem saraf yang ada pada tubuh jadi tenang karena tubuh cukup terhidrasi.

Meredakan stres

Bagi Anda yang sering merasa stres, coba untuk sering minum air hangat karena ternyata bisa mengurangi stres. Hal ini disebabkan aliran darah jadi lancar sehingga tubuh jadi lebih relaks dan Andapun terhindar dari rasa cemas. Selain itu bisa juga membuat Anda tidur dengan lebih nyenyak.

Meringankan gejala akalasia

Fakta yang terakhir adalah bisa membantu untuk meringankan gejala akalasia. Gejala yang satu ini adalah gejala yang membuat kerongkongan merasa kesulitan untuk bisa mengantarkan makanan ke lambung.

Nah dengan minum air hangat ini, hal tersebut bisa teratasi dan membuat Anda jadi lebih nyaman. Jika seseorang mengalami akalasia ini biasanya orang tersebut merasa kesulitan ketika menelan makanan. Makanan yang masuk ke mulut ini jadi terjebak dalam kerongkongan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.