nama malaikat dan tugasnya dalam islam
Diary Flury

Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Islam

Dalam Islam terdapat rukun Iman. Rukun Iman wajib untuk diikuti. Salah-satu poin dari rukun Iman adalah beriman kepada malaikat Allah. Malaikat adalah makhluk suci yang diciptakan oleh Allah SWT. Terdapat sepuluh nama malaikat yang harus diketahui oleh umat Islam.

Malaikat Jibril

Malaikat Jibril memiliki tugas sebagai penyampai wahyu Allah kepada para Nabi dan Rasul Allah SWT. Malaikat Jibril terakhir kali menyampaikan wahyu kepada nabi terakhir Muhammad SAW. Untuk itu, tugas lain yang dijalankan oleh malaikat Jibril yakni meniupkan roh ke dalam janin.

Malaikat Mikail

Nama malaikat dan tugasnya yang kedua adalah malaikat Mikail yang memiliki tugas untuk mengatur rezeki kepada semua makhluk yang hidup yang ada di muka bumi ini. Tidak terbatas kepada manusia, tetapi juga mengatur rezeki kepada hewan tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. Selain tugas tersebut, tugas lain dari malaikat Mikail adalah mengatur suhu panas di bumi, menurunkan hujan dan mengatur tanaman yang terdapat di bumi.

Malaikat Israfil

Malaikat Isfarif yang memiliki tugas sebagai penjaga dan peniup sangkakala pada hari kiamat. Sangkakala adalah sebuah alat berbentuk seperti sebuah terompet. Sangkakala kelak oleh malaikat Israfil akan ditiup dua kali. Tiupan yang pertama kali adalah tanda hari kiamat, sedangkan tiupan kedua menandakan hari kebangkitan. Seluruh manusia yang telah mati akan dibangkitkan dari kuburnya.

Malaikat Izrail

Nama malaikat dan tugasnya yang selanjutnya adalah Malaikat Izrail yang bertugas untuk mengambil atau mencabut nyawa makhluk hidup. Berlainan dengan tugas malaikat Jibril yang bertugas memberikan nyawa kepada makkhluk hidup. Tidak hanya nyawa manusia, namun seluruh makhluk yang ada di muka bumi akan bertemu dengan malaikat Izrail pada saat waktu kematiannya tiba.

Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir

Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir bertugas sebagai penjaga kubur yang bertugas memberikan ujian kepada manusia di alam kubur berupa pertanyaan. Malaikat Munkar akan menanyakan keburukan yang dilakukan manusia. Sedangkan Malikat Nakir akan menanyakan tentang kebaikan manusia semasa hidup.

Malaikat Raqib dan Atid

Nama malaikat dan tugasnya yang selanjutnya adalah Malaikat Raqib bertugas mencatat amal baik manusia. Sedangkan, malaikat Atid bertugas mencatat amal buruk yang dilakukan manusia selama hidup. Jadi, selama manusia hidup, semua perbuatan akan diawasi dan dicatat oleh kedua malaikat ini.

Malaikat Malik dan Malaikat Ridwan

Malaikat selanjutnya yang wajib untuk diketahui yakni malaikat Malik dan malaikat Ridwan. Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka. Sedangkan malaikat Ridwan bertugas untuk menjaga pintu surga.

Itulah nama sepuluh Nama malaikat dan tugasnya dalam agama Islam. Sesuai dengan rukun Iman bahwa sebagai umat Islam yang beriman wajib meyakini keberadaan malaikat ciptaan Allah SWT. 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *