sedekah subuh menambah rezeki
Coffee Money

Bagaimana Menyalurkan Sedekah Subuh?

Sedekah yang dilakukan di waktu Subuh atau sebelum matahari terbit memang memiliki keutamaan. Hal ini bukan berarti sedakah di waktu lainnya tidak baik, semuanya sama-sama baik. Namun, para ulama sepakat bahwa sedekah di waktu Subuh merupakan waktu yang paling baik, karena ada malaikat yang turun untuk memberikan doa kepada hamba Allah yang beribah dan bersedekah.

Islam tidak pernah memberatkan umatnya dalam sedekah dan beribahah. Meski terdapat anjuran bersedekahlah saat rezeki sempit, ini bukan berarti Anda harus mengeluarkan uang. Sebab, sedekah di waktu Subuh bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari bentuk tabungan uang kecil, hingga memberikan senyuman.

Berikut ini cara menyalurkan sedekah di waktu Subuh.

Kumpulkan dan Sedekahkan

Anda yang Salat Subuh di rumah, ada baiknya menyediakan kotak amal khusus sedekah sebelum matahari terbit atau usai salat Subuh. Lakukan setiap hari secara rutin sampil memanjatkan doa. Insya Allah akan dikabulkan oleh Allah swt, apabila dilakukan dengan keikhlasan. Tidak perlu menunggu memiliki uang yang banyak, sedekah ini bisa dilakukan dengan uang yang bernilai kecil dengan mengumpulkannya terlebih dahulu.

Apabila sudah terkumpul, maka Anda bisa menyalurkannya kepada orang yang berhak menerima, seperti kaum dhuafa, anak yatim piatu, dan lain sebagainya. Perhatikan terlebih dahulu orang yang ada di sekitar Anda, seperti keluarga dan tetangga. Kumpulkan sedekah Subuh Anda dan salurkan kepada yang membutuhkannya.

Langsung Masukkan ke Kotak Amal di Masjid

Anda yang Salat Subuh di masjid, maka persiapkan uang yang dimiliki untuk dimasukkan kotak amal seusai salat. Ada baiknya tidak ada satu orang pun yang mengetahui seberapa besar uang yang dimasukkan ke dalam kotak amal tersebut. Sebab, sebai-baiknya sedekah adalah dengan cara bersembunyi-sembunyi. Panjatkanlah doa, maka Insya Allah dikabulkan dan keberkahan akan Anda dapatkan.

Lakukan Transfer ke Lembaga Terpercaya Penyalur Zakat

Sedekah sangat dianjurkan untuk menyucikan harta yang dimiliki, apalagi jika dilakukan pada waktu Subuh. Anda yang sudah berencana melakukannya, maka bisa juga menyalurkan setiap sedekah ini melalui cara transfer kepada lembaga zakat yang terpercaya. Sedekah yang dikeluarkan sebelum matahari terbit melalui transfer akan lebih memudahkan, dan cepat tersalur, serta tepat sasaran.

Ucapkan Salam dan Berikan Senyuman

Anda yang belum memiliki penghasilan atau bahkan masih memiliki kesulitan dalam ekonomi, maka bisa memulai sedekah di waktu Subuh dengan mengucapkan salam dan memberikan senyuman kepada saudara seiman. Sesungguhnya dalam salam terdapat doa keselamatan untuk saudara seiman, dan itu termasuk dalam sedekah. Jangan lupa untuk memberikan senyuman, karena juga merupakan sedekah.

Memuliakan sesama muslim akan memberikan manfaat yang luar biasa. Keluarkan setiap sedekah Subuh terbaik yang Anda miliki dengan keikhlasan. Penyalurannya bisa dilakukan dengan berbagai cara, dan bukan diukur dari seberapa besar nilai yang Anda keluarkan. Ketika Anda bersedekah sebelum matahari terbit atau di waktu Subuh, maka akan ada dua malaikat mendoakan atas kelancaran dan keberkahan rezeki.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *