manfaat bersyukur harga diri
Diary Flury

Ini Dia Manfaat Luar Biasa Dari Bersyukur

Rasa syukur merupakan salah satu cara yang dengan cepat berputar dari satu perasaan negatif ke kondisi pikiran positif. Pastinya semua orang pernah mengalami pergumulan serta perselihan dalam hidup, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini.

Ketika dalam kondisi terpuruk, biasanya kita akan cenderung mengasihani diri sendiri. Namun, terlalu lama mengasihani diri sendiri itu justru akan berakhir dengan rasa depresi lho! Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mempelajari cara merubah rasa kasihan diri dengan perasaan yang lebih bermanfaat, yakni dengan bersyukur.

Definisi Bersyukur

Sebenarnya syukur merupakan konsep yang simple, namun cukup sulit untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Ya, bersyukur dengan apa yang kita miliki serta melatih diri sendiri untuk tidak fokus terhadap apa yang tidak kita miliki bukanlah hal mudah.

Dengan bersyukur, maka hal tersebut dapat meningatkan kita untuk berhenti sejenak, meredam kekhawatiran dan depresi. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat bersyukur, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini.

5 Manfaat Bersyukur

1. Memperkuat Hubungan Diri Sendiri

Apabila kamu bersyukur telah mempunyai orang yang istimewa dalam hidup, maka kecil kemungkinannya bagi kamu akan menerima begitu saja. Dengan adanya rasa bersyukur, maka kehadiran mereka dan untuk hal-hal lainnya dalam hidupmu akan menjadi lebih bahagia. Setelah muncul rasa bahagia, secara otomatis kamu juga akan memelihara hubungan dekat dengan diri sendiri.

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental dan Fisik

Berdasarkan dari beberapa hasil studi, menyebutkan bahwa orang-orang yang bersyukur lebih cenderung menjalankan pola hidup sehat. Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa diet dan aktivitas teratur merupakan salah satu cara paling tepat dalam meningkatkan kesehatan mental serta fisik.

3. Dapat Meredam dan Menurunkan Amarah

Sebenarnya setiap orang tidak bisa merasakan kemarahan dan rasa terima kasih dalam waktu yang bersamaan. Perilaku agresif kurang mungkin terjadi saat kita merasa bersyukur, sehingga rasa terima kasih juga akan mendorong kamu untuk mengekspresikan kebaikan kepada orang lain.

4. Dapat Meningkatkan Harga Diri

Siapa bilang bahwa urusan harga diri itu selalu berkaitan dengan kemewahan dan kekayaan saja? Buktinya, ternyata rasa bersyukur juga dapat meningkatkan harga diri seseorang lho. Ya, ketika kamu mempunyai hubungan yang kuat, maka kamu akan merasa lebih baik tentang diri sendiri.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena harga diri merupakan hasil dari membangun kesadaran dan melakukan hal-hal sulit. Pada intinya, kamu akan fokus terhadap apa yang kamu syukuri sehingga dapat meningkatkan harga diri.

5. Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Apakah kamu kamu termasuk salah satu orang yang mengalami masalah insomnia atau sulit tidur di malam hari? Jika iya, ada kemungkinan kamu adalah orang yang jarang bersyukur. Pasalnya, dengan bersyukur akan membuat hidup kita menjadi lebih tenang sehingga dapat mengurangi stres.

Sebab terlalu banyak stres bisa memberikan dampak buruk untuk kualitas tidur. Oleh karena itu, bersyukur dengan berdoa serta meditasi bisa membuat dirimu terbawa ke dalam kondisi pikiran yang lebih tenang.

Saat kamu melakukan meditasi, biasanya akan tercipta lebih banyak gelombang orak theta. Pikiran akan lebih tenang sehingga kamu bisa tidur nyenyak dimalam hari.

Nah, seperti itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari rasa bersyukur.  

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.