Ilustrasi orang sakit gigi
Tea Tips

5 Obat Untuk Mengatasi Nyeri Akibat Sakit Gigi

Ketika sedang mengalami sakit gigi, tentunya hal ini membuat anda tidak nyaman yang bisa membuat aktivitas Anda sehari-hari menjadi terganggu. Jangankan untuk beraktivitas, untuk makan dan tidur saja sangat sulit dilakukan ketika sakit gigi. Lantas bagaimana solusinya?

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan coba memberikan informasi tentang 5 obat untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi sebagai berikut :

Asam Mefenamat

Asam mefenamat berfungsi untuk meredakan rasa nyeri ringan hingga sedang pada orang dewasa dan anak-anak, seperti nyeri akibat sakit gigi. Asam mefenamat mampu meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi yang dipicu adanya masalah seperti gigi sensitif, gigi berlubang, karang gigi, dan gangguan gigi lainnya.

Untuk dosis pemakaian, gunakan asam mefenamat dengan dosis pemakaian pertama yang dianjurkan adalah 500 mg. Kemudian dapat diteruskan dengan mengonsumsi sebanyak 250 mg per jam sekali (disesuaikan dengan kebutuhan). Dosis ini bisa digunakan tidak lebih dari 7 hari berturut-turut.

Setiap penggunaan obat berpotensi menimbulkan efek samping. Jika efek samping memburuk, segera konsultasi dengan dokter. Adapaun efek samping yang mungkin timbul dari pemakaian asam mefenamat antara lain mual, saki kepala, sakit perut, muntah, diare, pusing, dan lain sebagainya.

Paracetamol

Paracetamol ini termasuk golongan NSAID yang berfungsi untuk meredakan rasa nyeri akibat peradangan. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk menurunkan demam serta bisa meringankan sakit kepala yang diakibatkan oleh sakit gigi.

Perlu diingat, bahwa obat ini tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki alergi atau masalah pada hati.

Ibuprofen

Obat selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah Ibuprofen. Namun hindari mengonsumsi obat ini jika perut Anda dalam keadaan belum terisi karena bisa melukai lambung.

Dan jangan mengonsumsi obat ini melebihi dosis yang sudah ditentukan, dengan tujuan supaya lebih cepat sembuh. Justru hal tersebut membuat kerja obat ini menjadi tidak efektif.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi obat sesuai dosis yang dianjurkan. Dan jika rasa sakit sudah menghilang, sebaiknya hentikan segera penggunaan obat ini.

Naproxen

Naproxen merupakan obat pereda nyeri yang sering digunakan untuk mengobati sakit gigi. Dan obat sakit gigi ini tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 220 mg. Contoh merek obat Naproxen adalah Xenifar.

Selain itu, Anda harus mewaspadai efek samping dari obat ini. Beberapa efek samping pada umumnya yang sering terjadi jika mengomsumsi obat ini adalah sakit perut, mulas ringan, diare sembelit, perut kembung, sakit kepala, kulit gatal dan memerah, serta penglihatan kabur.

Oleh karena itu apabila Anda disarankan menjalankan operasi gigi atau cabut gigi, sebaiknya beri tahu terlebih dahulu kepada dokter bahwa Anda sedang rutin mengomsumsi Naproxen.

Hidrogen Peroksida 3%

Hidrogen peroksida merupakan antiseptik cair yang bisa dijadikan obat kumur guna membunuh bakteri penyebab timbulnya radang gusi. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Larutkan hidrogen peroksida dengan menggunakan air, lalu kumur selama 30 detik.
  • Lalu segera buang dan kumur lagi dengan menggunakan air bersih.

Harus Anda ingat, bahwa cairan hidrogen peroksida ini harus dilarutkan terlebih dahulu. Jika menggunakan bentuk aslinya bisa melukai mulut dan gigi Anda.

Selain untuk mengobati sakit gigi, obat kumur ini juga bisa digunakan untuk mengobati bau mulut yang merupakan tanda infeksi pada gusi.

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. Ternyata banyak juga ya obat untuk sakit gigi ini, dicatat dulu deh nanti kalau misalnya ada yang sakit gigi bisa nih kucoba untuk kasih saran. Tapi beberapa ada efek sampingnya ya, penting banget buat dicatat nih biar nanti gak kaget kalau efeknya muncul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *