fbpx
sayur-gangan-asam-kutai

6 Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Enak dan Lezat

7 makanan khas Kalimantan Timur ini harus dicoba. Memang tidak afdol rasanya saat berkunjung ke suatu daerah tetapi tidak mencicipi kulinernya. Begitupun saat berkunjung ke Kalimantan Timur, Anda bisa coba menikmati berbagai makanan khas Kalimantan Timur yang enak dan lezat.

Berikut ini 6 kuliner khas Kalimantan Timur yang enak dan lezat :

Roba Ruan

Makanan khas Kalimantan Timur yang pertama adalah Roba Ruan. Roba Ruan ini terbuat dari olahan ikan gabus atau ikan haruan yang dijadikan mirip abon. Walaupun demikian, makanan ini memiliki citarasa yang berbeda dengan abon. Kuliner yang satu ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat. Rasanya yang gurih akan membuat selera makan anda menjadi bertambah.

Nasi Bekepor

Nasi Bekepor ini merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Timur yang wajib anda coba saat berkunjung ke Kalimantan Timur. Hidangan warisan Raja Kutai Kartanegara ini merupakan nasi liwet yang dipadukan dengan minyak sayur, aneka bumbu rempah khas dan ikan asin.

Keunikan dari makanan yang satu ini adalah proses memasaknya yang menggunakan alat khusus, yakni Ketel. Dimana, beras bersama bumbu dimasak di dalamnya. Sebelum diangkat, ditambahkan ikan asin, cabai, kemangi dan jeruk nipis terlebih dahulu. Apabila bagian pinggirnya sudah berkerak, itu artinya sudah bisa diangkat.

Nasi Bekepor ini biasanya disajikan bersama daging masak bumi hangus atau sayur gangan asam Kutai.

Gance Ruan

Makanan khas Kalimantan Timur selanjutnya adalah Gance Ruan. Ruan ini sendiri merupakan nama yang diambil dari nama ikan yang digunakan sebagai bahan baku, yakni ikan ‘Haruan’ atau ikan gabus. Sedangkan Gance adalah nama dari bumbu khas pada kuliner ini.

Cara penyajian makanan khas rica-rica dari Kutai Kartanegara ini pun cukup sederhana. Dimana, ikan biasanya akan dibakar atau digoreng kering dengan lumaran garam. Pada saat disajikan, ikan yang sudah matang akan ditaburi rempah-rempah khas dengan sehingga menghasilkan citarasa manis dan pedas yang dijamin bisa membuat anda ketagihan.

Sate Payau

Makanan khas Kalimantan Timur lainnya yang patut anda coba saat berkunjung ke Kalimantan Timur adalah Sate Payau. Jika anda biasa menemukan sate dari olahan daging kambing atau ayam, maka di Kalimantan Timur anda akan menemukan sate dengan olahan daging yang tidak biasa karena berasal dari hewan buruan, yakni payau (rusa). Yang uniknya dari kuliner ini adalah memiliki tekstur yang lembut dan citarasa manis dan gurih.

Kuliner khas Kalimantan Timur yang satu ini memang terbilang langka, tidak banyak orang yang menjualnya, karena bahan dagingnya dari rusa. Walaupun demikian, anda bisa menjumpainya ketika ada festival atau acara adat masyarakat setempat. 

Sayur Gangan Asam Kutai

Sesuai dengan namanya makanan ini merupakan sayur asam khas Kalimantan Timur. Namun, sayur asam ini memiliki keunikan soalnya menggunakan bahan utama yang berbeda, yakni kepala ikan gabus.

Adapu bahan pelengkapnya adalah talas, potongan kangkung, dan jantung pisang batu. Sayur ini memiliki citarasa sangat segar dan kaldu ikan yang kuat sehingga dijamin bisa memanjakan lidah anda.

Daging Masak Bumi Hangus

Kuliner dengan nama cukup unik ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu kecap. Selain namanya yang unik, proses pematangan daging ini berlangsung cukup lama sehingga warnanya berubah menjadi hitam kelam. Walaupun demikian, citarasa makanan yang satu ini jangan diragukan lagi dengan rempah-rempah khusus yang digunakan yang dapat menggugah selera. 

Please follow and like us:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email