fbpx
kursus online gratis

Kursus Online Gratis Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan bukan perkara mudah. Salah dalam perencanaan keuangan bisa membuat masa depan bubrah. 

Beruntung aku ikut kursus online gratis tentang mengatur keuangan untuk masa depan. Setidaknya bisa menjadi acuan agar caraku mengatur keuangan tak salah jalan.

kursus online gratis

Empat Langkah Mengatur Keuangan

Aku menemukan platform belajar online Indonesia yang mudah untuk dipahami. Dalam platform belajar online ini memberikan kursus gratis online. 

Tentu semua sudah paham. Kondisi pandemi COVID-19 memicu semua ilmu dan pengetahuan bisa diperoleh secara online. Banyak aplikasi belajar online gratis yang memberikan ilmu secara cuma-cuma. Asal, kita mau rajin mencarinya.

Daripada berlama-lama, yuk cek empat langkah mengatur keuangannya ya:

Seimbangkan Pemasukan dan Pengeluaran

Cara pertama dalam mengatur keuangan dengan mengetahui pemasukan dan pengeluaran. Baik kita yang sudah bekerja atau memiliki usaha sendiri, atau bahkan pekerja lepas (freelancer) harus mengetahui prinsip ini.

Pepatah lama bilang, jangan besar pasak daripada tiang. Artinya, jangan lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Ini prinsip dasar mengelola keuangan yang tidak bisa diganggu gugat lagi.

Kenali dan Kelola Utang Sejak Dini. 

Tidak ada yang salah dengan berutang. Asal utangnya mampu dikelola secara baik dan benar. Bukan yang bersifat konsumtif yang nilai harga asetnya malah turun. 

Ayo jangan bohong deh. Meski hanya Rp 1.000, tentu kita pernah berutang, bukan? Apalagi sekarang banyak e-commerce yang menawarkan cara pembayaran dengan paylater. Itu sama saja dengan berutang. Asal kita patuh dalam membayar cicilan, utang bisa bermanfaat dalam mengelola keuangan.

Banyak perencana keuangan bilang, tips untuk membayar cicilan utang maksimal 30 persen dari gaji bulanan kita. Artinya, ada uang sisa untuk kebutuhan kita sehari-hari. Jangan sampai nanti malah kita sibuk berutang, gaji yang masuk malah abis untuk bayar cicilan.

Bentuk Aset dan Dana Cadangan

Setelah kita mampu mengelola pemasukan dan pengeluaran serta mengenali dan mengelola utang, kita perlu membentuk aset dan dana cadangan.

Bagi yang baru bekerja, jangan lupa untuk menyisihkan dana cadangan. Dana ini akan bermanfaat saat kondisi darurat. Misalnya nih, amit-amit kita terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dari kantor akibat COVID-19. Atau usaha kita bangkrut terimbas pandemi virus mematikan itu. Nah, dana cadangan ini yang mampu menyelamatkan kita jika kita tak menerima gaji atau pemasukan lagi.

Bagi yang masih jomblo, kita bisa menyiapkan 6 kali gaji untuk dana darurat. Bagi yang sudah berkeluarga, minimal harus menyiapkan 12 kali gaji. Misal kita punya gaji Rp 2 juta per bulan. Jadi kita harus menyiapkan Rp 12 juta untuk single dan Rp 24 juta untuk yang berkeluarga demi dana darurat ini. Punya dana darurat lebih dari itu? Tentu lebih baik lagi.

Jangan lupa juga untuk menyisihkan dalam membeli aset. Misal ponsel dan laptop untuk bekerja, sepeda motor atau mobil untuk transportasi, atau aset dalam bentuk lainnya. Ingat, dana darurat tidak boleh diutak-atik ya. Jangan sampai udah bekerja lama, tapi tidak bisa menumpuk aset dan dana darurat ini. Duh.

Wujudkan Tujuan Keuangan Dengan Investasi

Jika tiga hal di atas sudah aman, barulah kita memikirkan investasi. Jadi jangan dibalik ya. Seluruh gaji kita malah digunakan untuk investasi. Atau malah ada yang berutang demi membeli sebuah produk investasi. Iya kalau produk investasinya melonjak? Kalau malah sebaliknya? Kita bisa gigit jari dibuatnya.

Nah, investasi ini sebenarnya mampu mempercepat semua tujuan keuangan kita. Misal kita ingin membeli mobil, uang muka rumah, menyekolahkan anak, naik haji, dan sebagainya. 

Dengan rencana tujuan keuangan itu, kita bisa memilih produk investasi yang sesuai dengan profil risiko keuangan kita. 

Kalau kita orangnya takut uang merosot tajam, berarti kita bertipe konservatif. Produk investasi yang cocok misalnya tabungan, deposito atau surat berharga negara. 

Kalau kita berani ambil risiko, berarti kita cenderung agresif. Produk investasi berupa saham hingga valuta asing (foreign exchange) bisa menjadi pilihan. 

Satu lagi, jangan sampai tergiur investasi bodong ya. Mentang-mentang ada penawaran keuntungan 5 per bulan, kita langsung percaya dan menaruh uang di situ. Pas ditagih keuntungannya, ternyata uang dibawa kabur pemilik. Nasib deh. Jangan sampai lah ya.

Pengalaman Belajar Online Gratis di Qubisa

Nah, materi mengatur keuangan di atas aku peroleh dari webinar gratis Indonesia yang kutonton melalui platform kursus online. Pemaparannya melalui video. Jadi mirip dengan webinar Indonesia yang sering digelar saat pandemi ini. 

Penjelasannya runut karena video diunggah dalam beberapa bagian. Setiap bagian bisa ditonton kurang dari lima menit. Sehingga kita tidak akan bosan menontonnya. 

Semua video kursus online gratis 4 langkah mengatur keuangan ini bisa ditonton oleh siapa saja. Tentunya yang memerlukan informasi pengembangan diri dari berbagai ragam ilmu.

platform belajar online Indonesia

Melalui platform belajar online Indonesia ini, aku bisa mengetahui informasi apapun yang aku inginkan. Dengan aplikasi belajar online Qubisa, aku bisa belajar tentang banyak hal secara praktis dan gratis. Tetapi yang berbayar juga ada donk. Tentu dengan ilmu yang lebih berbobot lagi.

Qubisa Aplikasi Belajar Online

Qubisa ini sudah menjadi platform kursus online terpercaya dalam pendidikan dan pembelajaran. Kita bisa mengunduh aplikasi Qubisa Google Play maupun App Store. Jadi kita bisa streaming webinar gratis Indonesia dan kursus gratis online secara mudah.

Di Qubisa sudah terdaftar lebih dari 35 ribu murid dan 200 instruktur. Ada lebih dari 100 kursus dan lebih dari 500 microlearning. 

platform belajar online Indonesia

Sudah terbayang donk begitu banyak pendaftarnya. Mereka terdiri atas fresh graduate (lulusan baru) yang akan memasuki dunia kerja, higga pekerja profesional yang ingin meningkatkan keterampilannya. Bahkan ada juga individu yang meniti karier sebagai pengusaha. 

By the way, Qubisa juga bermitra dengan beragam lembaga, khususnya yang menyediakan konten. Bisa juga dari individu yang berminat menjadi instruktur. Tentu ini akan menjadi sumber pendapatan tersendiri bagi kreator yang mampu menjadi instruktur. 

Kelebihan Belajar Online Gratis di Qubisa

Beragam ilmu pengembangan diri bisa ditonton melalui belajar online gratis ini. Ada bisnis, keuangan dan akuntansi, sumber daya manusia (SDM), IT dan software, IT development, gaya hidup dan kesehatan, sales dan marketing, hingga teaching dan akademik. 

Oh ya, semua instruktur dalam pemaparan materi menggunakan bahasa Indonesia. Jadi tidak ada alasan lagi kesusahan dalam pemahaman bahasa ya. 

Kontennya yang beragam dan mode pencarian yang mudah membuat kita gampang untuk menemukan webinar Indonesia yang sesuai dengan yang kita butuhkan. 

Uniknya, kita bisa mengetahui beragam ulasan dalam setiap video di platform belajar online ini. Dengan tanda berupa bintang, akan memudahkan dalam penilaian konten dari setiap video yang akan kita tonton. 

Cara ini mirip scoring di beragam toko di situs belanja online. Semakin banyak bintangnya, berarti tokonya terpercaya. Apalagi dengan banyak ulasan positif. Jadi toko itu merupakan toko terpercaya. Begitu juga dengan seluruh konten video di Qubisa ini. 

Jadwal Webinar Platform Belajar Online Indonesia

Qubisa memberikan jadwal webinar rutin. Setiap hari rekomendasi konten akan diberikan, terutama video yang sesuai dengan kondisi kekinian dan banyak diperlukan masyarakat. 

Ada juga webinar terdekat yang bisa masyarakat tonton secara daring. Konten webinar untuk tanggal 1 Maret dan seterusnya sudah mulai ada. Jadi kita tinggal stay tune pas sesuai jam tayangnya ya. So, jangan nungguin jadwal drakor dan sinetron aja ya. Sekali-kali pantengin jadwal webinar donk di Qubisa.

Ada juga webinar terbaru dan terpopuler. Kita akan mendapatkan rekomendasi konten terbaik dari setiap video kursus yang diunggah Qubisa.  

Keuntungan Kursus Online Gratis di Qubisa

Kursus online gratis ini memberikan akses selamanya, baik yang gratis maupun yang berbayar. Jadi sekali bayar, kita bisa mengulang video-video yang sudah kita beli. Asyik ya.

Bagi yang memerlukan sertifikat, semua pelatihan belajar online gratis ini juga menyertakannya. 

Qubisa juga memiliki program sertifikasi. Hingga kini baru dua program yang bisa diikuti yakni Sertifikasi Supervisor Pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Sertifikasi Manajer Pengelolaan Sumber Daya Manusia.

Sertifikat dan sertifikasi bisa dicantumkan dalam daftar riwayat hidup. Jadi akan menambah kompetensi kita donk

Bagi milenial yang ingin uji kompetensi, juga bisa mengeceknya di sini. Pertanyaannya gampang-gampang dan hanya memerlukan waktu kurang dari lima menit untuk menjawabnya. 

Ini semacam tes psikologi tapi untuk menentukan kompetensi dari kemampuan kita. Bagi yang ingin mencoba, silakan ya.

Pentingnya Perencanaan Karier dan Pengembangan Diri

Dalam bekerja, tentu kita mencari sebuah karier. Sebuah jenjang kerja yang menentukan posisi atau kualifikasi bidang pekerjaan yang kita geluti. Ujungnya, ada sebuah jabatan yang kita capai dan berkaitan dengan materi yang kita terima.

Untuk menuju jenjang karier itu, pelatihan pengembangan diri seperti ini mutlak diperlukan. Kita bisa belajar apa pun sesuai dengan keinginan kita. Atau bidang yang sesuai dengan pekerjaan kita.

Di Qubisa, kita bisa menemukan beragam pelatihan pengembangan diri. Pada akhirnya akan menentukan karier kita di masa depan. Misal kita bekerja di bidang content writer. Pelatihan pengembangan diri yang bisa kita ikuti antara lain pelatihan search engine optimization (SEO), semantik, meriset data, komunikasi, editing, hingga pengetahuan tentang media sosial.

Pelatihan ini akan menentukan kualitas kemampuan kita dalam bekerja. Pimpinan akan menilai kemampuan kita. Akhirnya, jenjang karier kita akan lebih mudah diraih.

Kejar Diskon Payday

Yang lebih mengasyikkan lagi, ada program Kejar Diskon Payday. Program ini memberikan diskon pembayaran kursus hingga 70 persen. Penawaran ini terbatas sejak 25 Februari hingga 3 Maret 2021. Ayo buruan. 

Di era modern sekarang ini, semua orang ingin serba praktis dan cepat dalam mengakses informasi. Pepatah bilang, siapa yang menguasai informasi, dia lah yang memenangkan dunia. 

Siapa yang mau nonton video di aplikasi belajar online Qubisa, kudoakan semoga lekas kaya dan tercapai semua impiannya. 

Please follow and like us:

91 komentar untuk “Kursus Online Gratis Mengatur Keuangan”

  1. Wah saya pengen banget deh bisa belajar mengelola keuangan dengan lebih bijak dan baik lagi.

    Beruntung bisa mengunjungi website kece ini, sehingga saya bisa dapat informasi daging soal kursus belajar online di Qubisa.

    Menarik sekali ya bisa mencoba belajar di Qubisa.

    Pengen coba aaaah

  2. Sertifikasi bisa juga dilakukan secara online ya. Ini materinya seputar dunia manajemen? Atau ada pelatihan di bidang kuliner, fotografi. Mau intip lebih lanjut kalau ada yang menawarkan kurus online gratis :))

  3. Wah enak juga bisa belajar online tentang keuangan di aplikasi Qubisa kita jadi banyak mendapatkan ilmu tentang pengelolaan keuamgan secara online supaya bisa lebih sukses lagi dalam berinvestasi dll

  4. Wah, ini menarik ya, Mas. Jadi mengajarkan kita mengatur dan mengolah keuangan juga. Kalau kemarin, saya baru coba kursus online gratis di QuBisa seputar bisnis kopi. dan jadi ketagihan Mas, mau ikutan kursus lainnya hehehe.

  5. Ini penting banget sih buat aku, biar ngatur keuangan bisa balance. Mana yang prioritas dan mana yang tunda dulu, siap kepoin Belajar Online Gratis di Qubisa ah

  6. Qubisa memang platform kursus online yang komplit ya. Segala macam jenis materi ada di situ. Bahkan kemarin ngintip2, ada resep masakan juga. Bener-bener terbantu sih sama Qubisa. Aku sudah belajar tentang pengembangan diri dan bisnis, review tentang materi keuangannya juga menarik. Next main-main ke sana lagi aah.

  7. Belajar mengelola keuangan harian ini yang agak sulit aq kerjain kak, soalnya gak sesuai ekspektasi dan ada aja uang yang keluar tanpa perencanaan. Kayak nya aq perlu ikutan belajar online di Qubisa juga nih biar makin paham

  8. Mengelola keuangan tu ilmu penting banget..karena bukan hanya diterapkan utk pekerjaan/bisnis..Kehidupan sehari-hari wajib banget menerapkan ilmu ini

  9. Qubisa menarik banget, cocok buat isi waktu di saat pandemi biar lebih berfaedah, belajarnya pun online bisa kapanpun dimaU

  10. Lengkap sekali yang ditawarkan Qubisa untuk bisa menyerap ilmu yang dibutuhkan.
    Selain mengatur keuangan, masih banyak lagi ilmunya. Tapi aku setuju banget…belajar literasi keuangan ini perlu banget sedari dini.

  11. Wah banyak pelatihan menarik yg bisa didapatkan di Qubisa ya. Perlu banget nih utk mencobanya. Buat nambah skill biar nggak ketinggalan jaman sama yg muda2

  12. Kelas online buat belajar keuangan di masa pandemi begini penting sekali ya, Kak. Untuk belajar bagaimana mengelola keuangan yang baik dan menggunakannya dengan tepat. Qubisa ini platform baru ya, Kak? Tapi recommended ya.

  13. Baru aja kepikiran buat ambil kelas online keuangan. Karena kebetulan lagi pegang akun socmed bank, biar nambah wawasan buat bikin kontennya sekalian buat bekal juga biar bisa lebih rapi atur keuangannya. Bole dicoba nih kursus di Qubisa.

  14. Mengelola keuangan itu gampang-gampang susah. Wah ternyata di QuBisa ada kursus mengelola keuangan juga ya . Dari kemarin mau coba kursus Bahasa Inggris gratis belum jadi-jadi

  15. Masih dan sedang mencoba untuk mengatur keuangan dengan baik, hehe. Wah ternyata ada kursus online juga ya untuk masalah ini, menarik apalagi kelas nya bisa online ya

  16. Materi mengatur keuangan selalu jadi bagian menarik untuk pelatihan ya.
    Qubisa memfasilitasi jenis oelatihan seperti ini, mantul bamget ya kak. Karena setiap orang sebenarnya butuh kelas online tentang keuangan.

  17. Nah, literasi finansial dalam memanagement keuangan nih masih belum begitu banyak wadah untuk belajarnya. Lewat aplikasi pembelajaran kursus online jadi lebih fleksibel ya terlebih di saat kondisi masih pandemi kaya sekarang materinya juga cukup banyak jadi bisa dipilih sesuai kebutuhan

  18. Dari dulu, gak pernah telaten nulis cash flow keungn sehari-hari. Sellu aja ada dan keluar tanpa disadari. Tapi semoga aja ya pas les di qubisa, diajari biar gak males bikin buku kas supaya keuangan teratur

  19. Wah, mas Didik ini informasi yang bagus banget. Aku lagi nyari-nyari info belajar keuangan soalnya. Qubisa memang recommended ya. Coba aku kepoin lagi. Nanti nanya-nanya Mas Didik juga boleh ya

  20. Mantap jiwa mas Didik, ternyata investasi baru bisa dilakukan setelah 3 hal sebelum itu sudah aman ya. Aku juga jadi ingin belajar keuangan juga di platform QuBisa. Thx 4 sharing mas Didik, keep on blogging!

  21. Sudah mulai menyisihkan pendapatan untuk dana cadangan dan investasi. Kursus gratisnya menarik nih, ini gratis seumur hidup atau ada batas waktunya, kalau ada kursus gini kan bisa lebih paham untuk atur duit

  22. Benar sekali ini, Mas. Apalagi saya ini freelance yang pendapatannya tidak tetap dan pasti. Makanya perlu sekali mengatur keuangan, dan untuk di masa pandemi ini mengutamakan kebutuhan dulu, bukan keinginan.

  23. Wah menarik sekali ya bisa belajar mengatur keuangan di QuBisa. Jadi biar nggak salah lagi dalam mengatur keuangan deh. Baru denger juga sih kursus online ini, jadi mau kepoin deh website nya…

  24. Artikel ini bikin aku belajar bahwa pengelolaan uang yg baik itu penting. Kemampuan mencari uang namun tidak dibarengi dengan kemampuan mengelola bisa berbahaya nantinya. Boncos terus yaaak

  25. Di Qubisa ini banyak pelatihan menarik yg bisa didapatkan ya. Kayaknya perlu bangetutk mencobanya utk nambah skill biar nggak ketinggalan jaman

  26. Euisry Noor (isrinur.com)

    Butuh banget ini belajar perencanaan keuangan yg oke. Ternyata bisa belajar online gratis dari QuBisa ya. Asyik…
    Aku juga udah nyoba belajar tema lain di Qubisa. Menyenangkan, videonya singkat2 jadi gak berat, bisa diulang atau jeda dulu. Pengen belajar tema2 lain juga jadinya

  27. Wah cukup lengkap yaa mba ilmu yang bisa didapat dari kursus online si Qubisa ini. Aksesnya juga mudah kan yaaa
    Apalagi masalah perencanaan keuangan ini Masya Allah kudu belajar dan prsktek dengan cermat deh agar keuangan keluarga lebih tertata dan senantiasa ada tabungan untuk masa depan

  28. Kalau ngomongin keuangan, aku suka inget sama temen ku yang pernah kuliah keuangan mba
    Dia bilang gini : aku seorang akuntan yang sukses di kantor, tapi gagal jadi akuntan yang sukses untuk keuangan pribadi
    Sepertinya dia perlu ikut pelatihan ini deh hehe

  29. Lah keren, ada aplikasinya yah. Kan kursusnya bisa sambil rebahan kalo kayak gini mah…
    Kepoin ah Qubisa. Mau belajar carai mengatur keuangan juga. Apalagi masa pandemi gini, keuangan harus diperketat deh

  30. Aku juga sedang belajar mengelola keuangan lebih rapi nih. Pengennya biar bisa jadi blogger bebas finansial gitu. Eh, di Qubisa ada materinya ya? Wah harus meluncur ke sana buat belajar nih.

  31. Wah kalau di Qubisa ini banyak kelas gratisnya, seru juga nih dicoba satu2 apalagi pengembangan diri, lihat2 juga ah kayanya yang berbayar juga asyik. Pun webinarnya juga tersedia banyak pilihan ya, tinggal pilih dan niat saja, kalau kayagini sih mah ah, jgn sampai terlewatkan ๐Ÿ˜€

  32. Wah telat ni aku bancanya, diskonnya lumayan tuh. Aku terhighlight sama yang belajar management waktu pengen ambil rasanya ๐Ÿ™‚

  33. Terima kasih sudah berbagi materi ini Kak.. Untuk dana darurat nih yg aku blm penuh mempersiapkannya.. Bismillah mudah2an bisa terkumpul..

  34. Duh, bicara perencanaan keuangan vina masih bobrok banget ini. Tapi info ini menarik banget buat dicoba. Semoga bisa diterapin, udah ampun-ampunan banget ini x_x

  35. Nurul Mutiara R.A

    Pas pandemi ini datang, aku sadar banget sih kalau ningkatin skill itu penting. Ya ampun, bagus lho di Qubisa ada sertifikasi profesional gitu. Cuma emang perlu nabung dulu nih

  36. Asik nih ada kursus online gratis …apalagi tentang mengatur keuangan..wah ini ilmu penting banget. Bisa diterapkan di urusan pekerjaan maupun pribadi ya..

  37. Aduh jadi sentilan banget buat aku yang freelancer untuk bisa mengatur keuangan dengan bijak. Jadi emang harus balance ya antara pemasukan dan pengeluaran. Jadi freelancer harus bisa nahan diri untuk belanja kalau emang job lagi seret. Aku mau ikutan deh kursus ini di Qubisa.

  38. Aku nih paling belum bisa ngatur keuangan dan sebenarnya harus ada yang memberikan infonya atau ilmunya, ternyata ada kelas onlinenya, apalagi ga pake bayar, jadi pengen ikutan gabung kelas onlinenya.

  39. Wuih sekarang kursus soft skill makin banyak macamnya ya kak, bisa diakses secara gratis pula ya. Kayak kursus mengatur keuangan ini, aku lho jadi sadar selama ini pengeluaran dan pemasukan jarang ditulis.

  40. Banyak ya pilihan kursus dan webinar di Qubisa ya. Aku pengen belajar tentang investasi nih Mbak. Ada ga ya…
    Udah hemat dan ditabung, kayaknya kurang berkembang gitu…

  41. Sejak awal pandemi, makin banyak yang ngadain kursus online kayak gini. Sekarang malah ada platformnya kayak QuBisa ini, jadi makin praktis. Sudahlah gratis, bisa dapat sertifikat lagi. Rugi kalau ga dicoba.

  42. Menyiapkan dana darurat memang perlu banget, karena nggak bisa prediksikan bagaimana keadaaan selanjutnya. Persiapannya 5 atau 6 kali gaji boleh juga nih masukannya

  43. Saya setuju bahwa rencana keuangan kita itu penting. Jangan sampai hidup kita jadi bubrah hanya karena salah merencanakan keuangan. Bisa bahaya.

    Bagaimana mengelola utang juga penting? Akan lebih baik jika kita bisa menghindarinya. Namun, yah seperti kata kakak. Meski sesekali, ada kalanya kita pernah berhutang. Misal, saat beli bahan makanan di warung terus nggak ada kembalian. Biasa pemilik warung akan berkata ya sudah bawa saja dulu uangnya. Atau kembaliannya kurang nih, ambil besok ya. Seperti itulah.

  44. Oh, jadi di Qubisa ini selain kursus yang berbayar juga ada yang gratisnya juga ya.

    Aku nih, pengelolaan uang masih suka babak belur gini, huhu,,, sepertinya perlu juga ikut.

  45. Bagus nih kursus online gratis untuk mengelola keuangan. Setidaknya dengan mengikuti kursus online, kita jadi lebih berhati-hati dalam menggunakan uang

  46. Kayanya butuh ikutan nih saya, Pak Didik…soalnya ngatur keuangan tuh PR banget dari dulu sampe sekarang. Untuk dana darurat memang masih kebobolan banget, punya uang dingin saja sudah syukur, hehehe

  47. Euisry Noor (isrinur.com)

    Pengen juga belajar tentang perencanaan keuangan nih, siapa tahu bisa bantu lebih bijak mengelola keuangan.
    Syukurlah bisa diakses kursusnya lewat QuBisa ya…. Masukin to do list

  48. kursus online seperti ini tentu menjadi salah satu cara untuk upgrade dengan mudah selama masa pandemi. APalagi masalah keuangan, ilmu nya pasti terpakai, entah dikerjaan atau kehidupan sehari hari

  49. Eh, aku udah nyobain dong belajar keuangan dari Qubisa. Materinya nampol dan beragam. Ada dari yang level basic sampai advance. Komplit. Jadi nagih deh belajar di Qubisa lagi.

  50. Serunya ngomongin keuangan itu ya pas sadar. Kalau dana saving lebih besar daripada buat main-main. Walau kadang sering berbuat impulsif, asal tabungan aman, mood aman kok

  51. Jadi nilai plus banget saat kita menemukan tempat kursus online yang tepat ya Mas Didik, sehingga ilmu yang kita dapatkan bisa langsung kita praktikan.

    Saya terkena PHK besar-besaran dan nggak punya tabungan sama sekali. Namun alhamdulillah rezeki dari Allah ada saja Mas.

    Ternyata memang penting banget menyiapkan dana cadangan ya, biar untuk keperluan yang sifatnya urgent.

    Jadi penasaran dengan platform QUBISA ini deh ah..

    Nice info Mas Didik…

  52. Pada kondisi pandemi begini memang kudu pinter-pinter mengatur keuangan ya. Soalnya pemasukan lebih sedikit, tapi pengeluaran tetap saja.

    Ilmu mengatur keuangan sebetulnya simpel, yang diperlukan hanya konsisten saja. Cuma ya kalau enggak ada panduannya, ya percuma juga sih.

    Makanya penting buat ikutan kursus baik secara online maupun offline tentang mengatur keuangan. Beruntung Qubisa menyediakannya secara gratis.

  53. Nurul Mutiara R.A

    Sebagai orang yang pernah ngambil jurusan manajemen, aku ngerasa sih Bang kalau perencanaan finansialku juga belum bagus. Tapi kayak apapun, bisa merencanakan dengan cermat itu perlu banget. Apalagi kalau yg udah berumah tangga

  54. selama pandemi banyak orang mengisi hari dgn ikutan kursus online ya mas..
    tapi alangkah enaknya klo bisa ikutan kursus secara gratis, seperti di Qubisa ini

  55. Benar nih, Mas. Pentingnya memang mengatur pendapatan dan pengeluaran. Makanya saya usahakan sekarang, membeli sesuatu yang memang sangat dibutuhkan, bukan keinginan. Terus usahakan sedikit menyisipkan pendapatan untuk dana darurat.

  56. Wkwkwk setuju… Jangan cuma nungguin jadwal drakor. Kali-kali nunggu jadwal webinar donk. Biar makin bertambah wawasan. Gak ada alasan apapun apalagi Qubisa ini banyak menyediakan pelatihan gratis.

  57. Bagi para fresh graduate yang ingin menambah skill, perlu nih ikut kursus online di Qubisa.
    Karena tantangan dunia digital saat ini, memerlukan skill tambahan seputar dunia digital dan sejenisnya. NAh, di Qubisa banyak leas yang menarik diikuti ya

  58. 30% untuk utang dari gaji, merupakan persantase yang lumayan juga. Namun juga bener jangan sibuk bayar utang, tapi malah biaya kehidupan sehari-hari terlupakan. Maka perlunya pelatihan perencanaan keuangan seperti di Qubisa biar dapat insight bagaimana cara mengatur keuangan

  59. Wah aku juga sempat kursus di platform ini. Emang sefaedah itu sih. Ternyata investasi memang sangat penting yaaa. Trims sharingnya mas Didik.

  60. seru juga sih ikutan kursus online begini, bisa dilakukan di berbagai suasana dan terasa sangat membantu banget buat upgrade selama pandemi. Apalagi ilmunya praktis dan bisa dipergunakan sebaik mungkin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email