time-management-system-2
Home

5 Keunggulan Time Management System Dibandingkan Penjadwalan Manual

Anda sebagai pelaku usaha pasti memahami bahwa setiap perusahaan tentunya punya jadwal kerja yang berbeda, tergantung jenis sektor dan industri perusahaan beroperasi.

Umumnya, sebuah perusahaan mempunyai jam operasional 8 jam per hari. Akan tetapi, hal itu tak berlaku bagi perusahaan manufaktur, rumah sakit, call center, dan lain-lain. 

Perusahaan yang beroperasional lebih dari 8 jam memiliki jadwal kerja shift yang harus diatur oleh HRD dengan menggunakan time management system. Kenapa HRD memilih time management system dan apa bedanya dengan penjadwalan manual?

Apa itu Time Management System?

Pernahkah Anda membayangkan kemudahan dalam mengatur jadwal kerja karyawan dalam jumlah banyak?  Time management dapat membantu Anda untuk mewujudkan hal itu. Sederhananya, time management system adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menyusun, menyimpan, dan mengolah jadwal kerja karyawan menjadi lebih sistematis.

Keunggulan Time Management System

Perusahaan dengan operasional lebih dari 8 jam per hari memiliki produktivitas yang tinggi dan pola kerja yang beragam. Banyaknya jumlah karyawan, operasional lebih dari 8 jam, dan pola kerja yang beragam dalam sebuah perusahaan membuat HRD harus merotasi jadwal kerja agar karyawan tidak bekerja di shift itu-itu saja. Apa sih yang membuat HRD lebih memilih time management system dibandingkan penjadwalan manual?

Time Management System Lebih Praktis dan Fleksibel

Anda harus berkutat dengan kertas dan tabel kosong jika ingin menjadwalkan jadwal karyawan dengan cara manual. Semua data dituliskan satu-satu ke dalam tabel. Kemudian, Anda juga harus berada di ruang kantor jika hendak menyusun jadwal kerja.

Namun, berbeda dengan time management system. Anda dapat dengan mudah menyusun jadwal kerja dengan praktis secara online. Sehingga Anda bisa mengakses semua penjadwalan di mana saja dan kapan saja.

Mudah Mengelompokkan Jadwal Kerja

Ingin meninjau jadwal kerja karyawan untuk shift tertentu tetapi jumlah shift dan karyawan sangat banyak? Jika menggunakan penjadwalan manual, Anda harus membolak-balik dokumen dan lagi-lagi cara itu akan menyita waktu.

Fitur time group pada time management system mampu membantu Anda untuk mengelompokkan karyawan dengan jadwal atau shift tertentu. Nantinya, Anda juga bisa membandingkan data ini dengan data kehadiran karyawan untuk mengetahui apakah karyawan datang tepat waktu atau tidak.

Baca Juga: Pangkat dan Golongan PNS Terbaru

Mampu Mengatur Kuota Cuti

Penjadwalan manual hanya mampu menyusun jadwal belaka. Akan tetapi, time management system mampu membantu HRD mengelola kuota cuti dengan fitur leaves. HRD dapat menetapkan kuota, periode, dan siapa karyawan yang berhak mendapatkan jatah cuti. Ketika karyawan mengajukan cuti dan HRD menyetujui pengajuan cuti tersebut, secara otomatis kuota cuti karyawan yang bersangkutan ikut berubah.

Cepat Memproses Rotasi Jadwal

Perusahaan yang beroperasi lebih dari 8 jam umumnya menetapkan rotasi jadwal agar karyawan tidak bekerja di shift yang sama terus-menerus. Sebab, hal ini akan memengaruhi kesehatan karyawan yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap kinerja.

Misalkan, karyawan yang bekerja di shift malam bisa bekerja di shift pagi. Begitu pula karyawan yang bekerja di shift pagi. Penggantian jadwal ini bisa diproses dengan fitur schedule exception.

Time Management System Lebih Real Time

Semua perubahan dalam time management system berjalan secara real time. Itu artinya, semua perubahan dapat terdeteksi dengan cepat.

Jadwal kerja baru akan ter-update di semua jadwal yang dipegang oleh HRD. Selanjutnya, HRD dapat langsung mengumumkan perubahan jadwal kepada semua karyawan.

Keunggulan ini tak akan ditemukan dalam penjadwalan manual. Ketika ada perubahan jadwal, data atau informasi di jadwal karyawan yang dipegang oleh staf HRD lain tidak ikut berubah. 

Dari penjelasan singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa time management system dapat membantu penyusunan jadwal kerja karyawan menjadi lebih cepat dan akurat.

Pastinya Anda ingin mendapatkan time management system paling cocok dengan perusahaan, bukan?

LinovHR adalah kunci bagi perusahaan untuk mengelola jadwal kerja karyawan untuk segala jenis perusahaan. Ingin informasi lebih lanjut? Kunjungi laman web resmi LinovHR dan dapatkan kemudahan mengelola jadwal kerja karyawan dengan Time Management System LinovHR.

Anda mungkin juga suka...

19 Komentar

  1. Ngebayangin ngatur jadwal pegai yang 5 orang saja kadang puyeng, apalagi kalau banyak. Sepertinya memang pembisnis wajib pake Time Management System LinovHR deh, biar gampang ngatur jadwalnya.

  2. Fenni Bungsu says:

    Pengaturan jadwal shift kerja karyawan memang nggak gampang sih, tapi dengan time management sistem jadi memudahkan

  3. Ngatur jadwal karyawan ini memang challenging, wajib pake time management begini supaya memudahkan. Dunia HR juga harus inovasi mengikuti zaman yang dinamis.

  4. Jasmi says:

    Teman-teman HRD ku di tempat aku bekerja sebelum ini sering mengeluh mengatur shift instruktur secara manual. Kerja keras dan ekstra hati-hati banget mengatur jadwal shifting apalagi intruktur ini berstatus part time. Aku akan rekomendasikan Time Management System ini untuk temanku.

  5. Gak kebayang kalau harus atur dan rotasi jadwa karyawan yang banyak itu secara manual. Bisa-bisa, ada nama sama di dua jadwal berbeda. Tapi dengan time management system ini, pekerjaan atur mengatur jadi lebih fleksibel dan minim kesalahan ya

  6. Akhirnya nemu juga aplikasi penjadwalan yang bisa online. Kalau pakai sistem online seperti ini tentunya memudahkan buat atur jadwal sekaligus pantau setiap saat tanpa perlu nulis di kertas atau mengingatnya

  7. Di perusahaan yang jam operasionalnya 8 jam per hari tapi di bagian-bagian lain pastinya ada kerja shift juga ya seperti security dll. Makanya butuh time management system ya untuk memudahkan tim HRD apalagi kalau jumlah karyawannya banyak gak bisa lagi pakai sistem manual

  8. haniwidiatmoko.com says:

    Mantap nih time management system online begini. Jadi engga ribet dibandingkan manual. Untuk di kampus bisa ga ya? Kan admin akademik suka ribet juga tuh mengatur jadwal mengajar…

  9. Ini cocok banget dipakai buat UKM yang meningkat skalanya jadi bisnis besar, Kak. Beberapa karyawan harus digilir dengan otomatis, terutama kalau ada yang cuti. Bisa berabe kalau asal jadwal manual karena bisa bentrok dan merugikan usaha menengah. Waktu perusahaan lebih hemat dan produktif kalau ada manajemen begini.

  10. Harusnya ini diberikan pada perusahaanku yang lama. Kayaknya ribet banget tu mereka mengatur jadwal kerjanya. Biar lebih meringankan beban pekerjaan juga sih.

  11. wah ini recomended ya
    wajib banget ya kantor pakai Time Management System LinovHR ini, biar gampang ngatur jadwal para pegawainya

  12. Kalau sudah ada sistemnya seperti ini, pastinya bisa lebih efektif dan efisien yaa Kak Didik. Setiap perusahaan wajib nih pakai Time Management System LinovHR. Supaya bisa jauh lebih produktif dibanding yang manual.

  13. sistem kayak gini memang lebih efektif dan efisien
    segalanya bisa terkover dengan baik biar lebih teratur dan terkontrol

  14. Kesibukan saat ini, sering kali ada banyak agenda pekerjaan tambahan yang dadakan. Adanya time managemeny system ini berguna banget supaya kita semua tidak lupa akan detil2 pekerjaan ya Mas 🙂

  15. Cocok banget nih jika digunakan di tempat kerja saya. Jadi bisa rapi time managementnya. Nggak perlu manual input sana sini.

  16. Time management system bisa dipakai oleh perorangan juga ga? Kadang saya masih kurang bisa mengatur manajemen waktu

  17. Pakai jadwal itu penting banget untuk memudahkan kita memanage waktu dan jadwal. Apalagi untuk urusan penting dan mendesak. Hidupmu akan terbantu dengan adanya time management.
    TTD
    Dari aku yang suka kelupaan sama jadwal. Hahahaha

  18. Rini Novita Sari says:

    time management sistem sih ini wajib ada apalagi jika utk perusahaan besar dengan byk karywan dan divisi kak.

    kebayang gak tuh puyengnya.

    klo kita aja sbg blogger butuh time management juga kan, tapi kau masih manual catet di buku note, wkkwkw

  19. monicaang says:

    Sekarang sudah ada time management system untuk perusahaan seperti ini pasti bantu banget ya. Itu sistemnya bisa dipakai untuk personal tidak ya? Karena secara personal pun pasti butuh banget tuh time management

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *