Indonesia Fundraising Award 2020 Profesionalkan Lembaga Penggalangan Dana

Indonesia Fundraising Award 2020

Indonesia Fundraising Award 2020 tahun ini kali pertama digelar. Ajang penghargaan tersebut memberikan apresiasi kepada lembaga amil zakat hingga lembaga penggalangan dana, baik swasta maupun pemerintah.

Indonesia Negara Paling Dermawan Sedunia

Berdasarkan data Charities Aid Foundation (CAF), Indonesia menduduki peringkat pertama dalam World Charity Index alias negara yang paling dermawan sedunia pada tahun 2018. Indonesia memiliki skor 59 persen, menggeser Myanmar yang tahun sebelumnya di posisi puncak.

Negara Paling Dermawan Sedunia
Peringkat negara paling dermawan sedunia versi Charities Aid Foundation pada 2018. Foto: Didik Purwanto

Laporan yang dipublikasikan pada Oktober 2018 tersebut menyebut masyarakat Indonesia senang membantu orang lain meski orang tersebut tidak dikenal dengan skor 46 persen. Selain itu, suka berdonasi materi sebesar 78 persen, dan melakukan kegiatan sukarelawan sebesar 53 persen.

Sifat gotong royong yang ditanamkan nenek moyang sejak dulu dinilai masih mengakar hingga masa kini. Orangtua di Indonesia masih menanamkan sifat tersebut kepada anak-anaknya saat ini, bahkan di tengah pandemi COVID-19 kini.

Tujuan Indonesia Fundraising Award

Direktur Institut Fundraising Indonesia (IFI) Arlina F Saliman bilang sifat gotong royong masyarakat mendorong percepatan perkembangan lembaga fundraising di Indonesia. Tidak heran lembaga penggalangan dana semakin tumbuh cepat di Tanah Air.

Atas perkembangan itu, IFI mengapresiasi lembaga-lembaga yang telah berkiprah dalam program sosial kemanusiaan. IFI lantas menggelar Indonesia Fundraising Award 2020.

Indonesia Fundraising Award 2020
Direktur Institut Fundraising Indonesia (IFI) Arlina F Saliman (kiri) saat konferensi video Indonesia Fundraising Award 2020 di Jakarta, Kamis (9/7). Foto: Dokumen Institut Fundraising Indonesia

Menurut Arlina, ajang penghargaan ini akan memacu performa lembaga penggalangan dana di Indonesia. Mereka diharapkan mampu transparan dan profesional dalam menggelar program-programnya.

Terlebih lagi ajang ini akan mampu mengajak generasi muda lebih berdedikasi menggalakkan fundraising di Indonesia. “Dengan begitu, lembaga zakat akan dapat dipercaya publik dalam setiap program yang dikampanyekan,” ujar Arlina saat konferensi video di Jakarta, Kamis (9/7).

Arlina juga bilang IFI telah mendata lembaga zakat, lembaga penggalangan dana hingga organisasi nonprofit (NGO) dalam seleksi penjurian ini sejak Januari 2020. Rencana awal ajang penghargaan ini diumumkan pada Maret 2020. Namun akibat pandemi COVID-19 ditunda hingga Juli 2020.

Penjurian melibatkan kalangan profesional sehingga tidak mengganggu kredibilitas ajang penghargaan tersebut. Dewan juri terdiri atas Direktur Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNKS) Ahmad Juwani, Direktur IFI Arlina F Saliman dan Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ) Agus Budiyanto. Ada 17 kategori nominasi dalam penghargaan kepada berbagai lembaga. Para pemenang nominasi adalah lembaga-lembaga yang sudah berjibaku dalam kemanusiaan.

“Ini membuktikan bahwa banyak lembaga fundraising yang dipercaya masyarakat,” ujar Ahmad Juwani.

Seleksi Ketat Indonesia Fundraising Award

Direktur Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNKS) Ahmad Juwani bilang dewan juri Indonesia Fundraising Award telah melakukan serangkaian kegiatan penjurian. Seleksi meliputi administrasi, kategorisasi peserta, hingga analisa tabulasi data dari metode khusus untuk mengukur performa lembaga fundraising sebelum memutuskan pemenang di setiap kategori.

Menurut dia, keputusan dewan juri telah bulat dan tidak dapat diganggu gugat. “Kami sudah upayakan asas fairness hingga komparasi performa setiap lembaga dalam penjurian ini untuk menentukan pemeng,” kata Ahmad Juwani.

Pihaknya menyambut gembira penunjukan amanah sebagai dewan juri Indonesia Fundraising Award. Harapannya akan memacu performa perkembangan lembaga fundraising di Indonesia.

Dorong Inovasi Lembaga Fundraising

Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ) Agus Budiyanto bilang Indonesia Fundraising Award akan memberikan semangat tambahan bagi pelaku lembaga penggalangan dana. Mereka diharapkan giat berinovasi dalam aspek program kemanusiaan di sekitarnya.

Hingga saat ini sudah ada 148 lembaga amal zakat di Indo yang tersebar dari Aceh sampai Papua. Selain itu, ada sekitar 400 lembaga filantropi di Indonesia.

Di tengah pandemi COVID-19 juga sudah ada lembaga filantropi yang memilki program membantu penanganan virus mematikan tersebut. “Sekitar 110 lembaga zakat telah menyalurkan dana penanganan COVID-19 sebesar Rp 350 miliar dalam berbagai aspek seperti kasus ODP, PDP, pemulasaraan jenazah hingga penyebaran masker, hand sanitizer serta bantuan lainnya,” ujar Agus.

Pihaknya juga sedang riset data konsumsi daging kurban tahun ini. “Ini akan menjadi pendukung bagi lembaga fundraising kurban tahun ini dan selanjutnya,” katanya.

Nominasi dan Pemenang Indonesia Fundraising Award

Berikut nominasi sekaligus pemenang Indonesia Fundraising Award 2020 dalam 16 kategori yang sudah disusun tim Institut Fundraising Indonesia (IFI). Pemenang ditunjukkan dalam tanda (*)

Indonesia Fundraising Award 2020
Daftar pemenang Indonesia Fundraising Award 2020. Foto: Dokumen Institut Fundraising Indonesia.

Kategori Fundraising Zakat Terbaik

Yatim Mandiri

Dompet Dhuafa (*)

Nurul Hayat

DTpeduli

 

Kategori Fundraising Infaq Terbaik

Yatim Mandiri

BMH/Baitul Maal Hidayatullah (*)

LazisNU

PPPA Daarul Qur’an

 

Kategori Fundraising Kemanusiaan Terbaik

Aksi Cepat Tanggap (ACT) *

Human Initiative

 

Kategori Fundraising Qurban Terbaik 

Dompet Dhuafa

ACT

LazisNU (*)

Human Initiative

 

Kategori Fundraising CSR Terbaik

Dompet Dhuafa

Human Initiative (*)

Baznas

 

Kategori Fundraising Digital Terbaik 

Baznas (*)

Dompet Dhuafa

Human Initiative

PPPA Daarul Quran

Sedekah Online

 

Kategori Platdorm Fundraising Digital Terbaik

Kitabisa.com (*)

Dermawan.id

Bawaberkah.org

 

Kategori Fundraising Program Kesehatan Terbaik

Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI)

Palang Merah Indonesia (*)

Laz Harfa

Mer-c

 

Kategori Fundrasing Program Pendidikan Terbaik

GNOTA

Yatim Mandiri (*)

Mizan Amanah

Rumah Yatim

 

Kategori Fundraising Program Antikorupsi Terbaik

Indonesia Corruption Watch/ICW (*)

 

Kategori Fundrasing Program Bantuan Hukum Terbaik

LBH Jakarta (*)

PAHAM

 

Kategori Fundraising Wakaf Produktif Terbaik

Dompet Dhuafa

Sinergi Foundation (*)

Wakaf al-Azhar

 

Kategori Fundraising Komunitas Terbaik

Gerak Bareng (*)

Dongeng Ceria Manajemen

Akhwat Bergerak

 

Kategori Fundraising Penggalangan Dana Langsung Terbaik

Yatim Mandiri

YDSF

Lembaga Manajemen Infaq/LMI (*)

 

Kategori Fundraising Perguruan Tinggi Terbaik 

Social Trust Fund UIN Jakarta (*)

Baitulmal Tazkia

STEI SEBI

 

Kategori Tokoh Pergerakan Fundraising Terbaik

KH Salahuddin Wahid (*)

 

Video lengkap konferensi video Indonesia Fundraising Award 2020 bisa disimak di sini ya:

One Reply to “Indonesia Fundraising Award 2020 Profesionalkan Lembaga Penggalangan Dana”

Comments are closed.