Review Aplikasi Terbaru IPOT
Coffee Money

Review Aplikasi Terbaru IPOT

Review aplikasi terbaru IPOT ini sungguh menyenangkan. Beda dengan versi sebelumnya. Aplikasi terbaru IPOT besutan IndoPremier Sekuritas ini sungguh ringan dan gampang digunakan.

Review Aplikasi Terbaru IPOT
Review Aplikasi Terbaru IPOT. Photo by: Didik Purwanto

User Interface Aplikasi Terbaru IPOT

Sejujurnya aku kurang suka dengan warna latar belakang di halaman mukanya. Warnanya terlalu gelap, pakai biru gelap. Beruntung pilihan menunya punya warna sedikit mencolok, yakni biru muda, merah marun, dan ungu.

Untungnya, warna tulisan yang putih makin memperjelas dan memudahkan dalam pemilihan menu. Menu yang ditampilkan juga minim. Jadi makin gampang bagi pemula untuk memihnya.

Selepas unduh aplikasi terbaru IPOT yang hanya berukuran 15 MB di Play Store, kita cuma perlu login username dan kata kunci (password). Nanti akan masuk seluruh portofolio kita.

Aplikasi IPOT di Play Store
Aplikasi IPOT di Play Store. Foto: Didik Purwanto

Aku sempat bingung, aku kira ini merupakan update dari aplikasi IPOTGO atau IPOTPAY. Pas aku cari update-nya, ternyata kosong. Ternyata ini aplikasi baru. Pantesan. Hehehe..

Pengalaman Baru

Pas masuk di halaman muka, kita akan disambut selamat datang dan ajakan “Mari Berinvestasi”. Di bawahnya ada tiga slide foto yang berganti dalam beberapa detik. Ini yang menarik. Sederhana. Mungkin nanti bisa dipasang iklan atau untuk menampilkan informasi penting lainnya.

Di sampingnya ada Info Kas (saldo kita), Portofolio (produk investasi kita), Order Status (status pesanan produk investasi kita), dan Calendar (pemberitahuan jadwal dividen, IPO, RUPS, hingga public expose).

Tampilan muka aplikasi IPOT
Tampilan muka aplikasi IPOT. Foto: Didik Purwanto

Di bagian bawah slide foto tadi ada explore the new IPOT. Di sini banyak petunjuk penggunaan aplikasi, baik untuk pemula atau pun yang advance. Maklumlah, ini kan aplikasi baru. Bagi yang tidak terbiasa, tentu bingung. Tapi bagi yang sudah biasa bertransaksi produk keuangan atau memakai aplikasi serupa, tentu ini memudahkan.

Asyiknya, tutorial tersebut tidak berbentuk tulisan, tapi berbentuk video yang terhubung melalui akun YouTube IndoPremier. Cerdas. Ada juga video tutorial saat masuk aplikasi terbaru IPOT, pembelian, penjualan, cek saldo, hingga cek data pribadi.

Ada 6 kolom menu di bawah. Namun yang aktif sementara hanya 3, yakni Stock, News, dan Journey. Khusus untuk menu Pay, Fund, dan Plan akan segera diumumkan ke depan. Sepertinya ini akan menggabungkan aplikasi IPOT Pay dan IPOTGO. Entahlah.

Uniknya lagi di review aplikasi terbaru IPOT ini, ada tombol plus (+) di pojok kanan bawah. Bagi yang tidak paham, dikira ini tombol biasa. Padahal ini shortcut menuju kustomisasi menu-menu sebelumnya. Kita bisa memilih apa saja yang ada di halaman muka kita.

Tampilan muka aplikasi IPOT
Tampilan muka aplikasi IPOT. Foto: Didik Purwanto

Namun akan lebih menarik kalau latar tombol plus tersebut diganti dengan warna merah, supaya lebih mencolok. Meski warna biru gelap sudah menjadi identitas warna IndoPremier sih.

User Experience Aplikasi Terbaru IPOT

Pengalaman mengunduh dan menggunakan aplikasi terbaru IPOT ini sangat menyenangkan. Beda dengan sebelumnya yang seperti memasukkan semua produk investasi. Tapi dengan disajikan dalam satu suapan ke pengguna. Otomatis, pengguna muak.

Banyak beredar di kelompok diskusi investasi. Aplikasi IPOTGO dan IPOT Ultima yang juga besutan IndoPremier sangat lemot. Banyak nasabah kecewa dengan aplikasi tersebut.  Transaksi banyak yang delay, sehingga cuan pun tertunda. Sangat disayangkan, kan?

Nah untungnya IndoPremier Sekuritas mendengar keluhan nasabahnya. Di aplikasi ini sangat dimengerti. Terutama bagi mereka yang sudah terbiasa dengan platform aplikasi daring atau memiliki produk investasi dari sekuritas lain.

Tim pengembang (developer) IndoPremier tampaknya serius membenahi keluhan nasabah. Buktinya, tampilan antarmukanya disederhanakan. Begitu pula pengalaman penggunaannya dipermudah. Sehingga transaksi akan semakin gampang. By the way, aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan App Store ya.

Review Aplikasi Terbaru IPOT
Review Aplikasi Terbaru IPOT. Photo by: Didik Purwanto

Di Info Kas, kita akan tahu secara rinci jenis produk investasi apa yang sudah dibeli dan dijual. Semua disajikan transparan.

Begitu juga dengan portofolio. Semua disajikan rapi berdasarkan kelompok (saham &ETF), Reksadana, Reksadana IPOTPAY, dan Obligasi. Cara yang sama juga tersaji di bagian Order Status.

Khusus Calendar, kita akan mudah mengetahui jadwal aksi korporasi perusahaan. Seperti pemberian dividen, RUPS, hingga right issue, public expose, dan IPO. Kita juga bisa langsung klik nama emiten bersangkutan untuk mengetahui rencana aksi korporasinya.

Transaksi di IPOT

Masuk ke Stock, kita akan dihadapkan pada 2 menu utama di atas, yakni Market Live dan Stock List. Di menu Market Live, kita bisa melihat pergerakan saham secara langsung.

Menu Market Live Aplikasi IPOT
Menu Market Live Aplikasi IPOT. Foto: Didik Purwanto

Yang terbaru, aplikasi terbaru IPOT menambahkan fitur Robo New Task (Robo Trading). Fitur ini akan memerintahkan sistem untuk bertransaksi sesuai keinginan kita. Misal, menyuruh sistem untuk membeli saham di harga tertentu, jumlah lot tertentu, dan di waktu tertentu. Cara ini akan memudahkan bagi nasabah yang tidak punya cukup waktu untuk memantau pergerakan saham, ETF, atau reksadana.

Fitur tersebut sebenarnya untuk nasabah korporasi dan berbayar. Namun IndoPremier menyuguhkan ke nasabah ritel untuk memberikan pengalaman berbeda dan menyenangkan dalam bertransaksi produk investasi. Tak terkecuali untuk pemula.

Menu News disajikan untuk nasabah dalam memberikan informasi terkini. Biasanya tentang perekonomian global dan lokal, serta perkembangan terbaru aksi korporasi perusahaan. Harapannya, kita bisa langsung take action saat mengetahui informasi tersebut, apakah langsung menjual atau membeli saham tersebut.

Dalam News itu juga disajikan laporan keuangan dari emiten dan laporan riset dari IndoPremier Sekuritas. Beritanya juga update, tak hanya lokal, tapi juga internasional. Yang kurang hanya di News bagian edukasi karena belum di-update sejak Maret 2020.

Di menu Journey, review aplikasi terbaru IPOT memberikan edukasi bagi nasabah pemula, menengah, hingga ahli. Ada juga jadwal edukasi, baik melalui video tutorial via YouTube maupun webinar. Salah satunya yang aku ikuti yakni IPOTFest 2020. Aku sudah beli tiketnya, tinggal ikuti seminar daringnya dan serap ilmunya.

Dengan IPOT, semua bisa berinvestasi!

IPOTFest di aplikasi IPOT
IPOTFest di aplikasi IPOT. Foto: Didik Purwanto

Anda mungkin juga suka...