Tips Bahagia Ramadan Di Rumah Aja

Ramadan di rumah aja tetap bisa bahagia. Keriuhannya sudah mulai terasa dari sahur hingga puasa. Salat tarawih sampai ngabuburit mencari kuliner Ramadan menjadi hal favorit.

Ramadan Di Rumah Aja

Saat Ramadan di rumah aja dengan kondisi pandemi virus corona baru (COVID-19) ini, kita dipaksa untuk bekerja dan beraktivitas dari rumah. Kesal iya, kurang mendapatkan penghasilan, pasti.

Bahkan gajiku sebagai karyawan di perusahaan swasta juga harus berkurang 25 persen. Penghasilanku dari ngeblog juga berkurang. Karena banyak perusahaan mengurangi kegiatan di luar ruangan. Bahkan memangkas habis event untuk promosi jasa dan produknya bersama blogger.

Aku sih masih beruntung. Karena banyak perusahaan lain yang merumahkan bahkan memecat karyawannya.

Perusahaan berdalih tidak ada pemasukan karena minim penjualan. Pekerja juga tidak bisa banyak beraktivitas di luar rumah karena khawatir tertular COVID-19. Serba salah.

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan agar puasa tetap asyik? Bahkan kita tetap bisa untung meski kita Ramadan #DiRumahAja? Yuk cari tahu.

Langganan Spotify Premium

Musik menjadi salah satu teman di kala sedih dan bahagia. Musik juga bisa menjadi penyemangat di saat bekerja dari rumah.

Penulis melihat koleksi musik di Spotify. Foto: Didik Purwanto

Bahkan aku sengaja langganan Spotify Premium untuk mendapatkan manfaat. Pertama, kita bisa memainkan musik tanpa jeda iklan. Sudah pasti iklan bahkan mendistraksi pikiran kita saat mendengarkan musik. Saat asyik-asyik mendengar musik, eh dipotong iklan.

Kedua, bisa skip lagu yang tidak kita suka. Kadang kita ingin musik-musik pilihan kita terputar terus. Meski sudah membuat daftar putar lagu, kita kadang bosan dengan lagu tertentu dan ingin skip lagu tertentu.

Tak hanya musik, Spotify juga banyak podcast yang memberikan banyak ilmu. Baru-baru ini aku ikutan podcast Semur (Sehat dan Makmur) bersama Ligwina Hananto dan FX Mario. Intinya di sini kita bisa belajar mengelola keuangan hingga serba-serbi utang. Ramadan berfaedah meski #DiRumahAja.

Penulis melihat koleksi musik di Spotify. Foto: Didik Purwanto

Untuk bisa berlangganan premium, kita tentu harus membayar cukup mahal untuk paketannya. Namun tenang aja. Di Shopee, banyak penjual akun Spotify Premium dengan harga murah.

Langganan YouTube Premium

Salah satu hiburan lain selama pandemi COVID-19 ini tentu saja YouTube. Di sini banyak beragam ilmu yang bisa kita gali dari konten kreator sedunia.

Kita bisa tahu travel blogger dan food blogger unik, cara belajar tentang saham dan reksadana hingga kejadian viral di dunia maya.

Ya, aku udah setop nonton televisi. Untuk mengetahui informasi, biasanya cukup membaca media ternama, media sosial, dan lihat video viral di YouTube. Ini kadang jadi bahan untuk sumber tulisanku loh.

Penulis mencari informasi di YouTube. Foto: Didik Purwanto

Tapi, kenapa harus berlangganan YouTube Premium? Kan sama Google udah digratisin? Ya YouTube emang gratis sih. Namun kalau kita ingin menonton tanpa iklan, tentu harus berbayar.

Terlebih, sekarang banyak webinar yang diselenggarakan streaming via YouTube. Kadang aku rekam pas webinar, terus aku unggah lagi di akun YouTube-ku biar semua bisa mengikuti dan mendapatkan ilmu tersebut.

Penulis melihat musik di YouTube. Foto: Didik Purwanto

Bahkan, aku sudah membeli akun YouTube Premium dengan harga murah pula di Shopee. Aku sampai membeli paket premium yang setahun. Haha..

Langganan Netflix Premium Ramadan Di Rumah Aja

Musik sudah, video gratis sudah, saatnya menonton film bagus di Netflix. Berhubung bioskop berhenti total saat pandemi COVID-19, otomatis hiburan film tak boleh mati.

Alternatifnya, Netflix memberikan beragam konten film yang variatif, mulai dari film lokal, asia, hingga internasional. Filmnya juga bisa dicari berdasarkan genre. Saat bosan menunggu bedug berbuka, kita bisa streaming film favorit.

Sudah tiga film drakor yang aku tamatkan di masa pandemi ini. Yakni Itaewon Class, Extracurricular, dan Kingdom.

Itaewon Class bercerita tentang anak muda yang ditinggal meninggal oleh orangtuanya. Ia sampai harus dipenjara dan meniti bisnis dari nol untuk mewujudkan mimpi sang ayah dalam membuat kedai makanan. Banyak pelajaran bisnis dari sini.

Penulis melihat film Itaewon Class di Netflix. Foto: Didik Purwanto

Extracurricular menceritakan anak muda yang punya bisnis ilegal demi membiayai sekolah dan cita-citanya untuk bisa kuliah. Namun impiannya berantakan saat teman mengetahui bisnis ilegal tersebut.

Kingdom menceritakan suksesi kerajaan yang dipenuhi intrik rebutan kekuasaan. Untuk menciptakan kekacauan, dibuatlah semacam wabah zombie yang bisa membunuh rakyat seluruh negeri.

Padahal dulu aku anti banget dengan film drakor. Selain filmnya berdurasi panjang, konfliknya terlalu bertele-tele. Aku senang satu film di Netflix bisa selesai gitu. Kayaknya aku kena karma sendiri karena playlist di Spotify dan history di YouTube-ku semua bertema KPop. Wadidawww.

Pembayaran via Shopee Pay memberikan keuntungan karena diskon. Foto: Didik Purwanto

THR Big Ramadhan Sale 2020

By the way, kalau super jeli, kalian bisa mencari paket langganan premium baik Spotify, YouTube, Netflix atau paket video streaming lain dengan harga super murah. Mulai harian, bahkan hingga paket tahunan.

Jadi hiburan dan informasi tetap harus jalan, meski gaji mendapatkan potongan. Siapa tahu setelah pandemi ini, kita bisa langsung tancap gas cari kerjaan. Atau bisa menjadi wirausaha digital dengan berjualan di Shopee. Jadi, tetap berbahagia meski Ramadan Di Rumah Aja bareng Shopee.

Tulisan ini diikutkan dalam Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee.

#THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee. Foto: Didik Purwanto

Share This :

Leave a Comment

View Comments

  • belanja dari shopee enak ya mas, banyak pilihan barang lalu nanti tinggal tunggu aja di rumah barang dikirim :)

  • Di saat kondisi pemerintah menganjurkan di rumah saja keberadaan aplikasi seperti ini memang sangat menguntungkan. kita tak perlu keluar rumah untuk melakukan pembayaran bahkan bisa ada promo juga.

  • Biar pun cuma di rumah selama ramadan ini tetap bisa dijalani dengan hepi, ya

  • Wah...ini Shopee memfasilitasi banget, banyak Sale. Jadi engga kerasa harus kerja dari rumah, happy aja deh...

  • Bahagia itu dengan berbagai cara, salah satunya dengan adanya internet sepanjang waktu karena banyak yang bisa dilakukan, tidak saja senang-senang tetapi bekerja juga

  • kayaknya netflix jadi andalan buat nonton selama dirumah aja ya, sebab kuliat adik adikku nonton mulu kerjaannya, apalagi nonton drakor tahan banget berjam jam

  • shopee emang tahu banget cara ngambil hati para shopper. Di rumah aja, bisa tetep bahagia jadinya...

  • Disaat harus dirumah aja kayak gini, keinginan belanja online ku pun meningkat.duh..nah suka deh blanja di Shopee apalagi ramadhan big sale nya . Happy deh

  • Wew, serba premium langganannya :D
    Btw, selama masa di rumah aja, aku juga jadi lebih sering belanja di Shopee. Sampai kembang tahu buat masak aja aku beli di Shopee :D

  • Aku banget nih selama Ramadan paling sering nonton film-film netflix dan buka shopee! hihihi

Recent Posts

  • Coffee Money

Indonesia Fundraising Award 2020 Profesionalkan Lembaga Penggalangan Dana

Indonesia Fundraising Award 2020 tahun ini kali pertama digelar. Ajang penghargaan tersebut memberikan apresiasi kepada…

10 Juli 2020
  • Tips Bisnis

Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah

Cara membuat paspor online kini semakin mudah. Butuh kesabaran sedikit untuk menyelesaikannya. Pengertian Paspor Paspor…

26 Juni 2020
  • Diary Flury

Covid Test di Jakarta Melalui Halodoc

Covid test di Jakarta sudah mulai dilakukan. Ini sudah berlaku sejak pandemi COVID-19 mulai menyerang…

25 Juni 2020
  • Coffee Money

Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Era Pandemi

Cara mengatur keuangan pribadi di era pandemi virus corona baru (COVID-19) begitu penting. Butuh kejelian…

24 Juni 2020
  • Coffee Money

Tetap Cuan Sambil Rebahan Di Tengah Pandemi

Tetap cuan sambil rebahan menjadi idaman semua orang. Apalagi di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang.…

15 Juni 2020
  • Coffee Money

KAU Membantu UMKM Go Online

KAU membantu UMKM go online sehingga bisa masuk ranah platform digital. Program KAU (kakak asuh)…

15 Juni 2020

This website uses cookies.