Tumis daging sapi kecap
Food Taste

Beragam Menu Buka Puasa Yang Mudah Dibuat

Kurang dari sebulan kita akan menjalankan puasa. Puasa tentunya sangat dinanti kita sebagai umat muslim. Puasa adalah bulan suci saat kita berlomba-lomba  membuat kebaikan. Dari mulai puasa selama 12 jam dan juga sholat sunah tarawih adalah hal yang selalu dinanti. Selain ibadah yang selalu kita nanti, ada juga momen di bulan puasa yang selalu dinanti. Momen ketika buka puasa bersama keluarga menanti menu yang lezat. Menu yang lezat tidak selalu masakan yang susah dibuat. Ada menu buka puasa yang mudah untuk dibuat. Jadi Anda tidak perlu membeli menu puasa lagi. Berikut daftar menu bukan puasa tersebut.

Ayam Goreng Asam Manis

Menu buka puasa pertama yang sangat lezat dan mudah dibuat adalah ayam goreng asam manis. Ayam goreng asam manis sajian yang akan membuat Anda seharian puasa menjadi terbayarkan dengan menu yang istimewa. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 kilogram ayam. Selain ayam, anda harus menyiapkan bawang bombay, tepung ayam krispi, saus sambal, saus tomat, garam dan minyak.

Asam goreng asam manis
Asam goreng asam manis. Foto: Pinterest

Cara memasaknya, siapkan ayam potong yang sudah dicuci bersih. Siapkan dua wadah untuk tempat bumbu ayam krispi yang diberi air dan wadah untuk bumbu ayam krispi yang tidak diberi air. Siapkan juga minyak goreng di wajan lumayan banyak. Masukkan ayam ke adonan tepung basah. Masukkan pada adonan tepung kering, goreng hingga kecoklatan. Setelah ayam digoreng krispi, tumis bawang bombay yang sudah diiris. Masukkan saus sambal dan saus tomat. Berikan air secukupnya dan garam. Aduk-aduk hingga mengental. Terakhir, taruh ayam goreng krispi. Aduk hingga rata. Lalu sajikan dengan nasi hangat.

Tumis Daging Sapi Kecap

Menu buka puasa yang kedua ini juga tidak membutuhkan banyak bahan. Anda hanya perlu menyiapkan 1 kilogram daging sapi. Setelah itu, Anda siapkan bawang bombay, merica bubuk, kecap manis, cabai hijau, dan minyak.

Tumis daging sapi kecap
Tumis daging sapi kecap. Sumber: Cookpad

Memasak menu buka puasa yang satu ini memang tidak susah. Tetapi waktu memasaknya mungkin sedikit lama. Anda potong-potong dahulu daging sapi ke potongan yang tidak terlalu besar agar cepat matang. Rebus daging sapi. Siapkan bawang bombay dan cabai hijau yang sudah diiris. Tumis bawang bombay dengan minyak. Masukkan daging sapi. Tuangkan kecap sesuai selera. Lalu beri sedikit air.  Masak hingga bumbu semua meresap. Anda sajikan dengan ditaburi bawang goreng.

Balado Udang

Jika Anda suka seafood, menu buka puasa yang satu ini cocok sekali untuk dibuat. Bahan-bahan yang Anda butuhkan 1 kilogram udang, 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, setengah potong bawang bombay, 10 cabai keriting, 2 buah tomat besar, gula putih, garam dan penyedap rasa.

Balado udang
Balado udang. Foto: Eleva

Pertama yang harus Anda lakukan dalam memasak balado adalah membersihkan udang. Buang kepalanya jika Anda tidak suka. Siapkan bumbu balado dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai, dan tomat. Setelah itu, Anda iris juga bawang bombay. Tumis dahulu bawang bombay. Lalu masukkan bumbu halus. Setelah itu masukkan udangnya. Jangan lupa tambahkan garam.

Jadi apa favorit menu berbuka puasa versi kamu?

Anda mungkin juga suka...