Netsuite Bikin Bisnis Bebas Rumit

Bisnis yang sukses dapat dilihat dari angka penjualannya. Semakin tinggi penjualan, semakin tinggi pula labanya. Itulah yang dikatakan motivator dan pakar marketing terkenal di Indonesia, Tung Desem Waringin.

Namun, laba tidak bisa naik seketika jika perusahaan tak mampu mengelola segala macam biaya. Di situlah peran bagian keuangan untuk mengelola segala pemasukan dan pengeluaran.

Tahu sendiri kan, mengelola keuangan perusahaan itu tidak gampang. Jangankan perusahaan, mengelola keuangan pribadi saja susahnya minta ampun.

Baru saja gajian, ehduit sudah ngacir untuk bayar cicilan. Belum lagi saat tergiur promo diskonan. Mata langsung lapar, tak peduli kondisi dompet lagi terkapar. Akhirnya, pinjam duit teman jadi pilihan. Gali lubang tutup lubang.

Mengelola perusahan pun tak jauh dari kondisi kita tersebut. Cuma cakupannya besar. Jika tak mampu mengelola keuangan, siap-siap saja perusahaan bangkrut.

Biar perusahaan tak bangkrut, tak ada salahnya merekrut sumber daya manusia (SDM) yang mengerti pengelolaan keuangan.  Untuk memudahkan pemantauan, segala urusan keuangan harus transparan.

Netsuite menjadi salah satu perangkat lunak (software) yang bisa diandalkan untuk mengurus penjualan, produksi, hingga promosi sesuai perencanaan.

Business Consultant Edsen Consulting Sally Christiana (kiri) bersama Project Manager Edsen Consulting Harry Satria Utama saat penjelasan Netsuite di kantor Edsen di Jakarta, Selasa (27/12). Foto: Didik Purwanto

Apa itu Netsuite?

Business Consultant Edsen Consulting Sally Christiana bilang, Netsuite merupakan layanan perencanaan sumber daya perusahaan (enterprise resource planning/ERP) berbasis komputasi awan (cloud) dari Oracle. Di Indonesia, layanan ini didistribusikan PT Edsen Gudang Komputerindo.

Istilah gampangnya, pengelolaan keuangan secara sederhana dulu bisa memakai microsoft excel. Namun untuk perusahaan multinasional, tentu urusan keuangan makin kompleks. Tidak bisa hanya mengandalkan excel.

Apalagi kalau kantor cabang banyak, bahkan hingga ke luar negeri. Terlebih lagi, kantor cabang di masing-masing negara memiliki nilai tukar berbeda. Tentu makin ribet lagi.

Namun, dengan Netsuite, semua unit bisnis bisa dikelola tanpa rumit. Urusan penjualan, produksi, hingga promosi dapat dikelola mudah dan transparan.

“Mengapa perusahaan butuh Netsuite? Ini akan mencegah duplikasi data antardivisi. Nantinya tidak akan ada lagi perdebatan data saat rapat manajemen,” kata Sally di kantor Edsen di Kirana Three, Jakarta, Selasa (27/11).

Sally bilang, perusahaan kontraktor hingga penyewaan alat berat sudah memakai platform Netsuite. Bahkan usaha mikro, kecil, dan menengah pun bisa memakai platform ini dengan fitur paling dasarnya.

Business Consultant Edsen Consulting Sally Christiana saat menunjukkan aplikasi Netsuite di ponsel Android. Foto: Didik Purwanto

GoPro juga menjadi salah satu perusahaan global yang sudah menerapkan platform Netsuite. Secara global, layanan Netsuite sudah dipakai lebih dari 40 ribu perusahaan demi kemajuan bisnis perusahaan.

Project Manager Edsen Consulting Harry Satria Utama mengatakan, keamanan sistem Netsuite tak perlu diragukan. Platform berbasis cloudini sudah memiliki sertifikat yang sudah diakui di Amerika Serikat dan dunia. “Ini sama kayak data kita di Google. Semua tersimpan aman,” ujarnya.

Harry bilang, pemilik bisa melihat kondisi kesehatan perusahaan hanya dalam sekali klik di mana pun dan kapan pun. Bahkan Netsuite mempermudah cara melihat kondisi bisnis dalam harian, bulanan atau pun tahunan.

“Pemilik nantinya bisa langsung menganalisis dan memutuskan bisnis ke depan seperti apa setelah mengetahui kondisi bisnisnya, terutama keuangannya,” ujarnya.

Untuk mempermudah pemantauan, aplikasi Netsuite juga bisa diunduh melalui App Store dan Google Play. Pemilik perusahaan juga dapat menambahkan indikator kunci (key performance indicator/KPI) dalam platform Netsuite yang disesuaikan dengan kondisi.

Business Consultant Edsen Consulting Sally Christiana memperlihatkan aplikasi Netsuite. Foto: Didik Purwanto

Nantinya, kata Harry, masing-masing divisi bisa melihat performa bisnis dari divisi lain, tentu dengan batasan tertentu agar semua divisi tak akan saling mengubah karena dilakukan transparan.

“Namun untuk top level management (pemilik bisnis dan jajaran direksi) tentu bisa melihat semua performa dari masing-masing divisi perusahaan. Bahkan bisa dilihat dari ponsel melalui aplikasi Netsuite,” katanya.

Untuk mempermudah pemakaian, aplikasi Netsuite ini tampil lebih kece. Pengguna bisa mengubah jenis huruf hingga bahasanya. Bahkan bahasa Indonesia juga mendukung platform tersebut. “Tampilan aplikasi Netsuite ini sangat personalize,” ujarnya.

“Dengan Netsuite, urusan bisnis terutama keuangan tak lagi ribet. Semua sudah diatur sistem. Pemilik bisa menghemat waktu (dalam memantau bisnis) dan nanti bisa menganalisis untuk masa depan perusahaan,” katanya.

Blogger berfoto bersama selepas penjelasan Netsuite dari Edsen Consulting. Foto: Tauhid Patria

Share This :

Leave a Comment

View Comments

  • Wah netsuite! produk oracle nih dijamin bagus. Baru tau kalau Edsen jadi konsultan peenrapa ERP dengan Netsuite. Bagus banget tuh

Share
Tags: Bisnis Cloud Edsen edsen consulting enterprise resource planning ERP Harry Satria Utama Kirana Three marketing Netsuite Oracle pengusaha perusahaan PT Edsen Gudang Komputerindo Sally Christiana software tung desem waringin UMKM

Recent Posts

  • Tips Bisnis

Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah

Cara membuat paspor online kini semakin mudah. Butuh kesabaran sedikit untuk menyelesaikannya. Pengertian Paspor Paspor…

26 June 2020
  • Diary Flury

Covid Test di Jakarta Melalui Halodoc

Covid test di Jakarta sudah mulai dilakukan. Ini sudah berlaku sejak pandemi COVID-19 mulai menyerang…

25 June 2020
  • Coffee Money

Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Era Pandemi

Cara mengatur keuangan pribadi di era pandemi virus corona baru (COVID-19) begitu penting. Butuh kejelian…

24 June 2020
  • Coffee Money

Tetap Cuan Sambil Rebahan Di Tengah Pandemi

Tetap cuan sambil rebahan menjadi idaman semua orang. Apalagi di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang.…

15 June 2020
  • Coffee Money

KAU Membantu UMKM Go Online

KAU membantu UMKM go online sehingga bisa masuk ranah platform digital. Program KAU (kakak asuh)…

15 June 2020
  • Tech Buzz

FlashScore Aplikasi Live Score Terbaik

FlashScore menjadi aplikasi live score terbaik para pecinta olahraga seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki info…

9 June 2020

This website uses cookies.