Cepat Kaya Dengan Menabung Saham

Cepat kaya dengan menabung saham, apakah bisa? Apa masih ketakutan gara-gara duit bisa hilang dalam semalam?

Pada dasarnya menabung saham sama seperti menabung biasa. Kita bisa menabung harian, mingguan atau bulanan.

Bedanya, menabung ini bukan hal biasa, tapi menabung saham yang kita harapkan bisa menambah cuan di masa depan.

Beda menabung biasa dengan menabung saham

Berdasarkan data riset Bursa Efek Indonesia (BEI) per 30 Desember 2016, rata-rata imbal hasil (yield) per tahun produk investasi sejak 2006-2016 sangat bervariasi.

Cepat kaya dengan menabung saham
Pilihan produk investasi dan imbal hasilnya. Foto: Bursa Efek Indonesia

 

Untuk tabungan memberikan imbal hasil hanya 2,42 persen per tahun, deposito 6,91 persen per tahun, dan emas 7,76 persen per tahun.

Obligasi negara memberikan yield 8,47 persen per tahun dan investasi saham memberikan yield sekitar 17,52 persen per tahun.

Jika kita hanya menabung dengan bunga 2,42 persen per tahun, sementara inflasi sudah 4-5 persen per tahun, tentu tabungan kita bukan bertambah, tetapi justru malah berkurang, bukan?

Ini membuktikan, investasi saham memberikan cuan paling besar dibandingkan produk investasi lainnya.

Belajar Dari Sang Ahli

Praktisi dan inspirator investasi Indonesia, Ryan Filbert berhasil membuktikannya. Pria kelahiran 20 Januari 1986 ini sudah memiliki dua apartemen dan satu ruko. Itu berhasil didapatkan dengan investasi saham sejak dia berusia 18 tahun. Gokil. Di usia belia saat itu, kita bahkan masih indah-indahnya bermesraan dengan pacaran. Hayooo…ngaku!

Cepat kaya dengan menabung saham
Ryan Filbert. Foto: Bursa Efek Indonesia

 

Namun, Ryan mengaku untuk masuk pasar modal tidak semulus yang dikira. Ia sempat merugi karena sahamnya anjlok seiring penurunan harga komoditas pada tahun 2008.

Tapi, bagi Ryan, semangat untuk terus belajar tak pernah padam. Ia beranggapan, tidak ada noda ya tidak belajar. Kalau ingin sukses, ya belajarlah dari orang sukses dari segala kegagalan-kegagalannya.

Strategi mencari cuan dari saham

  1. Pilihlah saham yang mempunyai potensi baik dari prospek, pendapatan, laba dan utangnya. Perusahaan kuat sekalipun dalam kondisi buruk pasti akan terseret. Namun, justru itu merupakan kesempatan bagi kita untuk membeli saham perusahaan itu lebih banyak.
  2. Membeli secara berkala dan disiplin setiap bulan untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat dengan memanfaatkan fluktuatif pergerakan saham
  3. Bisa menggunakan acuan indeks LQ45 dengan menggunakan analisa karena tidak semua mampu bertahan di posisi tersebut. Lebih baik mempunyai analisa daripada tidak memiliki analisa sama sekali.
  4. Diversifikasi jenis saham berdasarkan sektornya, mulai dari komoditas, perbankan, konsumer, properti, infrastruktur, media, obat dan rumah sakit, dan lainnya.

Takut Merugi Saat Menabung Saham 

Namanya belajar, pasti ada yang sukses dan gagal. Untuk meminimalkan risiko, biasakan bukan menjadi investor harian alias jadi pedagang yang beli pagi jual siang.

Biasanya, investor yang seperti itu disebut spekulan. Kalau bisa membaca analisa saham, bisa saja menghasilkan cuan besar. Namun, kalau tidak tahu ilmunya, bisa saja cuan tak digenggam, untung pun melayang.

Kata investor dan salah satu orang terkaya di dunia asal Amerika Serikat, Warren Buffett mengatakan, tidak ada kekayaan yang didapatkan secara instan. Dalam investasi pun begitu. Hindari kaya dengan cara cepat.

Jadi berinvestasilah rutin, tinggal tidur. Biarlah uang mencari cuan buat kita. Investor, penulis, dan motivator Robert T Kiyoyaki dalam teori “Cashflow Quadrant” mengatakan, saatnya kita berpindah kuadran dari E (employee) menjadi I (investor).

Cara memulai berinvestasi saham

Untuk investasi saham pun juga murah, bisa mulai dari Rp 100 ribu, tergantung dari harga sebuah sahamnya. Murah, bukan? Datanglah ke perusahaan sekuritas untuk membuka rekening dana nasabah.

Paling tidak, 3 hal di bawah ini perlu dipahami dulu saat hendak cara cepat kaya dengan menabung saham:

  • Perbandingan

Pelajari prospektus, bandingkan dengan cermat. Prospektus merupakan dokumen yang memuat informasi mengenai rencana pengembangan sebuah perusahaan dan termasuk penawaran perusahaan tentang penjualan saham.

  • Performa

Perhatikan performa saham, mulai dari harian, bulanan, tahunan, hingga lima tahunan. Cermati apakah kinerjanya selalu konsisten di atas performa indeks pasar.

  • Pergerakan

Perkirakan pergerakan ekonomi di masa mendatang. Ini bagian paling sulit. Kita perlu mempertimbangkan banyak faktor untuk memprediksi pergerakan ekonomi. Diperlukan kejelian dalam menganalisa informasi.

Yang penting, kata Warren Buffett, ketahui cara mengelola keuangan. Masih banyak orang tidak menabung dan berhemat, bahkan memperbesar utang, dan akhirnya ribet saat di tengah bulan karena sudah tidak punya uang.

“Jangan menyimpan apa yang tersisa setelah belanja, tapi menghabiskan apa yang tersisa setelah menyimpan.”

Kalkulasi Agar Tidak Merugi

Sebagai alat bantu hitung, kalkulator memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Terutama cara cepat kaya dengan menabung saham.

CASIO, perusahaan teknologi asal Jepang yang didirikan pada tahun 1946 ini memiliki produk kalkulator elektrik pertama di dunia.

Kalkulator CASIO
Sebagai alat bantu hitung, kalkulator memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Foto: Didik Purwanto

 

Perusahaan yang didirikan Tadao Kashio di Shibuya, Jepang itu memiliki beragam kategori kalkulator, mulai dari sekolah dan lab, perkantoran, perumahan, toko, hingga travel.

Kalkulator CASIO ini terkenal memiliki daya tahan serta dapat diandalkan. Bentuknya yang mungil masih nyaman untuk digenggam serta fungsi yang sesuai kebutuhan.

Teliti Sebelum Membeli Saham

Soal baterai, tidak usah pusing. Casio MyStyle punya teknologi surya. Jadi tidak perlu repot gonta-ganti baterai atau khawatir baterai habis gara-gara lupa mematikan.

Cukup membawa kalkulator ini ke tempat terang, baik cahaya lampu atau cahaya matahari, kalkulator ini pun akan menyala sepanjang hari.

Lebih menguntungkan lagi, kalkulator CASIO memiliki pilihan 10 digit dan 12 digit angka. Jadi tidak akan kesusahan kalau menghitung dalam jumlah besar.

Kalkulator CASIO
Kalkulator CASIO memiliki pilihan 10 digit dan 12 digit angka. Foto: Didik Purwanto

 

Asyiknya lagi, CASIO punya kalkulator warna-warni yang bisa disesuaikan dengan kepribadian. Misal penyuka warna merah dianggap sebagai punya kepribadian percaya diri.

Bagi yang dewasa dan bijaksana cenderung menyukai warna maroon (merah gelap). Bagi yang girly dan sangat peduli dengan penampilan cenderung menyukai pink, atau yang ceria dan berjiwa sosial tinggi menyukai oranye.

Orang yang menyukai biru biasanya ramah dan tenang, kestabilan emosi dan kesetiaannya patut diacungi jempol, tapi bisa juga konservatif, termasuk hati-hati saat mengambil keputusan.

Namun, saat saya mencoba mengikuti kuis di sini, warna favorit yang diunggulkan muncul warna HITAM. Memang warna hitam juga salah satu favoritku, selain putih dan biru.

Kalkulator casio
Cara mengetahui warna favorit dengan mengisi kuisioner singkat. Foto: Knowyourcolor.id

 

Semangat Bekerja Demi Cuan

Kalkulator CASIO
Dengan kalkulator warna-warni ini bisa bikin kita semangat bekerja mencari cuan. Foto: Didik Purwanto

 

Dengan kalkulator warna-warni ini bisa bikin kita semangat menghitung besaran gaji atau pendapatan kita per bulan, berapa yang harus diinvestasikan, berapa yang dibutuhkan untuk dana darurat, dan berapa yang bisa dihabiskan.

Apalagi dengan perhitungan yang tepat saat melihat laporan keuangan sebuah perusahaan, kita bisa menelaah apakah fundamental perusahaan itu sehat atau sedang kelimpungan.

Cepat kaya dengan menabung saham
Perhitungan tepat saat menganalisa fundamental perusahaan akan menguntungkan dalam pemilihan investasi saham. Foto: Didik Purwanto

 

Sebagai contoh, sejak awal tahun ini, saya sudah investasi saham Bank Central Asia (BBCA), Adaro Energy (BBRI), Bank Rakyat Indonesia (BBRI), sampai Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP).

Untuk saham ICBP baru naik 1,7 persen, BBRI stagnan, ADRO naik 5,56 persen, dan BBCA naik 7,20 persen. Terlihat dari sini, saham apa saja yang sudah untung di atas angka inflasi saat ini.

Kalau sudah untung begini, kita akan semakin semangat bekerja mencari cuan. Harapannya, bisa terus investasi demi masa tua nanti dan menghasilkan keuntungan melebihi jumlah digit angka di layar kalkulator CASIO.

Cepat kaya dengan menabung saham
Pilihan kalkulator menentukan kesuksesan dalam menghitung, terutama mencari keuntungan. Foto: Didik Purwanto