Rakuten Sponsori FC Barcelona

Sumber foto: Financial Times

Raksasa ritel online Jepang Rakuten telah sepakat menjadi sponsor raksasa sepakbola Spanyol FC Barcelona senilai 220 juta euro (US$ 205 juta atau setara Rp 2,72 triliun) selama empat tahun.

Perusahaan berbasis di Tokyo ini mengoperasikan pusat perbelanjaan online. Perusahaan didirikan mantan bankir Hiroshi Mikitani pada 1997 saat awal-awal lonjakan bisnis perusahaan dagang online (e-commerce).

Namun Rakuten juga mengoperasikan bisnis lain, termasuk perjalanan, jasa keuangan, dan memiliki tim olahraga profesional. Rakuten membuat gebrakan bisnis mulai 2010 saat Mikitani mengumumkan perusahaan lebih mengglobal.

Saat ini Rakuten memiliki 13 ribu karyawan dan bersaing dengan raksasa toko online Amerika Serikat (AS) Amazon dan Yahoo di pasar e-commerce Jepang.

Namun bisnis Rakuten anjlok, khususnya di ekspansi internasional. Awal tahun ini Rakuten memangkas bisnisnya di Asia dan menutup mal belanja online serta fasilitas logistik di Inggris, Spanyol, dan Austria.

Sumber twitter @hmikitani_e

Mikitani lahir pada 1965 dan keluar dari industri perbankan sebagai pengusaha. Kekayaannya berdasarkan Forbes kini mencapai US$ 6,4 miliar.

Kesepakatan dengan Barcelona ini berawal dari kedekatan secara pribadi dengan salah satu pemainnya, Gerard Pique. “Semua dimulai dengan makan malam yang diselenggarakan Gerard Pique di rumah Mikitani di San Fransisco,” kata Presiden Klub Josep Maria Bartomeu.

Rakuten juga menjadi sponsor tim bisbol Tohoku Rakuten Golden Eagles dan memiliki klub sepakbola Vissel Kobe di Jepang.

Sumber foto: Rakuten.co.id

Namun kesepakatan dengan Barcelona menjadi langkah besar Rakuten mendapatkan pijakan bisnis olahraga global dan bertujuan meningkatkan keuntungan, khususnya di Benua Eropa dan harapannya bisa dikenal dunia.

Nilai sponsor Rakuten ke Barcelona senilai US$ 51 juta setahun dinilai cukup besar, khususnya bagi perusahaan dari Asia. Sebelumnya, raksasa automotif Amerika Serikat Chevrolet menjadi sponsor liga primer Manchester United senilai US$ 70 juta.

Kendati jumlahnya tidak sebesar mendukung Manchester United, Rakuten berharap mendapat keuntungan karena Liga Spanyol menjadi salah satu liga terkaya olahraga terbesar di dunia yang ditonton penggemar di lebih dari 100 negara. Misalnya, pada final Piala Eropa 2013 paling banyak ditonton dalam sejarah dengan 360 juta orang menonton secara global.

Barcelona dianggap salah satu tim terbaik di dunia yang berisi beberapa pemain terkemuka di planet ini, termasuk Lionel Messi. Harapannya, nama Rakuten mampu terlihat di televisi dan dilihat jutaan orang setiap pekan.

Sumber: AFP

Share This :

Leave a Comment
Share
Tags: Amazon Barcelona E-commerce Hiroshi Mikitani perdagangan online Rakuten Spanyol Yahoo

Recent Posts

  • Tips Bisnis

Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah

Cara membuat paspor online kini semakin mudah. Butuh kesabaran sedikit untuk menyelesaikannya. Pengertian Paspor Paspor…

26 Juni 2020
  • Diary Flury

Covid Test di Jakarta Melalui Halodoc

Covid test di Jakarta sudah mulai dilakukan. Ini sudah berlaku sejak pandemi COVID-19 mulai menyerang…

25 Juni 2020
  • Coffee Money

Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Era Pandemi

Cara mengatur keuangan pribadi di era pandemi virus corona baru (COVID-19) begitu penting. Butuh kejelian…

24 Juni 2020
  • Coffee Money

Tetap Cuan Sambil Rebahan Di Tengah Pandemi

Tetap cuan sambil rebahan menjadi idaman semua orang. Apalagi di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang.…

15 Juni 2020
  • Coffee Money

KAU Membantu UMKM Go Online

KAU membantu UMKM go online sehingga bisa masuk ranah platform digital. Program KAU (kakak asuh)…

15 Juni 2020
  • Tech Buzz

FlashScore Aplikasi Live Score Terbaik

FlashScore menjadi aplikasi live score terbaik para pecinta olahraga seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki info…

9 Juni 2020

This website uses cookies.