Tech Buzz

Rugi Kurs Tekan Laba Acer

Laptop-Acer

Produsen komputer pribadi asal Taiwan, Acer menyatakan, laba bersih perusahaan turun 73 persen menjadi 46 juta dolar Taiwan (US$ 1,43 juta) pada kuartal I-2016 dibandingkan 173 juta dolar Taiwan pada periode sama tahun lalu.

Pendapatan konsolidasi turun dari 67,95 miliar dolar Taiwan menjadi 56,32 miliar dolar Taiwan disebabkan karena kerugian kurs dari penguatan dolar Taiwan sekitar 900 juta dolar Taiwan.

Laba kotor mencapai 6,67 miliar dolar Taiwan dan pendapatan operasional naik 54 persen menjadi 866 juta dolar Taiwan. “Hasil kinerja keuangan mencerminkan strategi bauran produk Acer sesuai kebutuhan pasar regional dan manajemen persediaan,” kata pernyataan perusahaan.

“Laba kotor Acer dan pendapatan operasional yang lebih baik dari perkiraan menunjukkan kondisi perusahaan masih baik-baik saja dengan kontrol persediaan dan manajemen produk,” kata analis Fubon Securities Arther Liao.

Acer telah berjuang seiring penurunan penjualan produk komputer pribadi dan persaingan misalnya dengan Apple. Maret lalu, perusahaan mengumumkan perombakan, khususnya memisahkan bisnis baru, termasuk layanan komputasi awan (cloud) dan perangkat pintar.

Perusahaan juga membentuk induk usaha untuk mengelola bisnis baru yang diharapkan dapat memercepat transformasi perusahaan secara keseluruhan.

Sumber: AFP

Anda mungkin juga suka...