Coffee Money

Harta Orang Kaya Menyusut

Harta-Kekayaan

Pendiri Microsoft Bill Gates masih menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih diperkirakan US$ 75 miliar, menyusut US$ 4,2 miliar dibandingkan tahun lalu.

CEO Facebook Mark Zuckerberg memiliki jumlah kekayaan terbaik di dalam daftar orang terkaya versi Forbes dengan penambahan US$ 11,2 miliar ke kekayaannya.

Forbes menempatkan Zuckerberg di posisi enam orang terkaya dunia dengan kekayaan US$ 44,6 miliar, tepat di bawah bos Amazon Jeff Bezos dengan kekayaan US$ 45,2 miliar. Ini pertama kalinya kedua orang ini masuk daftar 10 besar orang terkaya dunia.

Menurut Forbes, jumlah kekayaan orang terkaya di dunia ini merosot menjadi 1.810 orang. Ada 16 orang lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Kekayaan bersih secara agregat mereka menyusut US$ 570 miliar menjadi US$ 6,48 triliun.

Ini menjadi penurunan kekayaan pertama kali sejak 2010 dengan penurunan rata-rata US$ 3,6 miliar dibandingkan US$ 300 juta tahun lalu.

Forbes menilai, penurunan kekayaan disebabkan pergolakan pasar saham dunia, harga minyak semakin murah, dan penguatan dolar AS.

Hanya dua orang yang memiliki kekayaan tetap dan semakin bertambah tahun ini yakni Bill Gates yang masih bertahan menjadi orang terkaya di dunia tiga tahun berturut-turut dan Warren Buffet yang menempati posisi ketiga.

Pengusaha telekomunikasi asal Meksiko Carlos Slim terpaksa turun ke posisi keempat dan menyerahkan posisi sebelumnya ke pengusaha Zara Amancio Ortega asal Spanyol di posisi kedua. Kekayaan Slim merosot dari US$ 77,1 miliar menjadi US$ 50 miliar.

Forbes menyatakan, 221 orang terlempar dari daftar dan digantikan 198 orang pendatang baru. Alexander Andresen menjadi miliarder termuda karena menjadi ahli waris Denmark berusia 19 tahun. Kakaknya, Katharina berusia 20 tahun menempati urutan kedua.

Dari daftar orang terkaya tersebut, sekitar 66 miliarder di bawah 40 tahun. Wanita terkaya dari 190 perempuan dalam daftar yakni Liliane Bettencourt asal Prancis yang kini menduduki posisi 11 dengan kekayaan US$ 36,1 miliar, turun dari US$ 40,1 miliar tahun lalu.

Amerika Serikat masih menjadi negara dengan jumlah miliarder terbanyak (540 orang) diikuti China daratan (251 orang) dan Jerman (120 orang). Rusia memiliki 77 miliarder, Hong Kong 69 orang, dan Brazil 23 orang, turun dari 31 orang tahun lalu.

Sumber: AFP

Anda mungkin juga suka...