Jadi Barista Tanpa Kafe #DiBalikSecangkirKopi

Nongkrong di kafe kopi sudah menjadi ajang baru bagi kaum urban Ibu Kota. Mereka beralasan sebagai tempat aktualisasi, ngerumpi, dan kalau beruntung bisa dapat kenalan baru.

Itulah sebabnya banyak kafe kopi, apalagi yang menyediakan jaringan internet nirkabel (wifi) gratis menjamur. Mereka sadar kafe tidak hanya sebagai tempat minum atau makan, namun bisa digunakan untuk lainnya.

Namun untuk mendapatkan secangkir kopi yang nikmat, pihak kafe biasanya membanderol harga lebih tinggi. Sebuah kafe kopi asing paling murah menyediakan secangkir kopi sekitar Rp 25 ribu.

Bagi yang kelebihan uang, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Namun bagi yang berdompet tipis, keinginan itupun terpaksa harus ditangkis. Jangan sampai menangis ya..hehe.

Saat menjadi peserta Nescafe Blogging Competition dan sempat mengunjungi Pabrik Kopi Nescafe di Lampung, saya mendapat kenang-kenangan berupa buku Resep Nescafe ala Barista. Kebetulan saya senang memasak dari kecil. Jadi saya sangat suka oleh-olehnya.

Buku setebal 24 halaman termasuk cover tersebut menyediakan 21 menu kopi yang bisa disajikan hangat dan dingin. Uniknya, minuman kopi tersebut berbahan dasar kopi instan Nescafe dari berbagai jenis, baik original, strong, creamy, hingga classic.

Agar menarik, minuman tersebut juga bisa dipadu dengan sirup, selai, kacang, biskuit, caramel sauce, cokelat bubuk, hingga batang kayu manis untuk menambah rasa.

Saya takjub karena biaya memproduksi secangkir kopi yang nikmat ala kafe tersebut paling mahal hanya Rp 5.000. Yup, hanya Rp 5.000.

Simak saja salah satu menu. Misalnya Original Red Velvet Coffee yang berbahan baku 2 sachet Nescafe original, 2 sdm bubuk red velvet, 1 sdm carnation, 100 ml air, dan 1 gelas es batu.

Cara membuatnya pun gampang. Cukup masukkan semua bahan ke dalam blender. Proses sampai halus. Minuman siap disajikan. Gampang banget kan?

Sekadar catatan, biaya membeli Nescafe Original sekitar Rp 2.000, bubuk red velvet Rp 2.500, carnation Rp 240, dan es batu Rp 200. Totalnya hanya Rp 4.940 saja. Murah banget.

Dalam buku tersebut dijelaskan berbagai macam minuman berbahan dasar kopi dengan biaya lebih murah. Hasilnya, tak kalah dengan barista yang mampu meracik kopi mahal di sebuah gerai kopi asing.

Nah, jika belum bisa mencicipi produk gerai kopi asing ataupun lokal, tentu tidak ada salahnya membuat kreasi kopi dari buku resep tersebut. Bahan dasar dan cara membuatnya gampang sehingga orang lain yang kita suguhkan minuman itu tidak akan menyangka, bila Anda bisa menjadi barista, hanya dengan kopi Nescafe.

Selamat mencoba!

Share This :

Leave a Comment
Share
Tags: Dibaliksecangkirkopi Kompasiana Kopi Lampung Nescafe Nestle

Recent Posts

  • Tips Bisnis

Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah

Cara membuat paspor online kini semakin mudah. Butuh kesabaran sedikit untuk menyelesaikannya. Pengertian Paspor Paspor…

26 June 2020
  • Diary Flury

Covid Test di Jakarta Melalui Halodoc

Covid test di Jakarta sudah mulai dilakukan. Ini sudah berlaku sejak pandemi COVID-19 mulai menyerang…

25 June 2020
  • Coffee Money

Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Era Pandemi

Cara mengatur keuangan pribadi di era pandemi virus corona baru (COVID-19) begitu penting. Butuh kejelian…

24 June 2020
  • Coffee Money

Tetap Cuan Sambil Rebahan Di Tengah Pandemi

Tetap cuan sambil rebahan menjadi idaman semua orang. Apalagi di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang.…

15 June 2020
  • Coffee Money

KAU Membantu UMKM Go Online

KAU membantu UMKM go online sehingga bisa masuk ranah platform digital. Program KAU (kakak asuh)…

15 June 2020
  • Tech Buzz

FlashScore Aplikasi Live Score Terbaik

FlashScore menjadi aplikasi live score terbaik para pecinta olahraga seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki info…

9 June 2020

This website uses cookies.