Profil

Peluang Uang Ayam Panggang

IMG_7723

Memulai sebuah usaha bisa dipilih dari sesuatu yang disukai atau menjadi hobi. Begitu juga yang dilakoni Apri, Andri, dan Danan ketika memulai usaha kuliner barat (western) Chickenerie Roasted.

Apri menjadi orang pertama yang memulai usaha ayam panggang khas Barat tersebut sebelum dua rekannya bergabung. Ia mengakui, setiap pergi ke pusat perbelanjaan selalu menikmati ayam panggang dari salah satu restoran yang terkenal asal Amerika Serikat.

Menurut dia, ayam panggang ala western cenderung lebih sehat dan segar dibandingkan ayam panggang lainnya. Namun harga yang dibanderol untuk seporsi ayam panggang beserta pendamping cukup mahal.

“Dari sini saya mulai berpikir untuk memiliki usaha dari makanan yang saya suka. Namun harganya terjangkau,” katanya.

Sekitar tiga tahun lalu, Apri memulai usaha ayam panggangnya dengan menawarkan paket makan siang untuk karyawan kos-kosan dan pesan antar untuk kawasan Kuningan, Jakarta. Ayam panggang merek Chicken Box mulai dikenal banyak orang.

Berbagai strategi pemasaran dilakukan untuk mengenalkan Chicken Box mulai dengan membagikan brosur hingga pesan berantai melalui aplikasi Blackberry Messenger. Permintaan semakin meningkat. “Saya semakin kesulitan memenuhi pesanan, kemudian bergabunglah Danan dan Andri,” ujarnya.

IMG_7730

Selepas dua temannya selesai kuliah di Bandung, mereka memilih membuka tempat di food court Mal Ambasador. Pemilihan tempat ini sekaligus ingin memerluas usaha dan pesan antar tetap berjalan.

Ketika usaha ini mulai berjalan sekitar lima bulan dengan modal awal Rp 50 juta, food court Mal Ambassador akan direnovasi. Ini mengharuskan mereka keluar karena semua kios dikenakan pemutihan dan harus berurusan dengan manajemen mal untuk memulai sewa tempat lagi. “Kita pindah ke Pasar Festival karena sewa naik. Tetapi hanya empat bulan di situ,” katanya.

Danan yang mengurusi pemasaran menilai, kelanjutan usaha ayam panggang harus terus dilakukan karena melihat permintaan pasar cukup baik. Lepas dari Pasar Festival, Chicken Box dipindahkan ke Taman Kuliner, Cirendeu, Tangerang Selatan. “Di sini berjalan cukup bagus dan kita dapat tempat lagi di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Di sini kita membuka cabang lagi namun dengan merek berbeda yaitu Chickenerie Roasted,” tuturnya.

Chickenerie memiliki berbagai keunggulan dibanding ayam panggang lainnya. Ayamnya didatangkan dari suplier khusus. Bumbu dilumurkan pada ayam dan didiamkan sehari dalam lemari pendingin. Setelah itu, ayam baru dimasukkan ke mesin pemanggang hingga matang.

Setiap hari, mereka mampu menjual 50 porsi pada hari biasa dan 100 porsi pada akhir pekan. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 35-40 ribu per porsi dan Rp 75 ribu per ekor. “Kita menjamin kesegaran ayam panggang kita karena memang pesan khusus dan diolah segera setelah dibumbui,” ujarnya.

IMG_7720

Berkah Pindah Tempat

Tiada keberhasilan tanpa kegagalan. Ketiganya sudah mengalami hal-hal tersebut. Apri yang bisa dibilang menjadi motor usaha ini sudah mengalami, terutama ketika usaha sudah berjalan dan harus berpindah-pindah tempat. “Saat seperti ini kita sedang diuji, apakah kita ikhlas dan sabar dalam menjalankan usaha yang kita pilih,” tuturnya.

Apri menilai, dengan keikhlasan dan kesabaran menjalani usaha, akan ada hikmah dan hasil yang bisa dipetik. Hal tersebut dapat dilihat dari penjualan Chickenerie dan Chicken Box serta kenaikan jumlah karyawan. Saat ini Chickenerie memiliki tiga karyawan dan Chicken Box dua karyawan.

Namun kesulitan dan tantangan yang dialami adalah melatih karyawan nonformal yang dimiliki karena banyak karyawan yang sudah terlatih kemudian mengundurkan diri. “Masalah sumber daya manusia (SDM) dalam usaha ini kita balikkan ke agama yang mengajarkan sekecil apa pun usaha yang kita lakukan, pasti akan ada hasilnya,” tuturnya.

Melihat hasil jerih payah hingga saat ini, ketiganya berharap Chickenerie dapat menjadi pilihan masyarakat untuk makan ayam secara sehat. Selain itu, usaha ini diharapkan bisa berkembang lebih besar lagi dan cabangnya bertambah.

IMG_7733

Profil:

Chickenerie Roasted

Pemilik : Apri, Andri, dan Danan

Alamat : Pasar Santa, Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Cabang : Chicken Box Taman Kuliner, Cirendeu, Tangerang

Kontak : 087878960002

Instagram/Twitter : @chickenerie

Anda mungkin juga suka...