Galat basis data WordPress: [Table 'k7266953_dpdc.wpdp_termmeta' doesn't exist]
SELECT term_id, meta_key, meta_value FROM wpdp_termmeta WHERE term_id IN (265,257,267,264,266) ORDER BY meta_id ASC

class="post-1334 post type-post status-publish format-standard has-post-thumbnail hentry category-reportase tag-daihatsu tag-daihatsu-sirion tag-perodua tag-sirion tag-sirion2015" itemscope itemtype="https://schema.org/Blog">
Reportase

Mobil Gesit Paling Irit

IMG_20150214_114032

Memiliki mobil tentu saja menjadi impian setiap orang. Namun tidak semua orang tahu, apa saja pertimbangan sebelum membeli mobil.

Khusus bagi anak muda atau pasangan yang baru menikah, biasanya sedang senang-senangnya jalan (hangout). Namun cuaca yang sering tidak bersahabat, kadang hujan kadang panas, memicu kita selalu waspada.

Bila naik sepeda motor, kita harus siap membawa jas hujan. Namun bila sudah membawa mobil, tentu kita akan tenang-tenang saja. Di dalam mobil pasti adeeeeem.

Nah, saat hujan seperti ini, tentu saja jalan raya menjadi licin. Tidak semua ban mobil memiliki karakter enak untuk dibuat ngedrift. Padahal kendaraan yang aman dan nyaman harus menjadi salah satu fitur utama yang dimiliki mobil.

Di sinilah fungsi mobil harus lincah dan gesit menghadapi jalanan Ibu Kota. Apalagi di Ibu Kota sedang marak begal motor atau jambret. Mobil yang gesit dan lincah pasti diperlukan untuk bisa lari dari kejaran. Tapi jangan lari dari kenyataan, khususnya bila dikejar polisi (akibat melanggar rambu atau surat kendaraan tidak lengkap), apalagi tidak bisa move on dari mantan. Hahaha..

Nah, saya akan memberi contoh New Daihatsu Sirion sebagai salah satu city car terbaik tahun ini. Kenapa harus Daihatsu Sirion? Padahal masih banyak merek mobil lainnya.

Daihatsu sebagai salah satu produsen mobil yang menawarkan produk di Tanah Air memiliki mobil baru New Sirion. Tahu sendiri, Daihatsu sudah merilis mobil-mobil yang dipakai sejuta umat, seperti Xenia atau mobil murah Ayla. Tentu mereka yang sudah memiliki mobil tersebut tidak asal membeli, tapi sudah tahu kualitasnya.

IMG_20150214_112700

Sirion yang ditargetkan untuk anak muda mencoba menawarkan mobil yang benar-benar mengerti anak muda. Department Head Promotion Astra Daihatsu Motor Eko Priyanto mengatakan, Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015 memang didesain untuk anak muda dan memerhatikan desain (eksterior dan interior), chassis, suspensi, ban, handling, hingga power yang disesuaikan dengan gaya anak muda.

IMG_20150214_130623

Untuk apa itu semua? komponen tadi akan sangat bagus dan menunjang mobil untuk melakukan gerakan drift atau lincah dalam bermanuver di jalan. Tapi bukan buat kebut-kebutan di jalan ya..

IMG_20150214_110948

Saat peluncuran New Sirion, saya sempat melihat mobil ini dipakai untuk slalom (foto dan video dokumen pribadi). Slalom artinya beradu kecepatan dalam lintasan tertentu. Sebenarnya, slalom yang diadakan di Parkir Timur Senayan ini bukan slalom sesungguhnya karena belum sesuai standar internasional.

“Ini lebih ke time battle. Aturan dan lintasannya sama, cuma beda luasannya,” katanya.

IMG_20150214_123642

Saya sebenarnya penasaran ingin ikut slalom karena panitia menyediakan. Kita bisa jadi pendamping sopir utama saat slalom. Kita juga diberi kesempatan mencoba mengendarai Sirion gratis, asal punya SIM A. Masalahnya, saya belum punya SIM A, hanya punya SIM M, surat izin mencintaimu dan memilikimu. Halah.

Cuma karena tidak punya SIM dan saya takut kebut-kebutan, saya cuma melihat slalom dari dekat. Benar saja, sesuai lintasan yang sudah diatur, pengendara bisa berpacu adu cepat. Jurnalis dan profesional bisa mengikuti slalom tersebut dan tercepat memakan waktu sekitar 31 detik. Wowww…(saya takut di dekat lintasan karena takut tertabrak, haha).

Nah, kalau mau mengetahui kelebihan Mobil City Car Paling Irit Terbaik 2015 bisa dilihat di sini. Di situ akan dijelaskan tentang wajah baru Sirion yang lebih segar dan lebih garang, desain lampu depan yang menawan, sensor parkir yang nyaman, atau fitur-fitur lain yang tidak dimiliki mobil lawan, seperti pengait tas di sisi jok depan, tempat menaruh cangkir minuman di sisi dashboard, tempat menaruh sepatu di bawah kursi, perangkat hiburan terkini hingga bagasi yang dilengkapi dengan jaring agar barang bawaan tidak tercecer. Benar-benar fitur yang dibutuhkan semua pengguna mobil.

IMG_20150214_120142

Dari sisi keamanan, Mobil Anak Muda Paling Irit Terbaik 2015 ini sudah dilengkapi dual SRS airbag, spion yang bisa dikendalikan dari dalam mobil hingga pretensioner and force limiter seat belt.

Fitur terakhir ini akan menjadi pengaman utama, khususnya saat kendaraan mengalami tabrakan atau benturan. Seat belt di kursi bagian depan akan otomatis mengunci jika terjadi kecelakaan atau benturan hebat sehingga menghalangi badan bergerak ke depan dengan cepat.

IMG_20150214_122756

Keberadaan seat belt pada umumnya terletak di masing-masing jok, dua di baris depan dan tiga di baris belakang.

Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015 ini juga memiliki fitur break pedal assist dan collapsible steering. Fitur ini juga penting terutama saat benturan hebat, batang setir akan langsung patah dan memendek. Begitu juga dengan pedal rem.

“Fitur tersebut berguna untuk mengamankan pengendara. Biasanya korban kecelakaan sulit dikeluarkan akibat kaki terjepit di antara dua pedal atau badan berhimpit di antara setir dan jok,” kata Eko.

Eh, hampir lupa. Mobil Anak Muda Paling Irit Terbaik 2015 ini juga memiliki fitur immobilizer. Apa itu? Fitur ini melindungi mobil dari maling.

Bagaimana alat tersebut berfungsi? Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015 ini hanya memproduksi satu kunci untuk satu kendaraan. Jadi maling tidak akan bisa mencuri mobil Anda, kecuali kalau Anda mau mendorong. Haha..(Nanti keburu ketahuan, si maling malah dihajar massa, kayak begal motor yang malah dibakar masyarakat).

Tapi bagaimana kalau kunci hilang? Jangan khawatir. Mas Eko memberi solusi. Pemilik mobil harus ke dealer Daihatsu terdekat dan minta dibuatkan yang baru. Gampang, kan?

“Daihatsu sejak masuk ke Indonesia sudah memiliki fitur immobilizer. Ini menjadi salah satu kelebihan kami dibanding kompetitor,” katanya.

IMG_20150214_122220

Tapi, dari tadi ngomong irit-irit, berapa sih konsumsi BBM si Mobil Anak Muda Paling Irit Terbaik 2015 ini? Mobil dengan kapasitas mesin 1.298 cc tersebut mampu berjalan 14,54 kilometer per liter.

Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015 tersebut pernah mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI dengan kategori mobil berstandar emisi gas buang terbaik dengan nilai mandatori tertinggi sebesar 94,591. Sirion ini diklaim paling irit di antara 23 merek mobil yang diuji coba saat itu.

Jadi benar juga klaim Daihatsu bahwa Sirion menjadi Mobil City Car Paling Irit Terbaik 2015.

Tapi kalau diklaim paling irit, tentu saja harganya mahal. Tenang saja, Daihatsu New Sirion Facelift 2015 dibanderol Rp 155 juta untuk tipe manual dan Rp 166 juta untuk tipe matic.

Jadi, Daihatsu Sirion, More Reason For Fun.

Anda mungkin juga suka...