5cApple dikabarkan akan memproduksi kembali iPhone dengan layar empat inci, sama seperti iPhone 5C yang kurang sukses dalam penjualan sebelumnya. Sumber Electronic Times of Taiwan mengatakan, rantai pasokan sedang mengumpulkan komponen-komponen untuk perangkat yang lebih kecil dari iPhone 6. Hal ini dimaksudkan untuk kemudahan operasi satu tangan, terutama pengguna wanita.

Namun fitur iPhone mini akan dipangkas seperti chip memakai model A6 bukan A7 seperti di iPhone 5S, tidak memiliki pemindai sidik jari, prosesor lebih rendah, dan fitur minim lainnya. iPhone 5C dihentikan pada September 2014 saat iPhone 6 diumumkan.

Meski dianggap sebagai iPhone murah, ternyata bagi konsumen harga iPhone 5C dianggap terlalu mahal bila dibandingkan dengan ponsel pintar dalam jajarannya. Apple pun terpaksa memangkas produksi mulai Oktober 2013.

Menurut Pocketnow, rumor ini menandakan Apple ingin standarisasi model iPhone saat ini mulai yang terkecil berukuran empat inci, menengah (4,7 inci) dan phablet (5,5 inci). Sebenarnya, iPhone dengan layar besar melanggar wasiat pendiri dan CEO Apple Steve Jobs. Saat itu, dia berpesan tidak ada pengguna Apple yang mau memakai iPhone dengan layar besar. Namun CEO yang baru Tim Cook melanggar wasiat tersebut dan memproduksi iPhone dengan layar besar. Terbukti, penjualannya meroket.

Sumber: Business Insider