blackberrys-next-phone-the-passport-will-surely-appeal-to-the-companys-faithfulProdusen ponsel Kanada BlackBerry berencana mengakuisisi Secusmart, perusahaan teknologi enkripsi asal Jerman untuk melindungi perangkat mobile. CEO BlackBerry Jhon Chen ingin meningkatkan daya tariknya terutama keamanan ponsel karena banyak digunakan klien pemerintah. Akuisisi juga akan meningkatkan daya saing antara Apple maupun perangkat Android yang didukung Google.

Saat ini, Kanselir Jerman Angela Merkel sedang memeriksa apakah pembelian Secusmart akan menimbulkan ancaman bagi kepentingan keamanan Jerman. Kesepakatan diumumkan setelah Badan Intelijen AS mendengarkan percakapan telepon Merkel dari telepon non-enkripsi.

“Pemerintah Jerman telah memeriksa rencana pembelian Secusmart oleh BlackBerry dan memberi persetujuan itu,” kata juru bicara Kementerian Perekonomian Jerman.

Menurut laporan media, Jerman bersikeras bahwa Kantor Federal Keamanan Informasi (BSI) diberikan akses dan kontrol hak-hak tertentu terkait kode yang digunakan dalam sistem operasi BlackBerry. Jerman juga mendapat jaminan BlackBerry bahwa informasi rahasia tidak akan diteruskan kepada badan-badan intelijen asing.

Sumber: Reuters