Boys Latte,Tech Buzz

Bos Samsung akan Dilengserkan?

JK shinSamsung Electronics Co Ltd akan membeli saham kembali (buyback) sekitar US$ 2 miliar, pertama kalinya sejak 2007. Hal ini dilakukan untuk menstabilkan harga saham dan meningkatkan nilai bagi pemegang saham.

Samsung akan membeli 1,65 juta saham biasa dan 250 ribu saham preferen. Samsung kini tertekan pemegang saham karena mengalami keuntungan terburuk dalam tiga tahun terakhir. Sahamnya langsung turun 12,5 persen pada 2014. Pemegang saham menginginkan dividen meski itu sulit dilakukan saat kondisinya terpuruk.

Rencana buyback saham muncul menjelang pengumuman tahunan Samsung pada awal Desember. Kinerja ponsel yang buruk tahun ini menimbulkan spekulasi perubahan besar mungkin akan datang, termasuk penghentian Kepala Divisi Mobile Samsung JK Shin, meski Samsung tidak mengomentari rumor tersebut.

Sebelumnya, Samsung Electronics akan menjual sahamnya di Samsung Techwin Co Ltd dan Samsung General Chemicals Co Ltd sekitar 761 miliar won sebagai langkah divestasi saham. Samsung Electronics msih memegang kas dan setara kas 66,95 triliun won hingga akhir kuartal III-2014.

Sumber: Reuters

Share This :

Anda mungkin juga suka...