Tech Buzz

Apple Geser Dominasi Samsung

Courtesy: DigitalTrends
Courtesy: DigitalTrends

China Brand Research Center menyebut, Apple berhasil menggantikan posisi Samsung di urutan teratas terkait merek paling terkenal di China. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs tersebut mampu menumbangkan kejayaan Samsung yang sudah bertahta sejak 2012.

Lembaga riset itu menyurvei 13.500 masyarakat China di 30 kota berusia 15-60 tahun dari Agustus 2013 hingga Januari 2014. Survei terkait kesadaran merek dan loyalitas konsumen.

Laporan menyebut Samsung gagal memertahankan tempat pertama sebagai produsen ponsel karena terlalu fokus mengandalkan kekuatan pangsa pasar dibandingkan loyalitas konsumen. Poin loyalitas Samsung memang masih naik 24,6 poin menjadi 566,6 poin pada 2013. Namun jumlah tersebut belum mampu mengalahkan Apple yang mampu meraih 568,5 poin.

“Jika perusahaan terlalu fokus pada pangsa pasar namun mengabaikan kekhawatiran konsumen akan menimbulkan masalah dalam manajemen merek,” demikian pernyataan lembaga tersebut.

Samsung masih memertahankan posisi pertama di sektor televisi warna untuk empat tahun berturut-turut. Dari sektor monitor juga berhasil memertahankan untuk ketiga kalinya. Samsung juga mendapat peringkat ketiga terkait kamera digital, kamera video digital, dan laptop. Juru bicara Samsung menolak berkomentar tentang masalah ini.

Sumber: CNet

Anda mungkin juga suka...