ipad_1910495bApple Inc baru merilis tablet iPad Air 2 dan iPad Mini 3 serta komputer iMac baru dengan layar 5K retina. Namun penjualan lini produk baru Apple malah ditanggani pesimis oleh investornya.
Analis Gartner Van Baker menyebut tidak ada teknologi baru pada peluncuran produk baru Apple tahun ini, terutama pada sisi bisnis tablet dan komputer desktop. “Aku harus jujur dan mengatakan, satu-satunya hal yang paling mengesankan hanya retina display pada iMac. Hal-hal lain yang ada di iPad hanya perbaikan berulang,” katanya.
Berdasarkan perusahaan riset teknologi Gartner, penjualan tablet hanya akan meningkat 11 persen tahun ini dibanding kenaikan 55 persen tahun lalu. Padahal penjualan ponsel cerdas terus meningkat dan penjualan komputer pribadi melemah.
Penjualan Apple yang telah dirilis sejak empat tahun lalu ternyata sudah menurun sejak dua kuartal terakhir. Investor hanya yakin terhadap penjualan iPhone yang masih mengontribusikan laba tertinggi bagi Apple. Namun penjualan iPad yang melemah diperkirakan hanya mengontribusikan sekitar 15 persen pendapatan perusahaan dari lini ponsel.
Sesaat sebelum pasar perdagangan di New York ditutup, saham Apple turun satu persen menjadi US$ 96,57 per saham.
Investor sebenarnya juga memertanyakan alasan Apple membatalkan peluncuran tablet berukuran 12,9 inci. Padahal spekulasi produk tersebut sudah sejak awal tahun terdengar. “Hal ini mengecewakan, terutama untuk pembeli. Tidak ada iPad 12,9 inci. Padahal untuk kembali ke pertumbuhan penjualan iPad yang tinggi, faktor inovasi diperlikan. Kita harus menunggu sampai 2015 jika Apple membahas masalah ini,” katanya.
Sumber: Reuters