44th Annual Meeting of the World Economic Forum, WEF,Yahoo Inc dikabarkan sedang berencana mengakuisisi layanan pengiriman foto, Snapchat dengan menginvestasikan dana sekitar US$ 10 miliar. Nilai ini lebih tinggi dari penawaran Facebook yang hanya US$ 3 miliar tahun lalu.

Snapchat merupakan sebuah perusahaan di Los Angeles yang membuat aplikasi mobile untuk mengirim pesan foto. Perwakilan Yahoo menolak berkomentar. Begitu juga juru bicara Snapchat Mary Ritti.

Sumber Wall Street Journal menyatakan, pendekatan Yahoo sudah hampir mendekati penyelesaian pada Jumat (3/10). Begitu juga keinginan Yahoo mengakuisisi layanan pesan mobile, MessageMe yang hanya berisi delapan karyawan. Saham Yahoo naik 1,3 persen menjadi US$ 41,03 pada Jumat (3/10). Saham naik 1,5 persen tahun ini dibanding kenaikan 6,5 persen pada indeks Standard & Poors 500.

Di bawah kepemimpinan Marissa Mayer sejak Juli 2012, Yahoo telah melakukan akuisisi perusahaan lebih dari 24 perusahaan. Awal 2014, Yahoo setuju mengakuisisi perusahaan Flurry Inc, penyedia analisis dengan harga lebih dari US$ 300 juta. Tahun lalu, ia membuat kesepakatan terbesarnya dengan pembelian layanan blogging Tumblr senilai US$ 1 miliar.

Bulan lalu Yahoo menuai keuntungan lebih dari US$ 9 miliar sebelum pajak dengan menjual sebagian sahamnya di perusahaan e-commerce China Alibaba Group Holding Ltd saat penawaran umum saham perdana. Yahoo menyatakan pada Juli lalu akan mengembalikan keuntungan setidaknya setengah dari uang tunai yang digelontorkan pemegang saham.

Direktur Penelitian Bloomberg Intelligence Paul Sweeney menganggap investasi di Snapchat merupakan langkah tidak pasti bagi Yahoo. “Snapchat tentu menarik banyak perhatian di Silicon Valley. Lebih baik dipikirkan lagi. Namun banyak investor Yahoo lebih memilih keuntungan yang lebih dibanding keuntungan saat menjual saham di Alibaba,” katanya.

Demi mendapat keuntungan dari Snapchat, Yahoo mungkin mencoba meniru langkahnya yang telah dilakukan sejak sedekade terakhir dengan berinvestasi di Alibaba. Pada 2005, Yahoo hanya investasi US$ 1 miliar di Alibaba dengan keuntungahn US$ 9 miliar pada 2014.

CEO Snapchat Evan Spiegel telah membangun usahanya. COO Snapchat Emily White mengatakan telah memekerjakan eksekutif Facebook Mike Randall untuk memimpin bagian kemitraan iklan. Snapchat kini telah menambah pilihan layanan percakapan dengan teks di ponsel sehingga menarik pelanggan Facebook. Sedangkan aplikasi MessageMe merupakan aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna bisa lebih mudah mendapat teman melalui ponsel. Layanan juga punya 180 emoticon dan stiker.

Sumber: Bloomberg