harga-smartfren-andromax-vBagi kalian yang mencari ponsel stylish, ponsel Smartfren Andromax V bisa menjadi salah satu pilihan.

Ponsel yang sudah dirilis sejak tahun lalu ini merupakan penerus Andromax U3 yang sukses menyedot perhatian pasar gadget. Saya sendiri pun telah membuktikannya.

Kebetulan tahun lalu saya bersama teman sedang ngobrol mencari ponsel dengan budget sekitar Rp 2 jutaan, namun sudah mengadopsi dua kartu SIM. Saya lantas membuka koleksi Tabloid Pulsa yang menyediakan spesifikasi sekaligus rentang harga yang berlaku saat itu.

Teman saya yang kebetulan sedang ingin mencari ponsel langsung menyukai tampilan Andromax V. Lantas saya ajak dia langsung ke galeri Smartfren di kawasan Sabang, Jakarta Pusat. Kebetulan, lokasi kosan tidak jauh dengan kantor pusat Smartfren.

Setibanya di galeri Smartfren, kami langsung kecewa karena stok Andromax V, khususnya warna putih sudah kosong. “Kalau mau bisa membeli ponsel yang kami pajang atau menunggu minimal minggu depan. Kalau tidak mau menunggu, mungkin langsung bisa ke Roxy atau ITC Ambassador,” kata petugas SPB yang kebetulan jaga di galeri.

Kami pun menolak tawaran SPB tersebut dan mencoba pergi Ambassador atau Roxy. Namun sesampainya di tempat parkiran, satpam pun kaget. “Kok cepat amas mas beli ponselnya? Apa ponselnya tidak ada?,” kata satpam itu ramah.

Kami memang baru saja lima menit parkir tapi langsung keluar.

“Kami mencari Andromax V. Katanya stok habis. Kalau mau suruh menunggu minggu depan atau cari di Ambassador atau Roxy. Memang selisih sekitar Rp 50-100 ribu sih dari harga di galeri. Gitu kata penjaganya tadi,” jawabku. Kebetulan ada paket internet tambahan sehingga kami harus membayar sekitar Rp 100 ribu lebih mahal.

Satpam itu pun hanya mengangguk sambil menerima struk kartu tanda penitipan sepeda dan menerima uang Rp 2.000 sebagai jasa parkir.

“Oiii..masih ada stok Andromax V ngga?” kata satpam itu ke dua SPB yang berteduh dekat pos satpam, masih di depan kantor galeri Smartfren.

“Ini ada dua,” jawab salah satu SPB itu. Satpam itu pun langsung menawarkan kami ke pos satpam.

Benar saja kami mendapatkan dua ponsel Andromax V warna putih. Nomor ponsel, terutama kartu Smartfren-nya pun cantik.

“Stok cuma ini saja mas. Buat penglaris saja. Ini banyak konter yang sudah minta. Saya juga mau minta tambah stok ke galeri. Soalnya ini ponsel paling laris saat ini,” kata SPB yang memakai baju warna merah khas Smartfren.

Karena beli langsung di SPB, kami pun mendapat potongan saat itu, sekitar Rp 50 ribu dibanding harga galeri. Harga ini tentu tidak didapatkan bila saya membeli di Roxy atau Ambassador.

“Ini sama kok dengan di galeri atau toko. Dijamin,” kata SPB itu meyakinkan.

Setelah mengecek kelengkapan ponsel, mencoba musik, kamera dan mencoba menelpon, kami pun setuju membeli satu ponsel. Sebenarnya saya juga berminat membeli waktu itu. Namun karena tidak membawa uang tunai, saya pun mengurungkan niat. Semoga lain kali saya bisa memiliki ponsel cantik itu. Sementara, saya pinjam teman dulu laah. Hehehehe…

Nah, apa saja sih kelebihan Andromax V? Berikut pandangan saya:

Bodi
Bentuknya sederhana namun masih stylish. Lengkungan di empat sisinya mengesankan ponsel ini semakin mewah. Apalagi saat digenggam. Tangan terasa mantap meski berkeringat. Panel belakang ponsel tidak membuat licin sehingga tidak khawatir jatuh dari genggaman. Bezelnya tipis sehingga layar terasa penuh di ponsel. Ini yang jarak ada di ponsel lokal.

Saat ditaruh di meja, baik secara telentang atau tengkurap, ponsel ini tetap ciamik dipandang mata. Tak mengesankan ponsel ini murahan. Bodinya pun kokoh.

Layar
Dengan bentang layar 5 inci dan kualitas 16 juta warna membuat kita nyaman berselancar. Apalagi saat digunakan menonton video atau bermain game. Layar kualitas HD ukuran 720 x 1.280 piksel sudah dibenamkan di sini. Ciamik dehh..

Jeroan
Ponsel ini dibekali CPU Quad Core 1,2 GHz Cortex A7 yang mampu menjalankan gaming tanpa lag. Menjalankan aplikasi khas Android Jelly Bean pun tak masalah.

Apalagi yang suka bermain game tentu akan dimanjakan dengan Graphic Processing Unit PowerVR SGX 544.

Kamera
Bagi yang doyan foto, ponsel ini sudah dibekali kamera belakang 8MP dan kamera depan 1,3MP. Sebenarnya kurang kalau untuk yang doyan selfie. Tapi kamera belakangnya bisa menghasilkan kualitas tajam baik di dalam maupun luar ruangan.

Berbagai fitur pengaturan kamera bisa dipilih sekaligus menentukan kualitas gambarnya.

Kapasitas penyimpanan
Sayang, ponsel ini hanya memiliki memori internal 4GB. Sangat kurang bagi penggemar musik, film atau pengunduh aplikasi. Namun jangan khawatir, Andromax V sudah menyediakan slot memori eksternal hingga 32GB untuk memuaskan bila ingin menyimpan semua file.

Konektivitas
Ponsel ini mengadopsi dua kartu SIM, baik GSM maupun CDMA. Bagi yang doyan mengunduh file, jangan takut kebobolan paket internet. Lebih baik mengaktifkan paket kartu Smartfren karena paket datanya murah dan paketannya besar. Soal paket data ini, belum ada operator yang menyaingi. Apalagi kalau kamu tinggal di kota, unduhan atau unggahan file muluuuuussss kayak jalan tol saat lebaran. Kenapa pas lebaran? Soalnya jalan tol, khususnya Jakarta kini suka macet juga sih. Hehehe..

Baterai
Ini masalah penting nih. Ponsel dengan kapasitas baterai besar tentu tidak menyulitkan kita harus bolak balik nge-charge ponsel. Kapasitas 2.300 mAh terbilang cukup apalagi bagi yang sering terkoneksi ke media sosial atau sering menonton video dan bermain game.

Nah, terakhir soal harga nih. Biasanya kita sensitif banget kalau urusan duit. Akhir tahun lalu teman saya membelinya sekitar Rp 2,1 juta. Kini, Andromax V juga sudah punya suksesor V2 dengan fitur yang lebih mumpuni. Harganya pun cukup Rp 1,8 juta (data Tabloid Pulsa edisi September 2014).

Bedanya cuma di kamera belakang menjadi 2MP dengan kerapatan piksel yang ditingkatkan. Namun kapasitas baterai dipangkas menjadi 1.800 mAh. Tertarik membeli?

Kalau mau membandingkan dengan merek lain (Lenovo A859), bisa dilihat dari video berikut ini:

Atau kalau mau membandingkan Smartfren Andromax New V dengan Samsung Galaxy Core bisa di sini:


Kini, pilihan ada di tanganmu. Mau stylish tapi ga bikin kantong tipis, ya Smartfren Andromax V.