danone 2Danone menyatakan akan membagi peran Chairman dan Chief Executive Officer (CEO). Selama ini jabatan CEO dipegang Franck Riboud yang sudah memegang kendali selama 18 tahun terakhir.

Riboud, 58 tahun telah mengambil alih kepemimpinan Danone dari ayahnya, Antoine Riboud pada 1996. Ia akan tetap menjadi Chairman dan fokus strategi jangka panjang perusahaan. Jabatan CEO akan diserahkan pada Emmanuel Faber, 50 tahun yang sebelumnya menjabat Chief Operating Officer akan menjadi CEO pada 1 Oktober.

Perubahan kendali ini karena Danone mengalami penurunan laba akibat penjualan makanan bayi di Asia yang melemah sebagai dampak penurunan penjualan susu dan ketakutan produk kesehatan. Di sisi lain, harga susu dunia juga mengalami peningkatan.

Kinerja Danone semakin tertekan sebagai imbas protes dari aktivis AS Nelson Peltz yang menyarankan Danone pada 2012 untuk menurunkan keuntungan pada produk air minum Evian dan Activia yoghurt. Danone semakin tertekan karena harus bersaing dengan Nestle dan Unilever.

Pada Juli lalu Danone memiliki pendapatan tahunan sebesar 21 miliar euro dan nilai pasar sekitar 34 miliar euro. Danone akan memastikan pertumbuhan jangka panjang dengan fokus pada isu-isu strategis.

Analis Natixis Pierre Tegner mengatakan, langkah itu demi meningkatkan pendapatan operasional perusahaan dan mencerminkan pragmatisme atas keberanian CEO sebelumnya. “Tapi ini juga menunjukkan manajemen puncak mengalami ancaman serius terhadap keberlangsungan Danone,” katanya.

Riboud dinilai mengubah fokus Danone dari sektor kesehatan mulai dari produk makanan bayi ke air, susu, dan nutrisi medis. Strategi ini berubah dari sebelumnya memproduksi bir, biskuit, dan bisnis kaca kemasan.

“Riboud melakukan pekerjaan fantastis mengubah paradigma perusahaan beberapa dekade terakhir. Tapi mungkin saatnya mengalihkan kepemimpinan. Danone mengalami masa sulit dan harus fokus pada strategi ke depan,” kata analis Kepler Cheuvreux Jon Cox.

Faber adalah orang dalam perusahaan yang telah bekerja sama dengan Riboud 17 tahun terakhir. Ia akan terus bekerja dengan Riboud sebagai bagian komite strategi.

Sumber: Reuters