Firefox-OSMozilla Corp menawarkan produksi ponsel pintar (smartphone) murah pertama di India seharga 1.999 rupee atau US$ 33 (sekitar Rp 386 ribu) sebagai upaya membangun pangsa pasar untuk perangkat lunak terbuka (open source) di pasar yang tumbuh paling cepat di di dunia.

Direktur Produk Marketing Mozilla Jane Hsu mengatakan, ponsel Cloud FX akan memakai sistem operasi Mozilla Firefox dan tetap menawarkan konten permainan maupun beragam aplikasi di toko aplikasi. Perangkat ini hanya memiliki RAM 128 MB, kamera 2 MP dan prosesor 1 GHz.

“Dorongan penciptaan ponsel pintar murah akan menjadi taruhan kami mendapatkan pengguna di India. Saat ini masih lebih banyak masyarakat India mengakses internet di komputer dibanding ponsel cerdas,” katanya.

CEO Mediacells Ltd Brad Rees yang menjadi perusahaan konsultan pemasan berbasis di London mengatakan, masyarakat India diprediksi akan membeli ponsel pintar sekitar 225 juta tahun ini. “Hambatan terbesar masyarakat India saat ini hanya biaya dan kegunaan. Kami pikir ini adalah ponsel terbaik bagi mereka yang menginginkan perangkat dengan koneksi internet meski terbatas,” katanya.

Vendor Intex Technologies Ltd yang berbasis di New Delhi akan memproduksi ponsel Cloud FX yang sudah mulai dijual Senin (25/8) pada situs jual beli snapdeal.com. Mozilla juga akan mengenalkan ponsel murah senilai US$ 38 yang diproduksi Spice Mobility Ltd di New Delhi.

Hsu mengatakan, produsen ponsel di India banyak berminat memproduksi ponsel pintar murah meski belum mengungkap spesifikasi lebih lanjut. Mozilla telah merilis OS Firefox pada Juli 2013 pada ponsel kelas menengah di Amerika Latin dan Eropa. Operator memberlakukan subsidi atas penjualan ponsel tersebut. “Firefox sudah ada di 15 negara. India menjadi negara pertama di Asia yang memproduksi OS ini,” katanya.

Sumber: Bloomberg