Tech Buzz

iPhone Dongkrak Laba Hon Hai

jamHon Hai Precision Industry Co membukukan laba pada kuartal II-2014 menjadi NT$ 20,2 miliar (sekitar US$ 673 juta), naik 19 persen dibanding periode sama tahun lalu. Pencapaian tersebut mengalahkan perkiraaan analis yang hanya memerkirakan NT$ 18,2 miliar.

Analis Sanford Bernstein di Hong Kong Alberto Moel mengatakan, kenaikan laba didorong produksi Apple iPhone 6 yang rencananya akan dirilis September 2014. Laba usaha naik 50 persen seiring pencairan pembayaran satu kali dari Apple. Namun pendapatan atas produksi iPhone dengan layar lebih besar ini hanya akan berdampak di kuartal III-2014.

“Angka-angka ini menunjukkan mereka sudah menerima pembayaran satu kali dari Apple untuk menutupi pengembangan produk baru,” kata Moel seperti dikutip Bloomberg.

Saham Hon Hai pada perdagangan Kamis (14/8) naik 2,8 persen menjadi NT$ 109, level tertinggi sejak 24 Juli. Ia menilai bisnis Hon Hai sempat melemah akibat iPhone 5 yang dirilis September 2012 ternyata kurang diminati pasar. Hal ini disebabkan casing iPhone 5 lebih mudah tergores dan mendapat protes dari pelanggan.

Tapi Apple menjanjikan casing iPhone 6 akan lebih bagus dan memberikan marjin keuntungan lebih bagi Hon Hai selaku pemanufakturnya. Marjin usaha naik dari 2,1 persen menjadi 3,2 persen.

Hon Hai, anak perusahaan Foxconn Technology yang juga akan berinvestasi di Indonesia ini melaporkan penurunan penjualan 1,8 persen pada kuartal II-2014 menjadi NT$ 879 miliar, lebih rendah dari perkiraan analis NT$ 900 miliar.

Marjin laba kotor juga meningkat menjadi 7,1 persen dari 5,8 persen. Nilai tersebut mengalahkan perkiraan analis yang hanya 6,3 persen. Selain melaporkan laba, Hon Hai juga berencana menerbitkan obligasi NT$ 24 miliar untuk membayar utang jangka pendeknya.

Analis memerkirakan pendapatan perusahaan naik 10 persen kuartal ini. Hal ini disebabkan penjualan sampai akhir Juli naik 0,8 persen. Hon Hai akan tetap optimistis meski pasar komputer dan ponsel cerdas mengalami pelemahan.

Hon Hai diperkirakan telah memproduksi iPhone dengan dua model yaitu berlayar 4,7 inci dan 5,5 inci. Produksi iPhone generasi baru tersebut diperkirakan akan mendongkrak laba Hon Hai mendatang.

Anda mungkin juga suka...