ipad miniPeluncuran iPhone 6 dengan layar 4,7 inci dan 5,5 inci diperkirakan akan membunuh iPad mini, meski dengan layar 7,9 inci. Apakah ini sengaja?

Analis Piper Jaffray Gene Munster mengatakan, tidak percaya Apple sengaja mematikan sesama produknya. Produksi iPhone 6 diperkirakan akan memerkuat penjualan iPhone di tengah serbuan produk Android berlayar lebar.

Munster berpendapat penggemar Apple tentu saja akan beralih ke iPhone 6, terutama pengguna iPhone seri sebelumnya, jadi bukan malah mematikan iPad mini. Pengguna iPhone 6 diperkirakan akan memasangkan produknya dengan iPad Air, versi terbaru dari iPad.

Munster menilai iPad mini masih lebih besar 150 persen dibanding iPhone berlayar 5 inci. Ia menganggap kecil kemungkinan Apple mengkanibalkan produknya sendiri.

Munster yakin pendapatan Apple di kuartal II-2014 diperkirakan mencapai US$ 44 miliar, dengan penjualan iPhone sebesar 38,5 juta unit dan iPad 21 juta unit. Namun Munster memprediksi kinerja pada kuartal II-2014 itu hanya turun 5 persen dibanding periode sama tahun lalu.

“Kami percaya penjualan di Juni 2014 masih tinggi, meski tidak akan ada produk baru di kuartal ini. iPhone diperkirakan akan mendapat keuntungan dari China Mobile karena penjualannya di China. Namun kami memprediksi penjualan iPhone akan tetap rendah sampai menjelang peluncuran iPhone 6,” katanya seperti dikutip dari MacRumors.