Ada Jepang di Indonesia

Irasshaimase…Selamat datang

Tak harus pergi ke Jepang untuk bisa menikmati budaya negeri matahari terbit itu. Selama hampir seminggu di awal November kemarin, ada Festival Indonesia Japan Expo di Arena PRJ Kemayoran Jakarta. Yah, walau belum bisa menikmati semua arena, maklum hari terakhir, tapi setidaknya aku bisa merasakan aura Jepang itu di Indonesia.

Acara yang digelar untuk memeringati 50 tahun kerjasama Indonesia-Jepang itu digelar dengan beragam acara. Mulai dari pagelaran seni dua negara, cosplay, pameran industri Jepang (otomotif dan manufaktur), makanan, teh Jepang (cha), demo ikebana, kimono, shinkansen dan lain-lain. Pokoknya worthed banget.

Festival Costume Play (cosplay) merebut pasar remaja yang gandrung dengan tokoh anime Jepang.

Dapat durian runtuhhhh…
Obake (rumah hantu Jepang), belum tahu isinya sih. Karena waktu mau nonton, antriannya kayak ular (hampir 1/2 km lebih). Capek deh!!
Pena Emas, Inspirasi Cerdas…Sesuai ama motto Panasonic, Ideas For Life
Bukannya gw ga setia ama almamater sendiri (SINDO) tapi narsis di depan koran pesaing, boleh kan?

Sakura ala Indonesia (bunga plastik maksudnya)

Omikuji (kayak permintaan pada selembar kertas) lantas digantungkan pada sebuah pohon kecil. Acara ini biasanya ada pada festival Bon Odori atau Nihon Matsuri (perayaan musim panas khas Jepang) gitu..

Oh ya, bisa baca tulisan itu? kira-kira bunyinya Nihon ni ikitai yo (Ingin pergi ke Jepang)….Kalo menurutku partikel “ni” setelah Nihon kurang tepat, karena artinya “di”, menurutku lebih tepat pake “e” artinya “ke”. Watashi mo nihon e ikitai yo… (Saya juga ingin pergi ke Jepang)

Mainan masa kecil ama Doraemon..


Acara di Japan Foundation Sudirman, menikmati es dari kutub selatan!!segerrrrr…oh y, bongkahan batu es -nya bisa bunyi seperti “ssssssss” gt deh!! kodomo (anak-anak Jepang) ini begitu antusias dan berebutan ingin memegang dan meminumnya!!

Dingin yaaa…

Share This :

Leave a Comment

Recent Posts

  • Tips Bisnis

Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah

Cara membuat paspor online kini semakin mudah. Butuh kesabaran sedikit untuk menyelesaikannya. Pengertian Paspor Paspor…

26 Juni 2020
  • Diary Flury

Covid Test di Jakarta Melalui Halodoc

Covid test di Jakarta sudah mulai dilakukan. Ini sudah berlaku sejak pandemi COVID-19 mulai menyerang…

25 Juni 2020
  • Coffee Money

Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Era Pandemi

Cara mengatur keuangan pribadi di era pandemi virus corona baru (COVID-19) begitu penting. Butuh kejelian…

24 Juni 2020
  • Coffee Money

Tetap Cuan Sambil Rebahan Di Tengah Pandemi

Tetap cuan sambil rebahan menjadi idaman semua orang. Apalagi di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang.…

15 Juni 2020
  • Coffee Money

KAU Membantu UMKM Go Online

KAU membantu UMKM go online sehingga bisa masuk ranah platform digital. Program KAU (kakak asuh)…

15 Juni 2020
  • Tech Buzz

FlashScore Aplikasi Live Score Terbaik

FlashScore menjadi aplikasi live score terbaik para pecinta olahraga seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki info…

9 Juni 2020

This website uses cookies.